fbpx

Pabrik Kosmetik Maklon

Sedang cari pabrik maklon tersertifikasi CPKB Golongan A BPOM untuk kerjasama? Pabrik kosmetik Adev adalah jawabannya. Secara legal, Adev dapat memproduksi semua jenis sediaan produk kosmetik & skincare berkualitas terbaik untuk customer.

Sebagai salah satu produsen kosmetik di Indonesia dengan pabrik tersertifikasi CPKB Golongan A dari Badan POM, kini ADEV telah bekerjasama dengan banyak perusahaan.

Setiap produk buatan Adev terjamin aman dan legal karena terdaftar BPOM. Ingin Titip merek kosmetik di pabrik kami?

Apa itu Pabrik Maklon?

pabrik maklon kosmetik

Pengertian pabrik maklon adalah tempat untuk memproduksi produk yang spesifikasinya ditentukan bersama dengan pemaklon (pemilik brand produk). Baca juga ulasan kami tentang apa itu maklon.

Secara istilah, arti pabrik kosmetik adalah tempat untuk memproduksi produk kecantikan seperti skincare, whitening cream, sabun, lotion, dll. Dalam bahasa Inggris, pabrik dikenal dengan istilah manufacturer yang selanjutnya diserap ke dalam bahasa Indonesia menjadi manufaktur.

Untuk menghasilkan produk berkualitas, kegiatan pemantauan dan pengawasan menyeluruh dilakukan secara ketat sesuai SOP (standard operating procedure). Pengawasan kualitas tersebut meliputi pengecekan bahan, proses pembuatan, pengecekan mutu produk, penyimpanan hingga pengiriman.

Oleh karena itu, Adev terus mengupgrade skill dan kemampuan SDM (Sumber Daya Manusia) yang menangani setiap tahapan dalam proses produksi kosmetik, baik pra produksi maupun pasca produksi.

Jadi, Anda tak perlu khawatir ketika menggunakan jasa pembuatan produk di perusahaan maklon kosmetik ADEV. Karena seluruh proses pembuatan kosmetik di ADEV telah terjamin mutu, legalitas, dan kualitasnya.

Pabrik Kosmetik Maklon Berstandar CPKB BPOM

pabrik kosmetik Adev tersertifikasi CPKB golongan A dari Badan POM

Apa itu CPKB?

Cara pembuatan kosmetika yang baik (disingkat CPKB) adalah seluruh aspek kegiatan pembuatan kosmetika yang bertujuan untuk menjamin produk yang dihasilkan selalu memenuhi persyaratan mutu yang ditetapkan dan sesuai dengan tujuan penggunaannya.

Dengan kata lain, CPKB adalah salah satu faktor penting bagi para produsen untuk dapat menghasilkan kosmetik yang memenuhi standar mutu dan keamanan produk.

Ketentuan terkait CPKB diatur dalam Peraturan Badan POM Nomor 25 Tahun 2019 tentang Pedoman Cara Pembuatan Kosmetika yang Baik.

13 Aspek Pedoman CPKB

Industri kosmetika, termasuk di dalamnya pabrik kosmetik, wajib menerapkan pedoman CPKB dalam melakukan kegiatan pembuatan kosmetika.

13 Aspek penting dalam pedoman CPKB adalah sebagai berikut:

  1. Sistem manajemen mutu
  2. Personalia
  3. Bangunan dan fasilitas
  4. Peralatan
  5. Sanitasi dan higiene
  6. Produksi
  7. Pengawasan mutu
  8. Dokumentasi
  9. Audit internal
  10. Penyimpanan
  11. Kontrak produksi dan pengujian
  12. Penanganan keluhan
  13. penarikan produk

Persyaratan CPKB industri kosmetik golongan A

Untuk mendapatkan Izin produksi industri kosmetika Golongan A, pabrik kosmetik harus memenuhi persyaratan seperti:  

  • memiliki apoteker sebagai penanggung jawab
  • memiliki fasilitas produksi sesuai dengan produk yang akan dibuat
  • memiliki fasilitas laboratorium
  • wajib menerapkan CPKB

Dilansir dari Peraturan Menteri Kesehatan RI, pabrik kosmetik golongan A adalah pabrik yang telah memiliki izin untuk memproduksi semua bentuk dan jenis sediaan kosmetika. Beberapa bentuk dan jenis sediaan kosmetik yang dibuat adalah bentuk padat, setengah padat, cair, cairan kental, krim, dan lain-lain. 

