whatsapp-adev

Bisnis Kecantikan

Tips Bisnis Skincare Korea: Brand & Rantai Distribusi

Published:

Updated:

Ros Diyanti

No Comments

Terdapat banyak brand skincare Korea yang populer di Indonesia saat ini. Seperti, Innisfree, Some by Mi, Laneige, COSRX, Nature Republic, Pyunkang Yul, Nacific, dan Sulwhasoo.

Tren kecantikan wanita Korea Selatan telah menjadi kiblat kecantikan di Indonesia, hingga membuat popularitas kosmetik dan skincare Korea semakin meningkat. 

Dikutip dari lifestyle.kompas.com, berdasarkan penelitian dari Allied Market Research, penjualan brand kecantikan Korea diperkirakan akan meningkat pada tingkat pertumbuhan tahunan gabungan sebesar 9% pada 2027 mendatang.

Hal tersebut dapat menunjukkan bahwa pertumbuhan industri brand skincare Korea di Indonesia cukup menjanjikan. 

Nah, bagi Anda yang tertarik memulai bisnis brand skincare Korea, berikut penjelasan kami tentang beberapa contoh brand skincare Korea, gambaran peluang bisnis, rantai distribusi, hingga tips menjalankan bisnis skincare Korea.

Peluang Bisnis Skincare Korea

Credit Image

Maraknya popularitas budaya Korea Selatan di Indonesia membuka peluang bisnis untuk produk Korea di Indonesia, termasuk kosmetik dan skincare. 

Hal itu disebabkan oleh fenomena Korean wave yang telah menjadi tren global, tak terkecuali Indonesia.

Kecantikan ala wanita Korea Selatan telah menjadi inspirasi dalam tren kecantikan di Indonesia, hingga membuat produk skincare Korea semakin diminati. 

Berdasarkan laporan midtrans.com, terdapat data dari Rakuten yang menunjukkan bahwa, dari 64.000 responden di berbagai negara pada tahun 2019 sebanyak 46% perempuan Indonesia menggunakan skincare dari Korea Selatan. Woah, luar biasa!

Lantas, apakah Anda tahu apa saja contoh brand skincare korea itu?

Untuk menjawab pertanyaan di atas, inilah delapan brand skincare korea yang populer dan banyak diminati di Indonesia, diantaranya:

  • Innisfree
  • Some by Mi
  • Laneige
  • COSRX
  • Nature Republic
  • Pyunkang Yul
  • Nacific
  • Sulwhasoo

Berikut penjelasan lengkapnya.

8 Brand Skincare Korea Ternama

1. Innisfree

Credit Image

Innisfree merupakan salah satu brand skincare asal Korea yang terkenal dengan produk-produknya yang menggunakan bahan-bahan alami dari Pulau Jeju, seperti teh hijau, vulkanik Jeju, aloe, camellia, apple seed, anggrek Jeju, bija, bunga sakura, hingga delima.

Produk skincare yang ditawarkan oleh innisfree, diantaranya ada Toner, Moisturizer, Oil & Face Mist, Serum, Sheet Masks, Sleeping Masks, Cleansing foam, juga Cleansing Oils.

Menurut Compas.co.id, Innisfree menjadi brand skincare Korea terbaik pada urutan pertama dengan penjualan mencapai 8.1K produk. Wowww…keren!

Kira-kira berapa ya kisaran harga produk brand innisfree dan bagaimana sih model bisnisnya?

Harga produk Innisfree

Harga skincare Innisfree bervariasi tergantung pada jenis dan ukuran produknya. Namun secara umum, harga produk-produknya berkisar antara Rp 100.000 hingga Rp 500.000 per item. 

Dilansir dari website resmi innisfree.com, berikut beberapa contoh produk skincare innisfree beserta harganya:

  • Jeju Orchid Skin (200ml) – Rp 320.000
  • Green Tea Seed Skin (200ml) – Rp 200.000
  • Jeju Volcanic Pore Toner (250ml) – Rp 220.000
  • Jeju Orchid Enriched Cream (50ml) – Rp 450.000
  • Green Tea Seed Cream (50ml) – Rp 300.000
  • Jeju Cherry Blossom Tone-up Cream SPF30/PA++ (50ml) – Rp 334.000
  • Jeju Orchid Enriched Essence (50ml) – Rp 480.000
  • Green Tea Seed Serum (80ml) – Rp 400.000

Model bisnis Innisfree

Model bisnis Innisfree adalah berbasis online dan offline. Innisfree menjual produk-produknya di toko ritel fisik atau gerai, toko online.

Untuk pemasarannya, innisfree mengkampanyekan produk ramah lingkungan (kampanye hijau), membuka sistem membership dengan poin atau reward, dan menawarkan promo dan event.

Innisfree memiliki website resmi yang menyediakan informasi lengkap tentang produk-produknya, serta layanan pengiriman dan pembayaran yang mudah dan cepat. 

