fbpx

Bisnis Maklon Kosmetik, Peluang Usaha Beautypreneur

bisnis maklon kosmetik

Bisnis maklon kosmetik bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan bagi beautypreneur. Adanya jasa produksi kosmetik dari perusahaan maklon bisa memangkas biaya investasi pendirian pabrik dan pengadaan peralatan produksinya.

Bersama ADEV, Anda bisa memulai maklon dengan biaya yang murah dan syarat yang mudah. Bisnis maklon di ADEV juga sangat cocok bagi pengusaha pemula, pengusaha MLM, dan internet marketer, karena kami tak membatasi minimum jumlah pemesanan,

Lalu, mengapa harus berbisnis kosmetik? Apa itu maklon kosmetik dan bagaimana cara memulai bisnis kosmetik bagi pemula? Simak pembahasan mengenai maklon kosmetik di bawah ini.

Alasan Bisnis Maklon Kosmetik Terus Tumbuh

Minat kosmetik di Indonesia semakin meningkat. Bisnis maklon kosmetik menjadi sebuah peluang yang menjanjikan. Tentu saja didukung dengan keberadaan perusahaan dan pabrik maklon kosmetik.

Market share kosmetik cukup besar

Dilansir dari katadata.co.id, penduduk berjenis kelamin perempuan di Indonesia pada tahun 2019 diproyeksikan jumlahnya akan mencapai 132, 89 juta jiwa. Hal ini tentu saja menjadi ‘angin segar’ untuk mereka yang ingin memulai bisnis kosmetik. Apa keterkaitan bisnis kosmetik dengan peningkatan jumlah penduduk perempuan di Indonesia?

Menurut menperin, pada tahun 2017, nilai ekspor produk kosmetik nasional meningkat menjadi US$ 16,99 juta dari US$ 470,30 juta pada tahun 2016. Berikut adalah data jumlah penduduk Indonesia dilansir dari goinsan.com.

Populasi IndonesiaJumlah
Populasi saat ini266,927,712
Populasi Laki-laki133,084,082 (49.9%)
Populasi Perempuan133,842,630 (50.1%)

Hampir setiap perempuan ingin selalu tampil dan terlihat cantik. Oleh karena itu, perempuan sangat membutuhkan kosmetik. Tentu saja kondisi ini dimanfaatkan oleh para produsen kosmetik dengan menciptakan inovasi-inovasi baru. Terlebih, saat ini perusahaan kosmetik tidak hanya membidik kaum wanita sebagai target konsumen, tetapi juga kaum laki-laki. Penggunaan kosmetik atau produk perawatan tubuh bagi pria juga lama kelamaan menjadi sebuah tren.

Selain meningkatnya jumlah penduduk, tren kecantikan yang didukung para public figure atau saat ini banyak yang disebut sebagai beauty vlogger mampu menarik minat jutaan pasang mata yang melihatnya di sosial media atau semacamnya.

Permintan produk kosmetik terus meningkat

Laporan survey yang dilakukan Euromonitor International’s Personal Appearance Survey pada tahun 2014 menunjukkan trend penggunaan kosmetik. Hasilnya, pria di negara maju lebih cenderung menggunakan produk kosmetik yang spesifik (seperti anti penuaan, krim pemutih) dibandingkan pria di negara berkembang.

Dikutip dari blog euromonitor.com, hasil survey melibatkan 7 ribu konsumen di 16 pasar berbeda diketahui bahwa faktor pendorong pertumbuhan market kosmetik ada 2, yakni:

  • loyalitas (loyalty)
  • pengalaman pengguna (user experience)

Faktor pengalaman pengguna memainkan peranan penting saat konsumen membeli kosmetik. Jika mereka suka, maka mereka loyal. Angaga loyalitas ini mencapai 2/3, sedangkan 1/3 customer membeli produk baru dengan alasan mencoba sesuatu yang baru.

