fbpx

Langkah Mudah Mulai Bisnis Kosmetikmu

Diskusi, pembuatan sampel dan semua yang harus kamu tahu tentang proses maklon di ADEV.

Selamat datang di ADEV!

Pertama, kamu bisa berikan gambaran produk yang diinginkan. Kamu juga akan mendapatkan berbagai informasi tentang maklon, termasuk rekomendasi bahan-bahan pilihan yang dapat digunakan. 

Sudah punya produk referensi? Ingin produk referensimu dilengkapi dengan bahan tambahan? Sampaikan pada kami. 

Kamu bisa melihat daftar produk yang tersedia di ADEV dengan cara mengunduh katalog di bawah ini.

Mereka yang Tumbuh Bersama Kami

Berapa Biaya yang Harus Kamu Siapkan?

  • Biaya maklon dimulai dari 30 juta rupiah untuk seluruh layanan, mulai dari diskusi hingga produk jadi.
  • Proses maklon dapat dimulai hanya dengan melunasi commitment fee 15 juta ketika sampel sudah kamu setujui.
  • MOQ mulai dari 1000 pcs (dapat berubah sesuai dengan jenis dan spesifikasi produk).

Setelah proses diskusi selesai dan spesifikasi produk sudah ditentukan, kamu bisa langsung memesan sampel

Perjanjian Pendahuluan

Sebagai komitmen awal, akan dibuatkan Perjanjian Pendahuluan. Pada perjanjian ini, dibutuhkan identitas konsumen sebagai perorangan atau perusahaan. Identitas ini akan terkait dengan persyaratan legalitas seperti merek, BPOM dan halal. Jika belum memiliki logo merek, kamu bisa menggunakan layanan desain kami secara gratis dengan ketentuan dan syarat yang berlaku.

  • Foto KTP pribadi yang terlihat jelas.
  • Foto NPWP pribadi yang terlihat jelas.
  • Desain dan logo (jika sudah ada).

Jika didaftarkan atas nama perusahaan, pastikan di dalam akta pendirian tercantum bahwa perusahaan menjual atau mendistribusikan kosmetik. Jika belum tercantum, akta perusahaan harus diperbarui.

  • KTP Direktur.
  • NPWP Direktur.
  • NPWP Perusahaan.
  • Akte Pendirian Perusahaan.
  • Desain dan logo (jika sudah ada).
keuntungan maklon

Pembayaran & Pemesanan Sampel

Lakukan pembayaran sampel sesuai instruksi dari business consultant. Sampel akan diselesaikan oleh tim RnD dalam waktu 4 hari kerja. Isi formulir online yang akan disediakan dengan ketentuan: 

  1. Satu formulir untuk satu varian produk.
  2. Isi formulir sesuai dengan jumlah produk.
  3. Produk yang sama dengan varian warna berbeda ditulis dalam formulir yang berbeda.

Tutorial Pengisian Formulir Pemesanan Sampel

Cara pengisian formulir pemesanan sampel:

  1. Buka link formulir pemesanan sampel 
  2. Tuliskan nama brandmu (Kamu bisa mengosongkan bagian ini atau memberi tanda “-” jika belum memiliki merek)
  3. Tuliskan nama lengkap penerima sampel sesuai dengan KTP 
  4. Tuliskan alamat pengiriman sampel secara lengkap 
  5. Tuliskan kontak penerima sampel yang dapat dihubungi 
  6. Pilih nama business consultant yang menghubungimu 
  7. Pastikan kembali identitas yang kamu tulis sudah sesuai

Penyerahan Sampel

  • Sampel akan kami berikan sekaligus dengan informasi mengenai komposisi, manfaat dan hpp produknya. Kamu berhak menyetujui atau meminta revisi jika sampel belum sesuai. Revisi sampel dapat dilakukan sebanyak 3 kali.
  • Di bawah ini  video tips yang perlu kamu ketahui ketika mencoba sampel yang kami berikan.

Tutorial Tips Trial dan Revisi Sampel

Coba sampel dengan memperhatikan ketentuan sebagai berikut: 

  1. Pastikan mencoba sampel ke jenis kulit yang sesuai dengan peruntukannya
  2. Pastikan kulitmu sudah bersih ketika mencoba sampel
  3. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, sebaiknya hentikan pemakaian produk lain ketika kamu melakukan uji coba sampel. Penghentian pemakaian produk lain dilakukan selama satu minggu
  4. Jika memesan lebih dari satu varian sampel, pastikan hanya mencoba satu produk dalam satu waktu terlebih dahulu
  5. Beri jarak pemakaian antara satu varian sampel dengan varian lainnya
  6. Penggunaan sampel dengan klaim tertentu mungkin membutuhkan informasi tambahan dari business consultant
  7. Hentikan pemakaian sampel jika terjadi iritasi pada kulit

 

Pemesanan Kemasan

Berikan gambaran kemasan yang kamu inginkan, kami akan memberikan perkiraan harga dan MOQ-nya.
Kami menyarankan untuk memilih kemasan yang tersedia untuk proses yang lebih cepat.

Kamu bisa melihat kemasan-kemasan yang tersedia di ADEV dengan mengunduh katalog di bawah.

Berikan gambaran detail contoh kemasan yang kamu inginkan, kami akan membantumu mencarinya.

Jika menemukan kemasan yang kamu inginkan, kami akan memberi informasi terkait MOQ.

