whatsapp-adev

Branding

Pengertian, Manfaat, dan Cara Personal Branding

Published:

Updated:

purwanto

No Comments

Apakah saya perlu melakukan personal branding untuk memasarkan produk kosmetik yang saya beli dari perusahaan maklon? Lalu, bagaimana cara melakukan personal branding yang efektif?

Memulai bisnis kosmetik dengan membeli produk dari pabrik maklon memang lebih mudah karena tidak perlu repot riset formulasi dan memproduksi sendiri. Namun, tantangannya adalah bagaimana memasarkan produk kosmetik maklon tersebut.

Tanpa personal branding yang kuat, Anda akan kesulitan bersaing dan menarik minat konsumen dalam memasarkan produk kosmetik maklon. Padahal, personal branding justru dibutuhkan agar brand Anda lebih dikenal dan produk lebih diminati audience.

Cara termudah untuk memasarkan produk kosmetik maklon adalah dengan membangun personal branding yang efektif.

Yuk, baca artikel ini selengkapnya.

Apa Itu Personal Branding?

Personal branding adalah proses membangun citra positif bagi diri sendiri, terutama untuk tujuan karir atau bisnis. Personal branding dapat membantu meningkatkan reputasi, jaringan, dan kesempatan sukses dalam bidang karier atau bisnis.

Berikut adalah beberapa tujuan melakukan personal branding:

  • Meningkatkan reputasi pribadi
  • Membangun citra diri yang positif
  • Memperluas jaringan karir atau bisnis
  • Meningkatkan kesempatan karir atau bisnis
  • Membedakan diri dari para kompetitor
  • Menarik minat klien atau mitra bisnis

Dalam dunia yang penuh persaingan seperti industri kosmetik, personal branding menjadi salah satu faktor kunci yang dapat memengaruhi kesuksesan pemasaran produk. Dengan membangun personal branding yang kuat, Anda dapat menarik perhatian konsumen, membangun kepercayaan, dan meningkatkan nilai produk kosmetik yang Anda jual.

Baca juga artikel kami tentang macam-macam teknik branding.

Manfaat Personal Branding

personal branding

Membangun Kepercayaan Konsumen

Dengan personal branding yang kuat, konsumen akan merasa lebih percaya dan yakin terhadap produk kosmetik yang Anda tawarkan. Mereka akan merasa bahwa produk tersebut memiliki kualitas yang baik dan dapat memenuhi kebutuhan serta keinginan mereka.

Meningkatkan Nilai Produk

Personal branding yang efektif dapat memberikan nilai tambah pada produk kosmetik Anda. Ketika konsumen merasa terhubung dengan personal branding Anda, mereka akan lebih bersedia untuk membayar lebih mahal demi produk yang Anda tawarkan.

Membedakan Diri dari Kompetitor

Dengan personal branding yang unik dan kuat, Anda dapat membedakan diri dari kompetitor dalam industri kosmetik. Hal ini akan membuat produk Anda lebih mudah dikenali dan diingat oleh konsumen.

Step by Step Cara Personal Branding untuk Bisnis Kosmetik

Mengetahui Target Pasar

Pertama-tama, Anda perlu memahami siapa target pasar Anda. Apakah Anda menargetkan remaja yang aktif di media sosial atau profesional muda yang aktif di dunia kerja? Dengan mengetahui siapa target pasar Anda, Anda dapat membangun personal branding yang sesuai dengan preferensi mereka.

Kenali Produk Anda

Pahami dulu produk kosmetik maklon apa saja yang dijual, keunggulannya, target konsumen produk, dll. Informasi ini diperlukan untuk menyelaraskan konten personal branding nanti.

Tentukan apa yang membuat produk kosmetik Anda unik dan berbeda dari produk lain di pasaran. Apakah itu bahan alami, keunggulan kualitas, atau nilai tambah lainnya? Hal ini akan menjadi dasar dalam membangun personal branding Anda.

Tetapkan Tujuan

Misal tujuannya adalah agar produk mudah dikenal khalayak, meningkatkan kepercayaan pada produk, atau menarik follower di media sosial.

