fbpx

#LocalPride, Tren dan Peluang Sukses Brand Lokal Kosmetik

Pernahkah kamu mendengar istilah #LocalPride yang beberapa tahun belakangan ini semakin populer? Bagi penggemar brand lokal, kamu mungkin tak asing lagi dengan istilah yang satu ini, ya. 

Seperti namanya, #LocalPride adalah sebuah tren, gerakan, atau kampanye yang gencar dilakukan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat Indonesia agar lebih mencintai produk-produk buatan dalam negeri. 

Berawal di tahun 2017, tren #LocalPride mulanya identik dengan brand lokal fesyen seperti clothing line dan sepatu saja. Namun seiring berjalannya waktu, tren ini semakin populer untuk berbagai produk yang berasal dari industri dalam negeri, termasuk kosmetik. 

Tren ini secara tidak langsung juga bisa menjadi peluang brand kosmetik buatan Indonesia untuk sukses diminati masyarakat, lho. Simak informasi tentang insight bisnis selengkapnya di bawah ini, yuk!

Bagaimana Peluang Brand Kosmetik di Pasar Lokal? 

Dalam membangun bisnis, mengetahui peluang dan kesempatan merupakan hal yang penting karena dapat membantumu dalam mengembangkan potensi yang ada.

Bagi kamu yang mau memulai bisnis kosmetik, informasi peluang bisnis di pasar Indonesia berikut ini pasti akan membuatmu bahagia. 

Ya, peluang bisnis kosmetik di Indonesia terus diperkirakan meningkat karena didukung berbagai aspek, salah satunya karena tumbuhnya kesadaran untuk mencintai produk dalam negeri. 

Melansir katadata, 65% konsumen Indonesia lebih memilih produk kecantikan yang berasal dari brand lokal dibandingkan brand luar negeri. 

Angka tersebut juga berpotensi bertambah, apalagi kini brand lokal banyak melakukan inovasi agar produknya dapat menjawab dan memenuhi kebutuhan pasar di Indonesia dengan tepat. 

BACA JUGA: Ide Bisnis: Skincare A la Korea yang Banyak Diminati Pasar Indonesia

Selain itu berikut beberapa alasan mengapa brand lokal lebih banyak diminati:

Alasan Brand Lokal Semakin Diminati

Produk dari Brand Lokal Punya Kebanggaannya Tersendiri 

Membeli produk lokal secara langsung memunculkan rasa bangga terhadap hasil karya anak negeri. Apalagi brand lokal juga cenderung menawarkan kualitas barang yang tinggi, setara dengan brand luar, tetapi harga tetap cocok di kalangan masyarakat Indonesia. 

Membantu Perekonomian Bangsa

Membeli produk kosmetik lokal sama dengan membantu perekonomian bangsa. Bahkan, kesuksesan brand lokal juga bisa mendukung terbukanya lapangan pekerjaan yang semakin luas! 

Lapangan pekerjaan yang tercipta karena adanya brand tersebut secara langsung akan membuat ekonomi bangsa meningkat secara berkelanjutan. Taraf hidup dan kondisi masyarakat pun akan dapat ditingkatkan pula. Dampaknya begitu positif, bukan?

Penggunaan Bahan-Bahan Alami dan Berkualitas

centella asiatica

Untuk produk kosmetik, bahan-bahan alami asli Indonesia dianggap lebih unggul dari sisi keamanan dan khasiatnya. Tak heran banyak yang memilih untuk menggunakan produk kosmetik buatan Indonesia. 

Harga Produk Brand Lokal Lebih Terjangkau 

brand lokal harga terjangkau

Karena diproduksi di dalam negeri, harga produk dari brand dalam negeri cenderung lebih terjangkau dibandingkan brand internasional. Selain terjangkau, brand lokal juga sudah pasti lebih mudah dicari! 

Nah, itulah penjelasan mengenai peluang tren #LocalPride yang menekankan pada mencintai brand-brand buatan anak bangsa.

Ingat, menguasai market lokal adalah strategi bisnis yang menguntungkan. Yuk, manfaatkan peluang bisnisnya dengan menciptakan brand kosmetikmu sendiri, mitra ADEV!

Yuk, kasih bintang 5 untuk post ini

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *