Pernahkah Anda terpikir untuk memulai bisnis sendiri?
Dengan perkembangan teknologi yang pesat, memulai bisnis online kini semakin mudah.
Salah satu sektor yang menjanjikan adalah bisnis kosmetik, kecantikan, dan sabun. Pasarnya luas, minat konsumen tinggi, dan Anda bisa memulainya dari rumah.
Apa itu Bisnis Online untuk Pemula?

Bisnis online untuk pemula adalah jenis usaha atau bisnis yang dilakukan melalui platform online, seperti internet dan media sosial.
Jenis bisnis digital merupakan cara yang populer untuk memulai usaha tanpa harus memiliki toko fisik.
Dalam bisnis online, produk atau layanan dijual dan dipromosikan secara online kepada calon konsumen.
Pemula yang ingin memulai bisnis online bisa menjual produk fisik atau produk digital. Bisa juga menjual layanan jasa, seperti fashion, kosmetik, makanan, jasa konsultasi, dan lainnya.
Macam-macam Bisnis Online untuk Pemula
1. Reseller atau Dropshipper

Langkah awal yang paling mudah dilakukan adalah menjadi reseller atau dropshipper produk yang sudah ada di pasaran.
Bila tertarik jualan produk kecantikan, Anda bisa melakukan riset produk di marketplace. Pilih produk yang sudah populer dan memiliki reputasi baik untuk memudahkan pemasaran.
Selain produk, pastikan Anda membangun kepercayaan dengan calon pembeli, serta memberikan pelayanan yang baik.
Beberapa keuntungan menjadi reseller adalah modalnya minim dan Anda tidak perlu repot dengan stok barang.
Strategi Pemasaran Reseller yang bisa Anda coba:
- Manfaatkan media sosial seperti Instagram, TikTok, dan Facebook untuk promosi
- Buat konten edukatif tentang produk dan tips kecantikan
- Tampilkan foto produk yang menarik dan profesional
- Cantumkan testimoni jujur dari pelanggan
2. Membuat Produk Sendiri (Handmade)

Cara melakukan bisnis online lainnya adalah Anda membuat produk sendiri. Umumnya, bentuk produknya berupa kerajinan. Bila dalam skala yang lebih besar, maka anda bisa pertimbangkan untuk kerjasama dengan perusahaan maklon.
Untuk memenangkan persaingan pasar dan mendapatkan keuntungan besar dari bisnis anda maka pastikan produk yang buat itu unik.
Selain itu, produk unik yang anda buat memang menjawab kebutuhan pasar atau menyelesaikan permasalahan pelanggan.
Bila konsumen anda membutuhkan produk kecantikan dari bahan alami, mulailah dengan produk yang sederhana, seperti sabun alami atau lip balm.
Ketika menjual produk kosmetika tersebut, pastikan produk aman digunakan dan memiliki izin edar.
3. Membuat Review Produk

Review produk ini biasanya dilakukan oleh influencer atau content creator. Ketika memulai bisnis ini, mungkin anda perlu membeli produk terlebih dahulu untuk selanjutnya direview.
Namun, ketika bisnis anda berkembang maka brand atau pemilik bisnis lain akan mengirimkan produknya kepada anda untuk direview.
Pastikan anda memberikan penilaian yang obyektif ketika mereview produk. Cover both side. Uraikan kelebihan dan kekurangan produk secara jujur. Kejujuran review ini akan membuat audiens anda loyal.
Audiens loyal adalah asset bisnis anda yang utama. Semakin banyak audiens loyal, pasti bisnis anda semakin berkembang.
Jadi, jangan kecewakan audiens anda. Atau, anda akan ditinggalkan oleh mereka.
4. Menjual Jasa Makeup

Jasa Makeup atau merias sering dibutuhkan pada acara pernikahan, wisuda, pre wedding, shooting iklan, dan acara khusus lainnya. Orang yang menjual jasa makeup ini disebut dengan makeup artist (mua).
Makeup Artist (MUA) adalah profesional yang memiliki keahlian khusus dalam seni merias wajah untuk memperbaiki penampilan seseorang.
Kelebihan menjadi MUA adalah bisa memberikan layanan langsung kepada pelanggan. Selain itu, Anda memiliki peluang untuk membangun jaringan bisnis atau networking.
Untuk menjalankan bisnis jasa makeup, maka pastikan anda menguasai berbagai teknik makeup. Anda pun dapat mempromosikan jasa melalui media sosial.
5. Menjual produk di platform ecommerce

