fbpx

8 Tips Metode SMART untuk Merumuskan Tujuan Bisnis

Metode SMART adalah sebuah cara untuk menetapkan tujuan atau sasaran secara spesifik, terukur, dan terarah. Metode SMART memiliki banyak varian dalam dunia bisnis, seperti dikutip dari situs corporatefinanceinstitute.com.

Metode SMART dinilai efektif untuk digunakan oleh tim marketing perusahaan guna menentukan tujuan. Rencana marketing yang mumpuni tentu akan membawa sebuah bisnis mencapai kesuksesan.

Situs goodstats.id melaporkan bahwa saat ini market leader merek kosmetik secara berurutan dari posisi pertama adalah Wardah, Emina, Make Over, Somethinc, Purbasari, Y.O.U Cosmetic, dan Dear Me Beauty.

Sebagai pemilik brand, tentu anda ingin tahu bagaimana mereka merencanakan dan mengeksekusi strategi marketing sehingga sukses. Tentunya dimulai dengan menetapkan tujuan (goal) bisnis. 

Yuk, baca ulasan kami tentang tahapan merumuskan goal (tujuan) dalam bisnis.

Apa yang Dimaksud dengan Metode metode SMART?

tips-merumuskan-metode-smart

Metode SMART adalah kerangka kerja untuk menentukan tujuan, target, atau sasaran dari sebuah perusahaan atau bisnis.

SMART sendiri merupakan akronim dari kata Specific (spesifik), Measurable (terukur), Achievable (dapat dicapai), Relevant (relevan), dan Time-bound. 

Setiap kata dalam SMART mewakili aspek yang penting untuk menjadi acuan perusahaan dalam meraih tujuan..

Menurut situs distribusipemasaran.com, metode SMART juga digunakan untuk mengetahui seberapa jauh pencapaian dengan target atau tujuan yang ingin dicapai.

Dengan metode SMART, sebuah perusahaan tahu langkah apa lagi yang harus ditempuh saat tujuan atau target telah dicapai. Metode SMART membuat perusahaan lebih terarah.

Sejarah Terciptanya Metode SMART

Metode SMART secara prinsip lahir dari abad ke 19, saat itu diawali oleh Elbert Hubbard yang menyoroti kegagalan usaha orang-orang di sekitarnya (Haughey, 2014).

Menurut Hubbard orang-orang gagal bukan karena tidak berani atau tidak cerdas, tapi mereka gagal karena tidak mengorganisir energi mereka saat berusaha mencapai tujuannya masing-masing.

Era modern tepatnya pada November 1981 George T. Doran hadir untuk menuntaskan kegelisahan Hubbard, Doran melahirkan sebuah metode untuk mengelola tujuan dan sasaran yang dia beri nama SMART.

Doran juga menjelaskan bahwa kita jangan hanya terpaku pada lima aspek SMART saja. Ketika menerapkan metode SMART, semua jajaran yang terlibat di perusahaan harus menjadi smart (pintar).

Metode SMART juga banyak digunakan di berbagai macam bidang, bisnis secara umum, project management, organisasi atau komunitas, dan marketing perusahaan karena terbukti efektif.

Lalu, apa sebetulnya arti dari setiap kata yang ada di metode SMART? Yuk, kita simak lebih lanjut artikel ini!

Apa Saja Unsur dari Metode SMART?

Metode SMART terdiri dari lima aspek yang digabungkan untuk membantu kita fokus dan terarah dalam mencapai tujuan atau target bisnis. 

Memahami lima aspek metode SMART dapat membantu bisnis kosmetik milikmu grow-up. Lalu, apa saja lima aspek itu? Yuk, kita simak penjelasan situs ekrut.com di bawah ini!

Specific (Spesifik)

Spesifik berarti kamu perlu membuat tujuan atau target yang jelas, hal ini akan memudahkanmu untuk memahami tujuan apa yang ingin dicapai.

