whatsapp-adev

Branding

Mengenal Metode & Teknik Branding dalam Pemasaran

Published:

Updated:

purwanto

1 Comment

Banyak entrepreneur tertarik untuk merintis bisnis kosmetik melalui sistem maklon. Namun, mereka belum memahami pentingnya branding untuk memasarkan produknya.

Tanpa branding yang tepat, produk Anda akan kalah bersaing dan sulit dikenal oleh konsumen. Branding yang lemah juga berdampak pada rendahnya awareness, minat beli, dan loyalitas konsumen pada produk Anda.

Dengan menerapkan teknik branding yang tepat, Anda dapat memperkuat merek dan memasarkan produk maklon Anda secara efektif kepada target konsumen.

Pengertian Branding

Branding adalah serangkaian kegiatan terencana dan terintegrasi yang bertujuan untuk membangun nama baik, citra, dan identitas unik sebuah produk, layanan, atau perusahaan di benak konsumen.

Menurut Subiakto Priosoedarsono atau Pak Bi, branding adalah proses untuk mengaktifkan nilai atau value dari sebuah brand di benak konsumen.

Proses branding tidak hanya sekedar memberikan nama dan logo bagi suatu merek. Tetapi juga menancapkan positioning unik di pikiran audiens, seraya mengkomunikasikan nilai-nilai dan personalitas merek tersebut secara konsisten lewat setiap sentuhan titik kontak antara brand dan konsumennya.

Tujuan utama dari branding adalah membuat khalayak mengidentifikasi dan mengingat sebuah produk, layanan ataupun perusahaan tertentu, dan membedakannya dari para pesaing. Branding yang kuat dan efektif pada akhirnya akan mampu mempengaruhi persepsi, meningkatkan awareness, dan merangsang minat khalayak untuk membeli atau menggunakan merek tersebut.

Beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari branding antara lain:

  • Mampu bersaing dan unggul di pasar
  • Meningkatkan loyalitas konsumen
  • Mendongkrak penjualan dan profitabilitas
  • Menciptakan diferensiasi dari kompetitor
  • Memperkokoh posisi pasar dalam jangka panjang

Itulah pengertian branding secara komprehensif beserta manfaatnya. Dengan branding yang konsisten dan tepat sasaran, reputasi positif serta ekuitas sebuah merek pasti akan meningkat signifikan.

Macam-Macam Teknik Branding

teknik branding

1. Personal Branding

Personal branding adalah seni membangun dan mengelola citra publik serta reputasi seseorang layaknya sebuah merek. Personal branding berfokus pada bagaimana seseorang bisa menampilkan identitas, kepribadian, dan nilai-nilai pribadinya sedemikian rupa sehingga orang lain dapat mengenalinya dan membedakannya dari individu lain.

Dalam konteks branding sebuah produk atau perusahaan, personal branding sangat penting dilakukan oleh para founder atau brand owner. Kredibilitas dan reputasi positif yang melekat pada sosok founder akan berdampak baik pada branding perusahaan maupun produknya.

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk personal branding antara lain:

  1. Aktif membagikan konten edukatif dan bermanfaat di media sosial yang relevan dengan bisnis atau kepakaran Anda
  2. Rajin berpartisipasi dalam komunitas offline/online terkait bisnis atau hobi Anda
  3. Membangun relasi bisnis dan partnership yang sinergis dengan berbagai pihak
  4. Mengumpulkan testimoni, ulasan, atau hasil riset yang mendukung kredibilitas Anda
  5. Mengikuti seminar, konferensi, atau aktivitas lain yang sejalan dengan passion Anda

Dengan personal branding yang konsisten dan berkesinambungan, kepercayaan khalayak terhadap apapun merek yang Anda bangun pasti akan meningkat.

Yuk, baca penjelasan lengkap kami tentang personal branding.

2. Product Branding

Product branding adalah serangkaian aktivitas dalam pemasaran yang ditujukan untuk membangun citra unik dan identitas yang membedakan sebuah produk dengan kompetitor di benak konsumen.

Tujuan utama product branding adalah membuat calon pembeli mampu mengenali dan mengingat sebuah produk, serta memahami manfaat yang akan mereka dapatkan dari produk tersebut.

Beberapa strategi product branding yang umum dilakukan antara lain:

  • Memberikan nama produk, logo, tagline yang mudah diingat dan mewakili value produk
  • Menciptakan kemasan produk yang estetik, ergonomis, dan mewakili personalitas merek
  • Membuat deskripsi produk dan menyertakan informasi penting seperti komposisi, cara penggunaan, manfaat, dll
  • Menampilkan visual produk seperti foto dan video yang berkualitas tinggi dan menarik di media pemasaran
  • Memanfaatkan endorser, influencer, atau brand ambassador untuk mempromosikan dan meningkatkan awareness produk
  • Melakukan kegiatan promosi baik above the line maupun below the line untuk masifkan cakupan branding

Dengan strategi product branding yang kreatif dan tepat sasaran, produsen dapat membangun brand equity yang kuat bagi produknya, yang pada akhirnya akan meningkatkan loyalitas dan memacu pertumbuhan penjualan.

Baca penjelasan lengkap kami tentang branding produk kosmetik.

3. Corporate Branding

Corporate branding merupakan upaya membentuk citra positif dan identitas perusahaan yang unik di benak stakeholder. Corporate branding berfokus pada bagaimana perusahaan ingin dipersepsikan dan bagaimana perusahaan ingin stakeholdernya merasakan pengalaman bersama perusahaan tersebut.

Dalam konteks bisnis jasa maklon kosmetik, corporate branding sangat penting untuk meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan calon customer terhadap kualitas produk dan layanan perusahaan.

Beberapa strategi corporate branding yang bisa diterapkan antara lain:

  • Menampilkan legalitas perusahaan seperti akta pendirian, SIUP, TDP, dan perijinan lain yang relevan
  • Mendapatkan sertifikasi dan standarisasi seperti GMP, halal, BPOM, ISO sesuai bidang usaha
  • Membangun company profile dan website resmi yang informatif dan profesional
  • Aktif di media sosial untuk memublikasikan kegiatan, milestone, dan prestasi perusahaan
  • Merancang seragam dan atribut karyawan yang rapi dan konsisten mewakili branding perusahaan
  • Mengikuti pameran industri untuk memperkuat citra sebagai pelaku bisnis yang kredibel di mata mitra dagang
  • Menyelenggarakan open house agar stakeholder bisa mengunjungi fasilitas produksi langsung

Dengan corporate branding yang konsisten dan berkesinambungan, kepercayaan publik terhadap perusahaan jasa maklon kosmetik pasti akan meningkat signifikan.

4. Rebranding

Rebranding adalah strategi perubahan identitas sebuah merek yang sudah ada sebelumnya, termasuk perubahan nama merek, logo, desain kemasan, tagline, pesan pemasaran, hingga penyegaran positioning produk di benak konsumen.

Dalam konteks produk maklon kosmetik, terdapat beberapa alasan mengapa perlu dilakukan rebranding, di antaranya:

  • Merek sudah dianggap outdated sehingga perlu diperbaharui agar lebih modern dan relevan dengan tren pasar saat ini.
  • Ingin melakukan perluasan target pasar produk maklon yang lebih inklusif. Misal dari produk perawatan wajah wanita menjadi produk untuk pria dan wanita.
  • Mau meningkatkan value brand dengan memperbaharui klaim produk agar lebih premium.
  • Mengubah positioning produk maklon dari regular brand menjadi lebih aspirational dan high-end.
  • Menstandarisasi merek dan branding setelah akuisisi oleh perusahaan induk baru agar lebih konsisten identitas brand secara keseluruhan.

Proses rebranding membutuhkan riset pasar dan perencanaan yang matang agar transition branding dapat berlangsung secara efektif tanpa mengurangi brand equity yang sudah terbentuk sebelumnya pada merek maklon kosmetik tersebut.

5. Co-branding

Co-branding merupakan strategi kerja sama merek antara dua perusahaan atau lebih untuk meluncurkan produk atau servis baru, atau sekedar saling mempromosikan merek masing-masing melalui kegiatan pemasaran yang terintegrasi.

Dalam konteks maklon kosmetik, beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari penerapan co-branding antara lain:

  • Meningkatkan brand awareness dengan cepat dengan menumpang dari reputasi merek mitra bekerja sama. Contoh: kerja sama produsen maklon dengan wadah atau kemasan premium milik merek kosmetik top.
  • Memperluas dan mempermudah akses pasar sehingga distribusi produk maklon menjadi lebih masif dengan menumpang jaringan pemasaran mitra kerja sama.
  • Mendatangkan legitimasi sehingga kepercayaan dan preferensi konsumen terhadap produk maklon meningkat karena mendapat backing dari brand lain yang sudah mapan.
  • Mendongkrak penjualan dan omset bisnis dengan menerapkan strategi cross-selling dari audience masing-masing merek yang bekerja sama.