Harga dan MOQ kemasan disesuaikan dengan vendor.

Kamu bisa mencari kemasan sendiri dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Kirimkan 3 sampel kemasan kepada kami untuk dilakukan uji volume, tahan panas, dan uji kebocoran
  • Keseluruhan kemasan harus dikirimkan sebelum proses produksi dimulai 

Kami akan mengurus semua perizinan yang dibutuhkan,
mulai dari BPOM, halal, dan HAKI (merek).

Beiringan dengan proses pembuatan sampel, kami akan mengurus semua perizinan yang dibutuhkan, mulai dari BPOM, halal, dan HAKI (merek).  

  • Kamu bisa mengajukan tiga nama merek. Kemudian, nama-nama tersebut akan kami telusuri dan pastikan belum ada yang menggunakannya.
  • Bingung menentukan nama merek? Kami akan memberikan beberapa rekomendasi dan masukan untuk nama merekmu.

Proses pendaftaran merek membutuhkan waktu kurang lebih 10 hari kerja

  1. Penelusuran merek oleh tim business consultant dan regulatory 
  2. Pengajuan merek oleh tim business consultant 
  3. Pendaftaran merek ke HAKI oleh tim regulatory 
  4. Penerbitan formulir pendaftaran merek dari HAKI

Proses pendaftaran BPOM membutuhkan waktu kurang lebih 16 hari kerja. 

  1. Pengajuan pendaftaran BPOM oleh tim business consultant 
  2. Pengajuan merek ke notifkos 
  3. Pendaftaran produk ke notifkos 
  4. Nomor notifikasi terbit

Pendaftaran halal akan dilakukan paralel setelah produk dikirimkan. Serta mengikuti proses dan ketentuan oleh Halal MUI. 

Proses Pembuatan Desain

Setelah menentukan nama merek, kamu bisa memulai proses pembuatan desain.

Desain Kemasan

Proses pembuatan desain kemasan membutuhkan waktu kurang lebih 19 hari kerja.

Berikan gambaran detail desain yang kamu inginkan pada formulir desain kemasan sesuai dengan ketentuan.

  • Desainer akan memberikan 3 opsi, kamu berhak memilih 1 dan tidak dapat diganti.
  • Jika opsi desain tidak ada yang cocok, konsumen berhak mendapatkan revisi pertama.
  • Kamu mendapatkan 2 kesempatan revisi.
  • Jika opsi desain tidak ada yang cocok, konsumen berhak mendapatkan revisi pertama.
  • Desain yang sudah dipilih tidak dapat diganti atau akan terkena biaya pembatalan sebesar 10% (serta terhitung revisi).
  • Revisi lebih dari 2 kali akan dikenakan biaya tambahan sebesar 50%.
  • Biaya tambahan akan mendapatkan kuota 2x revisi.
  • Desain elemen (logo, dll) dari pihak luar ADEV boleh dibagikan dalam bentuk PDF.
  • Desain kemasan dari luar ADEV sepenuhnya menjadi tanggung jawab pembuat desain.

Desain Stamping dan Molding

Berikan gambaran detail desain stamping yang kamu inginkan. Kamu dapat menggunakan desain nama merek atau logo. Pilih jenis stamping yang kamu inginkan: 

  • Automatic stamping (Penekanan lebih stabil, hasil rapih, harga lebih mahal).
  • Manual stamping (Penekanan kurang stabil, hasil bisa berbeda, harga lebih terjangkau).

Setelah semua tahap dilewati dan kebutuhan produk terpenuhi, waktunya proses produksi.

Pembuatan Perjanjian Kesepakatan Produksi

Pada tahap ini, Perjanjian Pendahuluan akan dilengkapi nama merek yang berlaku, komposisi, jenis produk, harga, nomor NA, dan waktu pelunasan produk. Termasuk juga hak-hak dan kewajibanmu sebagai konsumen.

Proses Produksi

Proses produksi meliputi persiapan bahan baku, penjadwalan, proses pembuatan, dan pengecekan kualitas. 

Proses persiapan produksi membutuhkan waktu kurang lebih 27 hari kerja. Proses produksi membutuhkan waktu kurang lebih 5 hari kerja. 
Ketika proses produksi selesai dan produk sudah melalui pengecekan kualitas, kami akan memberikan tagihan pelunasan biaya. Setelah biaya dilunasi, produk siap dikirim.

Pengiriman

Setelah proses produksi selesai dan biaya sudah dilunasi, produk siap dikirim. 

Estimasi waktu pengiriman disesuaikan dengan transportasi atau jasa kirim yang digunakan.

F.A.Q

Bagaimana cara repeat order?

Repeat order bisa dilakukan dengan langsung menghubungi kami. Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan dalam melakukan repeat order

  1. MOQ pemesanan ulang yaitu 1000 pcs.
  2. Lama produksi 14 hari kerja.
  3. Cara pembayaran sama dengan pemesanan awal. Pembayaran 50% biaya dilakukan sebelum proses produksi, kemudian dilunasi setelah produksi selesai.

 Tidak ada jangka waktu tertentu untuk melakukan repeat order. 

WeCreativez WhatsApp Support
Business Consultant
Halo, dengan Ira sebagai Business Consultant di sini. Ada yang bisa kami bantu?
Scroll to Top
Copy link
Powered by Social Snap