fbpx

Fakta Budget & Modal Maklon Kosmetik atau Skincare

Budget modal maklon kosmetik di Indonesia dimulai dari Rp10.000.000 sampai Rp100.000.000, budget jasa sangat bervariatif tergantung fitur dan benefit yang ditawarkan penyedia jasa maklon.

Sebelum mulai menggali cuan pada bisnis kosmetik, hal pertama yang harus disiapkan adalah modal, baik itu modal pendanaan dan juga modal pengetahuan terkait kosmetik.

Bisnis kosmetik adalah bisnis yang menjanjikan, walau pun ada isu resesi yang terjadi di tahun 2023. Bisnis kosmetik sekali lagi dinilai akan bertahan dan terus naik.

Seperti laporan dari situs statista.com pendapatan bisnis kosmetik & skincare di Indonesia telah mencapai US $ 7,23 miliar pada tahun 2022. Pasar diperkirakan akan tumbuh setiap tahun sebesar 5,81% per 2022 sampai 2027.

Bagaimana, bisnis kosmetik itu menjanjikan bukan? Sebelum mulai berbisnis, yuk, ketahui dulu budget & modal maklon kosmetik!

Budget & Modal Maklon Setiap Produk Itu Berbeda

Kamu pasti pernah mendengar penawaran satu harga jasa maklon kosmetik, misalnya maklon dimulai dari Rp10.000.000 dan seterusnya.

Kamu pasti bertanya, apakah dengan harga yang terpampang apakah kita dapat order produk apapun dengan satu harga?

Jawabannya ternyata tidak bisa seperti itu ya Mitra Adev. Setiap produk yang dapat dibuat di penyedia jasa maklon memiliki harga yang berbeda-beda.

Misalnya kamu ingin membuat produk parfum, maka penyedia jasa maklon akan menawarkan harga pokok produk parfum misalnya sebesar Rp25.000.

Lalu, ketika kamu beralih ingin membuat produk sabun bar untuk wajah, maka penyedia jasa maklon akan menawarkan harga pokok produk sabun bar misalnya sebesar Rp12.000.

Nah, artinya budget keseluruhan itu berbeda dengan apa yang dipampang di penawaran satu harga. Harga yang dipampang dapat jadi hanya kisaran untuk produk dengan harga terendah.

Bagaimana Mitra Adev, cukup dapat dipahami ya sampai sini? Kita lanjut baca lagi yuk!

Order Pertama Mengambil Porsi Modal Terbesar

Saat melakukan order pertama kali, ketika melihat budget keseluruhan maklon bagi sebagian orang khususnya calon pebisnis akan terlihat besar dan memberatkan.

Order pertama juga termasuk pada modal awal bisnismu, selain infrastruktur seperti toko kosmetik, karyawan, dan lainnya. Sebetulnya apa itu modal awal?

Menurut situs detik.com modal awal adalah sejumlah modal dalam bentuk uang yang digunakan dalam memulai suatu bisnis. 

Lalu, sebesar apa pun modal awal yang digunakan, hal tersebut sebetulnya adalah bentuk investasi jangka panjang yang berkelanjutan.

Ya, wajar saja jika modal awal porsinya terasa begitu besar. Seiring berjalannya waktu tentu semuanya tidak akan terasa berat dan besar. Apalagi kalau produk itu ludes terjual.

Ketika stok produk habis, kamu dapat melakukan repeat order. Ya, saat repeat order kamu akan mendapatkan potongan harga, jadi budget yang dikeluarkan tidak akan sebesar di awal lagi.

Kamu tidak akan dikenakan biaya formulasi produk, registrasi BPOM, HALAL, dan HaKI. Kecuali kamu order produk baru, maka kamu akan dikenakan biaya-biaya tersebut.

Cara Menghitung Budget & Modal Maklon

Setelah kita mengetahui hal krusial yang jadi pertimbangan saat akan berbisnis kosmetik; seperti kisaran budget maklon di Indonesia dan besarnya modal awal.

