fbpx

5 Fakta Penting Tentang Maklon MOQ Rendah

MOQ maklon adalah jumlah minimal order produk kosmetik yang ditetapkan/ditawarkan oleh penyedia jasa maklon kosmetik kepada para pebisnis.

Pebisnis kosmetik yang baru terjun banyak yang langsung mencari tahu soal maklon MOQ rendah, apakah sebetulnya maklon MOQ rendah? Kenapa mereka mencari tahu soal ini?

Padahal jika kita berbicara tentang bisnis, semakin banyak produk yang kita jual akan semakin banyak cuan yang akan kita dapatkan. Tidak ada yang bisa menyangkal hal ini bukan?

Jadi, apakah maklon MOQ rendah efektif untuk berbisnis kosmetik? Penasaran dengan jawabannya? Baca dulu artikel ini sampai habis!

Apa itu Maklon MOQ Rendah?

MOQ maklon kosmetik rendah

Maklon MOQ rendah adalah layanan maklon dengan jumlah minimal order produksi kosmetik atau skincare dengan jumlah yang sedikit. Setiap penyedia jasa maklon mematok jumlah rendah yang berbeda-beda.

Para penyedia jasa maklon kosmetik akan menawarkan beberapa tingkatan paket MOQ, misalnya maklon MOQ rendah, maklon MOQ sedang, dan maklon MOQ tinggi.

Penyedia jasa maklon kosmetik tidak menyebut secara langsung “maklon MOQ rendah”, mereka mengganti istilah tersebut dengan nama paket. Hal itu dilakukan agar lebih business friendly dan menarik tentunya.

Seperti di Adev misalnya, kami memiliki beberapa penyebutan varian paket MOQ seperti Basic Package, Pro Package, Business Package, Prime Package, dan Prime Package.

Maklon MOQ rendah biasanya ditujukan untuk para pebisnis kosmetik yang baru ingin terjun dan belum memiliki cukup budget.

Maklon MOQ 50, 100, 300, 500? MOQ Rendah itu Relatif!

Berapa jumlah pasti untuk ukuran MOQ rendah? Jawaban dari setiap penyedia jasa maklon pasti berbeda-beda karena hal ini sangat relatif sekali.

Setiap penyedia jasa maklon memiliki MOQ rendahnya masing-masing, untuk penentuan jumlah dapat mengacu pada misi/tujuan perusahaan, strategi bisnis, dan sumber daya perusahaan.

Misalnya ada penyedia jasa maklon kosmetik yang memiliki misi untuk meningkatkan jumlah usaha mikro lokal, untuk memenuhi misi ini mereka dapat menetapkan MOQ rendah dibawah 100 pcs misalnya.

Selanjutnya dengan contoh yang berbeda. Misalnya ada satu penyedia jasa maklon kosmetik yang memiliki sumber daya yang mumpuni, baik itu alat dan juga sumber daya manusia. Tentu mereka akan memilih produksi dengan kuantitas yang lebih besar.

Jadi, penyedia jasa maklon dengan kriteria tersebut dapat mematok maklon MOQ rendah pada angka 1.000 sampai 5.000 pcs.

Melalui contoh-contoh tersebut dapat kita simpulkan bahwa, MOQ rendah itu sangat relatif sekali. Semuanya bergantung pada strategi dan tujuan para penyedia jasa maklon kosmetik.

Apakah MOQ Rendah itu Feasible untuk Bisnis Jangka Panjang?

Maklon MOQ rendah tidak hanya dilihat dari penyedia jasa maklon saja, ini harus terjadi sebaliknya. Apakah MOQ rendah cukup meyakinkan untuk kelanjutan bisnis kosmetik kita?

Hal berikut yang kemudian harus jadi bahan pertimbangan, karena berbisnis erat kaitannya dengan keberlangsungan dan juga konsistensi.

Menurut situs forbes.com untuk mempertahankan keberlangsungan bisnis, selain soal modal kita juga harus memiliki pandangan bahwa risiko adalah sahabat terbaik dalam perjalanan bisnis.

Tentu kita sangat memahami bahwa banyak orang mencari maklon MOQ rendah adalah untuk menghindari risiko, padahal harus kita pahami bahwa risiko itu sebetulnya adalah peluang.

Ya, untuk mengubah resiko menjadi peluang kamu harus mengambil risiko tersebut dan dibekali dengan banyak mengikuti pelatihan bisnis dan insight-insight terbaru soal bisnis kosmetik.

Manajer Marketing & Innovation PT. Adev Natural Indonesia Achmad Fauzi saat diwawancara di Live Session Adev (25/11/22) menuturkan bahwa, saat memulai bisnis kosmetik akan banyak sekali kompetitor di luar sana.

Fauzi juga menambahkan bahwa, MOQ adalah serupa amunisi untuk bertempur di pasar, dengan jumlah amunisi yang efektif kamu dapat survive di tengah persaingan pasar.

Menurut situs statista.com, aktivitas jual beli di pasar kosmetik & skincare mencapai 7,23 miliar US $ pada tahun 2022. Pasar ini diperkirakan akan tumbuh setiap tahun sebesar 5,81% sampai tahun 2027.

