Segmen

Digital Agency: Definisi, Jenis, Manfaat & Cara Memilih

Published:

Updated:

M Rizky Novryan

No Comments

Apakah pemasaran produk kosmetik atau skincare milikmu terkendala? Cenderung biasa saja dan tidak pernah meledak di pasaran? Mengatasi hal ini kamu dapat mencoba bekerja sama dengan sebuah Digital Agency.

Digital Agency adalah pihak yang akan membantu memasarkan produk kosmetikmu secara digital. Kenapa digital? Karena saat ini aktivitas jual beli secara digital sedang terus meroket. Bekerja sama dengan Digital Agency akan menjadi langkah yang tepat untuk bisnis kosmetik milikmu.

Pada artikel ini Adev mengulas secara lengkap tentang Digital Agency, mulai dari jenis layanannya, varian harganya,dan tips-tips memilih Digital Agency yang tepat.

 Yuk, baca artikel spesial dari Adev yang membahas Digital Agency ini! 

Apa itu Digital Agency?

Manfaat Bekerja Sama dengan Digital Agency untuk Bisnis Kosmetikmu

Digital Agency adalah pihak yang menyediakan jasa untuk melakukan digital marketing. Konsultan pemasaran PYXLmenjelaskan bahwa digital agency hadir untuk membantu sebuah perusahaan mencapai target pemasaran atau mempromosikan produk secara digital.

Secara spesifik menurut situs Gartner selain berfokus pada promosi dan layanan kreatif, digital agency juga bertugas untuk menangani user experience, tampilan mobile, kultur digital, pengumpulan data, dan analisa data. 

Mereka juga dapat terlibat dalam proses pengembangan produk, pemetaan konsumen, dan bahkan dapat terlibat dalam penggalian sumber baru untuk perusahaan berkembang.

Hal penting yang perlu diingat adalah digital agency tidak terikat dengan satu perusahaan, mereka biasanya memiliki beberapa klien yang menyewa jasa mereka. Mereka bekerja berdasarkan kontrak sampai marketing goals tercapai.

Digital agency juga cukup beragam jenisnya dan memiliki keunikan masing-masing. Kira-kira jenis mana ya yang cocok untuk bisnis kosmetik? 

Penasaran? Yuk simak terus artikel tentang digital agency ini!

Macam-Macam Digital Agency dan Tugasnya

Macam-Macam Digital Agency

Creative Digital Agency

Creative Digital Agency adalah Digital Agency yang menyediakan jasa pembuatan strategi kreatif untuk sebuah perusahaan atau klien mencapai marketing goals milikmu.

Creative Digital Agency juga kerap dikaitkan dengan Marketing Agency, keduanya memang memiliki beberapa kemiripan tugas utama.

Menurut situs IDEOWORKS berikut tugas-tugas dari Creative Digital Agency:

  • Membuat strategi bisnis untuk meningkatkan jumlah customer  dan angka penjualan.
  • Menerapkan ide kreatif yang berupa strategi komunikasi seperti tagline (jargon), campaign umbrella (campaign pemasaran dengan memanfaat nama brand besar), dan main communication. Baca juga konten kami tentang branding.
  • Mendistribusikan ide kreatif yang telah selesai atau disetujui melalui medium digital.
  • Menganalisa dan memonitor campaign yang telah disebar dan berjalan.
  • Menindaklanjuti respons dari audiens atau konsumen dan menjaga hubungan yang terbangun karena campaign tersebut.

Digital Marketing Agency

Salah satu Digital Marketing Agency dari Amerika Serikat Yokel Local menjelaskan bahwa, Digital Marketing Agency adalah sebuah pihak yang membantu sebuah perusahaan untuk menjangkau pelanggan tertuju secara digital atau online

Tugas dari Digital Marketing Agency adalah melakukan pemasaran. Perkembangan teknologi membuat pemasaran yang dilakukan Digital Marketing Agency lebih efektif, efisien, dan terukur dibanding pemasaran tradisional. Tak heran jika Digital Marketing Agency sangat dibutuhkan oleh perusahaan.

Bergesernya aktivitas belanja langsung ke belanja secara online di marketplace atau pun media sosial, perlu kamu pertimbangkan untuk memulai memasarkan produk kosmetik milikmu secara digital. Kamu dapat mulai merancang strategi digital marketing yang tepat untuk produk milikmu.