Dukungan pemerintah ke industri kecantikan

bisnis maklon kosmetik

Tiap tahunnya penjualan kosmetik terus meningkat, berdasarkan data Kementerian Perindustrian. Konsumen produk kosmetik tidak lagi hanya muncul dari kalangan menengah ke atas, tetapi permintaan muncul dari semua kalangan. Belum lagi bantuan insentif yang diberikan oleh Kementerian Perindustrian (Kemenperin) untuk mengembangkan industri kosmetik tanah Air agar dapat meningkatkan kapasitas produksi dan  bersaing dengan produk-produk impor yang menjadi ‘tantangan’ karena mendapat permintaan pasar yang tinggi sehingga volume penjualannya meningkat, sedangkan di lain sisi tarif bea masuk mengalami penurunan disebabkan adanya perjanjian perdagangan bebas. 

Bantuan tersebut tercipta dalam bentuk tax allowance dan pembebasan bea masuk impor mesin, dilansir dari website kemenperin. Melimpahnya keanekaragaman hayati dalam bentuk flora di Indonesia juga dapat menjadi salah satu pengaruh kualitas dan kuantitas produk-produk kosmetik Tanah Air.

Dalam dunia internasional, berdasarkan proyeksi Departemen Riset Indonesia Finance Today, industri kecantikan nasional memiliki peluang yang besar di lingkup ASEAN. Konsumen ASEAN pun kemungkinan besar memiliki selera yang sama dengan konsumen Indonesia jika dilihat dari faktor kesamaan iklim, sosial budaya dan daya beli.

Geliat Perusahaan Kosmetik di Indonesia

Di Indonesia, banyak perusahaan kosmetik yang menghasilkan produk dengan beragam merk (brand). Kemenperin mencatat bahwa pertumbuhan industri kosmetik dan bahan kosmetik di angka 6 (termasuk produk pasta gigi) . Data semenjak dari tahun 2010 hingga 2013 (sudah obsolete) adalah 73, 69, 71, 88 industri kosmetik.

Jumlah produsen kosmetik
Data terbaru dari bisnis.com menunjukkan bahwa jumlah produsen kosmetik di Indonesia tumbuh hingga 25% sepanjang tahun 2017. Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto, yang memberikan pemaparan pada acara BeautyFest Asia Award 2018 di Jakarta, 17 Maret 2018 mengatakan bahwa

“Sepanjang tahun lalu (2017), produsen kosmetik di Indonesia mencapai 760 perusahaan dari 603 perusahaan pada 2016. Dari total produsen kosmetik tersebut, sebanyak 95% industri kosmetik nasional merupakan sektor industri kecil dan menengah (IKM) dan sisanya industri skala besar.”

Airlangga Hartarto (menteri perindustrian)

Keuntungan penjualan lebih maksimal

Bisnis maklon adalah jasa pembuatan produk oleh perusahaan manufaktur (produsen) yang spesifikasinya ditetapkan oleh pemilik merek selaku pengguna jasa. Model bisnis lebih disukai pemilik merek karena mereka tidak haru mengeluarkan modal besar untuk investasi.

Pengusaha yang menggunakan jasa maklon kosmetik dan skincare mendapatkan profit margin maksimal. Selaku pemilik merek, mereka bisa menentukan harga jual produk.

Bila menggunakan sistem keagenan atau reseller, pemilik merek bsa memasarkan produk dengan kuantitas besar dan harga berlapis. Terlebih lagi bila menggunakan sistem pemasaran berjenjang (Multi level Marketing, MLM), maka pengusaha tersebut dapat menjual produknya secara cepat ke membernya. Keuntungan pun cepat diraih.

Perubahan gaya hidup anak muda kekinian

Pertumbuhan bisnis kosmetik didorong beberapa faktor. Salah satunya adalah kemajuan teknologi dan gaya hidup (life style).

Gadget (gawai seperti smartphone) yang harganya makin murah membuat setiap orang memiliki hape, bahkan ada yang lebih dari satu.

Adanya gadget tersebut juga membuat gaya hidup juga berubah. Anak muda milenial sekarang lebih suka berbagi konten melalui media sosial, selfie, youtube dan blog pribadi. Jika suatu produk disukai banyak kalangan dan reviewnya positif, maka produk tersebut berpotensi viral.

Kemampuan perusahaan dituntut untuk lebih dekat ketika berinteraksi dengan konsumen sehingga perusahaan dapat memenuhi apa yang dikehendaki oleh konsumen.

Hadirnya Perusahaan Maklon Kosmetik Sebagai Solusi Kosmetik Ilegal

Perusahaan maklon kosmetik adalah solusi untuk Anda yang ingin mulai berbisnis kosmetik tetapi belum memiliki modal besar atau  tidak ingin pusing-pusing memikirkan pendirian pabrik, karyawan dan semacamnya. Perusahaan jasa maklon kosmetik akan mengambil alih seluruh proses pembuatan produk kosmetik mulai dari perencanaan dan pengembangan produk, pembuatan produk hingga pengemasan. Anda tinggal menunggu dan nantinya memasarkan produk yang sudah jadi.

Jasa maklon adalah suatu bentuk industri yang kegiatannya dilakukan berdasarkan perjanjian antara pemberi jasa dan penerima jasa. Pemberi jasa adalah konsumen, sedangkan penerima jasa adalah pihak perusahaan. Pihak pemberi jasa menyediakan bahan baku dan kemasan yang biasanya dilakukan dengan cara membayar sejumlah biaya yang sudah disepakati, sedangkan penerima jasa melakukan keseluruhan proses produksi hingga pengemasan.

Beberapa perusahaan maklon kosmetik juga mengurusi merek dan kelegalan produk. Namun yang harus Anda ingat, ketentuan memproduksi kosmetik di tiap perusahaan maklon bisa saja berbeda-beda.

Rekomendasi Pabrik Maklon Kosmetik Terpercaya

Sebelum bekerjasama dengan pabrik maklon kosmetik, Anda harus memerhatikan beberapa hal. Pastikan pabrik maklon kosmetik yang akan bekerjasama dengan Anda sudah tercatat di BPOM dan LPPOM Halal MUI. Dua hal tersebut berkaitan dengan bahan baku yang digunakan dan proses yang dilakukan oleh pabrik tersebut. Jika pabrik sudah jelas kelegalannya, keamanan dan kehalalan produk juga lebih menjanjikan.

Anda tertarik untuk memulai bisnis kosmetik sekarang juga? Langsung saja hubungi PT Adev Natural Indonesia, salah satu pabrik maklon kosmetik terpercaya yang berlokasi di Kp. Curug Mekar, Bogor Barat, Indonesia. PT Adev Natural Indonesia sudah tercatat di BPOM dan LPPOM MUI sehingga dapat dijamin menggunakan bahan-bahan dasar untuk kosmetik yang sudah jelas aman dan halal dalam proses produksinya. Bersama PT Adev Natural Indonesia, Anda bebas menentukan formula dan spesifikasi produk hingga kemasan. Selain itu, pihak PT Adev Natural Indonesia juga akan mengurusi keseluruhan proses legalisasi produk. Jadi, tunggu apalagi? Jangan menunda terlalu lama karena Anda bisa langsung mengisi form pemesanan di sini.

Last Updated on 23 Oktober 2020 by purwanto

2 komentar untuk “Bisnis Maklon Kosmetik, Peluang Usaha Beautypreneur”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ingin memiliki brand kosmetik sendiri?

Sudah siap menciptakan brand kosmetik sendiri?

Close X

Formulir ini merupakan 

  1. Pilihlah kategori yang dbuat blabla
  2. Varian yang diisi bla bla bla
  3. Oke kalau gitu
  4. Data diri digunakan untuk blabla bla

Tutorial Pengisian Formulir

Scroll to Top