Kehadiran platform belanja online “ecommerce”, seperti tokopedia, membuka peluang usaha baru. Pengusaha kecil yang modalnya minim dapat berjualan di platform ini.
Dengan berjualan produk di plarform ecommerce, Anda memiliki beberapa keuntungan. Diantaranya adalah jangkauan pasar Anda semakin luas dan Anda lebih fleksibel dalam mengatur bisnis.
Setidaknya urusan pemasaran dan penjualan akan lebih rapi, tercatat, dan terorganisir dengan lebih rapi.
Saat ini, tersedia platform ecommerce yang beragam di internet. Pilih platform e-commerce yang tepat dan sesuai dengan bisnis Anda. Jika segmen market anda perempuan, maka anda bisa pilih Shopee. Jika market anda adalah pria, maka Tokopedia is better choice.
Untuk menarik pelanggan, maka perhatikan tampilan toko online Anda dan berikan layanan pelanggan yang baik di platform ecommerce.
5 Contoh Brand Bisnis Online yang Sukses
Berbisnis secara online sudah menjadi pilihan banyak orang yang ingin mulai berwirausaha, termasuk para pebisnis pemula.
Bahkan, menurut beberapa orang, bisnis online untuk pemula bisa dibilang lebih mudah ketimbang bisnis offline.
Selain itu, dengan mudahnya akses internet, peluang bisnis online juga semakin terbuka lebar. Hampir semua orang bisa mencobanya.
Sebelum memulai bisnis online sendiri, mungkin cerita-cerita sukses dari beberapa bisnis online ini bisa memotivasi Anda.
Bisnis kosmetik B Erl oleh Dewa Prayoga

Siapa yang tidak kenal praktisi digital marketing yang satu ini dengan ‘gurita’ bisnisnya?
Salah satu bisnis yang terdapat ‘campur tangan’ Dewa di dalamnya adalah B Erl Kosmetik.
Brand kosmetik yang didirikan oleh Erlyani Fitri, seorang mantan pembantu rumah tangga yang menjadi miliarder muda berkat kegigihannya merintis berbagai bisnis.
Dewa berhasil meraup keuntungan dalam industri kecantikan melalui inovasi-inovasi produk kosmetik B Erl dan strategi pemasarannya yang efektif.
Formula produk-produk B Erl menggabungkan manfaat dari bahan-bahan alami dan teknologi terkini, serta aman digunakan tanpa efek samping yang berbahaya untuk kulit.
Sementara dari segi pemasaran, di sinilah Dewa juga berperan penting. Dewa memilih strategi pemasaran dengan berkolaborasi bersama influencer-influencer kecantikan.
Setelah berhasil menjangkau target pasar yang luas melalui para beauty influencer, B Erl juga mengoptimalkan media sosial dan situs web resmi mereka untuk melakukan promosi dengan memberikan informasi mengenai lengkap tentang produk dan cerita-cerita para konsumen serta reseller mereka yang menginspirasi.
Alhasil, tidak hanya penjualan yang meningkat, B Erl juga mendapatkan banyak testimoni positif dan penghargaan dari para konsumennya.
101 Red by Christina Lie