Berikut rincian tugas Digital Marketing Agency menurut EKRUT:

  • Mengoptimalkan pemahaman tentang target audiens dan medan digital.
  • Mengelola, menyusun, dan mengeksekusi terkait strategi digital marketing.
  • Memanajemen saluran atau media digital yang digunakan.
  • Membuat konten atau materi promosi yang dibutuhkan.
  • Melaporkan hasil eksekusi strategi digital marketing ke klien atau perusahaan.

Social Media Agency

Menurut Techarea, agensi digital yang berbasis di Indonesia, Social Media Agency adalah pihak yang menyediakan jasa kepada klien untuk merancang, membuat, dan memanajemen kegiatan marketing atau branding melalui media sosial: Instagram, Facebook, Twitter dan lainnya.

Social Media Agency dapat kita lihat sangat berfokus pada media sosial sebagai saluran pemasarannya. Kini separuh aktivitas manusia dihabiskan di media sosial, kamu perlu memanfaatkan peluang ini dengan memulai bisnis kosmetik di media sosial.

Jika bisnis kosmetik kamu belum memiliki tim khusus pemasaran di media sosial, kamu dapat mempertimbangkan untuk menggaet Social Media Agency untuk mengembangkan bisnismu. Eitsss sebelum itu kamu perlu pahami tugas-tugas social media agency sebagai berikut:

  • Menguatkan brand perusahaan atau brand produk di dunia digital.
  • Mengaudit dan mengoptimalkan area yang perlu difokuskan di media sosial.
  • Memanajemen dan membuat strategi marketing di media sosial.
  • Membangun identitas atau branding perusahaan.
  • Memanajemen pelayanan customer sehingga dapat membangun brand awareness berdasarkan customer experience.

SEO Agency

SEO Agency adalah Digital Agency yang membantu klien atau perusahaan untuk mengoptimalkan penjualan atau kunjungan pada website menggunakan metode Search Engine Optimization (SEO).

Menurut Niagahoster SEO adalah teknik mengoptimalisasi sebuah website agar muncul di peringkat teratas Google. Ketika sebuah website muncul teratas di Google, maka potensi kunjungannya akan semakin besar. Hal tersebut dikenal juga dengan istilah traffic.

Traffic tersebut yang kemudian menjadi penting untuk perusahaan. Perusahaan yang menawarkan dan menjual produk di website tentu membutuhkan angka kunjungan yang tinggi, begitu juga dengan perusahaan atau pebisnis kosmetik yang mengandalkan website.

Semua hal itu dapat anda raih dengan mengaplikasikan teknik SEO pada website anda. Untuk mengetahui bagaimana SEO diterapkan, ayo simak tugas-tugas SEO Agency menurut SMA Marketing berikut:

  • Mengamankan website klien (HTTPS).
  • Membuat website ramah untuk seluruh perangkat (desktop, tablet, dan smartphone)
  • Memaksimalkan kecepatan memuat website.
  • Mengoreksi schema markup (bahasa yang digunakan mesin pencari untuk membaca dan memahami konten di halaman website).
  • Menjalin koneksi untuk membuat backlinks yang tertuju pada website klien.
  • Merapikan structure internal link di setiap pos atau halaman website klien.
  • Mengoptimasi gambar yang digunakan pada pos atau halaman website klien.
  • Mengoptimasi meta data di setiap pos atau halaman website klien.
  • Meriset keyword dan konten yang relevan.
  • Mengaudit dan memonitor link website klien.
  • Menganalisa dan mengoptimasi konten yang ada di website klien.
  • Menganalisa dan mengoptimasi conversion rate.
  • Mengoptimasi faktor-faktor off-page di luar website.

Terlihat rumit bukan tugas-tugas dari SEO Agency? Jika produk kosmetik atau skincare anda mengandalkan website untuk penjualannya, sangat disarankan untuk menggaet SEO Agency atau seorang ahli SEO.

Jenis Jasa yang Disediakan oleh Digital Agency

Kita sudah mengetahui macam-macam digital agency dan tugasnya. Untuk memudahkan kamu memilih dan menyesuaikan Digital Agency seperti apa yang tepat untuk bisnis kosmetik milikmu, kami merangkum secara garis besar jasa yang ditawarkan Digital Agency.

Yuk kita simak penjelasan jenis jasa yang disediakan oleh Digital Agency!