Kamu dapat menggunakan unsur 5W untuk merancang tujuan secara jelas, contohnya sebagai berikut:

  • What (Apa): Apa tujuan yang akan/ingin dicapai dari bisnisperusahaan?
  • Why (Kenapa): Kenapa tujuan perusahaan penting untuk dicapai?
  • Who (Siapa): Siapa saja sasaran dari produk yangperusahaan kamu buat?
  • Where (Di mana): Di mana sasaran marketing yang ingin perusahaan capai? 
  • When (Kapan): Kapan tujuan perusahaan harus dicapai?

Measurable (Dapat diukur)

Terukur berarti tujuan yang akan kamu capai dapat diukur dan dipantau setiap progresnya. Kamu dapat menentukan ukuran berdasarkan jumlah misalnya.

Hal ini ditujukan untuk membuatmu tahu setiap batasan, jika tidak dapat diukur kamu akan kebingungan sudah sampai di mana dan sejauh apa dengan target tujuan.

Aspek “Terukur” dalam metode SMART dapat menjadi indikator untuk mengetahui sampai di mana perkembanganmu untuk mencapai tujuan bisnis.

Achievable (Dapat dicapai) 

Pada aspek kali ini, ambisi dan motivasimu akan diuji dengan betul-betul. Ya, karena sikap realistis kamu akan diuji.

Saat menentukan capaian perusahaan, banyak hal yang harus kamu perhatikan mulai dari dirimu sendiri, tim di sekelilingmu, dan sumber daya perusahaan tentunya. 

Lalu, ajukan pertanyaan “Apakah tujuan perusahaan kita ini dapat dicapai?”. Kerja sama tim dan efisiensi sumber daya perusahaan tentu menjadi faktor penentu.

Tidak mungkin kita menetapkan target yang tinggi dengan sumber daya seadanya. Kecuali jika memang perusahaan kamu mumpuni di segala aspek, maka kamu dapat menetapkan target capaian yang tinggi.

Relevant (Sesuai)

Relevan di sini berarti capaian yang ingin diraih harus sesuai dengan tujuan besar perusahaan, selain itu harus juga sesuai dengan kebutuhan perusahaan, dan tentunya sesuai dengan perkembangan zaman saat ini.

Kamu dapat menjawab pertanyaan di bawah ini untuk memastikan tujuan atau target marketing perusahaanmu relevan:

  • Apakah tujuan bisnisyang ingin dicapai baik untuk citra perusahaan?
  • Apakah waktu untuk menjalankan tujuan bisnisberada di saat yang tepat?
  • Apakah tujuan bisnisyang ingin dicapai sesuai dengan kebutuhan?
  • Apakah tujuan bisnisyang ingin dicapai sesuai dengan target pasar?

Time-bound (Memiliki tenggat waktu)

Time-bound dalam istilah populer dikenal sebagai deadline, ya, tenggat waktu. Kamu perlu menetapkan durasi untuk mencapai tujuan marketing perusahaan.

Misalnya kamu menetapkan waktu selama tiga bulan kepada tim marketing untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Maka, tim marketing perusahaanmu memiliki ukuran dan jangka waktu untuk mengeksekusi strategi pemasarannya.

Time-bound ini yang akan menjadi bahan untuk kamu mengontrol tim marketing, lalu, memberikan rasa urgensi dan motivasi untuk mereka mencapai tujuan.

Baca juga pembahasan Adev tentang pentingnya menerapkan marketitng goals pada bisnis kosmetik yuk!

Keuntungan Menerapkan Metode SMART

Keuntungan diterapkannya metode SMART pada perusahaan kamu tentu adalah memaksimalkan strategi dan aksi perusahaan. 

Lalu, metode SMART membantu kamu fokus dan dapat mengukur setiap tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaanmu.

hal ini berkaitan juga dengan upaya menaikan pendapatan perusahaan seperti dikutip dari situs indeed.com.

Menurut situs wrike.com terdapat beberapa keuntungan yang didapat oleh perusahaan jika menerapkan metode SMART, penjelasannya sebagai berikut:

Membuat Lebih Fokus pada Tujuan

Metode SMART membantu kamu fokus dan dapat mengukur setiap tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaanmu.

Ketika sudah menetap segala rencana dan tujuan dengan metode SMART, maka potensinya akan kecil sekali kita untuk kehilangan arah.

Metode SMART serupa sebuah kompas dan juga GPS, jadi kamu memiliki pedoman untuk menjalankan bisnis, kamu pun memahami dengan betul tujuan kamu berbisnis.

Meningkatkan Kejelasan Rencana

Pada poin ini sama dengan artinya sebuah transparansi rencana. Artinya kamu sebagai pebisnis harus memberikan rencana yang jelas dan detail ke tim marketing.

Jika kamu hanya berkata “target kita adalah menjual skin care sebanyak-banyaknya”, kemungkinan besar tim marketing akan bertanya-tanya kenapa skin care harus dijual banyak? sampai kapan tenggat waktunya? dan berapa jumlah pastinya?

Hal yang berbeda akan terjadi jika kamu menyampaikan rencana dan target yang jelas. Seluruh tim marketing pasti akan yakin dan memiliki visi yang sama.

Meningkatkan Motivasi Tim

Menetapkan metode SMART membuat semua orang tahu apa yang harus dilakukan, hal ini membuat perusahaan kamu lebih berhasil untuk mencapai target dan tujuan marketing.

Selanjutnya ketika tim marketing memiliki visi dan pemahaman yang sama terhadap tujuan marketing perusahaan, besar kemungkinan mereka akan memiliki dorongan semangat yang lebih besar.

Menetapkan Prioritas yang Tepat

Ketika kamu menetapkan sebuah metode SMART, tentunya kamu telah menentukan tujuan apa yang harus dicapai dan spesifik.

Hal tersebut tentu membuat kamu tahu apa yang harus diutamakan dan apa yang dapat ditunda oleh perusahaan, kamu dapat menentukan apa yang layak dikejar.

Misalnya, “kita pada Januari 2023 fokus untuk menggaet pasar di kalangan remaja, angka peningkatan penjualan harus mencapai 10%”. Melalui target yang spesifik tersebut, kamu tahu harus memprioritaskan untuk menjual produk ke kalangan remaja.

Memonitor Perkembangan Waktu ke Waktu

Menetapkan metode SMART dapat membantu perusahaan memonitor tentang capaian dari setiap rencana bisnis.

Ketika misalnya kamu menentukan angka penjualan dan juga durasi tujuan marketing, kamu dapat mengetahui seberapa jauh dan dekatnya kamu dengan tujuan marketing yang telah ditentukan.

Jika misalnya angka penjualan kamu belum menyentuh target sesuai metode SMART, tentu kamu dapat mengevaluasi apa yang membuat penjualan mandek. Artinya kamu harus membuat strategi yang lebih baik ke depannya.

Melalui target yang ditentukan di metode SMART, secara tidak langsung kamu telah menentukan standar kerja dan mengontrol setiap perkembangannya.

Membantu Mengambil Langkah Solutif dalam Berbisnis

Saat akan menentukan metode SMART yang akan digunakan perusahaan, kita tahu betul bahwa harus merumuskan sesuatu yang spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, dan memiliki tenggat waktu.

Ketika suatu tujuan disusun dengan begitu detail, kita akan mudah sekali menemukan kejanggalan atau kesalahan yang terjadi jika bisnis kita terhambat atau berjalan tidak sesuai rencana.

Kita pun akan mudah untuk mengidentifikasi sebuah solusi untuk mengatasi setiap langkah yang sekiranya tidak maksimal.

8 Tips Menentukan Metode SMART

Menentukan metode SMART sebetulnya terlihat mudah dilakukan, kita hanya perlu memahami setiap maksud dari setiap kata yang ada di “SMART” lalu mengimplementasikannya.