Seluruh proses produksi kosmetik di ADEV pun telah diawasi oleh Apoteker Penanggung Jawab Teknis Kosmetik dan tim Research and Development.

Fasilitas Laboratorium Adev

fasilitas laboratorium di pabrik maklon kosmetik

ADEV juga memiliki 2 fasilitas laboratorium yang menunjang aktivitas pabrik kosmetik, yaitu:

  1. Laboratorium Penelitian dan Pengembangan (Research And Development Laboratory) yang berfokus pada inovasi produk
  2. Laboratorium Pengontrolan Kualitas (Quality Control Laboratory) yang menjamin kualitas produk konsumen

Pabrik maklon kosmetik Adev yang sekarang ini lahir dan bermula dari penelitian dosen dan mahasiswa di Institut Pertanian Bogor. Saat itu, sekitar tahun 2004, mahasiswa IPB tersebut mengembangkan formula sabun transparan.

Sabun transparan yang dibuat saat itu ditujukan sebagai sabun kecantikan. Bentuknya batang atau padat. Warnanya berkilau seperti permen Fox. 

Alhamdulillah… kini ADEV telah menjadi salah satu pabrik kosmetik di Bogor yang berizin produksi kosmetik golongan A. Oleh karena itu, sebagai salah satu pelaku bisnis maklon di Indonesia, Adev siap menerima order berbagai jenis sediaan kosmetik.

Pentingnya CPKB dalam Industri Kosmetik

pabrik kosmetik maklon

Di era yang semakin modern ini, kesadaran masyarakat akan pemilihan kosmetik turut meningkat. Mudahnya akses informasi membuat masyarakat lebih leluasa memilih produk-produk kosmetik yang berkualitas. 

Sebagai pebisnis kosmetik brand sendiri, Anda bisa menjawab kebutuhan masyarakat melalui kerjasama dengan perusahaan maklon yang memiliki sertifikat CPKB. 

Dengan memilih pabrik kosmetik maklon bersertifikat CPKB, konsumen bisa mendapatkan produk yang berkualitas dan terjamin mutunya.

Lalu, apa yang dimaksud dengan CPKB? Mengapa hal ini merupakan sesuatu yang penting untuk Anda sebagai pebisnis kosmetik? Yuk, simak penjelasan selengkapnya di bawah ini. 

Memastikan Anda Mendapat Produk Kosmetik Berkualitas

pabrik kosmetik tersertifikasi cpkb golongan A

Banyaknya kosmetik yang beredar di pasaran membuat konsumen mempunyai banyak pilihan. 

Namun, dari beragam pilihan produk tersebut tentu memiliki nilai yang berbeda-beda di mata konsumen. Baik dari segi harga, klaim manfaat, hingga kualitas produk secara keseluruhan. 

Konsumen yang cerdas tentu akan memilih produk kosmetik yang berkualitas baik dan memiliki legalitas yang jelas (terdaftar di BPOM), dibandingkan dengan kosmetik abal-abal yang tidak jelas merek dan izinnya.

Anda tentu ingin produk kosmetik brand sendiri dipilih oleh konsumen karena kualitasnya yang baik, bukan? 

Lalu, bagaimana cara memiliki produk kosmetik merek sendiri yang berkualitas dan terdaftar di BPOM? 

Anda bisa mempercayakan pembuat kosmetik kepada jasa maklon kosmetik seperti ADEV, bahkan ADEV juga memiliki sertifikat CPKB Golongan A. 

Penerapan CPKB yang dilakukan ADEV sebagai produsen kosmetik merupakan persyaratan kelayakan dasar agar dapat menghasilkan produk yang aman, bermanfaat, dan bermutu.