Jasa Strategi

  • Meriset pasar dan kompetitor bisnis.
  • Membuat strategi CRM & sales funnel (tools untuk melacak dan berkomunikasi dengan pelanggan tetap atau calon pelanggan).
  • Mengoptimalkan user experience.
  • Merancang strategi pemasaran.
  • Merancang brand positioning.
  • Merancang automation marketing.

Jasa Marketing

  • Membuat content pemasaran.
  • Membuat kampanye pemasaran digital.
  • Membangun branding.
  • Membuat konsumen persona.
  • Bekerja sama dengan pihak ketiga untuk melakukan pemasaran (paid marketing).
  • Menjalankan email marketing.
  • Menjalankan SEO.

Jasa Desain

  • Merancang dan melakukan tes terhadap user persona.
  • Merancang desain user interface.
  • Merancang desain user experience.
  • Merancang wireframe (sketsa kasar) desain dan prototipe (produk akhir) desain.
  • Merancang desain grafis untuk keperluan cetak.
  • Merancang desain website.
  • Membuat materi animasi.
  • Jasa Pengembangan
  • Membangun dan membuat situs website.
  • Memantau dan memelihara situs website.
  • Melakukan migrasi atas data dan platform.
  • Merancang sistem atau menerapkan software customer relationship management (CRM).

9 Keuntungan Bekerja Sama dengan Digital Agency

Masih ragu untuk bekerja sama dengan Digital Agency? Tenang Adev telah merangkum penjelasan dari The Brains Marketing tentang keuntungan untuk bekerja sama dengan Digital Agency agar bisnis kosmetik milikmu makin laris manis.

Yuk simak penjelasan menarik berikut ini:

1. Sebuah Digital Agency Pasti Ahli di Bidangnya

Ketika kamu bekerja sama dengan sebuah Digital Agency kamu akan mendapatkan layanan digital marketing yang profesional dan ahli di bidang jasa tertentu, sesuai jenis jasa yang kamu order.

Jadi kamu tidak perlu meragukan kemampuan mereka untuk membantu memasarkan produk kosmetik milikmu secara digital.

2. Implementasi Langsung Metode SMART Marketing

SMART Marketing merupakan sebuah kerangka untuk menetapkan dan mengukur capaian dari kegiatan marketing.

SMART adalah singkatan dari Specific (terperinci), Measurable (terukur), Actionable (dapat dilakukan), Relevant (relevan), dan Time-bound (dibatasi waktu).

Metode tersebut yang akan diterapkan oleh Digital Agency ke bisnis kosmetik milikmu. Tidak menutup kemungkinan Digital Agency akan menerapkan metode dan strategi marketinglain yang lebih sesuai dengan bisnis dan produk kosmetikmu.

3. Digital Agency Dapat Meningkatkan Kualitas Tim Marketing Internal

Ketika kamu telah menjalin kerja sama dengan Digital Agency, besar kemungkinan tim marketing internal perusahaanmu akan ikut berkembang.

Pada umumnya, Digital Agency akan membagikan wawasannya secara tidak langsung ke tim marketingmu.

4. Digital Agency Selalu Aware dan Dapat Beradaptasi pada Perubahan

Dunia digital cepat mengalami perubahan, apalagi jika kita berbicara soal tren marketingdan algoritma. Untuk orang awam tentu akan sulit memahami istilah teknis dan perubahan-perubahan di dunia digital marketing.

Namun, dengan adanya Digital Agency perubahan-perubahan pada dunia digital marketing akan dengan mudah mereka terjemahkan. Hasilnya adalah sebuah adaptasi dan materi baru yang lebih relevan untuk melakukan digital marketing.

5. Alat Marketing Berbayar Dapat Dinikmati Gratis

Dunia digital marketing tidak hanya dijalankan dengan skill dan juga teknik, namun perlu ada tools pendukung. Tools digital marketing ini biasanya digunakan untuk melakukan optimasi dan analisis, baik itu optimasi dan analisis website atau pun media sosial.

Tools digital marketing ini memang beberapa ada yang gratis, namun biasanya layanan yang diberikan hanya sekadar uji coba. Tanggung bukan? Target capaian harus maksimal, tapi alat yang kamu pakai hanya bisa mencapai setengahnya.

Jika kamu bekerja sama dengan Digital Agency semua tools berbayar yang dimaksud akan kamu dapatkan secara cuma-cuma. Bagaimana? Sudah tertarik untuk bekerja sama dengan Digital Agency?