Tapi adakah tips yang semakin memudahkan kita menentukan metode SMART? Situs npws.net memberikan tips yang dapat kamu coba sebelum menentukan metode SMART perusahaan. Berikut 8 tipsnya:

1. Gunakan Angka yang Spesifik

Kamu dapat menyertakan angka pada setiap tujuan bisnisuntuk membuatnya lebih spesifik. Misalnya kamu menargetkan profityang masuk pada bulan kuartal pertama tahun 2023 meningkat sebesar 20%.

2. Tetapkan Ukuran

Setelah kita menentukan tujuan yang spesifik menggunakan angka, tentu kita harus memiliki cara untuk mengukur angka ini. Misalnya menggunakan Google Analytics untuk mengukur keefektifan marketing melalui website.

3. Pastikan Kamu dan Tim Dapat Mencapainya

Setiap kali menentukan target bisnis, kamu harus memiliki insting dan logika yang kuat. Tidak cukup hanya dengan memiliki ambisi, kita perlu realistis dan dapat mengukur kemampuan perusahaan untuk mencapai target tersebut.

4. Buat Tujuan yang Relevan

Relevan yang dimaksud tidak hanya soal relevan dengan perkembangan zaman, kamu juga perlu memastikan tujuan yang kamu buatitu relevan dengan citra dan visi misi perusahaan.

5. Memasukan Waktu dan Tanggal

Menggunakan waktu dan tanggal dalam metode SMART memudahkanmu untuk menyusun urutan atau timeline pengerjaan. Selain itu ini juga membuat sebuah urgensi dan menjaga rencana kamu untuk tetap relevan tidak ketinggalan.

6. Jadilah Fleksibel

Bagian ini ambisi kita akan diuji. Pimpinan perusahaan mungkin memiliki kemampuan untuk memotivasi tim dan mengukur keberhasilan di depan. Namun, tidak akan ada yang dapat memprediksi kendala atau bahkan bencana yang menimpa. 

Misalnya bencana Covid-19 kemarin, jika tidak fleksibel dan tidak adaptif kemungkinan besar kita tidak akan bertahan. Perubahan-perubahan di tengah berjalannya rencana perlu dilakukan juga.

7. Buat Sebuah Tujuan yang Dapat Saling Mendukung

Sebuah perusahaan harus memiliki tujuan yang mendukung tujuan lainnya. Mungkin ini akan terkesan tumpang tindih, tapi memang harus seperti itu. Misalnya ada tujuan kecil yang akan mendukung tujuan besar.

Jangan sampai kamu memiliki tujuan yang dapat mematahkan tujuan yang lain, karenanya perlu dibuat rencana yang saling mendukung dan selaras satu sama lainnya.

8. Pertimbangkan Soal Biaya

Setiap strategi bisnis tentu memerlukan biaya untuk mengeksekusinya, seperti misalnya kamu akan mengiklankan produkmu, itu pun memerlukan biaya. 

Jika melihat contoh di atas, maka kamu perlu bijak memilih media iklan yang sesuai dengan kantong perusahaan, kita harus realistis dan relevan. Kamu harus fleksibel dan memanfaatkan dengan baik sumber daya perusahaan.

8 Contoh Penerapan Metode SMART dalam Bisnis Kosmetik

Laman attlasian.com memberikan tips merumuskan tujuan.

Setelah kita membahas tentang apa itu metode SMART dan tips-tips menentukannya, lalu, bagaimana contoh metode SMART jika diterapkan pada bisnis skin care?

Yuk, simak contoh penerapannya di bawah ini!