Produk skincare Innisfree, juga dapat Anda temukan di platform e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, dan Blibli. 

Innisfree juga memiliki banyak toko fisik di berbagai negara, termasuk Indonesia, yang memungkinkan pelanggan untuk mencoba dan membeli produk-produknya secara langsung.

2. Some by Mi

Credit Image

Some By Mi adalah brand skincare asal Korea Selatan yang populer di Indonesia. Some By Mi menawarkan berbagai produk dengan bahan alami untuk mengatasi masalah kulit seperti jerawat, kusam, berminyak, dan sensitif. 

Beberapa seri produk Some By Mi yang terkenal adalah 30 Days Miracle, Snail True Cica, dan Yuja Niacin.

Lalu, berapa sih kisaran harga produk yang ditawarkan oleh brand skincare Some By Mi?

Harga produk Some By Mi

Harga produk Some By Mi bervariasi tergantung pada jenis produknya. Berdasarkan iprice.co.id, berikut beberapa contoh produk skincare Some by Mi beserta kisaran harganya, yaitu:

  • Toner Some by Mi 30 Days Miracle Toner 150ml: Rp 99.000
  • Facial wash Some by Mi AHA BHA PHA 30 Days Miracle Acne Clear Foam 100ml: Rp 99.000
  • Moisturizer Some by Mi Snail Truecica Miracle Repair Cream 60g: Rp 150.000
  • Sleeping mask Some by Mi Yuja Niacin Brightening Sleeping Mask 60g: Rp 200.000
  • Sunscreen Some by Mi Truecica Mineral Calming Suncream SPF50+ PA++++ 50ml: Rp 200.000
  • Serum Some by Mi Snail Truecica Miracle Repair Serum 50ml: Rp 250.000

Nah, itulah beberapa produk serta harga dari skincare Some By Mi. Berdasarkan contoh tersebut, umumnya harga produk Some By Mi berkisar antara Rp 99.000 hingga Rp 300.000 per item. Harga ini dapat dikatakan cukup bersaing dengan brand skincare lainnya yang sejenis. 

Model bisnis Some By Mi

Model bisnis Some By Mi adalah menjual produk-produknya secara online melalui website resmi, media sosial, dan marketplace (Shopee, Lazada, dan Tokopedia). 

Compas.co.id melaporkan bahwa Some by Mi berhasil menjual sekitar 3.7K produknya di Tokopedia selama bulan Agustus 2022. 

Some By Mi juga bekerja sama dengan beberapa influencer dan selebriti untuk mempromosikan produk-produknya. Selain itu, Some By Mi juga memiliki beberapa distributor resmi di berbagai negara, termasuk Indonesia. 

Banyak orang yang tertarik untuk mencoba produk Some By Mi, sehingga peluang bisnis sebagai distributor skincare ini cukup menjanjikan. Wah, bagaimana menurut Anda, apakah Anda tertarik untuk menjadi distributor skincare Some By Mi?

Sayangnya saya tidak menemukan informasi yang mendetail di website resmi Some By Mi, mengenai syarat dan ketentuan untuk bergabung menjadi distributor skincare Some By Mi. 

Namun, Anda dapat menghubungi mereka melalui formulir kontak di halaman “Contact Us” pada website resmi Some By Mi,  untuk meminta informasi lebih lanjut terkait cara bergabung menjadi distributor Some By Mi. 

3. Laneige

Credit Image 

Laneige merupakan brand perawatan kulit dan kecantikan asal Korea Selatan yang diluncurkan oleh Amore Pacific pada tahun 1994. 

Laneige menawarkan berbagai produk perawatan kulit, termasuk produk pembersih, toner, serum, lip sleeping mask, hingga water sleeping mask.

Semua produk Laneige didesain untuk memperbaiki kulit dan menjaga keseimbangan kelembaban kulit, sehingga memberikan hasil kulit yang sehat dan bersinar.

DIkutip dari compas.com, berdasarkan data yang dirilis oleh Tokopedia pada bulan Agustus 2022, Laneige menempati urutan ke-4 dari 5 brand skincare Korea terbaik dengan penjualan mencapai 2.3K produk. Cukup mengagumkan, bukan?

Harga produk Laneige

Laneige menawarkan produk dengan harga menengah ke atas yang sesuai dengan kualitas dan manfaatnya.

Menurut website resmi Laneige, berikut daftar harga dari beberapa produk skincare Laneige:

  • Multi Deep-Clean Cleanser (150ml) – Rp 350.000
  • Perfect Pore Cleansing Oil (250ml) – Rp 350.000
  • Essential Power Skin Refiner Moisture (200ml) – Rp 400.000
  • Essential Power Skin Refiner Light (200ml) – Rp 400.000
  • Water Sleeping Mask (70ml) – Rp 300.000
  • Cica Sleeping Mask (60ml) – Rp 400.000
  • Water Bank Hydro Essence (70ml) – Rp 1.200.000
  • Water Bank Moisture Essence (70ml) – Rp 1.200.000

Model bisnis Laneige

Laneige memiliki model bisnis yang berfokus pada penjualan online dan offline melalui berbagai kanal distribusi.