Buatlah citra dan identitas personal branding yang sesuai dengan nilai unik produk Anda. Apakah Anda ingin terlihat sebagai ahli kecantikan, influencer kecantikan, atau entrepreneur kosmetik yang sukses? Buatlah citra yang konsisten dengan nilai produk Anda.

Buat Konten yang Relevan

Bangun personal branding dengan membuat dan membagikan konten yang relevan dengan produk kosmetik maklon di social media. Misal tips kecantikan, ulasan produk, promosi, gaya hidup sehat, dll.

Konsisten dan Sering Berinteraksi

Kuncinya adalah konsisten membagikan konten yang relevan dan sering berinteraksi positif dengan follower atau komentar yang masuk. Dengan begitu audiens akan semakin mengenal dan mempercayai Anda.

Penting untuk konsisten dalam membangun personal branding. Mulai dari logo, warna, gaya penulisan, hingga interaksi dengan konsumen, pastikan semuanya konsisten dan mencerminkan citra personal branding yang Anda inginkan.

Kolaborasi & Testimoni

Lakukan kolaborasi dengan influencer atau blogger kecantikan dan mendapatkan testimoni positif dari mereka tentang produk kosmetik maklon Anda. Ini bisa meningkatkan kredibilitas.

Media sosial merupakan salah satu alat yang sangat efektif dalam membangun personal branding. Manfaatkan platform-platform seperti Instagram, YouTube, dan TikTok untuk memperkenalkan diri, produk, serta nilai unik Anda kepada konsumen.

Contoh Personal Branding di Industri Kosmetik

Bintang Emon, Brand ambassador Whitelab

Pada 7 Juli 2022 lalu (idntimes.com), Whitelab yang merupakan merek lokal perawatan kulit mengumumkan telah menunjuk Bintang Emon sebagai brand ambassador teranyarnya. Pemilihan Bintang Emon mendapat respon positif dari banyak pihak, terutama para penggemarnya serta konsumen setia produk Whitelab.

Bintang Emon resmi menjabat sebagai salah satu dari dua brand ambassador Whitelab, bergabung bersama Rangga Azof yang juga telah lebih dulu menjadi bintang iklan produk perawatan kulit ini. Whitelab sendiri dikenal sebagai brand lokal yang fokus dan konsisten berinovasi untuk menghadirkan rangkaian produk perawatan kulit terbaik dengan bahan alami ramah lingkungan.

Terdapat beberapa alasan mengapa Whitelab memilih Bintang Emon sebagai brand ambassadornya (SOCO). Selain karakternya yang unik dan kocak, Bintang Emon juga dikenal memiliki komitmen kuat terhadap kesehatan dan perawatan kulit. Ia berani tampil beda dengan menunjukkan perhatiannya pada perawatan kulit wajah meskipun sebagai seorang pria. Ini sejalan dengan branding Whitelab yang ingin mengedukasi bahwa perawatan kulit itu penting untuk semua gender.

Ditambah lagi, kepribadian Bintang Emon yang ceria, penuh semangat, dan optimis juga sesuai dengan citra positif yang ingin dibangun Whitelab. Kepribadian yang enak dilihat dan menginspirasi itulah yang diharapkan mampu menular pada konsumen, terutama dalam hal menjaga kesehatan dan perawatan kulit.

Isyana Sarasvati, Brand ambassador N’PURE

N’PURE yang merupakan brand lokal perawatan kulit mengumumkan penunjukan Isyana Sarasvati sebagai brand ambassador perdananya pada 24 November 2021 (Kontan). Pengumuman ini bertepatan dengan peluncuran seri produk terbaru N’PURE, yaitu Noni Probiotics Series.

Co-Founder sekaligus CMO N’PURE Devina Wijaya menjelaskan alasan mereka memilih Isyana Sarasvati sebagai brand ambassador. Menurutnya, Isyana merupakan personaliti publik yang tepat dan mampu merepresentasikan N’PURE sebagai brand local skincare yang mengedepankan bahan-bahan alami berkhasiat (Fimela).

Beberapa hal yang menjadikan Isyana sosok yang pas untuk mewakili N’PURE antara lain kepiawaian dan kecerdasannya dalam berkarya, juga kepeduliannya terhadap isu kesehatan kulit dan gaya hidup sehat. Tentu saja ini selaras dengan visi dan misi N’PURE sendiri.

Lewat kolaborasinya bersama N’PURE, Isyana berharap dapat semakin memperluas awareness masyarakat akan pentingnya perawatan kulit dengan produk yang aman dan alami. Ia pun aktif membuat dan membagikan konten menarik seputar produk N’PURE di akun sosial medianya.

Strategi personal branding ini terlihat berhasil membuat nama N’PURE makin dikenal luas, apalagi oleh kalangan penggemar Isyana Sarasvati yang sangat besar jumlahnya. Mereka jadi semakin mengenal manfaat produk skincare lokal berbahan alami, dan tertarik untuk mencoba rangkaian produk N’PURE.

Dengan kolaborasi ini, baik Isyana Sarasvati maupun N’PURE sama-sama diuntungkan dengan semakin menguatnya personal branding mereka di benak khalayak. Isyana sebagai publik figur peduli kesehatan kulit, dan N’PURE sebagai brand lokal terpercaya penghasil produk skincare alami berkualitas.

Pevita Pearce, Brand ambassador Maybelline New York di Indonesia

Maybelline New York yang merupakan brand kosmetik internasional ternama resmi menunjuk Pevita Pearce sebagai brand ambassador untuk pasar Indonesia sejak tahun 2016 hingga sekarang (slcmarketinginc.com).

Maybelline sendiri pertama kali didirikan oleh Thomas Lyle Williams di New York, Amerika Serikat pada tahun 1915. Brand ini dikenal luas akan sejarah panjangnya dalam dunia kecantikan, terutama setelah sukses menghadirkan produk maskara padat modern pertama sedunia pada 1913 lalu (Jurnal Universitas Atma Jaya).

Faktanya, nama Maybelline berasal dari perpaduan nama Maybel yang merupakan adik perempuan T.L Williams dengan Vaseline (Wikipedia). Nama ini kemudian melekat kuat sebagai brand kosmetik ikonik asal Amerika yang kemudian menjadi salah satu yang paling banyak diminati perempuan di seluruh dunia.

Kolaborasi Maybelline dengan Pevita Pearce sejak 6 tahun silam terbilang sukses secara global. Pevita Pearce berperan sebagai Duta Maybelline khusus untuk Indonesia. Ia mewakili kecantikan alami perempuan Indonesia yang ceria, enerjik, stylish, dan penuh percaya diri.

Melalui kolaborasi ini, personal branding Pevita Pearce sebagai aktris cantik, peduli fashion dan tentu saja kecantikan semakin melekat kuat di masyarakat Indonesia. Sementara bagi Maybelline sendiri, sosok Pevita Pearce yang dikagumi banyak perempuan Indonesia ini mampu semakin mempopulerkan produk-produk kecantikan Maybelline.

Pevita gencar membagikan tutorial make up menarik menggunakan produk Maybelline di channel YouTube pribadinya. Hal ini sukses menarik antusiasme penggemar untuk ikut mencoba produk kosmetik kelas dunia dari brand Maybelline yang sudah ia gunakan. Strategi promosi dan personal branding ini cukup efektif untuk mengangkat performa penjualan Maybelline di Indonesia.

Kesimpulan

Personal branding merupakan faktor penting dalam memasarkan produk kosmetik dari perusahaan maklon. Dengan personal branding yang kuat, Anda dapat membangun kepercayaan konsumen, meningkatkan nilai produk, dan membedakan diri dari kompetitor.

Dalam membangun personal branding, Anda perlu mengetahui target pasar, menentukan nilai unik produk, membangun citra dan identitas personal branding, konsisten dalam personal branding, serta memanfaatkan media sosial dengan baik.

Yuk, mulai membangun personal branding yang kuat untuk memasarkan produk kosmetik dari maklon Anda!

About

purwanto

Penulis merupakan pribadi yang gemar menulis artikel tentang bisnis dan enterpreneurship. Namun, artikel ini dibuat hanya untuk tujuan informasi dan tidak ditujukan sebagai saran profesional atau konsultasi bisnis.

adev maskot

Tinggalkan komentar


Index