Dengan merancang co-branding yang tepat sasaran, produsen maklon kosmetik bisa mendongkrak ekuitas dan pertumbuhan merek secara berkelanjutan, baik secara nasional maupun internasional.

6. Offline Branding

Offline branding merupakan upaya untuk membangun citra merek produk dan memasarkannya melalui media-media tradisional atau konvensional di luar internet.

Beberapa kegiatan offline branding yang dapat dilakukan untuk memperkuat brand produk maklon kosmetik antara lain:

  • Membuat booth yang menarik di pameran kecantikan untuk memberi pengalaman langsung bagi konsumen dalam mengeksplorasi dan mencoba produk secara live.
  • Melakukan roadshow ke gerai dan department store terkemuka di berbagai kota agar konsumen yang belanja secara offline juga dapat menemukan dan membeli produk maklon kosmetik tersebut.
  • Memasang iklan di majalah fashion dan lifestyle perempuan untuk meningkatkan brand awareness di kalangan pembaca setia majalah cetak tersebut.
  • Memberikan product sample dan brosur di influencing point seperti salon kecantikan dan klinik kesehatan & kebugaran yang ramai dikunjungi target konsumen produk.
  • Menempel stiker dan poster di SPBU, cafe, atau tempat nongkrong anak muda yang stylish untuk masifkan pengenalan merek di berbagai komunitas.

Dengan merancang aktivitas offline branding secara kreatif dan relevan dengan gaya hidup audience, awareness terhadap produk maklon kosmetik pasti akan meningkat signifikan.

7. Attitude Branding

Attitude branding adalah strategi untuk menempatkan citra dan makna tertentu pada sebuah merek produk, yang tidak terbatas pada atribut fungsional atau manfaat produk, melainkan juga pada nilai-nilai yang terkandung di baliknya.

Dalam konteks maklon kosmetik, penerapan attitude branding biasanya dilakukan dengan cara menanamkan “brand purpose” tertentu yang ingin diperjuangkan, misalnya:

  • Menunjukkan komitmen ramah lingkungan melalui penggunaan formulasi alami, kemasan eco-friendly, program daur ulang, dan edukasi tentang gaya hidup hijau.
  • Memperjuangkan isu positif tertentu seperti pemberdayaan perempuan pengusaha UMKM waralaba dengan memasukkan produk lokal sebagai bahan baku.
  • Mengedukasi dan memberdayakan komunitas tertentu seperti penduduk desa agar terlibat dalam rantai produksi. Misalnya penyediaan bahan baku, pemanfaatan kearifan lokal, hingga keterlibatan dalam distribusi.
  • Menjalankan program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) yang relevan dan signifikan dampaknya bagi kualitas hidup masyarakat. Seperti bedah rumah warga kurang mampu atau bantuan alat kesehatan untuk puskesmas di pelosok desa.

Attitude branding memungkinkan brand maklon kosmetik tidak sekadar diingat berdasarkan atribut produknya, namun juga karena nilai sosial yang diperjuangkannya, sehingga dapat menyentuh relung emosional konsumen secara lebih dalam.

Cara Melakukan Branding Setelah Membeli Layanan Maklon Produk Kosmetik

1. Membangun personal brand

Membangun personal brand artinya berupaya untuk membentuk persepsi positif di benak khalayak terhadap individu tertentu. Sama seperti branding pada produk atau perusahaan, prosesnya melibatkan penentuan posisi yang diinginkan, kesan unik yang ingin ditampilkan, karakter, dan reputasi yang ingin diidentikkan pada sosok tersebut.

Bagi pemilik merek kosmetik, penting untuk melakukan personal branding yang kuat agar kredibilitasnya sebagai pebisnis di bidang kosmetik semakin diakui, mendorong minat khalayak dalam mengkonsumsi produk dengan merek yang dimilikinya.

