Maklon

Keuntungan Menggunakan Jasa Maklon untuk Bisnis Kosmetik

Published:

Updated:

purwanto

No Comments

Industri kecantikan terus berkembang pesat, dengan perkiraan pertumbuhan sebesar 20% per tahun di Indonesia. Untuk bersaing di pasar yang kompetitif ini, banyak brand kecantikan memilih untuk bekerja sama dengan jasa maklon kosmetik.

Jasa maklon atau contract manufacturing memungkinkan brand untuk fokus pada pengembangan produk, pemasaran, dan penjualan, sementara proses produksi diserahkan kepada para ahli.

Peranan Jasa Maklon Dalam Bisnis Kosmetik

Jasa maklon kosmetik memainkan peranan penting dalam mendukung perkembangan bisnis kosmetik di Indonesia.

Mereka berperan sebagai mitra produksi yang memungkinkan pengusaha untuk memulai dan mengembangkan bisnis kosmetik dengan lebih mudah, cepat, efisien, dan sesuai standar kualitas yang berlaku.

Keberadaan jasa maklon mendorong munculnya lebih banyak brand kosmetik lokal yang inovatif dan kompetitif di pasar.

Menurut data Kementerian Perindustrian, industri kosmetik nasional bertambah sebanyak 153 perusahaan pada tahun 2018, sehingga saat ini jumlahnya mencapai lebih dari 760 perusahaan.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 95% industri kosmetik nasional merupakan sektor industri kecil dan menengah (IKM) dan sisanya industri skala besar.

10 Keuntungan Menggunakan Jasa Maklon Kosmetik Dibandingkan Dengan Memiliki Pabrik Dan Karyawan Tetap

Keuntungan Menggunakan Jasa Maklon 1

1. Hemat Biaya Produksi

Bekerja sama dengan jasa maklon kosmetik dapat menghemat biaya produksi secara signifikan.

Anda tidak perlu mengeluarkan modal besar untuk membangun pabrik sendiri, membeli peralatan produksi, atau mempekerjakan karyawan tetap.

Biaya produksi per item juga lebih rendah karena diproduksi dalam jumlah besar oleh pabrik maklon yang sudah memiliki fasilitas dan kapasitas produksi yang memadai.

Sebagai ilustrasi, membangun pabrik kosmetik sendiri bisa membutuhkan modal hingga miliaran rupiah. Sementara itu, biaya produksi kosmetik di pabrik maklon bisa serendah Rp 10.000 – Rp 50.000 per unit, tergantung jenis dan kompleksitas produknya.

Yuk lihat struktur biaya maklon kosmetik di Adev.

2. Kualitas Produk Terjamin

Jasa maklon kosmetik yang berpengalaman dapat menjamin kualitas produk yang dihasilkan.

Perusahaan maklon tersebut memiliki tim ahli yang terampil dalam formulasi dan produksi kosmetik, menggunakan bahan baku berkualitas sesuai standar, dan menerapkan Good Manufacturing Practice (GMP) atau CPKB (Cara Pembuatan Kosmetika yang Baik) BPOM dalam proses produksinya.

Salah satu perusahaan jasa maklon kosmetik di Indonesia yang telah memiliki sertifikasi CPKB dari BPOM yang menjamin penerapan GMP adalah PT Adev Natural Indonesia. Selain itu, sertifikasi ISO 9001:2015 terkait manajemen mutu juga perlu anda pertimbangkan.

Lihat katalog produk maklon terbaru di Adev.

3. Fleksibilitas Produksi Sesuai Kebutuhan

Jasa maklon kosmetik menawarkan fleksibilitas dalam menyesuaikan volume produksi sesuai permintaan pasar.

Anda bisa memesan dalam jumlah kecil, MOQ rendah, untuk uji coba atau langsung produksi massal. Tersedia juga pilihan beragam jenis dan ukuran kemasan. Selain itu, Anda dapat dengan mudah melakukan inovasi dan pengembangan produk baru.

Sebagai gambaran, beberapa jasa maklon ada yang menetapkan Minimum Order Quantity (MOQ) serendah 1000-3000 pcs per SKU, sementara untuk produksi massal bisa mencapai ratusan ribu pcs. Pilihan kemasan juga sangat beragam, mulai dari sachet, tube, jar, bottle, dan sebagainya.

4. Dukungan Tim Profesional Berpengalaman

Dengan bekerja sama dengan jasa maklon, Anda akan mendapatkan dukungan dari tim profesional yang berpengalaman.

Anda bisa berkonsultasi dengan tim ahli formulasi untuk mengembangkan produk, dibantu oleh tim Quality Control dalam menjaga kualitas, serta didukung tim R&D untuk melakukan inovasi.

Sebagai contoh, salah satu jasa maklon kosmetik di Indonesia memiliki tim formulasi dengan pengalaman lebih dari 20 tahun dan pernah bekerja untuk brand kosmetik ternama.

Tim QC perusahaan maklon juga sangat ketat dalam menerapkan pengujian dan pengendalian kualitas produk.

5. Fokus pada Bisnis Inti

Menyerahkan proses produksi kepada jasa maklon memungkinkan Anda untuk lebih fokus pada pengembangan bisnis inti seperti branding, pemasaran, dan penjualan produk.

Anda tidak perlu menghabiskan waktu dan energi untuk mengurus hal-hal teknis terkait produksi dan manajemen pabrik.

Faktanya, 60% pemilik brand kosmetik yang bekerja sama dengan maklon mengaku bisa lebih fokus dalam pengembangan bisnis. Mereka bisa mengalokasikan sumber daya untuk branding, promosi, distribusi, dan layanan pelanggan (Lumen Learning Course).