Salah satu kanal distribusi utama Laneige adalah situs web resmi mereka, yaitu www.laneige.com. Situs web ini menyediakan informasi tentang produk Laneige, juga memungkinkan konsumen untuk membeli produk langsung dari web tersebut.

Selain situs web resmi, Laneige juga menjual produknya melalui marketplace online, seperti Shopee, Tokopedia, dan Lazada. 

Laneige juga memperluas jangkauan pasar melalui toko ritel fisik dan melakukan kerjasama dengan department store. 

4. COSRX

Credit Image 

Brand skincare asal Korea Selatan yang tengah populer di Indonesia selanjutnya adalah COSRX.

Dengan kemasan simpel dan formula yang efektif mengatasi sejumlah masalah kulit, COSRX sukses menarik minat masyarakat Indonesia.

COSRX menghadirkan rangkaian produk skincare sebagai solusi dari berbagai permasalahan kulit; mulai dari dehidrasi, berjerawat, kusam, hingga sensitif.

Sayangnya, saya tidak menemukan data apapun dari lembaga riset tentang jumlah penjualan produk skincare COSRX.

Nah, kira-kira apa saja model bisnis yang diterapkan oleh COSRX? dan berapa kisaran harga produk COSRX? yuk, simak penjelasan berikut.

Harga produk COSRX

Secara umum, harga produk COSRX berkisar antara Rp 100 ribu hingga Rp 300 ribu. Berikut beberapa daftar harga produk COSRX berdasarkan website resminya di www.cosrx.id, diantaranya:

  • COSRX Low pH Good Morning Gel Cleanser (150 ml): Rp 155.000
  • COSRX Aloe Soothing Sun Cream SPF 50+ PA+++ (50 ml): Rp 199.900
  • COSRX AHA/BHA Clarifying Treatment Toner (150 ml): Rp 200.000
  • COSRX Ultimate Nourishing Rice Overnight Spa Mask (60 ml): Rp 269.000
  • COSRX Advanced Snail 96 Mucin Power Essence (100 ml): Rp 275.000
  • COSRX Hyaluronic Acid Intensive Cream (100 ml): Rp 299.000

Model bisnis COSRX

COSRX memiliki model bisnis yang melibatkan penjualan online dan offline untuk memperluas jangkauan pasar dan mempermudah akses konsumen ke terhadap produk mereka.

  • Penjualan online

COSRX menjual produk-produknya melalui website resmi mereka, cosrx.id. Pada website ini pelanggan dapat mempelajari tentang produk, menemukan informasi tentang bahan-bahan, dan membeli produk langsung. 

Selain itu, COSRX juga menjual produk mereka melalui marketplace online seperti Amazon, Sephora, dan iHerb. 

COSRX juga aktif di media sosial, seperti Instagram dan YouTube, di mana mereka mempromosikan produk-produk mereka dan berinteraksi dengan pengguna. 

  • Penjualan offline

COSRX menjalin kerja sama dengan beberapa toko offline besar, seperti Watsons, Guardian, dan Sociolla. Melalui mitra ini, COSRX dapat memperluas jangkauan pasar mereka dan meningkatkan ketersediaan produk di toko-toko fisik. 

Dengan penjualan offline, dapat memberikan pelanggan kesempatan untuk melihat dan mencoba produk secara langsung sebelum memutuskan untuk membelinya. 

5. Nature Republic

Credit Image

Nature Republic merupakan brand perawatan kulit asal Korea Selatan yang terus eksis di pasar Indonesia. 

Keunggulan bahan-bahan alami, harga yang terjangkau, dan pemasaran yang tepat membuat Nature Republic tetap diminati oleh konsumen Indonesia, terutama para pengguna skincare. 

Menurut informasi dari cobisnis.com, salah satu produk andalan Nature Republic adalah Aloe Vera 92% Soothing Gel, yang telah terjual lebih dari 100 juta di seluruh dunia. Wow..fantastis!

Harga produk Nature Republic

Harga produk Nature Republic bervariasi tergantung pada jenis produk dan manfaatnya. Berikut beberapa daftar harga produk skincare berdasarkan website resmi Nature Republic:

  • Aloe Vera 92% Soothing Gel : Rp 88.000
  • Chamomile Calming Toner : Rp 130.000
  • Super Aqua Max Moisture Watery Cream : Rp 268.000
  • California Aloe Daily Sun Block SPF50+ PA++++ : Rp 285.000
  • Capture Azulene Moisturizing Ampoule : Rp 480.000
  • Ginseng Royal Silk Watery Cream : Rp 1.418.000

Model bisnis Nature Republic

Nature Republic menggunakan model bisnis penjualan langsung melalui toko fisik, kerjasama dengan distributor lokal dan internasional, serta pemasaran melalui media sosial. 