Melihat fakta tersebut, artinya permintaan pada produk kosmetik & skincare sedang tinggi-tingginya, yakin kamu mau melewatkan hal ini?

Jadi, apakah tidak aman untuk mengambil MOQ rendah? Eitss tenang dulu, kita baca penjelasan di bawah ini!

Kapan Anda Perlu Beli Maklon MOQ Rendah?

Bisnis erat kaitannya dengan budget atau modal, maklon MOQ rendah sebetulnya dapat menjadi solusi untuk menyiasati situasi kita yang belum memiliki cukup modal.

Adanya Maklon MOQ rendah memang dinilai aman dan rendah resiko, seperti sebuah investasi semakin rendah risiko semakin rendah juga profit yang kita dapat.

“Jadi, apakah kita tidak boleh mengambil maklon MOQ rendah?”, jawabannya tentu boleh dan pastikan tujuan awal kita bukan untuk meraih profit besar secara instan.

Menurut situs sba.gov hal penting yang harus dilakukan saat memulai bisnis adalah melakukan riset pasar. Hal ini akan memberi kamu insight tentang calon konsumen, peluang bisnis, dan juga kompetisi pasar. 

Memesan maklon MOQ rendah dapat kamu manfaatkan sebagai langkah melakukan riset pasar, lalu, kamu dapat gunakan informasi yang terkumpul untuk menemukan keunggulan kompetitif untuk bisnis kosmetik kamu.

Ya, artinya kamu dapat membeli maklon MOQ rendah untuk kebutuhan riset pasar. Jika riset pasar selesai dilakukan, apa selanjutnya? Tentu, kita harus menyusun rencana untuk melakukan order MOQ yang lebih besar sesuai hasil riset.

Apakah Adev Melayani Maklon MOQ Rendah?

Maklon MOQ rendah biasanya menyasar calon pebisnis kosmetik yang baru ingin terjun, apakah Adev melayani maklon MOQ rendah? Ya, kami memiliki paket Basic Package dan Pro Package untuk pebisnis kosmetik baru.

Berapa detail jumlah MOQ yang dimaksud? Kamu dapat cek di tabel berikut:

No.
Nama Paket
Jumlah Order
1
Basic Package
1.000 pcs × 3 varian produk
2
Pro Package
3.000 pcs/1 varian produk
3
Business Package
8.000 pcs/4 varian produk
4
Prime Package
10.000 pcs/5 varian produk
5
Enterprise Package
12.000 pcs/6 varian produk

Melalui paket yang Adev sediakan, kamu dapat secara efektif untuk melakukan penjualan dengan amunisi yang pas dan tepat.

Ya, kamu tidak perlu melakukan riset pasar atau cek ombak, Adev memiliki Tim Business Development dan Tim Market Analyst yang selalu update dengan tren kosmetik dan kecantikan.

Saat kamu berkomitmen untuk maklon di Adev, kamu akan mendapatkan layanan konsultasi gratis terkait pengembangan produk, tren produk, tren bahan aktif, dan juga strategi pemasaran.

Jadi kamu tidak perlu khawatir dan repot-repot memikirkan risiko bisnis kosmetik, Adev akan membantu kamu merencanakan produk terbaik yang siap bersaing di pasar nantinya.

Kesimpulan dan Rekomendasi

Maklon MOQ rendah adalah layanan maklon dengan jumlah order produksi produk kosmetik atau skincare yang sedikit saja. Biasanya maklon MOQ rendah ditujukan untuk pebisnis baru.

Setiap penyedia jasa maklon menyediakan maklon MOQ rendah masing-masing, jumlahnya sangat relatif, ada yang puluhan, ratusan, dan ribuan. Semuanya tergantung pada tujuan dan strategi bisnis penyedia maklon.

Maklon MOQ rendah kurang tepat untuk dipilih jika kamu ingin mendirikan bisnis kosmetik yang berkelanjutan dan konsisten, persaingan di pasar dan juga permintaan akan produk kosmetik dan skincare sedang tinggi-tingginya.

Adev hadir untuk membantu kamu calon pebisnis kosmetik memanfaatkan peluang tingginya permintaan akan produk kosmetik dan skincare, Adev memiliki hitungan paket MOQ yang efektif untuk kamu terjun di pasar kosmetik dan skincare.

Sudah tahu kan MOQ untuk maklon di Adev? Yuk, ketahui juga biaya maklon-nya.

Referensi

  • Robehmed, N. (2022). Why The Rock’s Social Media Muscle Made Him Hollywood’s Highest-Paid Actor. Retrieved 1 December 2022, from https://www.forbes.com/sites/forbesdigitalcovers/2018/07/12/why-the-rocks-social-media-muscle-made-him-hollywoods-highest-paid-actor/?sh=39f8d11136bc
  • Small Business Administration. (2022). Retrieved 1 December 2022, from https://www.sba.gov/business-guide/10-steps-start-your-business
  • Beauty & Personal Care – Indonesia | Market Forecast. (2022). Retrieved 1 December 2022, from https://www.statista.com/outlook/cmo/beauty-personal-care/indonesia
4.5/5 - (60 votes)