6. Pengurusan Izin & Sertifikasi Lebih Mudah

Jasa maklon kosmetik yang terpercaya umumnya sudah memiliki izin produksi kosmetik (CPKB) sehingga produk yang dihasilkan dijamin legal dan aman. Mereka juga akan membantu Anda dalam proses pengurusan registrasi BPOM dan sertifikasi keamanan produk lainnya seperti sertifikat Halal MUI.

Data BPOM menunjukkan bahwa 70% produk kosmetik yang beredar di Indonesia saat ini telah memiliki izin edar resmi. Proses pengurusan izin edar ini umumnya memakan waktu sekitar 3-12 bulan.

Dengan bekerja sama dengan perusahaan maklon berpengalaman seperti Adev, proses ini bisa lebih mudah dan cepat.

Buat rekan-rekan pengusaha di Bogor dan sekitarnya, yuk baca penjelasan kami tentang maklon kosmetik Bogor.

7. Akses ke Teknologi & Inovasi Terbaru

Keuntungan Menggunakan Jasa Maklon 3

Bekerja sama dengan jasa maklon memberi Anda akses ke teknologi produksi terkini dan hasil riset terbaru terkait bahan baku dan formula inovatif. Ini memungkinkan Anda untuk terus mengikuti tren dan perkembangan industri kosmetik.

Contohnya, beberapa jasa maklon telah menggunakan mesin produksi otomatis berteknologi tinggi seperti vacuum emulsifying mixer, homogenizer, dan mesin filling otomatis. Mereka juga aktif melakukan riset dan pengembangan formula, mengikuti tren seperti kosmetik halal, organik, dan ramah lingkungan.

8. Proses Produksi Lebih Efisien

Jasa maklon kosmetik umumnya menawarkan sistem produksi yang efisien dan terintegrasi, mulai dari pengadaan bahan baku, produksi, pengemasan, hingga pengiriman produk jadi.

Pemesanan bahan baku dalam jumlah besar juga lebih efisien. Selain itu, proses produksi dioptimalkan dengan sistem dan teknologi canggih.

Sebagai ilustrasi, dengan sistem produksi yang efisien, jasa maklon bisa memproduksi 100.000 pcs sabun batang hanya dalam waktu 2-3 minggu. Bandingkan jika memproduksi sendiri dari nol yang bisa memakan waktu berbulan-bulan.

9. Mempercepat Waktu Peluncuran Produk

Dengan mempercayakan produksi kepada jasa maklon yang sudah berpengalaman, proses produksi dapat berjalan lebih cepat karena dikerjakan oleh tim profesional yang terlatih dan terkoordinasi dengan baik.

Anda tidak perlu menghabiskan waktu untuk membangun pabrik dan merekrut karyawan dari nol. Begitu produksi selesai, Anda bisa langsung fokus pada peluncuran dan pemasaran produk.

Umumnya, jasa maklon bisa menyelesaikan produksi dalam waktu 1-3 bulan sejak finalisasi formula dan desain kemasan. Bandingkan jika membangun pabrik sendiri yang bisa memakan waktu 1-2 tahun

10. Meminimalkan Risiko Bisnis

Menggunakan jasa maklon dapat meminimalkan risiko bisnis Anda. Anda tidak perlu pusing memikirkan kerumitan manajemen produksi dan inventori.

Risiko kegagalan produksi atau produk cacat sebagian besar ditanggung oleh pabrik maklon. Anda juga dapat mengelola alur kas dan investasi bisnis dengan lebih mudah karena biaya produksi lebih terkontrol dan terukur.

Faktanya, tingkat kegagalan bisnis kosmetik pemula yang memproduksi sendiri mencapai 80%, sementara yang bekerja sama dengan jasa maklon hanya sekitar 20%.

Ini menunjukkan bahwa kerja sama dengan maklon dapat meminimalkan risiko kegagalan bisnis.

Penutup dan Rekomendasi

Dengan berbagai keuntungan tersebut, tidak heran semakin banyak pebisnis kecantikan yang memilih bekerja sama dengan jasa maklon kosmetik untuk memulai dan mengembangkan bisnisnya.

Jika Anda juga berencana berbisnis kosmetik, sangat disarankan untuk menggunakan jasa maklon yang terpercaya dan berpengalaman seperti PT Adev Natural Indonesia.

PT Adev Natural Indonesia merupakan salah satu pionir jasa maklon kosmetik di Indonesia yang telah dipercaya oleh banyak brand lokal ternama.

Dengan pengalaman lebih dari 15 tahun, tim ahli, fasilitas produksi modern yang tersertifikasi CPKB dan Halal, serta komitmen tinggi terhadap kualitas dan inovasi, Adev siap menjadi mitra terpercaya untuk mewujudkan produk kosmetik impian Anda.

4/5 - (5 votes)

Tentang

purwanto

Penulis merupakan pribadi yang gemar menulis artikel tentang bisnis dan enterpreneurship. Ia telah berupaya memberikan informasi terbaik dan akurat di artikel ini berdasarkan literasi dan penelitiannya.

Namun artikel ini dibuat hanya untuk tujuan informasi dan tidak ditujukan sebagai saran profesional atau konsultasi bisnis. Setiap pembaca bertanggung jawab penuh terhadap penggunaan informasi dalam artikel ini dan penulis tidak bertanggung jawab atas kerugian atau kerusakan dalam bentuk apa pun yang diduga timbul dari kesalahan, kelalaian, atau kelalaian dalam menyusun artikel ini.

adev maskot

Tinggalkan komentar


whatsapp-adev