Selain itu, Nature Republic juga menjual produknya melalui platform e-commerce seperti Shopee, Lazada, Tokopedia, dan website resminya.

Dikutip dari industri.kontan.co.id, menyatakan bahwa Nature Republic telah memiliki lebih dari 1.000 gerai di seluruh dunia dan tiga gerai penjualan terbaik ada di Indonesia. WOW…!!!

6. Pyunkang Yul

Credit Image

Pyunkang Yul merupakan brand skincare Korea yang berasal dari klinik pengobatan oriental Pyunkang.

Pyunkang Yul terkenal dengan pengobatan untuk kulit sensitif dan berjerawat dengan menggunakan bahan-bahan alami dan tradisional Korea, seperti menggunakan seperti akar astragalus, akar coptis, dan ekstrak kulit pohon willow.

Harian compas.co.id, menginformasikan bahwa Pyunkang Yul berhasil mencapai 5.0% market share di Shopee dan Tokopedia pada periode 1-15 September 2021. 

Produk terlaris dari Pyunkang Yul adalah Essence Toner yang mengandung 91.3% Milk Vetch Root Extract yang diklaim dapat memberikan ekstra kelembaban kulit wajah dan menjaganya tetap sehat.

Harga produk Pyunkang Yul

Pyunkang Yul menawarkan harga produk yang cukup terjangkau dan kompetitif dibandingkan dengan brand skincare Korea lainnya. Kisaran harga produk Pyunkang Yul adalah sekitar Rp 80 ribu – Rp 400 ribu. 

Berdasarkan iprice.co.id, berikut adalah daftar produk Pyunkang Yul beserta harga produknya:

  • Pyunkang Yul Mist Toner 100 Ml: Rp 80.000
  • Pyunkang Yul Cleansing Foam 150ml: Rp 105.000
  • Pyunkang Yul Calming Moisture Balm 30Ml: Rp 192.000
  • Pyunkang Yul Whs Essence Toner Wajah 100Ml: Rp 199.999
  • Pyunkang Yul Balancing Gel 100Ml: Rp 205.700
  • Pyunkang Yul Moisture Ampoule 100Ml: Rp 320.000

Setelah mengetahui kisaran harga produk skincare Pyunkang Yul, lantas bagaimana dengan model bisnisnya?

Model bisnis Pyunkang Yul

Model bisnis Pyunkang Yul adalah menjual produk skincare secara online melalui berbagai platform e-commerce, seperti seperti Amazon, Sephora, Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dan lain-lain. 

Pyunkang Yul memiliki official website dan official store di Korea Selatan, serta aktif berpromosi melalui media sosial, seperti Instagram, Facebook, dan YouTube untuk berinteraksi dengan pelanggan dan calon pelanggan.

Selain itu, Pyunkang Yul juga bekerja sama dengan beberapa distributor resmi di berbagai negara, termasuk Indonesia. 

7. Nacific

Credit Image 

Nacific termasuk brand asal Korea Selatan yang cukup populer di kalangan pecinta skincare Indonesia.

Nacific menawarkan berbagai produk skincare yang diklaim dapat mengatasi berbagai masalah kulit, seperti jerawat, kusam, kering, hingga keriput.

Salah satu produk terkenal dari Nacific adalah Fresh Herb Origin Serum, yang mengandung ekstrak daun rosemary dan chamomile untuk membantu menenangkan dan melembabkan kulit. 

Namun, saya tidak menemukan data terkait jumlah penjualan produk skincare nacific ataupun persentase pangsa pasarnya di Indonesia.

Harga produk Nacific

Umumnya, rata-rata harga produk Nacific berkisar antara Rp 100.000 hingga Rp 300.000 per item. Nah, dibawah ini kisaran harga beberapa produk Nacific yang diambil dari website resmi Nacific (dalam rupiah), yaitu:

  • Phyto Niacin Whitening Essence: Rp 300.000
  • Fresh Herb Origin Serum: Rp 200.000
  • Fresh Herb Origin Toner: Rp 170.000
  • Fresh Herb Origin Cream: Rp 195.000
  • Dark Zero Eye Cream: Rp 195.000
  • Fresh Cica Plus Clear Kit: Rp 420.000
  • Pink AHA BHA Kit: Rp 420.000

Model bisnis Nacific

Model bisnis Nacific berfokus pada penjualan online melalui website resmi, marketplace, dan media sosial. 

Nacific bekerja sama dengan beberapa influencer dan selebriti Korea untuk mempromosikan produk-produknya.

Jika Anda tertarik, Nacific juga memberikan kesempatan untuk menjadi reseller atau distributor resmi produknya. Dengan begitu, Anda dapat mendapatkan keuntungan dari penjualan produk Nacific.

