fbpx

Biaya Maklon Produk Kosmetik

Seringkali biaya maklon produk skincare yang mahal menjadikan harga jual produk tersebut melangit dan mengurungkan niat pelaku bisnis kosmetik untuk membranding merek produk mereka sendiri.

Sebagai produsen & perusahaan manufaktur kosmetik, ADEV menyediakan maklon kosmetik dengan biaya terjangkau (murah). Bahkan, beberapa konsumen ADEV memulai bisnis kosmetiknya dengan modal puluhan juta rupiah (baca: 30 juta rupiah).

Jangan mudah tergiur dengan angka rupiah yang murah. Apakah dengan biaya yang murah tersebut sudah mencakup biaya pengurusan notifikasi edar ke Badan POM dan sertifikasi produk halal LP POM MUI?

Yuk, ketahui berapa perkiraan biaya maklon di perusahaan kosmetik terbaik di Bogor berikut ini.

Apa itu Biaya Maklon Kosmetik?

biaya maklon kosmetik & skincare murah harga pabrik

Biaya maklon kosmetik adalah jumlah rupiah yang harus anda bayarkan ketika menggunakan jasa produksi/pembuatan produk kosmetik di perusahaan maklon. Baca juga ulasan kami tentang apa itu maklon.

Setiap pabrik/manufaktur kosmetik memiliki standar biaya makloon yang berbeda-beda. Hal tersebut disebabkan oleh lokasi perusahaan yang standar upahnya mengacu kepada UMR/UMK, jumlah produk yang diorder, biaya pengurusan legalitas terkait produk, dan lain-lain.

Saat memulai bisnis kosmetik dengan merek sendiri (private label), kami merekomendasikan untuk mencari perusahaan maklon yang biayanya murah. Dengan demikian, Anda bisa lebih leluasa mengatur margin keuntungan dari setiap produk yang dijual.

Jenis Biaya Maklon di Perusahaan Kosmetik

Secara umum, ada 2 macam biaya maklon, yaitu biaya administrasi dan biaya produksi.

Biaya administrasi meliputi biaya pembuatan sampel, pendaftaran merek, pendaftaran BPOM, dan pendaftaran sertifikasi halal.

Sementara biaya produksi meliputi biaya bahan baku, kemasan dan desainnya, dan seluruh aspek yang dibutuhkan dalam proses produksi.

Berikut ini adalah rincian biaya maklon produk kosmetik di Adev:

No
Komponen biaya jasa maklon
Nilai Biaya
1
Biaya pembuatan contoh produk
Rp 500.000/produk
2
Biaya pendaftaran merk produk
Rp 5.000.000,-
3
Biaya pendaftaran BPOM
Rp 5.000.000,-
4
Biaya Pengurusan Sertifikasi Halal
Rp 1.000.000,-
5
Biaya desain produk
Rp 2.000.000,-
6
Biaya produksi
Rp 30.000.000,-
Catatan: biaya dapat berubah sewaktu-waktu

Berdasarkan komponen biaya maklon kosmetik pada tabel di atas, maka minimal biaya untuk produksi kosmetik di Adev adalah Rp 30.000.000,-. Namun, pada prakteknya besaran biaya maklon sangat variatif, bergantung kepada jenis kosmetik & skincare yg diorder, tingkat kerumitan formulasi produk, dan jumlah produk yang dimaklon.

Secara garis besar, terdapat beberapa biaya yang harus Anda persiapkan untuk menggunakan jasa perusahan maklon Adev, antara lain adalah:

Biaya Pembuatan Contoh Produk

Pembuatan contoh produk bertujuan agar spesifikasi produk akhir yang akan diproduksi massal sudah sesuai dengan ekspektasi Anda. Pembuatan sampel adalah tahap yang penting karena Anda bisa menentukan formula yang tepat sebelum dilakukan produksi secara besar-besaran. 

Bersama perusahaan maklon ADEV, Anda bisa mendapatkan sampel produk dengan harga yang terjangkau, yaitu sebesar Rp 500.000 per contoh produk. Pembuatan sampel membutuhkan waktu selama 4 hari kerja.

Alhamdulillah, respon customer yang pernah punya pengalaman maklon di Adev mengatakan bahwa layanan kami sesuai dengan ekspektasi mereka. Business Consultant ADEV cukup tanggap (fast response) ketika menjawab pertanyaan customer seputar maklon produk kosmetik.

Biaya Pendaftaran Merek Produk

Anda bisa mewujudkan impian bisnis kosmetik dengan menciptakan merek sendiri. Jika belum memiliki merek, jasa maklon ADEV dapat membantu Anda mendapatkan sertifikat HKI untuk mematenkan nama merek. Biaya pendaftaran merek membutuhkan biaya sekitar Rp 5.000.000.

Namun, jika sudah memiliki merek, Anda tak perlu mengeluarkan biaya ini. Anda cukup menunjukkan bukti kepemilikan merek dan menyerahkan salinannya kepada ADEV selaku perusahaan maklon kosmetik.

Biaya Pendaftaran Produk ke BPOM

Sebagian besar pengguna kosmetik tentu tahu bahwa kosmetik yang aman digunakan adalah kosmetik yang terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).  Oleh karena itu, buat Anda yang ingin menggunakan jasa maklon di ADEV maka Adev mensyaratkan bahwa produk harus terdaftar BPOM. Baca ketentuan dan syarat maklon di Adev.

Tenang, kami akan bantu proses pendaftaran produk yang Anda maklon ke Badan POM

Dengan menggunakan jasa maklon produk terdaftar BPOM, maka produk Anda dipastikan bisa dicek di laman BPOM. Anda sebagai penjual pun akan lebih percaya diri dalam memasarkannya. Konsumen pun bisa merasa lebih aman dalam menggunakan produk yang Anda tawarkan.

Perkiraan biaya pendaftaran produk kosmetik ke BPOM adalah sekitar Rp 5.000.000.

Biaya Pengurusan Sertifikasi Halal

Selain sertifikasi legal dari BPOM, sertifikasi halal juga mungkin Anda perlukan. Adanya sertifikasi halal bisa membuat produk Anda semakin dipercaya oleh konsumen.

Produk dengan sertifikasi halal akan sangat cocok untuk digunakan para muslimah. Biaya yang dibutuhkan untuk sertifikasi halal yaitu sekitar Rp 1.000.000.

Biaya Desain Produk

Pengertian Jasa Maklon dan Jenisnya Menurut Ahli Kosmetik

Tampilan dari suatu desain produk dapat berfungsi sebagai ‘perangkap emosional’ yang dapat menarik perhatian konsumen Anda. Maka dari itu, penting untuk memikirkan bagaimana visual desain produk yang akan Anda gunakan. 

Belum memiliki desain untuk produk Anda? Perusahaan jasa maklon ADEV dapat membantu membuat visual desain yang sesuai dengan keinginan Anda. Biaya yang dibutuhkan untuk pembuatan desain adalah sekitar Rp 2.000.000.

Biaya Produksi

Keseluruhan biaya produksi yang dibutuhkan untuk memulai maklon produk kosmetik di ADEV adalah Rp 30.000.000. Besarnya perkiraan biaya maklon ini bergantung pada jenis, spesifikasi, dan formula produk yang akan dibuat serta jumlah produk maklon yang diorder. Bila anda terkendala dengan harga maklon kosmetik, maka diskusikan dengan tim Business Consultant Adev. Kami akan berusaha memberikan solusi terbaik atas permasalahan terkait biaya dan harga jasa maklon yang anda hadapi.

Konsultasikan keinginan dan ide bisnis produk kecantikan Anda bersama Business Consultant ADEV. Anda pun bisa menanyakan informasi yang lebih lengkap & update tentang biaya maklon skincare di ADEV.

Nah, itulah rincian biaya yang harus Anda siapkan untuk memulai bisnis bersama jasa maklon skincare dan kosmetik ADEV. Pastikan memilih jasa maklon ADEV yang memiliki produk berkualitas dengan formula yang tepat. ADEV juga akan merespon dengan cepat sehingga Anda bisa segera memiliki produk kosmetik impian.

Biaya Maklon Murah adalah Solusi Bisnis

Ketika memulai bisnis kosmetik, modal merupakan hal pertama yang diperhitungkan oleh para pelaku bisnis. Sayangnya, faktor modal seringkali menjadi penyebab banyak pengusaha pemula mengurungkan niatnya untuk memulai bisnis kosmetik.

Sebelum memulai maklon, Anda juga harus memperhatikan biaya maklon kosmetik dan pelayanan yang diberikan. Perhatikan juga keunggulan perusahaan maklon kosmetik terkait yang dapat memberikan keuntungan untuk Anda.

Coba analisis, apakah dengan biaya tersebut sudah mencakup berbagai pelayanan? Termasuk biaya pendaftaran produk terkait hak merek dan sertifikasi dari Badan POM dan LPPOM MUI?

Anda perlu menanyakan secara langsung mengenai hal tersebut karena legalitas produk kosmetik adalah aspek yang penting. Pastikan Anda bekerja sama dengan perusahaan maklon kosmetik BPOM.

Di ADEV, tentu saja biaya maklon kosmetik sudah pasti mencakup biaya pendaftaran legalitas produk.

Potensi keuntungan usaha jualan kosmetik yang begitu besar menjadi tertutup. Pasalnya, pikiran kalut karena keterbatasan modal.

Bila Anda ingin branding kosmetik sendiri dan mengalami keterbatasan modal, maka janganlah berkecil hati. Kami sarankan untuk kerjasama dengan industri kosmetik yang sedia jasa maklon dengan biaya murah.

Fokuslah pada potensi keuntungan dari bisnis kosmetik. Beberapa perusahaan kosmetik di Indonesia menyediakan jasa maklon skincare murah yang bisa anda coba.

Lalu, mengapa bisnis di industri kosmetik begitu menggiurkan?

Pertumbuhan industri kosmetik di Indonesia

Bisnis kosmetik memiliki potensi profit yang menjanjikan, lho. Dilansir dari laman Kementerian Perindustrian, industri kosmetik terus mengalami pertumbuhan setiap tahunnya.

Pada tahun 2019, industri kosmetik mengalami pertumbuhan sebanyak 7% (tujuh persen) dan ditargetkan naik di atas 9% (sembilan persen) di tahun 2020.

Pertumbuhan permintaan produk kosmetik tersebut disebabkan oleh gaya hidup dan tren media sosial yang semakin masif.

Anak muda masa kini lebih cenderung pengen eksis di dunia maya, baik itu di Facebook, Youtube, Instagram, Tiktok, Twitter, dll.

Mereka tentu membutuhkan penampilan yang mempesona dan hal itu memerlukan kosmetik. Oleh sebab itu, sangat tepat bagi Anda untuk memilih memulai bisnis kosmetik.

Tips Agar Biaya Maklon Jadi Murah

Tak perlu khawatir dengan jumlah modal dan budget bisnis yang terbatas. Anda hanya perlu kerjasama dengan perusahaan yang biaya produksinya murah tapi berkualitas.

Dengan menggunakan jasa maklon murah, Anda bisa mewujudkan merek impian sendiri dan mendapat keuntungan yang lebih maksimal. Baca tips kami berikut dan semoga menjadi solusi atas permasalahan Anda.

Untuk menekan pengeluaran biaya maklon saat mulai bisnis, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan yaitu:

  • Bekerjasama dengan perusahaan maklon di daerah karena biasanya UMR/UMK pegawainya lebih rendah.
  • Order produk maklon dalam jumlah besar. Hal ini sesuai dengan hukum permintaan dan penawaran. Semakin banyak jumlah produk kosmetik maklon yang Anda order, maka biaya keseluruhan akan menjadi lebih rendah.
  • Cari perusahaan maklon yang terdekat dengan lokasi bisnis Anda. Bila Anda memasarkan produk maklon di wilayah Bogor, Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi dan wilayah sekitarnya, maka sebaiknya kerjasama dengan pabrik maklon yang ada di wilayah tersebut.

Jika Anda mencari perusahaan maklon terbaik & murah, maka Anda sudah berada di halaman yang tepat. ADEV sebagai perusahaan jasa maklon akan menjelaskan rincian berapa biaya maklon.

Faktor yang Menentukan Besar dan Kecilnya Biaya Jasa Maklon

Kapasitas produksi

Maklon produk kosmetik dapat berbentuk contract manufacturing atau istilah lainnya adalah private label. Bentuk jasa maklon ini dijalankan sebagai upaya untuk memaksimalkan prasarana dan sarana perusahaan atau memaksimalkan kapasitas produksinya.

Jumlah Order Produk

Harga jasa maklon produk kosmetik bervariasi. Variasi tersebut umumnya dipengaruhi oleh kuantitas dan kualitas. Kuantitas berkaitan dengan kapasitas produksi pabrik dimana semakin banyak kosmetik yang diproduksi maka akan semakin mahal harga jasa maklonnya. Kualitas berkaitan dengan custom produk yang diinginkan pengguna jasa maklon.

Untuk mendapatkan produk yang sesuai dengan budget (anggaran) anda, maka anda bisa mendiskusikan Harga maklon dengan tim Business Consultant Adev. Tim kami akan dengan senang hati memberikan rekomendasi terbaik sehingga bisnis anda bisa berjalan lebih baik.

Spesifikasi/Kualitas Produk

Semakin sulit tingkat kerumitan (semakin berkualitas) produk yang dibuat, maka harga jasa maklon produk kosmetik juga semakin mahal. Selain itu biaya maklon juga mempengaruh harga jasa, seperti pengurusan administrasi dengan notaris.

Untuk itu, Anda perlu berhitung secara cermat sehingga jasa maklon produk kosmetik yang digunakan dapat memberikan keuntungan yang maksimal.

Bersama ADEV, ciptakan bisnis kosmetik berkualitas dengan biaya terjangkau sekarang juga.

Anda bisa mengetahui alur maklon ADEV selengkapnya dengan langsung menghubungi kontak tim Business Consultant ADEV atau mengisi formulir .

 

4.3/5 - (28 votes)

52 komentar untuk “Biaya Maklon Produk Kosmetik”

  1. Untuk produk jenis bodycare brihtening bodyserum dan bodyscrub. dengan biaya 20 juta, berapa jumlah pruduksi yang didapatkan dengan kemasan 150 ml? Kalau sabun batang kolagen biaya produksi 20 juta, berapa jumlah produksinya? terimakasih

    1. Hai pak Erick, untuk informasi detail jumlah produk dengan biaya maklon 20 juta, silahkan kontak sales kami. Jenis dan desain kemasan dan formulasi produk sangat menentukan jumlah akhir produk yang dihasilkan. Terima kasih

  2. 1. Biaya pembuatan sampel produk : Rp 500.000/produk
    2. Biaya pendaftaran merk produk : Rp 5.000.000,-
    3. Biaya pendaftaran BPOM : Rp 5.000.000,-
    4. Biaya Pengurusan Sertifikasi Halal : Rp 1.000.000,-
    5. Biaya desain produk : Rp 2.000.000,-
    6. Biaya produksi : Rp 25.000.000,-

    TOTAL Rp. 38.500.000,-

    Total 38jt itu untuk 1 produk yah? misalkan kita pesan sabun doang 50 gr (dapat 3000 pcs)
    Kirain 38jt itu bisa lebih dari 1 jenis produk

    1. Selamat pagi kak. Harga yang disebutkan pada artikel di atas memang berlaku untuk 1 jenis produk sebanyak 1000 pcs ya, kak. Namun, besaran harga yang akan kakak dapatkan sangat tergantung pada jenis bahan baku, bahan aktif, jenis kemasan yang digunakan, dll. Maka dari itu, untuk informasi selengkapnya silakan mengisi formulir di laman “Order” dan tim Business Consultant kami akan segera menghubungi. Terima kasih.

      1. Selamat pagi kak. Biaya tersebut masih tentatif ya, bisa lebih mahal atau lebih murah. Karena semua biaya produksi akan tergantung pada formulasi produk, harga bahan baku, dan persentase bahan aktif yang digunakan.

        Untuk repeat order maklon selanjutnya tentu biayanya akan lebih murah karena hanya membayar ongkos produksi.

        Maka dari itu, untuk mendapatkan harga pasti, sebaiknya kakak berkonsultasi terlebih dahulu dengan Business Consultant kami dengan mengisi formulir di laman ‘Order‘. Terima kasih

          1. Selamat sore kak. Tentu tidak masalah kak jika membuat sampel terlebih dahulu. Pembuatan sampel dikenakan biaya Rp500.000. Silakan mengisi formulir di laman ‘Order‘ dan tim Business Consultant kami akan segera menghubungi. Terima kasih

          1. Selamat pagi kak. Tentu bisa dinegosiasikan kak. Namun perlu diingat, terdapat beberapa dokumen yang juga harus dipenuhi ketika bahan baku disediakan dari pihak konsumen. Untuk informasi selengkapnya, silakan isi formulirnya (klik di sini) dan Business Consultant kami akan segera menghubungi. Terima kasih

  3. minimal biaya 30juta itu contohnya untuk produk apa ya? apakah untuk serum yang mengandung bahan aktif untuk1000pcs, bisa dengan budget segitu? thanks

    1. Selamat siang kak. Biaya sebesar Rp 30.000.000,- tersebut biasanya berlaku untuk produk sabun batang ya, kak. Untuk mendapatkan informasi lengkap tentang harga serum dan bahan aktifnya, silakan isi formulir di laman ‘Order’ terlebih dahulu. Tim Business Consultant kami akan segera menghubungi kakak. Terima kasih.

  4. saya tertarik, namun ingin mencoba dengan limit biaya yang serendah / seminim mungkin dahulu disaat pandemi spt ini, maklum kak, ekonomi saat ini juga sedang berjalan melambat, jadi agak beresiko sebetulnya untuk stok sekaligus sejumlah besar begitu apalagi hanya per produk saja.
    apakah bisa kami konsultasi terlebih dahulu? adakah biayanya untuk konsultasi ?

    1. Selamat pagi kak. Kami mengerti mengenai kekhawatiran kakak di atas. Maka dari itu, kami menyediakan konsultasi secara langsung bersama tim Business Consultant secara gratis. Silakan mengisi formulir di laman ‘Order’ terlebih dahulu dan tim Business Consultant kami akan segera menghubungi. Terima kasih.

      1. Untuk perizinan nya terlalu mahal pak ,sama untuk sampel juga harga terlalu tinggi ,dan kalu bisa mungkin di sesuikan lg ,agar tidak terlalu berat di perizinan nya,terimakasih

  5. Biaya perijinan nya kurang masuk akal kak. Wong menurut undang2 aja murah kok daftar HAKI dan BPOM. Mgkn krn kita ga tau/awam, makanya pd dimahalin.

    1. Selamat siang kak. Biaya HAKI dan BPOM yang kami cantumkan di atas sudah termasuk biaya pengujian produk di lab selama masa izin BPOM berlaku, yaitu selama 3 tahun ya, kak. Biaya tersebut juga termasuk ke dalam pengurusan dokumen informasi produk, kebutuhan administrasi lainnya, dan biaya transportasi. Konsumen juga diperbolehkan mengurus izin merek secara individu dan melampirkan surat pembagian merek ketika memutuskan untuk maklon di ADEV. Semoga jawaban kami bisa membantu. Untuk informasi selengkapnya, silakan mengisi formulir ‘Order’ untuk terhubung dengan Business Consultant kami. Terima kasih.

  6. Jumlah segitu apakah berlaku untuk sheet mask? Dan apakah saya harus mempunyai PT atau CV klo ingin memakai jasa maklon?

    1. Selamat pagi kak. Harga yang didapatkan akan berbeda tiap produknya, karena tergantung pada formulasi dan bahan yang digunakan dalam suatu produk. Kemudian, untuk memulai jasa maklon, tidak harus mempunyai PT atau CV ya kak. Jasa maklon ADEV melayani perorangan yang ingin memulai bisnis kosmetik brand sendiri. Untuk informasi selengkapnya, silakan mengisi formulir di laman ‘Order’ dan tim Business Consultant kami akan segera menghubungi. Terima kasih.

    1. Selamat pagi kak. Betul kak, biaya pembuatan 1 produk sampel sebesar Rp500.000. Untuk informasi selengkapnya tentang pembuatan sampel, silakan mengisi formulir di laman ‘Order‘ dan Business Consultant ADEV akan segera menghubungi kakak. Terima kasih.