Beberapa tips membangun personal brand yang efektif:

  • Memperkenalkan profil dan kompetensi spesifik Anda di bidang kecantikan melalui konten teks, foto, atau video yang informatif di media sosial.
  • Secara rutin publikasikan blog atau artikel opini terkait trend kecantikan terkini untuk tampil sebagai figur yang inspiratif dan visioner di bidang kosmetik.
  • Aktif dalam kegiatan komunitas baik online maupun offline terkait dunia kecantikan untuk terus mengasah kepakaran dan melebarkan network.
  • Tampilkan prestasi, testimoni dukungan, atau hasil riset terkait produk kosmetik buatan Anda untuk meningkatkan kredibilitas di mata khalayak.

Dengan konsisten membangun personal branding yang positif dan merepresentasikan kepakaran serta visi jangka panjang Anda, reputasi sebagai pebisnis di sektor kosmetik yang aspiratif pasti akan terbentuk kuat.

2. Membuat product branded

Membangun product branded berarti melakukan proses pengemasan sedemikian rupa sehingga sebuah produk tidak lagi dipersepsikan sebagai komoditas generik, namun memiliki identitas dan citra unik di benak konsumen.

Beberapa tips penting dalam mendesain product branding untuk produk maklon kosmetik:

  • Buatlah kemasan dan label yang estetis dengan kombinasi warna, font, dan elemen desain yang mewakili karakter serta value unik dari produk maklon kosmetik Anda. Misal maskara dengan label elegan nan feminin dan wand brush gold.
  • Sertakan nama merek, tagline, dan logo yang mudah diingat, menarik, serta melambangkan positioning dari produk maklon kosmetik yang diusung.
  • Informasikan detail produk secara jelas dan lengkap, mulai dari berat bersih, komposisi bahan, cara penggunaan, klaim utama, hingga masa kadaluarsa agar konsumen lebih paham sebelum membeli dan mengaplikasikan.
  • Perlihatkan sertifikasi standarisasi seperti halal, BPOM, GMP, dan lisensi sejenisnya yang relevan pada area kemasan agar lebih meyakinkan calon pembeli tentang aspek keamanan dan standar mutunya.

Dengan product branding yang menarik dan informatif pada wadah kemasan produk maklon, tentu akan semakin memperkuat brand image di benak konsumen dan mendorong keputusan pembelian.

3. Menjalankan strategi corporate branding

Corporate branding bertujuan untuk membentuk reputasi positif sebuah perusahaan dan membangun kepercayaan publik terhadap kredibilitasnya. Khusus bagi perusahaan jasa maklon kosmetik, sangat penting untuk mengeksekusi strategi corporate branding secara konsisten guna meningkatkan kepercayaan calon customer terhadap kualitas produk dan layanan yang diberikan.

Beberapa tips penting dalam menjalankan strategi corporate branding perusahaan jasa maklon kosmetik:

  • Tampilkan profil perusahaan secara transparan beserta legalitas badan hukum seperti akta pendirian, SIUP, TDP, NIB, dan izin BPOM yang dimiliki.
  • Publikasikan sertifikasi standarisasi mutu seperti GMP, halal, ISO 9001:2008, dan lainnya yang relevan pada media perusahaan.
  • Bangun website resmi dengan konten informasi perusahaan yang up to date, galeri foto kegiatan produksi, daftar klien, hingga informasi karir untuk menarik talenta baru.
  • Aktif di media sosial dengan memposting update terbaru kegiatan perusahaan mulai dari partisipasi pameran, acara gathering karyawan, hingga kunjungan pabrik yang diikuti tamu delegasi mancanegara.
  • Tampilkan testimoni dan ulasan positif dari klien mengenai pelayanan dan hasil kerja sama maklon kosmetik yang sudah dilakukan untuk meningkatkan kredibilitas di mata calon customer baru.

Dengan mengeksekusi corporate branding secara konsisten di berbagai media dan kesempatan, kepercayaan publik kepada perusahaan jasa maklon kosmetik Anda pasti akan meningkat.

4. Melakukan promosi di media sosial

Media sosial kini wajib dimanfaatkan sebagai salah satu platform utama dalam mempromosikan sebuah produk atau merek agar bisa membesarkan brand awareness dan outreach secara eksponensial.