Pebisnis sukses yang satu ini, Anda mungkin mengenalnya lewat video tips-tips bisnis yang sering muncul di media sosial.
Tidak banyak yang tahu salah satu langkah Christina Lie memulai kesuksesannya di dunia bisnis adalah dengan membangun brand 101Red.
Dilansir dari media sosialnya, 101Red merupakan penyedia layanan bisnis online sekaligus distributor atau importir produk-produk fashion dan kecantikan terbesar di Indonesia. 101Red juga bisa dibilang sebagai distribution channel dengan konsep mirip dropship.
Pada awalnya, produk yang tersedia di 101Red adalah produk-produk aksesoris import terutama aksesoris K-Drama atau K-Pop. Baru pada tahun 2018, 101Red mulai berkolaborasi dengan brand lokal.
Selain produk, 101Red juga menyediakan kebutuhan pemasaran atau marketing kit untuk para pebisnis seperti media promosi dan replikas website.
Replika website tersebut bisa langsung diisi dengan 45.000 produk. Semua orderan yang masuk ke website tersebut pun akan dilayani oleh tim dari 101red.
Tentu hal ini sangat praktis untuk para pemula, bukan?
Kisah inspiratif di balik 101Red adalah, bisnis online ini dirintis oleh Christina Lie ketika dia mengalami kerugian hingga 3M akibat trading.
Saat itu dia berusaha memperbaiki kondisi ekonominya dengan mencoba mendirikan berbagai jenis bisnis, salah satunya dengan mendirikan 101red.
Dikutip dari salah satu sumber, Christina Lie bercerita bahwa latar belakang dirinya mendirikan 101Red adalah karena dirinya melihat banyak orang yang ingin berjualan online tetapi terhambat karena tidak memiliki produk atau memiliki produk tetapi tidak tahu cara memasarkannya.
Melalui 101Red, Christina dapat membantu orang-orang seperti itu dengan menyediakan produk untuk dijual, website sebagai platform promosi, dan bimbingan dalam hal pemasaran. Terlebih, Christina Lie juga ahli dalam mengoperasikan Facebook Ads dan sering membagikan ilmunya di Facebook.
Selain itu, Christina juga memiliki brand kecantikannya sendiri melalui 101Red, yakni Lumecolors Cosmetics.
Dia berhasil menjual produk lipstiknya hingga mencapai 161 ribu pcs hanya dalam tiga bulan! Dan tidak hanya kosmetik, Christine Lie juga memiliki 40 ribu produk lain di sana.
Buat anda yang tertarik untuk memulai bisnis produk perawatan kulit, maka silahkan baca artikel kami tentang cara membuat bisnis plan skincare.
Bisnis cuci sepatu ala Dr Tirta
Siapa sangka bisnis cuci sepatu dokter sekaligus pebisnis sukses ini dimulai dengan modal hanya Rp 400 ribu?
Dr Tirta memulai bisnis jasa cuci sepatunya, “Shoes and Care” dengan modal Rp400 ribu di emperan kos-kosan.
Awalnya, Dr Tirta memulai bisnis jual-beli sepatu bekas sejak masih menjadi mahasiswa kedokteran di tahun 2009.
Karena sebagian besar konsumennya menginginkan sepatu bekas yang bersih, dia mulai membersihkan sepatu-sepatu bekas yang dijual dengan pembersih impor.
Akhirnya, Dr Tirta beralih ke bisnis jasa cuci sepatu dan fokus mengelola bisnis tersebut setelah lulus kuliah.
Konsumennya saat itu adalah orang-orang yang dia kenal dari forum online, komunitas pecinta sneakers, dan teman-teman kosan.
Bisnisnya semakin dikenal setelah peristiwa meletusnya Gunung Kelud tahun 2014.
Dr Tirta mengunggah sebuah foto sepatu berdebu yang berubah menjadi bersih mengkilap setelah dicuci dengan jasanya. Saat itu juga bisnisnya menjadi viral di media sosial.
Akhirnya, Dr Tirta membuka toko pertama Shoes and Care pertamanya di tahun yang sama ramai didatangi pelanggan.
Tahun 2018, Dr Tirta memutuskan mengembangkan bisnisnya ke Jakarta dengan mengorbankan tabungannya sampai dia harus tidur berbulan-bulan di emperan jalan.
Dia membuka toko pertamanya di Jakarta di daerah Mendawai, Blok M.
Hingga saat ini, Shoes and Care Jakarta sudah dikenal banyak orang dan semakin berkembang.
Dr Tirta mempekerjakan anak-anak jalanan, pengangguran, anak-anak putus sekolah, dan mahasiswa magang di outletnya tersebut. Shoes and Care sudah tersebar dengan 17 gerai di Jakarta dan 72 gerai di seluruh Indonesia.
Keunggulan bisnis Dr Tirta di antaranya adalah penggunaan teknik cuci sepatu yang canggih, bahan-bahan pencuci berkualitas, dan layanan perawatan sepatu yang tidak hanya membersihkan tapi juga restorasi warna, perbaikan detail sepatu, sampai perawatan sepatu agar tahan lama.
Tidak heran, hasil pekerjaannya sangat memuaskan untuk para pelanggan.
Sementara dalam segi pemasaran, Dr Tirta memaksimalkan media sosial dan website untuk mempromosikan bisnisnya. Mayoritas promosi memperlihatkan visual sepatu sebelum dan sesudah dilakukan, serta testimoni dari para pelanggan.
Terbukti, kan, testimoni bisa bermanfaat sebagai ‘alat promosi’ yang efektif?
Hal ini dikarenakan, orang akan lebih percaya jika orang lain sudah mengalaminya, bukan hanya si pemilik bisnis yang mengatakannya.
Tidak hanya kepercayaan konsumen lama, testimoni juga sangat mungkin menarik pelanggan baru.
Ternak Uang by Raymond Chin

Dilansir dari CNBC, Ternak Uang adalah sebuah platform digital yang menyediakan layanan edukasi seputar keuangan khususnya investasi untuk para investor pemula.
Melalui aplikasinya, Ternak Uang membagikan berbagai informasi terkait keuangan seperti dana darurat, KPR, asuransi, investasi pasar moda, hingga kripto tersedia di platform tersebut.
Termasuk cara mengalokasikan dan mengelola aset untuk menghasilkan keuntungan secara berkelanjutan.
Seiring meningkatnya kesadaran masyarakat untuk berinvestasi, platform Ternak Uang semakin diminati.
Bahkan, platform ini mengalami peningkatan pertumbuhan pengguna di masa pandemi. Dan saat ini, Ternak Uang digunakan oleh kurang lebih 350 ribu pengguna.
Selain melalui aplikasi, Ternak Uang memberikan pemahaman tentang konsep dan strategi investasi melalui buku, seminar, dan platform edukasi online.
Ternak Uang juga terlihat memaksimalkan media sosial untuk memberikan informasi-informasi keuangan dan investasi, serta tentu saja, mempromosikan Ternak Uang itu sendiri.
Bahkan, Ternak Uang disebut-sebut sebagai pionir konten investasi di Tiktok karena rajin membagikan video-video edukasi pendek seputar keuangan dan investasi.
Bisnis online yang didirikan oleh Raymond Chin dan Timothy Ronald ini akhirnya tidak hanya menghasilkan keuntungan, tetapi juga menjadi inspirasi untuk banyak orang dalam memaksimalkan potensi keuangan mereka.
Kedas Beauty by Candra Dewi Maharani

Dari namanya, Anda pasti tahu bisnis online yang satu ini bergerak di bidang kecantikan.
Kedas Beauty didirikan oleh Candra Dewi Maharani, yang merintis bisnisnya mulai dari 0. Produk-produk kecantikan dari Kedas Beauty di antaranya adalah sabun kecantikan, krim wajah, dan body serum.
Bukan hanya produk-produknya yang memang berkualitas, Kedas Beauty menjadi brand kecantikan yang berhasil mencuri perhatian karena konten-konten promosinya di media sosial.
Sebagian orang menilai konten-konten tersebut berlebihan dan semacamnya, tetapi tidak dipungkiri, banyak juga orang yang menyukainya. Dan hal terpenting, konten tersebut berhasil meningkatkan peminat produk-produk mereka.
Hal itu membuktikan bahwa strategi promosi yang dilakukan oleh Kedas Beauty sesuai dengan target pasar mereka dan berhasil menjangkau audiens yang luas.
Konten-konten promosi Kedas Beauty biasanya berupa video pendek dengan drama singkat yang juga menampilkan produk-produk mereka di dalamnya.
Selain itu, Candra Dewi Maharani sebagai pemilik Kedas Beauty pun memiliki akun media sosial dengan jumlah pengikut yang tidak sedikit.
Dari kelima kisah sukses bisnis di atas, banyak hal yang bisa Anda pelajari.
Namun, dalam hal memulai bisnis online untuk pemula, salah satu hal yang paling penting untuk dipelajari agar Anda bisa mencapai kesuksesan dalam memulai bisnis online adalah aktif melakukan promosi di platform online, salah satunya media sosial, dengan cara atau strategi yang menarik dan sesuai dengan target pasar Anda.
Nah, setelah mendapatkan motivasi dan pelajaran dari kisah-kisah di atas, ayo, simak dan pelajari langkah-langkah mudah memulai bisnis online di bawah ini!
Kesimpulan
Sebenarnya, bisnis online cukup mudah untuk dilakukan karena beberapa platformnya mudah untuk diakses.
Sama seperti bisnis offline, salah satu tahap memulai bisnis online adalah membuat rencana bisnis atau business plan.
Yuk, baca juga artikel kami tentang contoh dan cara membuat bisnis plan toko kosmetik.