Bila anda ingin memulai bisnis produk perawatan kulit dengan merek sendiri, maka silahkan lihat tawaran kami tentang maklon skincare.

8. Sulwhasoo

Credit Image

Sulwhasoo merupakan brand produk perawatan kulit mewah yang berasal dari Korea Selatan.

Sulwhasoo menawarkan berbagai macam produk perawatan kulit, mulai dari pembersih, toner, serum, krim, masker, hingga make-up.

Produk Sulwhasoo mengandung bahan-bahan alami seperti ginseng, bunga putih, dan jamur reishi yang diklaim dapat meningkatkan vitalitas, kelembaban, dan kesehatan kulit.

Saya tidak menemukan data terbaru terkait jumlah penjualan produk Sulwhasoo. Namun, Sulwhasoo merupakan brand andalan dari Amorepacific Group, salah satu perusahaan kosmetik terbesar di Korea dan dunia. 

Pada tahun 2020, Amorepacific Group mencatat penjualan sebesar 4.930,1 triliun won Korea Selatan dan laba operasi sebesar 150,7 miliar won Korea Selatan, dilansir dari apgroup.com. Wow…luar biasa!

Selain itu, Statista.com melaporkan, bahwa laporan keuangan yang diterbitkan Amorepacific Group, laba operasi mereka pada tahun 2021 sekitar 356,17 miliar won Korea Selatan. 

Harga produk Sulwhasoo 

Harga produk Sulwhasoo juga tergantung jenis dan ukurannya. Namun, secara umum, produk Sulwhasoo termasuk dalam kategori perawatan kulit premium dengan harga yang cukup tinggi dibandingkan dengan brand perawatan kulit Korea lainnya.

Melalui website resmi Sulwhasoo, berikut beberapa daftar harga produk skincare Sulwhasoo:

  • Gentle Cleansing Foam (200 ml) : Rp530.000
  • Essential Comfort Moisturizing Cream (50 ml) : Rp1.200.000
  • UV Wise Brightening Multi Protector (50 ml) : Rp1.250.000
  • Concentrated Ginseng Renewing Water EX (150 ml) : Rp1.450.000
  • Concentrated Ginseng Renewing Serum EX (50 ml) : Rp2.900.000
  • Concentrated Ginseng Renewing Cream EX (60 ml) : Rp3.900.000
  • Timetreasure Invigorating Serum (50 ml) : Rp5.200.000
  • Timetreasure Honorstige Cream (60 ml) : Rp11.500.000

Model bisnis Sulwhasoo 

Model bisnis Sulwhasoo adalah bisnis produk perawatan kulit mewah dengan penjualan melalui toko ritel dan online.

Sulwhasoo memasarkan produk-produknya melalui toko-toko ritel yang berlokasi di beberapa negara, seperti Korea Selatan, Cina, Jepang, dan Amerika Serikat. 

Selain itu, mereka juga menjual produk-produk mereka secara online melalui situs web resmi sulwhasoo.com dan platform e-commerce Sulwhasoo.

Sulwhasoo juga menawarkan pengalaman perawatan kulit yang menyeluruh dengan menyediakan layanan spa, flagship store, dan beauty lounge di berbagai negara.

Nah, itulah delapan brand skincare Korea yang sukses menarik perhatian konsumen Indonesia dengan produk-produknya yang berkualitas. 

Semua brand tersebut memiliki keunikan dan keistimewaan masing-masing yang menjadikannya populer di Indonesia. 

Oleh karena itu, jika Anda mencari produk skincare berkualitas dari Korea untuk memulai bisnis, Anda dapat mempertimbangkan beberapa merek yang telah disebutkan di atas.

Selanjutnya, yuk kenali tahapan rantai distribusi skincare korea berikut ini.

Kenali Rantai Distribusi Skincare Korea Untuk Bisnis

Credit Image

Rantai distribusi skincare adalah rangkaian proses dan tahapan yang dilakukan untuk mengantarkan produk skincare dari produsen hingga sampai ke tangan konsumen akhir. 

Rantai distribusi ini melibatkan berbagai pihak yang terlibat dalam memproduksi, mendistribusikan, dan menjual produk skincare kepada konsumen akhir.

Lalu, apa saja sih tahapan rantai distribusi skincare korea?

Menjawab pertanyaan tersebut, umumnya ada empat tahapan rantai distribusi skincare korea, yaitu:

  • Pabrik
  • Distributor
  • Supplier tangan pertama
  • Retailer

Berikut penjelasan lengkapnya untuk Anda.

Pabrik

Credit Image 

Tahap pertama dalam rantai distribusi skincare Korea adalah pabrik. Pabrik skincare umumnya merupakan perusahaan besar dengan fasilitas produksi modern dan teknologi terkini. 