Beberapa tips penting dalam memaksimalkan promosi produk maklon kosmetik melalui media sosial:

  • Identifikasi platform media sosial mana yang paling relevan dengan target konsumen produk maklon kosmetik Anda. Apakah akan fokus promosi di Instagram, TikTok, Facebook atau YouTube.
  • Tentukan pula konten promosi apa yang paling sesuai di setiap platform. Misal video review produk oleh beauty vlogger di YouTube, atau kompilasi testimoni konsumen di Facebook.
  • Manfaatkan influencer, key opinion leader (KOL), dan artis papan atas dengan pengikut massif di platform terpilih untuk jangkau audiens yang lebih luas. Tawarkan mereka untuk mencoba produk Anda dan buat konten testimoni atau endorsement.
  • Pantau dan ukur efektivitas konten promosi di setiap platform media sosial berdasarkan indikator seperti jangkauan, engagement rate, konversi, dan metrics penting lainnya. Lakukan evaluasi dan optimasi yang diperlukan.

Dengan merancang eksekusi promosi yang terukur di media sosial, brand awareness dan minat terhadap produk maklon kosmetik Anda pasti akan melesat dengan cepat.

5. Mengadakan event offline

Selain strategi digital marketing, membuat event offline juga sangat penting untuk langsung bertemu calon konsumen dan memperkenalkan produk maklon kosmetik ke khalayak luas.

Beberapa tips sukses dalam menyelenggarakan event offline sebagai bagian dari program pemasaran produk maklon kosmetik:

  • Pilih jenis acara yang paling efisien untuk menarik audiens yang sesuai target konsumen produk maklon Anda, seperti beauty class, bazaar, roadshow di mal/plaza, gathering komunitas hingga sponsorship pada gelaran skala besar.
  • Siapkan booth yang eye catching dan representative untuk memajang rangkaian produk maklon kosmetik beserta brosur informasinya agar mudah dilihat dan diakses pengunjung.
  • Lengkapi dengan dissatisfier seperti tester dan customer service yang cakap memberi konsultasi agar pengunjung bisa mencoba produk langsung dan memahami manfaatnya sebelum memutuskan beli.
  • Edukasi pengunjung mengenai diferensiasi produk maklon Anda terhadap kompetitor dan berikan penawaran spesial agar tergerak membeli di tempat.
  • Catat data interaksi dan survei kepuasan pengunjung di booth untuk mengevaluasi efektivitas event. Hasilnya bisa jadi masukan bermanfaat untuk pengembangan varian dan inovasi produk maklon kosmetik Anda selanjutnya.

Dengan merencanakan dan mengeksekusi event offline yang atraktif, brand awareness dan insight pelanggan pasti akan bertambah luas.

Dengan kombinasi online dan offline branding, produk maklon Anda akan semakin dikenal dan percaya diri bersaing di pasaran.

Penutup

Kesimpulan

Branding merupakan hal fundamental yang tidak boleh dilewatkan dalam memasarkan produk maklon kosmetik agar dapat sukses dan unggul di pasaran. Dengan berbagai pilihan teknik branding yang ada, pemilik usaha harus menentukan kombinasi yang paling efektif dan sesuai dengan positioning merek yang diinginkan.

Beberapa teknik branding yang dapat diterapkan pada produk maklon di antaranya adalah branding di media sosial, influencer marketing, content marketing, pemanfaatan testimoni konsumen, pembuatan kemasan menarik, personal branding, product branding, hingga corporate branding. Semua opsi tersebut dapat dipadukan secara tepat agar branding yang dilakukan lebih optimal dan menyeluruh.

Saran

Untuk memastikan keberhasilan branding produk maklon, ada beberapa tips yang bisa diikuti:

  1. Konsisten dalam penerapan branding baik secara visual maupun messaging
  2. Melibatkan konsumen dan mendengarkan customer insights
  3. Melakukan riset pasar dan analisis kompetitor secara berkala
  4. Menyusun timeline dan mengukur progress branding
  5. Beradaptasi dengan trend dan preferensi konsumen

Dengan perencanaan matang dan eksekusi kreatif yang maksimal, branding yang Anda lakukan pasti akan mampu mendorong kesuksesan produk maklon kosmetik di pasaran.

About

purwanto

Penulis merupakan pribadi yang gemar menulis artikel tentang bisnis dan enterpreneurship. Namun, artikel ini dibuat hanya untuk tujuan informasi dan tidak ditujukan sebagai saran profesional atau konsultasi bisnis.

adev maskot

Satu pemikiran pada “Mengenal Metode & Teknik Branding dalam Pemasaran”

Tinggalkan komentar


Index