whatsapp-adev

Bisnis Kecantikan

Cara Memulai Bisnis Skincare Brand Sendiri untuk Pemula

Published:

Updated:

Ros Diyanti

No Comments

Bagi pemula, salah satu cara efektif untuk memulai bisnis skincare sendiri adalah dengan menggunakan jasa maklon skincare. 

Dilansir dari Grand View Research, tercatat bahwa pada tahun 2028 pasar jasa maklon skincare akan mencapai USD 17,2 miliar dengan pertumbuhan CAGR (Compound Annual Growth Rate) sebesar 6,5% dari 2021 hingga 2028.

WAH….Luar biasa!!!

Munculnya berbagai inovasi produk skincare saat ini, menjadi faktor pendorong tingginya permintaan jasa maklon skincare di Indonesia.

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis skincare sendiri, yuk baca lebih lanjut penjelasan kami tentang apa itu bisnis skincare brand sendiri, berapa modalnya, dan bagaimana cara memulai bisnis skincare brand sendiri.

Apa itu Bisnis Skincare Brand Sendiri?

Apa itu Bisnis Skincare Brand Sendiri?

Credit Image 

Bisnis skincare brand sendiri merupakan sebuah bisnis yang menciptakan dan memasarkan produk skincare milik sendiri. 

Dalam bisnis ini, Anda berperan sebagai pihak yang memiliki merek dan bisa menyerahkan urusan produksi ke perusahaan maklon (private label).

Ada beberapa produk skincare yang dapat Anda pilih untuk diproduksi, seperti face wash, toner, moisturizer, sunscreen, serum, dan masker wajah.

Modal Bisnis Skincare Brand Sendiri

Credit Image

Bisnis skincare dengan brand sendiri membutuhkan modal yang cukup besar. 

Modal ini digunakan untuk membayar biaya bahan baku, biaya produksi, distribusi, hingga pemasaran. Selain itu, juga diperlukan biaya untuk mengurus perizinan produk.  

Namun, modal yang dikeluarkan akan lebih terjangkau, jika Anda menggunakan jasa maklon skincare. 

Wah… kenapa bisa lebih terjangkau ya? 

Menggunakan jasa maklon skincare lebih murah karena Anda hanya perlu untuk membayar biaya maklon dan pemasaran. Pihak jasa maklon-lah yang menyediakan fasilitas produksi dan bahan baku untuk membuat produk skincare sesuai dengan permintaan Anda (klien). 

Lantas, berapa kisaran modal yang perlu dipersiapkan?

Sebenarnya, modal menggunakan jasa maklon skincare bervariasi tergantung oleh banyak faktor, seperti jenis produk skincare ingin dibuat, jumlah produk skincare yang ingin diproduksi, kualitas bahan baku dan kemasan yang digunakan, serta biaya jasa maklon itu sendiri.

Namun, umumnya kisaran jumlah modal yang diperlukan berkisar antara Rp 25 juta hingga Rp 250 juta

Modal ini sudah termasuk biaya pembuatan formula produk, pengadaan bahan baku dan kemasan, proses produksi dan pengemasan produk, perizinan BPOM dan halal MUI (jika diperlukan), serta label dan stiker produk.

Tentu saja modal ini bisa berubah sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda serta kebijakan masing-masing perusahaan maklon skincare.

Cara Memulai Bisnis Skincare Brand Sendiri

Credit Image

Jasa maklon merupakan solusi yang praktis dan efisien untuk memulai bisnis skincare dengan brand sendiri.

Sayangnya, saya tidak menemukan data dari lembaga riset mengenai pertumbuhan jasa maklon skincare di Indonesia.

Namun, berdasarkan informasi dari jawapos.com, menyebutkan bahwa industri kosmetik (skincare) mengalami pertumbuhan yang sangat pesat dengan meluasnya pasar kosmetik dan tingginya permintaan konsumen. 

Data Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2021 menyebutkan bahwa industri kosmetik mengalami pertumbuhan hingga 9,61 persen, sementara BPOM juga mencatat, industri kosmetik mengalami kenaikan jumlah perusahaan hingga sebesar 20,6 persen. 

Hingga Juli 2022, setidaknya sudah ada 913 industri kosmetik yang tercatat berdiri, di mana 83 persen diantaranya merupakan pelaku usaha kecil dan menengah (UKM).

Berdasarkan data diatas, pelaku usaha yang baru terjun untuk memulai bisnis kosmetik (skincare) dan belum memiliki pengalaman, sebagian besar memilih untuk menggunakan jasa maklon.