Pabrik adalah tempat dimana produk skincare Korea diproduksi dengan bahan-bahan berkualitas dan standar keamanan yang tinggi. Setelah selesai diproduksi, produk skincare Korea akan diuji kualitasnya sebelum dikirim ke distributor.

Dalam tahapan ini, pabrik juga bertanggung jawab untuk mengemas dan melabeli produk sesuai dengan regulasi yang berlaku. 

Distributor

Credit Image

Tahap kedua dalam rantai distribusi skincare Korea adalah distributor. 

Distributor merupakan perusahaan yang membeli produk skincare korea dari pabrik dalam jumlah besar dan menjualnya kembali ke supplier tangan pertama atau retailer di berbagai negara. 

Distributor juga menawarkan layanan seperti pengiriman, penyimpanan, dan promosi produk. Selain itu, distributor harus bisa memastikan bahwa produk skincare Korea tersedia untuk disalurkan ke pengecer.

Pihak distributor skincare Korea biasanya harus memiliki jaringan yang luas dan pengalaman dalam bidang distribusi barang.

Supplier tangan pertama

Credit Image

Tahap selanjutnya dalam rantai distribusi skincare Korea adalah supplier tangan pertama. Mereka berperan sebagai perantara antara distributor dan retailer.

Supplier tangan pertama atau first-hand supplier merupakan pihak yang membeli produk skincare langsung dari distributor untuk dijual ke retailer atau pengecer. 

Mereka biasanya membeli produk dalam jumlah besar, kemudian menyimpan produk tersebut di gudang mereka untuk menjaga ketersediaan stok. 

Selanjutnya, mereka akan menjual produk skincare tersebut ke retailer atau pengecer dalam jumlah kecil, biasanya dengan harga yang lebih tinggi dari harga yang mereka bayar kepada distributor.

Supplier tangan pertama harus memastikan kualitas produk skincare Korea tetap terjaga sepanjang rantai distribusi, termasuk selama proses penyimpanan dan pengiriman produk.

Retailer

Credit Image 

Tahap terakhir dalam rantai distribusi skincare Korea adalah retailer atau pengecer. Retailer menjual produk skincare Korea secara langsung ke konsumen akhir. Retailer skincare Korea dapat berupa toko kosmetik, supermarket, online marketplace, atau toko kecantikan. 

Retailer biasanya memiliki variasi produk yang lebih banyak dan menawarkan layanan seperti pelayanan pelanggan, pengembalian barang, dan diskon produk. 

Retailer harus memastikan bahwa produk skincare yang dijual merupakan produk asli, berkualitas, dan aman digunakan. Retailer juga bertanggung jawab untuk mempromosikan produk skincare dan memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen.

Demikianlah penjelasan tentang tahapan rantai distribusi skincare korea. 

Dengan mengenal rantai distribusi skincare Korea untuk bisnis, Anda dapat menjalankan bisnis skincare Korea dengan lebih mudah dan sukses. 

Tips Menjalankan Bisnis Skincare Korea

Credit Image

Bisnis skincare Korea dapat dianggap menguntungkan di Indonesia, tetapi hal itu tidak sepenuhnya terjamin. Dibutuhkan strategi dan pengelolaan yang baik untuk dapat memasarkan produk dengan efektif dan bersaing dengan brand lain di pasar Indonesia.

Oleh karena itu, berikut beberapa tips yang harus Anda perhatikan dalam menjalankan bisnis skincare Korea, yaitu:

  • Pelajari untung rugi model bisnisnya
  • Kenali kelebihan dan kekurangan produk skincare Korea
  • Tentukan produk skincare yang akan dijual
  • Siapkan modal yang cukup
  • Pilih supplier yang tepat
  • Mulai memasarkan produk skincare

Berikut penjelasan lengkapnya untuk Anda.

Pelajari untung rugi model bisnisnya

Credit Image

Sebelum memulai bisnis skincare Korea, penting bagi Anda untuk mempelajari untung rugi model bisnis yang Anda pilih. 

Bisnis skincare Korea dapat Anda lakukan dengan berbagai model, seperti reseller, dropshipper, atau distributor.

Dengan pemahaman yang baik tentang model bisnis, Anda akan dapat membuat keputusan yang tepat dalam mengelola bisnis Anda.

Setiap model bisnis, pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, baik dari segi modal, risiko, maupun keuntungan. Oleh karena itu, pilihlah model bisnis yang sesuai dengan kemampuan dan tujuan Anda.

Berikut ini contoh tabel perbandingan model bisnis skincare Korea dengan menjadi distributor, reseller, atau dropshipper.

Model Bisnis KelebihanKekurangan
Menjadi Distributor1. Memiliki keleluasaan untuk mengelola produk-produk yang dibeli terlebih dahulu
2. Tidak bergantung pada satu produsen
3. Margin yang diambil bisa disesuaikan dengan keuntungan yang ingin didapat
4. Mudah membangun kepercayaan dan loyalitas klien apabila dijalankan dengan benar
1. Membutuhkan modal yang cukup besar untuk memasok produk
2. Membutuhkan gudang penyimpanan
3. Produk memiliki masa kadaluarsa
4. Bertanggung jawab atas banyak hal seperti pengemasan, pengiriman, penerimaan komplain, hingga memasarkan bisnis
Menjadi Reseller1. Tidak membutuhkan modal yang begitu besar
2. Tidak perlu melakukan produksi dari nol, sehingga risiko kerugian menjadi kecil
3. Menjadi seorang reseller sangat mudah dan tidak memerlukan persiapan yang rumit
4. Reseller skincare dapat memperoleh produk dengan harga murah dan terjangkau dari supplier skincare
1. Membutuhkan modal awal yang sebenarnya tidak sedikit
2. Harus menyiapkan tempat atau gudang untuk menyimpan stok barang
3. Kerugian finansial ketika barang dijual atau rusak
4. Harus melakukan banyak hal, mulai dari pemasaran, melayani pelanggan, pengemasan, pengiriman dan menerima keluhan
Menjadi Dropshipper1. Modal yang dikeluarkan sedikit, karena tidak mengeluarkan uang untuk membeli stok produk skincare
2. Lokasi dan jam kerja fleksibel, sehingga dapat bekerja dari mana saja dan kapan saja  3. Mudah dan efisien, karena tidak perlu melakukan produksi atau pengiriman produk
4. Lebih hemat tenaga, dropshipper skincare tidak perlu mengurus produksi, pengemasan, dan pengiriman barang. 
1. Tidak memiliki kontrol terhadap barang. Dropshipper skincare tidak memiliki kendali atas ketersediaan barang atau kondisi barang yang dijual. 
2. Sistem pengiriman kompleks. Jika produk skincare yang dikirim supplier tidak sesuai dan mengalami gagal pengiriman, proses mengurusnya bisa sangat merepotkan.
3. Laba yang bisa diambil dari penjualan produk skincare tidak bisa terlalu tinggi.

Catatan: Data kelebihan dan kekurangan model bisnis diambil dari accurate.id, jurnal.id, akseleran.co.id, talenta.co.

Kenali kelebihan dan kekurangan produk skincare Korea

Credit Image

Tips selanjutnya, lakukanlah riset tentang produk skincare Korea. Pastikan Anda mengetahui kelebihan dan kekurangan produk skincare Korea, serta keunikan yang ditawarkan oleh produk-produk tersebut dibandingkan dengan brand skincare dari negara lain. 

Hal ini akan membantu Anda untuk menentukan produk skincare Korea yang tepat untuk  untuk ditawarkan kepada konsumen.

Berikut adalah tabel kelebihan dan kekurangan produk skincare Korea secara umum:

Kelebihan Produk Skincare KoreaKekurangan Produk Skincare Korea
Packaging yang lucu sehingga membuat skincare Korea diminati oleh banyak orang.Produk skincare Korea dengan bahan tertentu dapat menyebabkan rasa gatal, menyengat, dan terbakar.
Menawarkan banyak pilihan produk untuk semua jenis kulit.Beberapa produk tidak cocok untuk jenis kulit tertentu dapat memberikan efek samping seperti produksi minyak berlebih dan jerawat.
Menggunakan bahan-bahan yang unik, namun kaya manfaat, seperti lendir siput, telur salmon, getah pohon birchProduk yang tidak cocok dapat menyebabkan kulit kering dan iritasi. 
Skincare Korea merupakan produk ramah lingkungan, organik, animal cruelty free, dan bebas bahan kimiaBeberapa produk dengan kandungan bahan tertentu menyebabkan kulit mudah terkelupas

Catatan: 

Efek samping yang disebutkan pada kekurangan produk skincare tidak selalu terjadi pada setiap orang dan dapat bervariasi tergantung pada jenis kulit dan kandungan bahan produk skincare Korea yang digunakan.

Data kelebihan dan kekurangan skincare Korea diambil dari halodoc.com, beautynesia.id, fimela.com.

Tentukan produk skincare yang akan dijual

Credit Image

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangannya, Anda dapat memilih produk skincare yang tepat untuk dijual. 

Anda harus menentukan produk skincare yang sesuai dengan target pasar Anda, misalnya produk untuk kulit kering, kulit berminyak, kulit sensitif, atau kulit berjerawat. 

Selain itu, pastikan untuk memilih produk skincare Korea yang memiliki kualitas yang baik dan permintaan tinggi di pasaran.

Anda juga harus mengetahui komposisi, fungsi, dan cara penggunaan produk skincare yang Anda jual agar bisa memberikan informasi yang akurat dan bermanfaat kepada konsumen.

