fbpx

Cara Manfaatkan Harbolnas Biar Raih Untung Maksimal

Hari Belanja Online Nasional atau yang biasa disingkat sebagai Harbolnas kini merupakan salah satu momen yang mungkin paling ditunggu-tunggu banyak orang, baik oleh konsumen penggemar online shopping maupun pelaku usaha.

Bagaimana tidak? Di momen Harbolnas konsumen bisa mendapatkan promo menarik dengan harga yang ciamik. Sedangkan pelaku usaha bisa meraih keuntungan yang tak sedikit dari hasil penjualan yang meningkat.

Nah, bagi para pelaku usaha, ada beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk memanfaatkan Harbolnas agar bisa meraih untung yang maksimal.

Simak di artikel tentang strategi bisnis berikut ini, ya! 

Membuat program penawaran spesial

Cara pertama yang bisa kamu terapkan adalah membuat program penawaran spesial untuk produkmu.

Bahkan, hasil survei Statista yang dilakukan di Indonesia pada tahun 2019, menyebutkan bahwa memiliki program penawaran spesial adalah strategi bisnis paling efektif untuk menarik pelanggan di Harbolnas.

Program penawaran spesial yang bisa kamu terapkan misalnya adalah potongan harga jika membeli produk bundle, cashback dengan nominal tertentu, potongan diskon, gratis ongkir, dan masih banyak lagi.

Program penawaran spesial yang brand-mu terapkan tersebut akan membuat konsumen merasa diuntungkan dan menjadi tertarik untuk membelinya.

Menetapkan harga yang lebih murah

diskon potongan harga

Siapa yang sering kali tergoda dengan diskon besar-besaran di Harbolnas? Jika kamu merasa demikian, berarti kebanyakan konsumen juga dapat merasakan hal yang sama.

Tak dipungkiri bahwa harga yang lebih murah memang merupakan salah satu faktor yang menarik untuk berbelanja pada momen Harbolnas. Hal ini juga didukung dari hasil penelitian dalam Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, yang menyebutkan bahwa harga merupakan faktor yang penting dalam menentukan keputusan pembelian.

Harga adalah satu-satunya unsur yang akan mendatangkan laba bagi pelaku usaha, penetapan harga yang sesuai dapat membuatmu bersaing dengan kompetitor dan akan mendatangkan laba atau keuntungan yang lebih besar.

Oleh sebab itu, sebelum menetapkan harga yang lebih murah pada momen Harbolnas, pastikan bahwa kamu telah menghitung jumlah laba yang akan didapatkan. Jangan sampai momen Harbolnas bikin kamu merugi ya, mitra ADEV!

Memastikan stok barang yang cukup

Selain menetapkan harga berdasarkan perhitungan, kamu juga perlu memastikan stok barang yang cukup untuk menghindari kerugian. Persiapan ini sangat penting dalam menjalankan bisnis karena Harbolnas dapat mendistribusikan produk kosmetikmu ke banyak orang sekaligus.

Bayangkan jika promo sudah berjalan dan menarik banyak pesanan, tetapi stok barang tidak memadai? Akibatnya konsumen akan batal membeli dan bikin kamu merugi.

Maka dari itu, pastikan stok barang selalu cukup ya ketika menjelang Harbolnas.

Sediakan pembelian melalui e-commerce

E-commerce seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, dan lain-lain kini jadi tempat favorit orang-orang untuk berbelanja.

Hal ini pun didukung oleh pernyataan Director NielsenIQ, Rusdy Sumantri dalam konferensi pers secara virtual, ia mengatakan bahwa jumlah online shopper naik sampai 88% dari 2020 ke 2021, ini artinya e-commerce akan jadi kanal baru untuk berbelanja selain toko fisik.

NielsenIQ juga mencatat volume transaksi selama Harbolnas meningkat 7,4 kali dibandingkan dengan penjualan rata-rata pada hari biasa. Rusdy mengemukakan kenaikan signifikan transaksi Harbolnas dipengaruhi oleh sejumlah faktor.

Pembatasan mobilitas selama pandemi 2 tahun terakhir disebut telah mendorong peningkatan jumlah pengguna internet untuk mendukung aktivitas, termasuk dalam berbelanja.

Lebih lanjut, NielsenIQ, juga mengungkapkan produk fashion, kosmetik, dan perawatan pribadi menjadi produk yang paling banyak diperjualbelikan pada ajang Harbolnas 12.12.

Nah, melihat data tersebut, tepat bagimu yang ingin memulai bisnis kosmetik. ADEV bisa membantumu membangun bisnis kosmetik yang legal dan aman dengan brand-mu sendiri!

BACA JUGA: Prospek Cerah Bisnis Produk Skincare Bersama Pabrik Kosmetik ADEV

Memastikan ketersediaan pilihan produk

Di momen Harbolnas biasanya konsumen cenderung berbelanja dalam jumlah yang banyak. Maka dari itu, penting bagi brand-mu untuk memastikan ketersedian pilihan produk.

Jangan sampai konsumen batal membeli karena pilihan produk yang diinginkannya kosong dan tak memiliki stok.

Nah, itu lah cara memanfaatkan Harbolnas agar kamu bisa meraih untung maksimal! Semoga cara di atas dapat membantumu ya, mitra ADEV!

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top