Hal tersebut menunjukan bahwa banyak pelaku usaha kosmetik (skincare) yang tertarik untuk menggunakan jasa maklon skincare.

Lalu bagaimana cara memulai bisnis skincare dengan jasa maklon?

Nah, berikut enam tahapan yang perlu Anda ketahui dalam memulai bisnis skincare brand sendiri dengan jasa maklon, yaitu:

  • Konsultasikan konsep produk skincare yang ingin diproduksi
  • Proses pembuatan sampel produk oleh maklon skincare
  • Pendaftaran merek dan perizinan BPOM
  • Desain kemasan produk skincare
  • Proses produksi skincare
  • Pelunasan pembayaran dan pengiriman produk

Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Konsultasikan Konsep Produk Skincare yang ingin diproduksi

Credit Image 

Ketika menggunakan jasa maklon, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengkonsultasikan konsep produk skincare yang ingin Anda produksi.

Lalu, apa saja yang perlu dibahas dengan pihak maklon skincare?

Berikut tiga poin penting yang harus Anda bahas dengan pihak maklon skincare, yaitu:

  • Jenis produk yang ingin Anda produksi

Tentukan produk skincare apa yang ingin Anda produksi. Apakah Anda akan membuat face wash, serum, moisturizer, masker wajah, toner, atau yang lainnya. 

Tentukan juga formula atau bahan skincare tersebut, apakah menggunakan bahan alami atau sintetis.

Kemudian, pilih juga tekstur dan aroma produk skincare. Apakah cair, padat, kental, atau berbusa dan beraroma wangi atau alami.

  • Kuantitas produk skincare yang ingin diproduksi

Tentukan berapa banyak jumlah produk skincare yang ingin Anda produksi dalam satu batch. 

  • Waktu produksi dan biaya maklon skincare

Diskusikan terkait berapa biaya produksi produk skincare dan berapa lama waktu yang dibutuhkan perusahaan maklon untuk menyelesaikan proses produksi skincare tersebut.

Nah, dengan mengkonsultasikan poin-poin tersebut, Anda akan mendapatkan saran dan masukan dari pihak maklon yang berdasarkan pengalaman dan pengetahuan mereka. 

Selain itu, Anda juga akan memperoleh gambaran terkait bentuk produk skincare, biaya jasa maklon hingga waktu untuk proses produksi skincare.

Perlu Anda ingat bahwa dalam melakukan kerja sama, jangan pernah ragu untuk bertanya atau berdiskusi dengan pihak maklon skincare.

Sehingga, produk skincare yang diproduksi dapat memenuhi kebutuhan dan harapan Anda sebagai produsen skincare.

2. Proses Pembuatan Sampel Produk oleh Maklon Skincare

Credit Image

Setelah konsep produk skincare telah ditentukan, kemudian pihak maklon skincare akan membuat sampel produk.

Sampel produk merupakan produk yang dibuat dalam jumlah sedikit untuk mengetes kualitas dan efektifitas produk skincare. 

Setelah selesai dibuat, sampel produk akan dikirimkan kepada Anda (klien) untuk dilakukan evaluasi dan uji coba. 

Tujuannya yaitu untuk mengetahui apakah sampel tersebut sudah sesuai dengan konsep produk skincare yang diinginkan.

Jika sampel produk yang dikirimkan sesuai dengan harapan Anda (klien), maka pihak maklon skincare dapat melanjutkannya ke tahap produksi massal.

Namun, bagaimana jika masih terdapat hal yang kurang sesuai pada sampel produk yang dikirimkan tersebut?

Nah, Anda (klien) dapat memberikan feedback atau saran perbaikan kepada pihak maklon jika memang terdapat hal yang kurang sesuai dengan harapan.

Kemudian, pihak maklon skincare akan melakukan revisi sampel berdasarkan feedback yang Anda berikan. Revisi ini dapat berupa perubahan aroma, warna, ataupun hal lainnya yang berkaitan dengan produk.

3. Pendaftaran Merek dan Perizinan BPOM

Credit Image

Pendaftaran merek dan perizinan BPOM sangat penting untuk dilakukan sebelum Anda menjual produk skincare Anda di pasaran.

Pendaftaran merek akan melindungi hak cipta dan identitas produk Anda dari kemungkinan plagiat atau persaingan tidak sehat. Sedangkan perizinan BPOM akan menjamin bahwa produk Anda aman dan sesuai dengan standar kesehatan yang berlaku di Indonesia.

Memangnya, bagaimana sih alur pendaftaran merek dan perizinan BPOM untuk bisnis skincare?

Berdasarkan informasi dgip.go.id, untuk melakukan pendaftaran merek, Anda harus mengajukan permohonan ke Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI).

Proses pendaftaran bisa dilakukan secara online dengan melampirkan beberapa dokumen, seperti formulir permohonan, logo atau lambang merek, daftar barang atau jasa yang akan dilindungi, dan bukti pembayaran biaya pendaftaran.

Selanjutnya, dilansir dari e-bpom.pom.go.id, untuk melakukan perizinan BPOM, Anda harus mengajukan permohonan ke Badan POM melalui sistem online dengan melampirkan beberapa dokumen, seperti surat izin usaha, sertifikat halal (jika diperlukan), dokumen lain yang diminta.

Kemudian, lakukan pembayaran biaya permohonan perizinan melalui bank yang telah ditentukan.

Itulah uraian singkat tentang cara pendaftaran merek dan perizinan BPOM. Bagaimana menurut Anda, apakah cukup rumit?

Namun, Anda tidak perlu khawatir jika menggunakan jasa maklon skincare. Perusahaan maklon siap membantu Anda dalam pengurusan pendaftaran merek dan perizinan BPOM untuk produk skincare.

4. Desain Kemasan Produk Skincare

Credit Image

Salah satu aspek penting dalam bisnis skincare adalah desain kemasan produk. Kemasan produk tidak hanya berfungsi sebagai wadah, tetapi juga sebagai media promosi dan branding. 

Desain kemasan produk yang menarik dan profesional dapat meningkatkan daya tarik dan kepercayaan konsumen terhadap produk skincare Anda.

Namun, mendesain kemasan produk skincare tidaklah mudah. Setidaknya, ada tiga hal yang perlu Anda pertimbangkan dalam mendesain kemasan produk skincare, diantaranya:

  • Tentukan konsep dan tema kemasan produk skincare sesuai dengan identitas merek dan target pasar Anda
  • Pilih bahan kemasan yang sesuai dengan karakteristik produk skincare Anda, apakah menggunakan bahan plastik, kaca, atau aluminium
  • Pilih warna, bentuk, ukuran, dan label kemasan yang sesuai dengan standar kualitas dan regulasi

Dengan menggunakan jasa maklon skincare, Anda hanya perlu menyediakan konsep desain kemasan produk yang Anda inginkan. Kemudian perusahaan maklon akan mewujudkannya sesuai dengan standar kualitas yang Anda tentukan.

Sehingga, Anda dapat memiliki kemasan produk skincare yang menarik dan profesional tanpa perlu repot mengurusnya sendiri. Lebih mudah bukan?

5. Proses Produksi Skincare

Credit Image

Setelah selesai melakukan semua tahapan diatas, maka selanjutnya adalah proses produksi skincare. Produksi massal ini dilakukan oleh perusahaan maklon skincare sesuai dengan jumlah pesanan Anda.

Perusahaan maklon akan mengumpulkan bahan-bahan skincare yang diperlukan dan mulai untuk memproduksi skincare sesuai keinginan Anda.

Pastinya, proses produksi skincare oleh perusahaan maklon dilakukan dengan menggunakan teknologi canggih dan standar CPKB (Cara Pembuatan Kosmetik yang Baik) yang diawasi oleh Badan POM.

6. Pelunasan pembayaran dan pengiriman produk

Credit Image

Setelah proses produksi selesai, Anda harus segera melakukan pelunasan seluruh biaya pembuatan produk skincare. Jika sudah, jangan lupa untuk melakukan konfirmasi pembayaran.

Jika sudah diverifikasi oleh perusahaan maklon, biasanya semua produk skincare akan dikirimkan sehari setelah Anda (klien) melakukan pelunasan pembayaran.

Nah, itulah enam tahapan memulai bisnis skincare brand sendiri dengan menggunakan jasa maklon skincare. Lebih efisien bukan?

Dengan menggunakan jasa maklon, Anda bisa memproduksi skincare dengan mudah dan cepat tanpa perlu repot mengurus segala hal yang berkaitan dengan produksi skincare. Sehingga, Anda bisa fokus pada pemasaran dan pengembangan bisnis Anda.

Contoh Brand Skincare yang Sukses

Credit Image

Salah satu brand skincare lokal yang menggunakan model bisnis private label (maklon) adalah D’Sars Beauty Skin. D’Sars Beauty Skin bekerjasama dengan jasa maklon Adev untuk memproduksi produk-produknya. 