Siapkan modal yang cukup

Credit Image

Untuk memulai bisnis skincare Korea, Anda harus memastikan bahwa modal yang tersedia cukup untuk memulai bisnis dengan baik. Mulailah dengan menyusun anggaran dan menentukan berapa banyak modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis. 

Modal yang dibutuhkan tergantung pada model bisnis yang Anda pilih. Jika Anda menjadi reseller atau dropshipper skincare Korea, modal yang dibutuhkan relatif kecil karena Anda tidak perlu menyimpan stok barang. 

Namun, jika Anda menjadi distributor, modal yang dibutuhkan lebih besar karena Anda harus membeli produk skincare Korea dalam jumlah banyak dan menyimpannya di gudang.

Pastikan Anda memiliki modal yang cukup untuk biaya pembelian stok produk, penyimpanan, branding, packaging, pengiriman, pemasaran produk, dan biaya operasional lainnya.

Pilih supplier yang tepat

Credit Image

Memilih supplier yang tepat, dapat menjadi kunci sukses dalam bisnis skincare Korea. Anda bisa mencari supplier melalui internet, media sosial, ataupun rekomendasi dari teman. 

Supplier merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam memulai bisnis skincare Korea. Oleh karena itu, ada tiga hal yang perlu Anda perhatikan dalam memilih supplier skincare Korea, yaitu:

  • Pilih supplier yang terpercaya, memiliki reputasi yang baik, dan profesional. Pastikan Anda memilih supplier yang dapat memenuhi kebutuhan Anda dalam hal jumlah produk dan waktu pengiriman.
  • Pastikan supplier menyediakan produk skincare Korea yang orisinal, berkualitas, aman, halal, dan memiliki izin dari BPOM.
  • Pastikan supplier memberikan harga yang kompetitif, pelayanan yang ramah dan cepat, serta fasilitas yang memudahkan Anda dalam bertransaksi, misalnya sistem pembayaran online, pengiriman gratis, atau garansi barang.

Mulai memasarkan produk skincare

Credit Image

Setelah mempersiapkan semua hal di atas, Anda bisa mulai memasarkan produk skincare Korea kepada konsumen. 

Anda dapat memasarkan produk Anda melalui toko online, media sosial, website, influencer, atau bahkan membuka toko fisik. 

Kemudian, jangan lupa untuk menggunakan strategi pemasaran unik dan menarik agar bisa menarik perhatian konsumen, seperti memberikan diskon, voucher, atau hadiah, membuat konten edukasi tentang skincare Korea, membuat testimoni ataupun review dari pelanggan.

Untuk meningkatkan penjualan produk skincare Korea Anda, pastikan Anda memilih strategi pemasaran yang tepat dan mengikuti tren terbaru. 

Selain itu, pilihlah strategi pemasaran yang sesuai dengan budget dan target pasar Anda.

Kesimpulan

Credit Image 

Bisnis skincare Korea merupakan salah satu bisnis yang sedang populer di Indonesia. Banyak orang yang tertarik untuk mencoba produk skincare yang berasal dari negeri ginseng ini karena kualitasnya yang bagus dan harganya yang terjangkau. 

Ada delapan contoh produk skincare Korea yang banyak diminati di Indonesia, diantaranya Innisfree, Some by Mi, Laneige, COSRX, Nature Republic, Pyunkang Yul, Nacific, dan Sulwhasoo.

Kemudian, terdapat empat tahapan dalam rantai bisnis skincare Korea, yaitu pabrik, distributor, supplier tangan pertama, serta retailer.

Namun, sebelum Anda memutuskan untuk terjun ke bisnis skincare Korea, ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan agar bisnis Anda berjalan lancar dan menguntungkan.

Beberapa tips tersebut, yaitu pelajari untung rugi model bisnisnya, kenali kelebihan dan kekurangan produk skincare Korea, tentukan produk skincare yang akan dijual, siapkan modal yang cukup, pilih supplier yang tepat, serta mulai memasarkan produk skincare.

Nah, sekarang Anda sudah tahu tentang tips bisnis skincare Korea beserta apa saja brand skincare Korea dan rantai distribusinya. Selanjutnya, yuk baca juga konten kami tentang bisnis skincare brand sendiri.

5/5 - (24 votes)

Tentang

Ros Diyanti

Penulis merupakan pribadi yang gemar menulis artikel tentang bisnis dan enterpreneurship. Ia telah berupaya memberikan informasi terbaik dan akurat di artikel ini berdasarkan literasi dan penelitiannya.

Namun artikel ini dibuat hanya untuk tujuan informasi dan tidak ditujukan sebagai saran profesional atau konsultasi bisnis. Setiap pembaca bertanggung jawab penuh terhadap penggunaan informasi dalam artikel ini dan penulis tidak bertanggung jawab atas kerugian atau kerusakan dalam bentuk apa pun yang diduga timbul dari kesalahan, kelalaian, atau kelalaian dalam menyusun artikel ini.

Tinggalkan komentar


Index