Kali ini kita akan membahas hal yang perlu kamu perhatikan saat akan menghitung perkiraan budget & modal maklon kosmetik:

Tetapkan Jenis Produk

Pertama, sebelum kamu datang berkonsultasi untuk melakukan order maklon, sebaiknya kamu harus mengetahui jenis atau varian produk seperti apa yang ingin kamu buat.

Jika kamu bingung untuk menetapkan produk yang ingin kamu order, kamu dapat mencari inspirasi dengan melihat hasil riset atau survey tentang produk yang sedang ramai di pasar. 

Misalnya seperti yang dilaporkan situs goodstats.id, produk kosmetikyang paling banyak dicari adalah produk untuk bibir, lalu disusul produk wajah dan produk mata.

Ya, melihat hasil riset tersebut misalnya kamu dapat memilih produk dekorasi bibir. Lalu, kamu dapat berkonsultasi ke penyedia jasa maklon terkait kandungan atau formulasinya.

Tentukan MOQ

Setelah kamu menentukan jenis produk apa yang ingin kamu order, kamu dapat langsung menghitung berapa jumlah produk yang ingin kamu order.

Biasanya para penyedia jasa maklon memiliki jumlah MOQ masing-masing, terendah ada yang mematok di 100 pcs dan tertinggi 10.000 pcs.

Jumlah MOQ tentu berkaitan dengan modal maklon kosmetik, semakin tinggi MOQ maka kamu membutuhkan modal maklon kosmetik yang lebih besar.

Jadi, kamu perlu secara cermat menetapkan jumlah produk yang ingin kamu order. Perlu ada strategi jitu untuk menentukan MOQ, apa lagi jika kamu baru dalam bisnis kosmetik. 

Sebagai contoh jika kamu membuat produk yang sedang ramai di pasar, kamu dapat menentukan MOQ di atas 1.000 pcs. 

Ya, saat permintaan naik tentunya kamu perlu menyiapkan amunisi yang cukup untuk berkompetisi di pasar. Tidak baik sekali jika kamu berperang lalu kehabisan amunisi.

Mungkin lain cerita jika kamu sedang melakukan riset pasar sendiri atas merek produk kamu sendiri, kamu dapat memilih MOQ 100 pcs misalnya untuk mengetahui respon pasar.

Ketahui Harga Produk

Harga pokok produk adalah harga jual per jenis produk yang ditawarkan oleh penyedia jasa maklon, setiap jenis produk memiliki harganya masing-masing.

Jika kamu sudah memiliki ide untuk membuat satu produk kosmetik, misalnya produk lip matte. Kamu dapat menanyakan harga pokok produk tersebut ke penyedia jasa maklon.

Setelah harga diketahui kamu dapat menghitungnya dengan mengalikan harga produk dengan jumlah MOQ yang kamu tentukan.

Jika ada kesempatan untuk melakukan negosiasi atau penawaran, kamu dapat mencoba mengajukan penawaran harga, siapa tahu kamu diberi diskon harga produk.

Kamu juga dapat memilih produk yang ingin kamu order dengan melihat daftar harga produknya, itu pun dengan alasan kamu ingin membuat produk dengan harga yang termurah.

Ingat, produk yang termurah di penyedia jasa maklon belum tentu ramai dicari oleh konsumen! Jadi kamu harus tetap melakukan riset pasar agar tetap relevan ya Mitra Adev.

Jumlahkan dengan Biaya Lain

Modal maklon kosmetik tidak hanya dihitung berdasarkan produk yang akan kamu buat saja, banyak sekali hal-hal yang perlu kamu catat dan masuk ke modal awal.

Misalnya terkait biaya registrasi legalitas seperti BPOM. Halal, dan HaKI. Hal-hal tersebut perlu kamu masukan me modal maklon kosmetik, karena tidak semua penyedia jasa maklon memberikan layanan gratis akan hal tersebut.

Lalu, terkait branding produk seperti foto atau video produk kamu harus menghitungnya juga. Jika produk kamu dijual di market place tentu kamu memerlukan materi promosi.