6. Marketing Langsung Ditargetkan Pada Pembeli Ideal

Keuntungan digital marketing saat ini adalah dapat melakukan efisiensi biaya, yaitu dengan mengurangi potensi promosi kepada orang-orang yang tidak ideal. Digital agency hadir untuk lebih mengoptimalkan digital marketing dengan lebih presisi kepada pembeli ideal.

Contohnya ketika anda menargetkan produk perawatan kulit pria, maka digital agency akan membuat strategi untuk memaksimalkan materi promosi sampai kepada calon pembeli ideal, yaitu pria yang ingin membeli produk perawatan wajah. Efektif bukan?

7. Content Marketing Berkualitas Tinggi

Kata “content” sedang populer di media sosial dan juga dunia digital marketing, istilah itu menggantikan kata “materi promosi” dalam aktivitas marketing. Content adalah materi yang disebarkan secara digital, baik itu suara, foto, maupun video.

Content dapat dibuat dan dimiliki oleh semua orang, namun belum tentu semua orang dapat membuat content yang menarik. Karenanya muncul istilah content creator, orang-orang yang ditunggu secara reguler menyebarkan content oleh audiens. 

Hubungan content creator dan audiens terjalin secara personal. Karena biasanya satu content creator fokus pada satu topik tertentu. Ketika sebuah content diterima secara personal, maka hal itu adalah tiket emas keberhasilan. 

Hal itu kemudian penting untuk diimplementasikan pada dunia marketing, mengikat seorang konsumen. Lalu, bekerja sama dengan digital agency kamu akan mendapatkan layanan content marketing dari tim khusus yang ditugaskan untuk membuat content.

Content tidak selamanya baik, ada kalanya content menjadi buruk dan berimbas negatif terhadap brand dan produk milikmu. Oleh karenanya penting untuk bekerja sama dengan tim ahli yang secara reguler dan memonitor content.

Bagaimana? Semakin terlihat menguntungkan bukan untuk kerjasama dengan digital agency untuk mengembangkan bisnis kosmetik milikmu?

8. Memonitor Langsung Hasil dari Kegiatan Marketing

Kelebihan saluran digital marketing saat ini adalah mampu menghasilkan data yang solid dan terukur dari kegiatan kampanye promosi.

Dengan tools measurement yang tepat, Digital agency mampu memonitor, menghimpun, dan mengevaluasi data-data marketing. Paling penting adalah mereka akan menerjemahkan data dengan bahasa yang mudah kamu pahami.

9. Anda Bisa Fokus Menjalankan dan Mengembangkan Bisnis

Poin ini menjadi paling di antara semuanya. Saat kamu menugaskan tim khusus untuk menangani pemasaran digital, kamu dapat fokus untuk menjalankan dan mengembangkan lini lain pada bisnis kosmetik milikmu.

Lebih efektif dan efisien bukan jika kita bekerja sama dengan digital agency?

Pentingnya Digital Agency untuk Bisnis Kosmetik

Berdasarkan data yang dirilis dari Statista, Tahun 2022 ini aktivitas jual beli di marketplace mencapai angka 5,4 triliun Dolar AS. Statista juga memprediksi pada Tahun 2025 aktivitas jual beli akan meledak mencapai 7,4 triliun Dolar AS.

Angka fantastis itu dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti berubahnya perilaku konsumen, muncul banyak alat pembayaran digital, dan bencana Covid-19. Para pebisnis wajib memanfaatkan hal ini jika ingin banjir keuntungan. Tentu yang pertama harus dilakukan adalah membangun strategi bisnis di platform digital.

Pendapatan dari para pelaku bisnis kosmetik secara global terus mengalami kenaikan. Statista merilis data pendapatan dari bisnis kosmetik Tahun 2021 mencapai angka 80,7 miliar Dolar AS, lalu di Tahun 2022 ini angka pendapatan diprediksi akan menyentuh 100,5 miliar Dolar AS.

Aktivitas jual beli secara digital dan pendapatan bisnis kosmetik yang terus naik, harus menjadi bahan optimisme untuk kamu pebisnis kosmetik. Jika kamu ingin memanfaatkan peluang bisnis tersebut, maka peran Digital Agency penting untuk kamu maksimalkan di bisnismu.

Lalu, bagaimana cara memilih Digital Agency yang sesuai untuk bisnis kosmetikmu? Yuk lanjut membaca untuk mendapatkan jawabannya! 