Dalam pembuatan kosmetika, pengendalian dan pemantauan menyeluruh sangat penting untuk memastikan bahwa konsumen mendapatkan produk bermutu tinggi.

Maka dari itu, bersama ADEV, Anda sebagai pebisnis kosmetik tak perlu khawatir perihal kualitas produk. 

ADEV sebagai pabrik kosmetik di Indonesia yang memiliki slogan ‘Solusi Kosmetik Legal’ terus berkomitmen untuk memproduksi produk yang berkualitas, halal, dan berstandar BPOM.

Meningkatkan Nilai Tambah dan Daya Saing Produk Kosmetik

Anda ingin memiliki produk kosmetik brand sendiri yang bisa mencakup pasar internasional? Tentu bisa! 

Namun, pastikan Anda memilih produsen kosmetik yang sudah memiliki sertifikat cara pembuatan kosmetika yang baik seperti ADEV.

Karena tak hanya bisa diterima di pasar dalam negeri, penerapan CPKB juga merupakan persyaratan kelayakan dasar untuk memenuhi jaminan mutu dan keamanan pembuatan produk kosmetik yang diakui dunia internasional. 

Dengan kata lain, penerapan CPKB di pabrik kosmetik merupakan suatu nilai tambah bagi produk kosmetik lokal untuk bersaing dengan produk sejenis dari negara lain baik di pasar dalam negeri maupun internasional. 

Perlindungan terhadap Konsumen 

Tujuan umum penerapan CPKB sejatinya adalah untuk melindungi konsumen terhadap hal-hal yang merugikan dari penggunaan kosmetik yang tidak memenuhi persyaratan standar mutu dan keamanan. 

Produk kosmetik terutama skincare pada dasarnya adalah produk yang digunakan untuk mengatasi masalah konsumen, seperti mengatasi jerawat, komedo, mencerahkan, dan lain-lain.  

Dengan menciptakan produk skincare brand sendiri, tentu Anda berharap dapat menjawab permasalahan kulit yang dialami konsumen. Anda pun tentu tak ingin konsumen menggunakan produk yang tidak terjamin mutu dan kualitasnya.

Di ADEV, dengan biaya maklon dan syarat maklon yang mudah, Anda bisa membuat produk kosmetik yang terjamin mutu dan kualitasnya. Pabrik kosmetik maklon ADEV telah memiliki sertifikat cara pembuatan kosmetika yang baik dan ditangani oleh SDM yang handal. 

Tim Research and Development ADEV yang berpengalaman dapat membuat produk kosmetik dan skincare dengan formulasi yang teruji, halal, dan berstandar BPOM. 

Adanya Pengawasan Mutu Produk

Sistem pengawasan mutu dilakukan untuk menjamin bahwa produk kosmetik dibuat dari bahan yang benar, bermutu dan jumlah yang sesuai, serta kondisi pembuatan yang tepat sesuai prosedur tetap.

Pengawasan mutu merupakan bagian penting dari CPKB, karena memberi jaminan konsistensi mutu produk kosmetika yang dihasilkan.

Nah, itu lah pentingnya memilih jasa maklon dengan sertifikat CPKB. Memilih jasa maklon bersertifikat CPKB secara langsung juga menunjukan kepedulian Anda terhadap kualitas produk yang diterima konsumen, lho.

Ragam Produk & Kapasitas Produksi Pabrik Maklon Adev

kapasitas produksi pabrik kosmetik Adev

Aneka macam produk kosmetik bisa diproduksi di pabrik maklon Adev. Beberapa diantaranya adalah skincare, bodycare product, hair product, parfum, sabun, lotion, cream perawatan wajah, serum, dll

Saat ini, kapasitas produksi pabrik kosmetik Adev adalah 10 ton per hari. Bila bisnismu memerlukan layanan pabrik maklon berkapasitas besar, maka Adev bisa jadi solusi terbaik buatmu.

Tunggu apa lagi? Yuk, hubungi ADEV untuk membangun bisnis kosmetik brand sendiri yang berkualitas!

Mengenal OEM, ODM dan OBM di Pabrik Maklon

fasilitas produksi di pabrik maklon

OEM (Original Equipment Manufacturing)

Original Equipment Manufacturing (OEM) adalah layanan suatu perusahaan meliputi merancang spesifikasi produk kemudian memproduksi produk.

Spesifikasi produk yang dibuat ditentukan oleh perusahaan OEM yang kemudian dijual ke perusahaan pembeli. Selanjutnya, perusahaan pembeli akan memasarkan dengan merek sendiri.

ODM (Original Design Manufacturing)

Original Design Manufacturing (ODM) adalah layanan memproduksi sebuah produk yang kemudian diberi merek oleh perusahaan lain untuk dijual.

Berbeda dengan layanan OEM yang mengembangkan dan memproduksi produk berdasarkan spesifikasi perusahaan OEM, jenis layanan ODM akan melakukan pengembangan produk sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan oleh perusahaan pembeli.

Kemudian perusahaan ODM akan melakukan proses produksi hingga desain produk. Namun dalam layanan ODM, pabrik tidak terlibat secara langsung dalam pemasaran dan promosi merek.

Layanan ODM seperti ini memperkenankan pemilik merek untuk memproduksi barang tanpa harus menjalankan sebuah pabrik kosmetik.

OBM (Own Brand Manufacturing)

Own Brand Manufacturing (OBM) adalah perusahaan yang memproduksi suatu produk dengan merek sendiri. Mulai dari riset dan pengembangan (R&D), produksi, hingga pemasaran produk dilakukan oleh perusahaan OBM.

Setelah mengetahui beberapa jenis layanan pabrik kosmetik maklon di atas, terdapat beberapa faktor yang harus Anda perhatikan sebelum memutuskan di mana produk akan dibuat.

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, faktor-faktor tersebut diantaranya adalah

  • fasilitas produksi yang tersedia
  • harga
  • kualitas
  • keamanan produk
  • beberapa faktor lain yang menjadi pertimbangan

Cara mudah untuk memulai bisnis produk dengan brand sendiri adalah melalui kerjasama dengan pabrik kosmetik yang tersertifikasi CPKB dari Badan POM. Untuk mendapatkan yang terbaik, mungkin anda perlu membuat daftar pabrik kosmetik terdekat dengan kota anda tinggal dan membandingkannya.

Rekomendasi Pabrik Kosmetik Terbaik untuk Maklon

pengecekan kualitas produk di pabrik maklon

Sebagai sebuah pabrik/perusahaan maklon legal BPOM yang reputasinya bagus, ADEV bisa membantu Anda untuk membuat produk kosmetik dengan kualitas yang terjamin.

Perusahaan kosmetik dengan pabrik berlokasi di Bogor tersebut telah memiliki izin produksi kosmetika dari BPOM, menggunakan tenaga ahli berpengalaman, dan mesin produksi sesuai standar.

Dengan kelengkapan tersebut, pabrik kosmetik maklon mampu menghasilkan aneka jenis produk kosmetik custom sesuai keinginan konsumen.

Bagi Anda yang berencana menjalankan bisnis kosmetik brand sendiri dan ingin bekerjasama dengan produsen kosmetik dan sabun ini, maka Anda bisa meminta price list dan katalog produk terlebih dahulu kepada tim Business Consultant ADEV. Dari daftar harga produk, Anda bisa melihat beragam produk kosmetik yang ditawarkan perusahaan maklon.

Yuk, mulai bisnis kosmetik sekarang dan dapatkan berbagai penawaran menarik dari ADEV!

5/5 - (31 votes)

5 komentar untuk “Pabrik Kosmetik Maklon”

      1. Pak Slamet kan berasal dari Cirebon ya..begitu pun dengan saya jg berasal dari Cirebon…dan saya tertarik tentang mesin sabun..apakah bisa kita bertemu untuk mengobrol lebih lanjut nya🙏

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mau bisnis kosmetik merek sendiri?

WeCreativez WhatsApp Support
Business Consultant
Halo, dengan Damai sebagai Business Consultant di sini. Ada yang bisa kami bantu?
Scroll to Top