fbpx

Cara Membuat Kerajinan dari Sabun Mandi: Patung, Bunga, dll

Hai Sobat Adev, tahukah kamu bahwa cara membuat kerajinan dari sabun mandi batang seperti giv dan lifebuoy itu mudah? Bila kamu sedang mencari tahu bagaimana cara membuat patung dari sabun batang, maka tutorial dalam artikel ini sangat pas buat kamu baca hingga tuntas.

Secara ringkas, ada 3 cara membuat patung dari sabun batangan, yakni dengan cara mengukir sabun batang, mencetak sabun dasar (base soap) dengan cetakan dan membentuk adonan clay sabun menjadi patung.

Dalam artikel ini, kami admin dari web perusahaan pembuat sabun akan uraikan bagaimana cara membuat karya kerajinan tangan dari sabun batangan. Anda bisa mengerjakannya sendiri di rumah. Artikel ini sangat cocok buat anda para siswa sekolah yang mendapatkan tugas dari guru untuk membuat prakarya.

Yuk mari kita simak selengkapnya.

3 Teknik atau Cara Membuat Kerajinan dari Sabun

Cara Membuat Kerajinan dari Sabun

Sobat Adev, Ada beberapa cara untuk menghasilkan karya dari sabun batangan. Anak sekolah yang ditugaskan gurunya membuat keterampilan dari sabun batang dapat menggunakan teknik atau cara:

  • mengukir atau memahat sabun batang
  • mencetak adonan sabun (melt and pour) dengan cetakan
  • membentuk adonan (clay) sabun menjadi bentuk kreatif dengan tangan secara manual

Kami pun telah memberikan beberapa contoh kerajinan dari sabun batangan yang bisa anda jadikan inspirasi.

Mengukir atau memahat sabun batang

Bila Sobat Adev memiliki keahlian memahat, maka bisa diaplikasikan untuk membuat ukiran dari sabun mandi. Sabun mandi yang digunakan adalah sabun batangan (bar soap), bukan sabun cair.

Sobat Adev memerlukan alat ukir atau alat pahat untuk membuat karya 3 dimensi dari sabun. Tekniknya seperti mengukir pada kayu. Teknik yang digunakan dalam membuat kerajinan dari sabun batangan adalah teknik ukir atau pahat. Oleh karena itu, teknik yang paling sering dilakukan dalam pembuatan kerajinan dari sabun adalah dengan menggunakan teknik ukir atau pahat.

Untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas, silahkan sobat Adev tonton video tayangan tentang cara membuat ukiran dari sabun berikut ini.

Teknik lelehkan dan cetak (melt and pour)

Teknik atau cara membuat prakarya dari sabun selanjutnya adalah lelehkan dan cetak. Sabun baku (base soap) dilelehkan dan dicampurkan dengan bahan lain untuk selanjutnya dituangkan ke dalam cetakan dengan bentuk tertentu. Teknik ini lebih mudah daripada teknik ukir.

Untuk memudahkan anda memahami cara pembuatan kerajinan dari sabun dengan teknik melt and pour (lelehkan dan tuang), maka silahkan tonton video tutorial berikut ini.

Membentuk adonan (clay) sabun menjadi bentuk kreatif

Teknik lainnya dalam pembuatan kerajinan dari sabun adalah membentuk adonan (clay) sabun menjadi bentuk kreatif. Clay sabun bisa anda buat sendiri dengan mencampurkan parutan sabun batang, tepung kanji dan air. Anda pun bisa membeli clay sabun di tokopedia.

Beberapa contoh kerajinan yang dibuat dari clay sabun dapat anda lihat pada tayangan video berikut ini.

Cara Membuat Patung dari Sabun dengan Teknik Ukir

Jika Sobat Adev sedang mencari tahu bagaimana cara membuat patung dari sabun batangan, maka artikel ini sangat pas buat anda baca. Pada kesempatan kali ini saya akan jelaskan bagaimana cara pembuatan patung dari sabun yang dikutip dari presentasi makalah dan laporan oleh Viga Olivia. Metode yang digunakan untuk membuat patung dari sabun adalah mengukir.

Berikut ini adalah langkah langkah membuat patung dari sabun Giv:

Menyiapkan alat dan bahan membuat patung dari sabun

sabun bahan untuk membuat kerajinan tangan
alat ukir untuk membuat kerajinan sabun
menyiapkan alat dan bahan untuk mengukir sabun

Untuk membuat kerajinan dari sabun batang dengan cara mengukir, maka alat yang digunakan adalah pensil dan alat ukir atau alat pahat. Anda dapat membuat pola ukiran langsung pada sabun dengan pensil atau pisau kecil. Jika sudah pasti bentuknya, anda dapat menegaskan pola ukiran sehingga lebih dalam dengan menggunakan alat ukir/pahat.

Bahan yang dapat digunakan sebagai bahan pembuatan patung dari sabun batangan adalah sabun Giv, Nuvo, Lifebuoy, Lux, dll.

Membuat/menyiapkan sketsa patung

Contoh sketsa patung dari sabun
Contoh sketsa patung dari sabun

Cara membuat patung dari sabun yang mudah adalah dengan mengikuti bentuk sketsa atau model tertentu. Anda bisa membuat/menyiapkan sketsa/model/desain patung pada kertas terlebih dahulu. Buat saja yang sederhana biar mudah bikinnya.

Pada tahapan ini, Anda dituntut untuk kreatif membuat rancangan patung yang simpel dan menarik. Pada tutorial kali ini, digunakan desain kepala patung seperti pada yang dijumpai pada patung di Bali.

Merapikan permukaan sabun

menghilangkan ukiran dasar pada sabun
memotong ujung sabun yang lancip dan tidak diperlukan

Hilangkan motif sabun seperti lekukan logo GIV dengan menggunakan salah satu alat pahat. Potong ujung sabun (giv) dengan alat pahat sehingga tidak terlalu lancip bentuknya.

Membuat pola ukiran patung pada sabun

membuat garis vertikal pembagi kanan kiri patung

Buatlah garis vertikal dengan pahat yang membagi sabun menjadi kanan-kiri yang sama. Selanjutnya anda mengukir sabun mengikuti pola pada sketsa sehingga membentuk patung. Gunakan garis bantu vertikal supaya bagian kanan dan kiri patung simetris.

Menajamkan pola ukiran

mengukir sabun bentuk patung dengan pahat

Pola patung yang telah dibuat pada permukaan sabun selanjutnya dipertegas. Pada garis pola ukiran dibuat lebih dalam sehingga membentuk kontur 3 dimensi.

Merapikan hasil ukiran patung pada sabun

membersihkan serbuk sabun sisa ukiran
hasil kerajinan sabun ukiran bentuk patung

Anda dapat menghaluskan permukaan ukiran dengan alat pahat yang permukaannya seperti ampelas. Bersihkan serbuk sabun hasil pahatan dengan cara ditiup. Anda dapat menggunakan alat pahat lainnya untuk membersihkan sabun dari serbuk yang menempel.

Mengemas patung

kerajinan dari sabun ukir siap dikemas
kerajinan sabun ukir bentuk patung dalam kemasan

Kerajinan tangan dari sabun ukir yang sudah jadi bisa anda kemas supaya lebih menarik.

Cara Membuat Kura Kura dari Sabun GIV

Kerajinan hewan kura kura dari sabun batangan mudah untuk dibuat. Bahan dan alat yang diperlukan adalah sabun dan pisau. Berikut adalah tutorial pembuatan yang disertai gambar/foto.

Menyiapkan/membuat sketsa kura-kura pada sabun

sketsa kura-kura kerajinan tangan dari sabun
Gambar sketsa kura-kura

Mengaplikasikan sketsa pada sabun

membuat sketsa kura-kura pada sabun menggunakan pisau

Memotong sabun dengan pisau sesuai pola yang telah di buat

Memotong sabun sesuai pola dengan pisau

Merapikan dan menghaluskan bagian kaki dan kepala pada kura kura dengan pisau

merapikan dan menghaluskan potongan kaki dan kepala kura-kura dengan pisau

Membuat mata kura kura

membuat mata kura-kura

Anda butuh kesabaran dan ketelitian karena matanya kecil.

Membuat/memahat bagian sisi tempurung

kerajinan tangan dari sabun mandi giv kura kura 05 membuat tempurung

Membuat ukiran tengah tempurung kura-kura

kerajinan tangan dari sabun mandi giv kura kura 05 membuat tengah tempurung

Anda bisa gunakan kreatifitas seni sendiri agar hasilnya lebih memuaskan.

Tahap finishing

hasil akhir kerajinan tangan dari sabun mandi giv kura kura

Caranya adalah dengan menghaluskan bagian-bagian yang di anggap kurang rapi. kurang lebih hasil akhirnya seperti berikut.

Sisa hasil pemotongan dapat digunakan untuk membuat kerajinan dengan teknik melt and pour

sisa kerajinan tangan dari sabun mandi giv kura kura

Jika cara pembuatan kerajinan sabun beserta gambarnya di atas kurang jelas buat anda, silakan anda simak video pembuatan ukiran sabun berikut ini.

Langkah-langkah Cara Membuat Bunga dari Sabun

gambar bunga dari sabun mandi
Contoh gambar bunga dari sabun mandi
Gambar kerajinan bunga dari sabun
Gambar kerajinan bunga dari sabun

Setelah membuat kerajinan sabun dengan teknik ukir, kami coba sajikan tutorial bagaimana langkah langkah pembuatan kerajinan sabun dengan teknik melt and pour (cairkan dan tuang). Maksudnya adalah membuat sabun ini dengan mencetak adonan sabun dengan cetakan sabun. Anda dapat berkreasi dengan warna dan aroma sabun yang anda suka. Salah satu contoh bentuk kerajinan sabun adalah bunga seperti gambar berikut.

Alat dan bahan membuat kerajinan bunga dari sabun dengan teknik melt and pour

Alat dan bahan untuk membuat bunga dari sabun
Alat dan bahan untuk membuat bunga dari sabun

Sobat Adev, langkah awal dalam pembuatan kerajinan bunga dari sabun adalah menyiapkan alat dan bahan. Beberapa alat dan bahan yang diperlukan dalam pembuatan bunga dari sabun adalah sebagai berikut:

  • sabun mandi atau sabun batang, merk harmony juga bisa. Alternatifnya anda bisa menggunakan chip soap.
  • pewarna,
  • tepung kanji atau tapioca atau maizena
  • parutan keju,
  • mangkok atau baskom kecil
  • vas atau pot bunga,
  • pinset,
  • selotip warna hijau
  • kawat
  • daun imitasi warna hijau.

Kini, Sobat Adev bisa menjawab pertanyaan sebutkan alat dan bahan untuk membuat bunga dari sabun kan?

Tahapan cara membuat bunga dari sabun batang teknik melt and pour

Sobat Adev bisa mengikuti tutorial ini sebagai cara membuat bunga dari sabun mandi dengan mudah. Cara membuat/pembuatan jenis kerajinan ini terbilang cukup mudah. Silakan kombinasikan dengan tutorial dari blog 100gambarbunga.blogspot.com/2015/09/cara-membuat-bunga-dari-sabun-mandi.html. Tahapan pembuatannya adalah sebagai berikut:

Membuat adonan

  1. Pertama, parutlah sabun mandi menggunakan parutan keju sehingga menjadi serbuk/serpihan
  2. Langkah selanjutnya dalam pembuatan kerajinan bunga dari sabun setelah sabun diparut dengan parutan adalah mencampurkan parutan sabun dengan tepung kanji dan menambahkan air secukupnya. Rekomendasi kami, perbandingan tepung kanji dan bubuk sabun adalah 2:3.
  3. Ratakan campuran bahan dengan tangan sehingga membentuk adonan. Usahakan tekstur adonan seperti parafin atau clay (lempung), sehingga lebih mudah dibentuk nantinya

Sobat Adev bisa bikin bunga dari sabun dengan bermacam-macam warna. Satu warna sabun untuk satu warna bunga. Oleh karena itu, sobat Adev perlu menyiapkan beberapa adonan.

Membuat mahkota bunga

  1. Langkah selanjutnya adalah membentuk helaian-helaian mahkota bunga dari adonan sabun. Untuk membuat helaian-helaian ini, Anda dapat menggunakan kreasi tangan Anda sendiri atau dengan menggunakan bantuan gunting dalam membentuk sisi-sisinya.
  2. Langkah awal untuk membuat mahkota bunga adalah membuat bulatan-bulatan kecil
  3. Pipihkan bulatan tersebut hingga berbentuk lingkaran. Siapkan beberapa helaian atau lembaran sabun.
  4. Ambil kawat atau lidi yang telah dibalut dengan selotip warna hijau.
  5. Letakkan bulatan kecil sebagai titik tengah bunga pada ujung kawat.
  6. Tempelkan beberapa lembaran sabun pada bulatan kecil secara melingkar sehingga terbentuk mahkota bunga
  7. Tempelkan daun imitasi pada batang kawat.

Menyusun bunga pada vas

Anda dapat menyusun bunga dari sabun pada vas. Susunlah tangkai bunga yang berbeda ketinggiannya. Hal ini dapat membuat bunga sabun terlihat lebih alami.

Gimana sobat Adev, cara buat bunga dari sabun mandi ini mudah kan? Jika sobat sekalian masih bingung, maka silahkan tonton tayangan video cara membuat bunga dari sabun mandi berikut ini.

Video cara bikin bunga dari sabun

Video Pembuatan Kerajinan Sabun Bentuk Ikan

Pembuatan kerajinan dari sabun ini dapat anda buat seperti cara membuat ukiran sabun bentuk kura-kura. Kami disini hanya menayangkan videonya saja. Untuk tutorial pembuatan kerajinan sabun selengkapnya dapat anda lihat pada blog novehasanah.blogspot.co.id/2015/09/prakarya-cara-mengukir-sabun-bentuk-ikan.html. Berikut adalah video kerajinan sabun berbentuk ikan.

Itulah tadi ulasan saya mengenai alat, bahan serta cara membuat kerajinan berbahan dasar sabun. Semoga bisa bermanfaat bagi anda dan bisa menambah wawasan atau pengalaman anda.

4.2/5 - (77 votes)

5 komentar untuk “Cara Membuat Kerajinan dari Sabun Mandi: Patung, Bunga, dll”

  1. Kerajinan yang berasal dari sabun memiliki kelebihan mudah untuk dibentuk sesuai keinginan dan sabun juga bisa mengembangkan kreativitas,juga bisa dijadikan sebagai bisnis

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mau bisnis kosmetik merek sendiri?

WeCreativez WhatsApp Support
Business Consultant
Halo, dengan Damai sebagai Business Consultant di sini. Ada yang bisa kami bantu?
Scroll to Top