D’Sars Beauty Skin didirikan oleh Dian Saraswati dan merupakan brand dari CV. Dian Skincare Berkah yang bergerak di bidang produk kesehatan dan kecantikan.

Produk skincare D’Sars Beauty Skin

Semua D’Sars Beauty Skin telah terdaftar BPOM, sehingga terjamin keamanan dan kualitasnya. 

Berdasarkan data dari Badan POM, terdapat 14 produk D’Sars Beauty Skin yang dapat memenuhi perawatan kulit, seperti sunscreen, facial wash, toner, moisturizer, day cream, night cream, dan serum.

Salah satu contoh produk dari D’Sars Beauty Skin adalah D’Sars Sunscreen Glow Protection SPF 30 dengan nomor BPOM NA18221700323, yang bermanfaat untuk mencerahkan kulit wajah, mengencangkan kulit, menyamarkan garis halus, hingga melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar UV.

Lalu, bagaimana pemasaran yang digunakan D’Sars Beauty Skin? 

Pemasaran skincare D’Sars Beauty Skin

Dalam pemasarannya, D’Sars Beauty Skin tidak hanya menjual produknya secara online melalui website, marketplace, dan media sosial, tetapi juga melalui sistem agen.

Saat ini, D’Sars Beauty Skin telah memiliki lebih dari 180 agen yang tersebar di seluruh Indonesia. Wow…!!!

Sayangnya, saya tidak menemukan informasi mengenai modal yang dibutuhkan untuk bergabung menjadi agen D’Sars Beauty Skin. 

Namun, dilansir dari website resmi D’Sars Beauty Skin, ada dua paket yang ditawarkan jika Anda ingin bergabung bersama D’Sars Beauty Skin, yaitu paket reseller dan paket agen.

Pada paket reseller, semakin banyak produk yang dipesan, maka harga produk akan semakin murah. Anda dapat memilih untuk memesan 3 paket atau bahkan 20 paket skincare D’Sars Beauty Skin.

Sedangkan dalam paket agen, Anda akan mendapatkan harga di bawah reseller dengan minimal order 75 paket.

Dengan bergabung menjadi reseller atau agen D’Sars Beauty Skin, Anda juga akan mendapatkan bimbingan bisnis, full support dari owner dan management, gratis website support, dan materi promosi lengkap setiap harinya. Anda bahkan berkesempatan mendapatkan uang tunai sebesar 1 juta rupiah.

Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk menjadi agen D’Sars Beauty Skin?

Kesimpulan 

Credit Image

Seiring dengan adanya peluang bisnis skincare yang menjanjikan, membuat banyak orang tertarik untuk memiliki produk skincare dengan brand sendiri, namun bingung bagaimana cara memulainya. 

Salah satu solusi yang bisa Anda pilih adalah dengan menggunakan jasa maklon skincare. 

Maklon skincare adalah jasa yang menyediakan produksi skincare sesuai dengan keinginan Anda, mulai dari konsep, formula, sampai perizinan produk. 

Dengan maklon skincare, Anda tidak perlu repot-repot mendirikan pabrik, merekrut karyawan, atau melakukan produksi skincare sendiri. 

Ada enam tahapan dalam melakukan bisnis skincare brand sendiri dengan jasa maklon, yaitu mengkonsultasikan konsep produk skincare yang ingin diproduksi, proses pembuatan sampel produk, pendaftaran merek dan perizinan BPOM, desain kemasan, proses produksi, serta pelunasan pembayaran dan pengiriman produk skincare.

Nah, sekarang Anda sudah tahu bagaimana cara memulai bisnis skincare dengan brand sendiri. Selanjutnya, yuk baca juga konten kami tentang cara berbisnis skincare.

5/5 - (28 votes)

Tentang

Ros Diyanti

Penulis merupakan pribadi yang gemar menulis artikel tentang bisnis dan enterpreneurship. Ia telah berupaya memberikan informasi terbaik dan akurat di artikel ini berdasarkan literasi dan penelitiannya.

Namun artikel ini dibuat hanya untuk tujuan informasi dan tidak ditujukan sebagai saran profesional atau konsultasi bisnis. Setiap pembaca bertanggung jawab penuh terhadap penggunaan informasi dalam artikel ini dan penulis tidak bertanggung jawab atas kerugian atau kerusakan dalam bentuk apa pun yang diduga timbul dari kesalahan, kelalaian, atau kelalaian dalam menyusun artikel ini.

Tinggalkan komentar


Index