  1. Meningkatkan profit perusahaan melalui penjualan online sebesar 30% pada tahun 2023.
  2. Membangun brand face wash yang identik dengan olahraga untuk kalangan pria di Jakarta pada tahun 2023. Penetrasi 20% pasar brand face wash untuk pria di Jakarta tahun 2023. (diukur dengan survey, google trends, similar web)
  3. Menjual produk sabun batang sebanyak 100.000 buah di daerah Bandung selama tahun 2023.
  4. Meningkatkan kunjungan ke toko sebanyak 10% pada bulan November 2022.
  5. Menghasilkan leads (calon konsumen) minimal 600 orang setiap bulannya pada tahun 2023.
  6. Merevolusi sistem produksi ke Internet of Things (IOT) pada tahun 2024 untuk mengurangi biaya produksi sebesar 50% karena adanya manpower.
  7. Mengurangi jumlah churn (orang berhenti jadi pelanggan atau beralih ke kompetitor) tidak lebih dari 10 pelanggan setiap bulannya di tahun 2023.
  8. Menjadi market leader pada produk perawatan rambut di daerah Kota Bogor pada tahun 2023.

Kesimpulan

Metode SMART adalah sebuah metode yang digunakan untuk menyusun tujuansebuah perusahaan atau bisnis.

Satu tujuan perusahaanperlu mewakili lima unsur dari SMART, yaitu harus spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, dan memiliki tenggat waktu (deadline).

Menerapkan metode SMART pada bisnis skin care milik kamu akan memberikan kejelasan rencana ke tim, meningkatkan motivasi tim, menetapkan prioritas yang tepat, dan memudahkanmu memantau perkembangan perusahaan.

Metode SMART akan menjadi alat untuk perusahaan kosmetik milik kamu untuk tetap terarah dan kerja sesuai rencana, selain itu juga memberikan kesamaan visi untuk mencapai tujuan.

Bagaimana? Topik metode SMART ini menarik bukan? Ya, setelah membaca artikel ini kamu dapat langsung menerapkannya di bisnis kosmetik milik kamu.

Yuk, baca juga tentang strategi inbound marketingsebuah teknik marketing yang banyak diaplikasikan brand kosmetik besar saat ini!

Referensi

  • Anon (2022). Retrieved 17 October 2022, from https://distribusipemasaran.com/definisi-smart-marketing-goal/
  • Haughey, Duncan. (2014). A Brief History of SMART Goals. Retrieved 17 October 2022, from https://www.projectsmart.co.uk/smart-goals/brief-history-of-smart-goals.php
  • Handayani, Maria Tri. (2021). Kenali metode SMART untuk bantu tetapkan target. Retrieved 17 October 2022, from https://www.ekrut.com/media/metode-smart 
  • Learn All About SMART Marketing Goals & Objectives. (2021). Retrieved 20 October 2022, from https://www.socialchamp.io/blog/how-to-utilize-smart-marketing-goals/
  • Indeed Editorial Team (2022). 10 SMART Goals in Marketing (and Why They’re Important). Retrieved 20 October 2022, from https://www.indeed.com/career-advice/career-development/smart-goals-marketing
  • Whittemore, C. (2022). SMART Marketing Goals And Why You Need Them. Retrieved 20 October 2022, from https://www.simplemarketingnow.com/content-talks-business-blog/smart-marketing-goals-and-why-you-need-them
  • Boogaard, Kat. (2022). How to Set SMART Marketing Goals. Retrieved 20 October 2022, from https://www.wrike.com/blog/how-set-smart-marketing-goals/
  • Harris, Nathan. (2018). Goals: 8 Essential Tips. Retrieved 21 October 2022, from https://www.npws.net/blog/smart-marketing-goals
  • Angelia, Diva. (2022). 7 Merek Kosmetik Lokal Paling Banyak Digunakan di Indonesia 2022 – GoodStats. Retrieved 22 October 2022, from https://goodstats.id/article/7-merek-kosmetik-lokal-paling-banyak-digunakan-di-indonesia-2022-36qU3
  • SMART Goals. (2022). Retrieved 22 October 2022, from https://corporatefinanceinstitute.com/resources/knowledge/other/smart-goal/
  • How to write SMART goals (with examples). (2021). Retrieved 7 November 2022, from https://www.atlassian.com/blog/productivity/how-to-write-smart-goals 
5/5 - (25 votes)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *