Bisnis Kosmetik

Rincian Modal Usaha Skincare Brand Anda Sendiri

Published:

Updated:

Ros Diyanti

No Comments

Sebelum memulai usaha skincare brand sendiri, penting bagi Anda untuk membuat perencanaan keuangan yang rinci untuk memastikan kecukupan modal yang diperlukan dalam memulai usaha.

Nah, apakah Anda tahu berapa sih perkiraan modal yang dibutuhkan dalam usaha skincare dengan brand sendiri itu?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut kami sajikan rincian modal usaha skincare brand sendiri yang perlu Anda persiapkan. Jangan lupa simak sampai habis ya…

Asumsi yang Digunakan untuk Menghitung Modal Usaha Skincare Brand Sendiri

modal usaha skincare brand sendiri

Anda adalah seorang pebisnis yang ingin membuka usaha skincare brand sendiri dengan nama BeautyEra Skincare. BeautyEra Skincare beroperasi di Kota Semarang dan menjual produk skincarenya secara online, dengan membuka toko online.

Dalam memulai usaha tersebut, Anda berencana untuk memproduksi skincare serum dan akan bekerja sama dengan perusahaan maklon skincare terpercaya untuk memproduksi produk serum tersebut. 

Agar memudahkan pemahaman Anda terkait dengan perhitungan modal usaha produksi skincare serum ini, kami membuat beberapa asumsi sebagai berikut.

1. Asumsi Produk Skincare

Nama produk : Radiant Glow Serum

Deskripsi produk : Radiant Glow Serum adalah serum kulit inovatif yang dirancang untuk memberikan kulit Anda kilau sehat dan meremajakan. Dengan kandungan bahan alami yang dipilih secara cermat, serum ini membantu mengurangi garis halus, mencerahkan kulit, dan meningkatkan tekstur kulit secara keseluruhan. Serum ini cocok untuk semua jenis kulit.

Kemasan:

  1. Botol kaca bening dengan pump dispenser.
  2. Kapasitas: 30 ml.
  3. Warna botol: Biru muda dengan label putih.

Jumlah produksi: 1000 unit

Ingredients: Air (Aqua), Asam Hialuronat, Ekstrak Teh Hijau (Camellia Sinensis), Ekstrak Alga Merah (Rhodophyta), Ekstrak Bunga Rose (Rosa Damascena), Ekstrak Pepaya (Carica Papaya), Vitamin C (Ascorbic Acid), Ekstrak Lidah Buaya (Aloe Barbadensis), Minyak Jojoba (Simmondsia Chinensis), Ekstrak Lavender (Lavandula Angustifolia), Ekstrak Chamomile (Chamomilla Recutita), Ekstrak Licorice (Glycyrrhiza Glabra), Parfum (Tanpa Alkohol), Ekstrak Lemon (Citrus Limon), Ekstrak Jeruk Manis (Citrus Sinensis).

2. Asumsi Target Pasar Skincare

Berikut adalah beberapa asumsi yang dapat digunakan:

  • Populasi Indonesia: Menurut data Badan Pusat Statistik Indonesia (BPS), populasi Indonesia mencapai lebih dari 270 juta pada tahun 2021.
  • Demografi Target Pasar: Wanita berusia 25-45 tahun adalah target utama produk ini. Menurut sensus penduduk Indonesia, kelompok usia ini mungkin mencakup sekitar 25% hingga 30% dari populasi total.
  • Tingkat Kesadaran tentang Perawatan Kulit: Asumsi bahwa sekitar 40% hingga 50% dari wanita dalam kelompok usia 25-45 tahun tertarik pada perawatan kulit dan menggunakan produk skincare.
  • Jumlah Target Pasar Potensial: Jika kita mengasumsikan bahwa 30% dari populasi Indonesia berusia antara 25-45 tahun dan setengah dari mereka tertarik pada perawatan kulit, maka: 270 juta (populasi Indonesia) x 30% (kelompok usia) x 50% (tingkat kesadaran) = sekitar 40.500.000 potensial pelanggan.

3. Asumsi Distribusi Skincare Melalui Toko Online

  1. Platform E-commerce: Produk skincare Radiant Glow Serum akan di dijual melalui beberapa platform e-commerce yang terkenal seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, dan Bukalapak
  2. Biaya Pengiriman: Biaya pengiriman per unit sekitar Rp10.000.

4. Asumsi Pemasaran dan Promosi

  • Jenis Pemasaran: Menggunakan kombinasi berbagai jenis pemasaran, termasuk iklan online, media sosial, kampanye email, konten blog, promosi khusus, hingga melakukan kerjasama dengan influencer.
  • Iklan Online: Melakukan pemasaran iklan online, seperti iklan pencarian (Google Ads), dan iklan display.
  • Pemasaran Media Sosial: Membangun kehadiran aktif di platform media sosial utama (Instagram, Twitter, Facebook, Tiktok), dengan posting reguler dan berinteraksi dengan followers.
  • Kampanye Email: Anda akan mengirimkan kampanye email berkala kepada pelanggan dan pelanggan potensial.
  • Konten Blog: Anda akan membuat konten blog berkualitas tinggi terkait perawatan kulit, tips, dan informasi produk.
  • Promosi Khusus: Anda akan melakukan promosi khusus, misalnya dengan memberikan diskon atau hadiah gratis untuk pembelian tertentu.
  • Kerjasama dengan Influencer: Anda akan bekerja sama dengan 2 influencer di bidang perawatan kulit yang memiliki pengikut yang relevan. Anda akan membayar mereka masing-masing Rp 5 juta dan memberikan produk secara gratis sebagai bagian dari kerjasama.

5. Asumsi Jumlah Karyawan yang Dibutuhkan

Karena proses produksi “Radiant Glow Serum” diasumsikan menggunakan jasa maklon, maka karyawan untuk bagian produksi tidak diperlukan.

Sehingga, Anda hanya membutuhkan karyawan untuk bagian pemasaran dan penjualan. Berikut asumsi jumlah karyawannya:

Karyawan Bagian Pemasaran:

  • Manajer Pemasaran: 1 orang (untuk merencanakan dan mengelola strategi pemasaran).
  • Spesialis Media Sosial: 1 orang (untuk mengelola akun media sosial dan konten online).
  • Spesialis SEO/SEM: 1 orang (untuk meningkatkan visibilitas online melalui pencarian).
  • Spesialis Email Marketing: 1 orang (untuk merancang dan mengelola kampanye email).
  • Desainer Grafis: 1 orang (untuk membuat materi promosi visual).
  • Penulis Konten: 1 orang (untuk membuat konten blog dan deskripsi produk).
  • Manajer Layanan Pelanggan Online: 1 orang (untuk menangani pertanyaan dan masalah pelanggan online).

Karyawan Bagian Penjualan:

  • Manajer Penjualan: 1 orang (untuk mengelola tim penjualan dan strategi penjualan).
  • Sales Representative: 2 orang (untuk melakukan penjualan melalui toko online atau melalui telepon).
  • Administrasi Penjualan: 1 orang (untuk mengelola pesanan, faktur, dan catatan penjualan).
  • Koordinator Logistik: 1 orang (untuk mengatur pengiriman dan persediaan).

Estimasi Jumlah Modal Usaha Skincare dengan Brand Anda Sendiri

Credit Image

Dalam membangun usaha skincare brand sendiri “Radiant Glow Serum”, ada beberapa macam modal yang perlu Anda persiapkan. 

Apa saja sih macam-macam modal tersebut?

Nah, menjawab pertanyaan tersebut, berikut macam-macam modal usaha skincare yang perlu Anda persiapkan, diantaranya yaitu:

  • Modal untuk riset konsep produk
  • Modal untuk riset perusahaan maklon
  • Modal untuk komunikasi
  • Modal untuk transportasi & akomodasi
  • Modal untuk prototyping produk (sampel)
  • Modal untuk membeli paket maklon
  • Modal untuk pengiriman produk jadi
  • Modal untuk pemasaran dan penjualan produk
  • Modal untuk gaji karyawan

Bila anda memiliki uang berlebih, maka baca juga artikel kami tentang cara menanam modal usaha.

Untuk pembahasan lebih lanjut, yuk simak uraian berikut ini.

Modal untuk riset konsep produk

Dalam memulai usaha skincare “Radiant Glow Serum”, modal untuk riset konsep produk menjadi modal pertama yang perlu Anda persiapkan.

Modal untuk riset konsep produk ini mencakup biaya untuk riset pasar, tren, dan preferensi pelanggan serta biaya untuk pengembangan konsep produk.

Kisaran total modal yang perlu Anda persiapkan adalah sebesar Rp 25 juta. Berikut tabel rincian modalnya.

Item
Nominal
Keterangan
Riset pasar, tren, dan preferensi pelanggan
Rp 15.000.000
Biaya untuk melakukan penelitian pasar, menganalisis tren dan preferensi pelanggan terkait skincare.
Pengembangan konsep produk
Rp 10.000.000
Biaya untuk mengidentifikasi dan merancang konsep produk skincare yang sesuai dengan kebutuhan pasar.

Adev mampu membantu anda menghasilkan produk skincare berkualitas dalam berbagai bentuk sediaan, baik itu emulsi, cairan, gel, minyak dan lainnya. Yuk lihat macam-macam produk maklon skin care terbaru Adev untuk inspirasi anda meriset produk.

Modal untuk riset perusahaan maklon

Total modal untuk riset perusahaan maklon yang perlu Anda siapkan adalah sekitar Rp 10 juta.

Modal tersebut mencakup biaya untuk kunjungan pabrik dan biaya untuk konsultasi dengan perusahaan maklon.

Tabel rincian modal untuk riset perusahaan maklon adalah sebagai berikut.

Item
Nominal
Keterangan
Biaya kunjungan pabrik
Rp 5.000.000
Biaya perjalanan untuk mengunjungi (survei) pabrik maklon potensial
Biaya konsultasi dengan perusahaan maklon
Rp 5.000.000
Biaya untuk konsultasi dengan perusahaan maklon

Modal untuk komunikasi

Modal komunikasi mencakup biaya telepon, internet, video conference, pertemuan, dan komunikasi lainnya yang diperlukan dalam menjalin hubungan dengan pabrik maklon, pelanggan, dan mitra bisnis.

Kisaran total modal komunikasi ini adalah sebesar Rp 3 juta. Berikut rincian modalnya dalam bentuk tabel.

Item
Nominal
Keterangan
Biaya komunikasi
Rp 3.000.000
Biaya telepon, internet, video conference, pertemuan, dan komunikasi lainnya dengan pabrik maklon, pelanggan, dan mitra bisnis.

Modal untuk transportasi & akomodasi

Modal untuk transportasi & akomodasi ini diperlukan ketika Anda mengunjungi pabrik maklon ataupun berpartisipasi dalam pertemuan bisnis tertentu.

Total modal yang perlu dipersiapkan adalah sekitar Rp 8 juta. Berikut tabel rincian modalnya.

Item
Nominal
Keterangan
Biaya transportasi
Rp 5.000.000
Biaya transportasi untuk mengunjungi pabrik maklon ataupun perjalanan bisnis lainnya
Biaya akomodasi
Rp 3.000.000
Biaya akomodasi (jika perlu menginap)

Modal untuk prototyping produk (sampel)

Modal untuk prototyping produk merupakan modal yang digunakan untuk mengembangkan sampel produk “Radiant Glow Serum” sebelum produksi massal.

Total modal pembuatan sampel yang perlu Anda siapkan adalah sebesar Rp 35 juta. Total modal tersebut mencakup biaya bahan baku untuk sampel, biaya pembuatan sampel, pengujian produk, dan biaya perizinan jika diperlukan.

Yuk ketahui juga biaya maklon terbaru dari Adev.

Untuk tabel rincian modal dalam pembuatan sampel adalah sebagai berikut.

Item
Nominal
Keterangan
Biaya pembuatan sampel produk skincare “Radiant Glow Serum”
Rp 25.000.000
Biaya untuk biaya bahan baku, formulasi, dan produksi sampel
Biaya uji produk “Radiant Glow Serum”
Rp 10.000.000
Biaya untuk menguji prototyping produk

Modal untuk Maklon Skin Care

Kisaran modal yang perlu Anda persiapkan untuk membayar maklon skin care cukup besar, yaitu sekitar Rp 100 juta.

Modal tersebut digunakan sebagai biaya untuk memproduksi produk skincare “Radiant Glow Serum” sebanyak 1000 unit oleh perusahaan maklon. Berikut tabel rincian modalnya.

Item
Nominal
Keterangan
Biaya produksi skincare “Radiant Glow Serum” oleh perusahaan maklon
Rp 100.000.000
Biaya produksi “Radiant Glow Serum” sebanyak 1000 buah oleh perusahaan maklon

Namun perlu dicatat bahwa modal tersebut sifatnya estimasi. Buat anda yang mencari jasa maklon termurah, Adev menyediakan promo maklon dengan harga diskon.

Modal untuk pengiriman produk jadi

Modal ini mencakup biaya pengiriman produk skincare “Radiant Glow Serum” yang sudah jadi dari pabrik maklon ke gudang penyimpanan atau lokasi penyimpanan produk skincare.

Total biaya pengiriman produk skincare ini sebesar Rp 10 juta, dengan asumsi biaya pengiriman 10.000 per unit. Berikut rincian tabelnya. 

Item
Nominal
Keterangan
Biaya pengiriman produk 
Rp 10.000.000
Biaya pengiriman produk skincare “Radiant Glow Serum” (1000 unit x Rp 10.000)

Modal untuk pemasaran produk skincare

Modal untuk pemasaran dan penjualan produk skincare “Radiant Glow Serum” adalah sebesar Rp 35 juta.

Jumlah modal tersebut mencakup semua biaya yang terkait dengan pemasaran produk Anda, termasuk iklan online, media sosial, kampanye email, konten blog, promosi khusus, hingga melakukan kerjasama dengan influencer.

Item
Nominal
Keterangan
Biaya iklan online
Rp 5.000.000
Biaya untuk pemasaran iklan online, seperti iklan pencarian (Google Ads), dan iklan display.
Biaya pemasaran media sosial
Rp 5.000.000
Biaya untuk pemasaran melalui sosial media
Biaya kampanye email
Rp 5.000.000
Biaya melakukan kampanye email
Biaya konten blog
Rp 5.000.000
Biaya membuat konten blog berkualitas tinggi
Biaya promosi khusus
Rp 5.000.000
Biaya untuk memberikan diskon atau hadiah khusus kepada pelanggan
Biaya kerja sama dengan 2 influencer
Rp 10.000.000
Biaya membayar 2 influencer ( 2 x Rp 5.000.000)

Baca juga artikel kami tentang strategi pemasaran produk.

Modal untuk gaji karyawan

Karena proses produksi “Radiant Glow Serum” diasumsikan menggunakan jasa maklon, maka Anda tidak perlu mempersiapkan gaji karyawan untuk bagian produksi. 

Berdasarkan kondisi tersebut, Anda hanya perlu menyiapkan modal gaji karyawan untuk bagian pemasaran dan penjualan saja.

Nah, pada artikel ini, diasumsikan bahwa modal untuk membayar gaji karyawan bagian pemasaran adalah sebesar Rp 25 juta dan bagian penjualan sebesar Rp 17 juta. 

Berikut tabel rincian modalnya dalam bentuk tabel.

Gaji Karyawan Bagian Pemasaran 

Item
Nominal
Keterangan
Manajer Pemasaran
Rp 5.000.000
1 orang (untuk merencanakan dan mengelola strategi pemasaran)
Spesialis Media Sosial
Rp 3.000.000
1 orang (untuk mengelola akun media sosial dan konten online)
Spesialis SEO/SEM
Rp 5.000.000
1 orang (untuk meningkatkan visibilitas online melalui pencarian)

Spesialis Email Marketing
Rp 3.000.000
1 orang (untuk merancang dan mengelola kampanye email)
Desainer Grafis
Rp 3.000.000
1 orang (untuk membuat materi promosi visual)
Penulis Konten
Rp 3.000.000
1 orang (untuk membuat konten blog dan deskripsi produk)
Manajer Layanan Pelanggan Online
Rp 3.000.000
1 orang (untuk menangani pertanyaan dan masalah pelanggan online)

Gaji Karyawan Bagian Penjualan

Item
Nominal
Keterangan
Manajer Penjualan
Rp 5.000.000
1 orang (untuk mengelola tim penjualan dan strategi penjualan)
Sales Representative
Rp 6.000.000
2 orang (untuk melakukan penjualan langsung atau melalui telepon)(2 x Rp 2.000.000)
Administrasi Penjualan
Rp 3.000.000
1 orang (untuk mengelola pesanan, faktur, dan catatan penjualan)
Koordinator Logistik
Rp 3.000.000
1 orang (untuk mengatur pengiriman dan persediaan)

Untuk mempermudah pemahaman Anda, berikut kami sajikan semua komponen modal usaha skincare “Radiant Glow Serum” dalam satu tabel.

Komponen Modal
Nominal (Rp)
Keterangan
Modal untuk riset konsep produk
25.000.000
Biaya untuk melakukan penelitian pasar, menganalisis tren dan preferensi pelanggan terkait skincare.Biaya untuk mengidentifikasi dan merancang konsep produk skincare yang sesuai dengan kebutuhan pasar.
Modal untuk riset perusahaan maklon
10.000.000
Biaya perjalanan untuk mengunjungi (survei) pabrik maklon potensialBiaya untuk konsultasi dengan perusahaan maklon
Modal untuk komunikasi
3.000.000
Biaya telepon, internet, video conference, pertemuan, dan komunikasi lainnya dengan pabrik maklon, pelanggan, dan mitra bisnis.
Modal untuk transportasi & akomodasi
8.000.000
Biaya transportasi untuk mengunjungi pabrik maklon ataupun perjalanan bisnis lainnyaBiaya akomodasi (jika perlu menginap)
Modal untuk prototyping produk (sampel)
35.000.000
Biaya untuk biaya bahan baku, formulasi, dan produksi sampelBiaya untuk menguji prototyping produk
Modal untuk maklon skincare
100.000.000
Biaya produksi “Radiant Glow Serum” sebanyak 1000 buah oleh perusahaan maklon
Modal untuk pengiriman produk jadi
10.000.000
Biaya pengiriman produk skincare “Radiant Glow Serum” (1000 unit x Rp 10.000)
Modal untuk pemasaran produk skincare
35.000.000
Biaya untuk iklan online, media sosial, kampanye email, konten blog, promosi khusus, hingga melakukan kerjasama dengan influencer.
Modal gaji karyawan bagian pemasaran
25.000.000
Biaya untuk membayar gaji karyawan bagian pemasaran
Modal gaji karyawan bagian penjualan
17.000.000
Biaya untuk membayar gaji karyawan bagian penjualan
Total Modal 
268.000.000

Berdasarkan tabel tersebut, dapat disimpulkan bahwa total keseluruhan modal yang perlu Anda siapkan dalam memulai usaha skincare “Radiant Glow Serum”  adalah sekitar Rp 268 juta.

Kesimpulan

Credit Image

Sebenarnya modal yang dibutuhkan dalam memulai usaha skincare dengan brand sendiri bervariasi tergantung pada skala dan kompleksitas bisnis Anda.

Oleh karena itu, perencanaan keuangan yang matang sangat diperlukan untuk memastikan bahwa modal yang Anda siapkan mencukupi untuk menjalankan bisnis skincare brand Anda sendiri.

Berdasarkan asumsi perhitungan yang telah ditetapkan sebelumnya, maka dapat diperkirakan bahwa modal yang diperlukan untuk memulai usaha skincare dengan brand sendiri adalah sekitar Rp 268 juta.

Beberapa komponen modal yang masuk dalam perhitungan tersebut diantaranya yaitu modal untuk riset konsep produk, modal riset perusahaan maklon, modal komunikasi, modal transportasi & akomodasi, modal prototyping produk, modal untuk membayar maklon skincare, modal pengiriman produk jadi, modal pemasaran produk skincare, hingga modal untuk gaji karyawan.

Nah, kini Anda sudah mengetahui apa saja komponen modal usaha skincare dengan brand sendiri beserta besaran rupiahnya. Selanjutnya, yuk baca juga konten kami tentang modal usaha kosmetik.

Tentang

Ros Diyanti

Penulis merupakan pribadi yang gemar menulis artikel tentang bisnis dan enterpreneurship. Ia telah berupaya memberikan informasi terbaik dan akurat di artikel ini berdasarkan literasi dan penelitiannya.

Namun artikel ini dibuat hanya untuk tujuan informasi dan tidak ditujukan sebagai saran profesional atau konsultasi bisnis. Setiap pembaca bertanggung jawab penuh terhadap penggunaan informasi dalam artikel ini dan penulis tidak bertanggung jawab atas kerugian atau kerusakan dalam bentuk apa pun yang diduga timbul dari kesalahan, kelalaian, atau kelalaian dalam menyusun artikel ini.

adev maskot

Tinggalkan komentar


whatsapp-adev