Begitu juga jika kamu menjualnya secara konvensional di toko sendiri, maka kamu perlu menghitung biaya sewa toko dan juga pelayan di toko.

Ya, jadi selain soal harga produk kosmetik, kamu perlu memasukan harga keperluan lain yang menunjang keberlangsungan bisnis kosmetik.

Bagaimana, sudah ada gambaran terkait modal maklon kosmetik? Kita langsung coba simulasikan saja yuk!

Contoh (Simulasi) Perhitungan

Simulasi akan kita hitung berdasarkan perhitungan maklon di Adev, ya, agar memudahkan kamu memahami sistem dan alur maklon di Adev.

Oke, jadi kita anggap saja kamu telah selesai berdiskusi dengan Tim Adev dan ingin membuat produk body lotion dengan kandungan bahan aktif niacinamide.

Harga pokok produk body lotion misalnyaRp30.000, lalu, kamu order 5.000 pcs. Maka dapat dihitung harga pokok produk dikali dengan jumlah order, hasilnya adalah Rp150.000.000.

Ketika konsep dan harga keseluruhan disepakati, hal pertama adalah kamu harus membayar commitment fee sebesar Rp15.000.000. Jika sudah dibayar maka sampel produk akan dibuat.

Ketika sampel sudah diterima dan disepakati, maka tahap selanjutnya adalah masuk ke proses produksi massal produkmu.

Sebelum produksi massal, kamu harus membayar harga keseluruhan dikurangi commitment fee yaitu sebesar Rp135.000.000.

Jika kamu ingin melakukan angsuran itu dapat dilakukan ya Mitra Adev, angsuran dilakukan sebanyak dua kali saja:

  1. Rp 70.000.000 saat akan masuk proses produksi massal.
  2. Rp 65.000.000 saat produksi selesai dan siap dikirim ke alamat kamu.

Jadi dapat disimpulkan ada tiga kali proses pembayaran yang dapat kamu lakukan, pertama commitment fee, kedua saat produksi massal, dan ketiga saat produkmu selesai diproduksi.

Harga pada simulasi diatas belum termasuk pajak dan lain-lain. Harga juga dapat berbeda dengan aktualnya; formulasi, bahan aktif, dan kemasan yang digunakan dapat mempengaruhi harga. 

Kesimpulan dan Saran

Modal maklon kosmetik adalah sejumlah biaya yang diperlukan untuk memulai bisnis kosmetik, modal maklon kosmetik termasuk biaya pembayaran jasa ke penyedia maklon kosmetik.

Seperti modal bisnis lainnya, modal maklon kosmetik akan mengambil porsi yang cukup besar di tahap pertama kamu mengembangkan bisnis kosmetik.

Hal terpenting untuk menyiapkan modal maklon kosmetik adalah kamu harus mengetahui produk yang akan dibuat dan harganya, tentukan jumlah order, dan juga biaya lainnya.

Biaya terbesar pasti dialokasikan pada produksi produk kosmetik di penyedia jasa maklon kosmetik, sisa tambahan lainnya dapat bersifat infrastruktur dan sumber daya manusia.

Butuh simulasi budget & modal maklon kosmetik yang lebih rinci? Kenali beberapa jenis biaya maklon di Adev.

Referensi

  • Pahlephi, R. (2022). 4 Cara Menghitung Modal Awal Beserta Cara Mendapatkannya. Retrieved 6 December 2022, from https://finance.detik.com/solusiukm/d-6324841/4-cara-menghitung-modal-awal-beserta-cara-mendapatkannya
  • Apa Produk Kecantikan Paling Laris di Indonesia? – GoodStats. (2022). Retrieved 6 December 2022, from https://goodstats.id/article/apa-produk-kecantikan-paling-laris-di-indonesia-RVGfm
  • Beauty & Personal Care – Indonesia | Market Forecast. (2022). Retrieved 7 December 2022, from https://www.statista.com/outlook/cmo/beauty-personal-care/indonesia
4.5/5 - (163 votes)