Cara Memilih Digital Agency yang Tepat

Menurut pakar online marketingNeil Patel terdapat 7 hal yang perlu diperhatikan saat akan bekerjasama dengan sebuah Digital Agency:

  • Portofolio proyek dari klien yang sedang atau pernah ditangani Digital Agency.
  • Anggota tim harus dipenuhi orang-orang ahli dan berpengalaman.
  • Reputasinya diakui oleh masyarakat atau dunia industri.
  • Pastikan Digital Agency memiliki core values dan budaya yang mirip perusahaanmu.
  • Materi promosi jasa milik mereka harus sama meyakinkan.
  • Tidak memberikan janji yang aneh-aneh.
  • Pastikan mereka harus mudah dihubungi.

Saran dari Adev adalah pastikan Digital Agency yang akan kalian pilih mau dan dapat mengerti arahan yang kamu minta, hal ini penting agar semuanya tetap berjalan sesuai komando. Selanjutnya pastikan budget kalian sesuai agar tidak membebani laju bisnis kosmetikmu.

Harga Jasa Digital Agency

Menurut keterangan dari situs KarinovDigital Agency memiliki varian harga yang berbeda berdasarkan layanan yang diberikan. Misalnya sebagai berikut:

  • Jasa pembuatan website di kisaran 1.500.000 – 8.000.000
  • Jasa periklanan digital (Google Ads, Facebook, & Instagram Ads) mulai dari 50.000 per hari
  • Jasa SEO di kisaran 3.000.000 – 15.000.000 per bulan atau kontrak
  • Jasa pembuatan video mulai dari 2.000.000 per menit
  • Jasa pembuatan artikel mulai dari 25.000 per artikel
  • Jasa manajemen akun media sosial mulai dari 1.500.000 per bulan

Semakin banyak kebutuhanmu maka akan berlipat biaya yang dibutuhkan nantinya. Jika bisnis kosmetikmu belum dapat menyiapkan budget yang cukup untuk bekerja sama dengan Digital Agency, kami punya solusi jitu untukmu. Penasaran? Yuk kita lihat jawabannya di artikel!

Branding Produk Kosmetik Gratis di Adev

Branding Kosmetik Gratis di Adev

PT Adev Natural Indonesia merupakan perusahaan maklon kosmetik & skincare terdekat di Bogor. Adev adalah pabrik terbaik di bisnis kosmetik skincare brand sendiri. 

Adev menyediakan layanan gratis branding produk seperti desain produk, desain kemasan, foto produk, video produk dan video model. Semuanya dapat kamu dapat secara gratis hanya dengan bekerja sama dengan kami.

Menarik bukan? Kamu dapat lebih menghemat biaya saat melakukan branding produkmu.

Komitmen ini kami berikan untuk membantu para pebisnis kosmetik agar lebih maksimal berbisnis. Kami juga menyediakan layanan gratis konsultasi untukmu yang baru ingin memulai bisnis kosmetik. Adev sangat terbuka untuk menjawab segala pertanyaan.

Kesimpulan

Itulah penjelasan tentang Digital Agency dan berbagai macam jenis dan layanannya. Pilih Digital Agency yang sesuai dengan kebutuhanmu, jangan sampai kamu salah memilih dan hanya menambah beban pengeluaran bisnis kosmetikmu.

Sekali lagi kamu harus memilih Digital Agency yang tepat, ya!

Bagaimana kamu sudah tertarik untuk bekerja sama dengan sebuah Digital Agency? Sudah tahu Digital Agency seperti apa yang ingin kalian ajak kerja sama? Yuk, berikan tanggapanmu di kolom komentar!


Jika kamu tertarik untuk bekerja sama dengan Adev dan ingin mendapatkan layanan gratis branding, kamu dapat langsung berkonsultasi ke tim business developmentkami!

Tentang

M Rizky Novryan

Penulis merupakan pribadi yang gemar menulis artikel tentang bisnis dan enterpreneurship. Ia telah berupaya memberikan informasi terbaik dan akurat di artikel ini berdasarkan literasi dan penelitiannya.

Namun artikel ini dibuat hanya untuk tujuan informasi dan tidak ditujukan sebagai saran profesional atau konsultasi bisnis. Setiap pembaca bertanggung jawab penuh terhadap penggunaan informasi dalam artikel ini dan penulis tidak bertanggung jawab atas kerugian atau kerusakan dalam bentuk apa pun yang diduga timbul dari kesalahan, kelalaian, atau kelalaian dalam menyusun artikel ini.

adev maskot

Tinggalkan komentar


whatsapp-adev