fbpx

Hari Konsumen Nasional, Ini Cara ADEV Lindungi Konsumen dari Kosmetik Palsu

Selamat Hari Konsumen Nasional, Sahabat ADEV! 

Hari Konsumen Nasional yang diperingati setiap tanggal 20 April ini dicetuskan oleh Badan Perlindungan Konsumen Nasional dan disahkan melalui Keputusan Presiden (Keppres) No. 13/2012 tentang Hari Konsumen Nasional. 

Hari Konsumen Nasional menitikberatkan pada upaya pemerintah untuk melindungi dan mencerdaskan konsumen.

Sejalan dengan upaya pemerintah di hari konsumen ini, ADEV juga ingin memastikan keamanan dan kenyamanan konsumen yang menggunakan jasa maklon kosmetik di PT ADEV Natural Indonesia. 

Mulai dari pendaftaran legalitas hingga perlindungan konsumen dari kosmetik palsu. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

Layanan Pendaftaran Izin Legalitas Kosmetik

hari konsumen nasional
  • Save

Perusahaan maklon kosmetik ADEV merupakan perusahaan yang menyediakan jasa pembuatan produk kosmetik dengan brand Anda sendiri, hingga produk kosmetik siap dijual. 

Selain membantu dari proses produksi, ADEV juga menyediakan layanan pendaftaran izin legalitas untuk setiap kosmetik yang dibuat. 

Lalu, apa hubungannya layanan pendaftaran izin legalitas dengan keamanan dan kenyamanan konsumen? Hal ini ternyata sangat berkaitan erat, lho!

Upaya pengendalian peredaran kosmetika tidak hanya melalui instrumen peraturan perundang-undangan, tetapi perizinan dan pengawasan. 

Melansir penelitian yang dilakukan oleh Universitas Sriwijaya, izin legalitas di bidang kosmetika berfungsi sebagai upaya untuk melakukan seleksi dan pengendalian terhadap kegiatan pembuatan dan peredaran produk kosmetika yang aman. 

Sesuai dengan fungsi izin, maka perizinan di bidang kosmetika merupakan salah satu instrumen yang digunakan sebagai upaya preventif untuk mengendalikan pembuatan dan peredaran kosmetika. 

Dengan mendaftarkan izin legalitas kosmetik, Anda tentu berkontribusi besar untuk kenyamanan dan keamanan konsumen. Karena hanya produk kosmetik yang memenuhi standar keamanan, kemanfaatan, dan mutu lah yang akan diterima oleh konsumen Anda. 

Anda tentu tak ingin mengedarkan atau memperdagangkan kosmetika yang tidak aman dan justru menimbulkan kerugian bagi kesehatan masyarakat. Maka dari itu, merupakan hal yang penting untuk mendaftarkan legalitas setiap produk kosmetik Anda. 

Di sisi lain izin legalitas ini juga memberikan kepastian hukum bagi Anda selaku pengusaha dalam melakukan usahanya. Bahkan, bisa mencegah produk kosmetik dipalsukan oleh oknum-oknum tak bertanggung jawab.

Perlindungan Konsumen dari Kosmetik Palsu

authentic tools - alat cek keaslian produk kosmetik adev
  • Save

Kosmetik ilegal dan palsu bisa menimbulkan kerugian terhadap banyak pihak. Maka dari itu, demi keamanan dan kenyamanan konsumen, ADEV berkomitmen untuk melindungi konsumen dari segala kosmetik palsu. Bagaimana caranya?

Mengusung slogan ‘Solusi Kosmetik Legal’, PT ADEV Natural Indonesia senantiasa membantu untuk memberikan solusi yang komprehensif bagi setiap konsumen dengan tetap memperhatikan regulasi-regulasi yang berlaku.

Slogan ini juga menginisiasi adanya ADEV Authentic Tools atau fitur cek keaslian produk. Fitur eksklusif ini bisa mencegah pemalsuan produk Anda serta permainan harga oleh agen/distributor. 

Dengan adanya fitur ini tentu menguntungkan Anda sebagai pelaku bisnis sekaligus menguntungkan konsumen karena terlindung dari bahaya produk kosmetik palsu. 

Ingin juga merasakan fitur eksklusif di hari konsumen nasional ini? Yuk, mulai maklon kosmetik di ADEV dan dapatkan akses Authentic Tools sekarang juga!

Edukasi Berkelanjutan tentang Bahaya Kosmetik Palsu

kosmetik berbahaya
  • Save

Menurut Ondri Dwi Sampurno, Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Kosmetika dan Produk Komplemen BPOM, kosmetik palsu adalah kosmetik yang dibuat dengan tidak memenuhi kaidah cara pembuatan kosmetik yang baik (CPKB) dan menggunakan bahan-bahan yang tidak seharusnya digunakan. 

“Bisa produk kadaluarsa yang telah diganti tanggalnya, produk yang dikemas ulang seolah-olah merek internasional, hingga yang diproduksi oleh pihak tidak bertanggung jawab yang menambahkan bahan berbahaya,” ungkap Ondri.

Hati-hati, kosmetik yang beredar secara ilegal tidak dapat dijamin keamanan, mutu, dan manfaatnya karena belum melalui proses penilaian dari BPOM.

Sebagai upaya untuk membantu mewujudkan konsumen yang cerdas, ADEV mencoba untuk mengedukasi kepada konsumen tentang bahaya kosmetik palsu. 

Maherjani Sararas selaku Regulatory Supervisor PT ADEV Natural Indonesia memberikan saran agar konsumen terhindar dari kosmetik palsu.

“Yang pasti sih konsumen harus teliti ya, dengan produk produk apa yang kita beli, apa yang dikonsumsi, apa yang kita pakai, terus pembeliannya juga harus dilakukan di distributor resmi, website resmi, atau e-commerce resmi produk tersebut sehingga kita tidak mendapatkan produk palsu.” jelas Raras yang ditemui di Marketing Office ADEV.

Nah, itulah beberapa langkah yang dilakukan oleh maklon kosmetik ADEV untuk melindungi serta memberikan rasa aman dan nyaman terhadap konsumen. ADEV berharap di hari konsumen nasional ini, kami bisa memberikan solusi serta membersamai konsumen untuk terus tumbuh dan berkembang.

Last Updated on 20 April 2021 by Desya Nur Fitriyani

0 Shares

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WeCreativez WhatsApp Support
Business Consultant
Halo, dengan Ira sebagai Business Consultant di sini. Ada yang bisa kami bantu?
Scroll to Top
Copy link
Powered by Social Snap