  7. Dear Mbk Desy,

    Assalamualaikum wr wb
    Salam Kenal
    Mbk Mau tanya apakah ada minimal order utk pembuatan maklon kosmetik?
    Berapa biaya utk maklon tersebut?
    Dan apakah ada biaya lagi utk pengurusan legalitas nya (BPOM, dll)
    Demikian dan salam sehat selalu

    Regards
    Linda

    1. Waalaikumsalam wr wb. Selamat pagi kak. Minimal order quantity maklon kosmetik di ADEV adalah 1000 pcs. Biaya keseluruhan maklon dapat dimulai dari Rp 30.000.000. Biaya tersebut sudah termasuk pengurusan legalitas BPOM dan HKI Merek. Namun, perlu diingat bahwa besaran biaya keseluruhan yang didapatkan sangat tergantung pada spesifikasi produk yang akan dibuat. Silakan langsung mengisi formulir di laman ‘Order‘ untuk terhubung dengan tim Business Consultant kami. Terima kasih.

  8. untuk maklon parfum, ukuran paling kecil berapa? dan untuk minimal produksi nya berapa botol?
    lalu berapa total keseluruhan biaya sampai pada kami? mohon dijawab rinci ya min. serius soalnya mau coba bisnis parfum.

    wa nya kurang detail jawaban nya. hanya diberikan pdf

    1. Selamat pagi kak. Terkait pertanyaan yang kakak ajukan, ukuran parfum paling kecil biasanya 30ml. Minimal produksi di ADEV 1000 pcs, tetapi jumlah minimal produksi juga disesuaikan dengan jenis parfum yang ingin dibuat. Total keseluruhan biaya pembuatan parfum adalah sekitar Rp40.000.000. Silakan hubungi Business Consultant kami kembali kak, akan kami jelaskan secara lengkap dan detail. Terima kasih.

  9. Dear Sirs,
    My name is Steve SM LEE. I live in Indonesia for about 20 years and returned to Korea two years ago. I have interesting about Sabun Pompia import to Korea. I have healthy food and cosmetics, etc…in Korea.
    So I have interesting your company. Could you make like Pompia soap ? And more If possible, recommend natural foods or cosmetics made from herbs. to sell in Korea.

    I look forward your prompt reply.

    Best Regards

  10. Kak, saya rencana mau bikin sample Setting Spray (face spray) dan Foundation.. Berarti biayanya 500rb atau 1jt..?

    1. Selamat siang kak, ADEV saat ini bisa membantu kakak membuat produk setting spray yang diinginkan. Namun, mohon maaf kak saat ini ADEV belum bisa membuat produk foundation. Biaya sampel Rp 500.000 tersebut berlaku untuk 1 produk saja ya kak. Terima kasih.

    1. Selamat siang kak. Tentu bisa kak, ADEV bisa membantu memproduksi hair tonic dengan brand kakak sendiri. Untuk informasi selengkapnya, silakan hubungi Business Consultant kami. Terima kasih.

  11. Maaf mau tanya ?
    kalau misalkan membuat lipbalm dalam kemasan pot jar 5/10gr modal nya berapa pak?hasil produksi berapa pcs ?

  12. Hallo ka, Aku mau tanya. Untuk sampel itu dikenakan biaya 500ribu sebanyak 3pcs. Apakah bisa berbeda varian ka? atau Hanya bisa 1 varian?

  13. Halo.. Kak kalau untuk maklon lotion whitening kira2 biayanya berapa ya? Lalu apakah produk yg dibuat itu sdh pasti memiliki efek yg kita mau? Misalkan lotionnya udah pasti ampuh “memutihkan” ?

    1. Selamat pagi kak. Biaya maklon di ADEV dapat dimulai dari Rp30.0000.000 ya kak. Namun, biaya yang akan kakak dapatkan tergantung dari spesifikasi produk yang akan dibuat. Klaim dan manfaat memutihkannya juga bisa sesuai dengan yang diinginkan, lebih baik buat sampel terlebih dahulu kak agar lebih sesuai. Silakan isi formulir (klik disini) untuk berkonsultasi bersama Business Consultant ADEV. Terima kasih.

  14. Halo selamat siang, biaya 30 jt itu untuk 1 produk? Misalkan saya membuat body lotion dari 30 jt itu saya hanya mendapat satu produk dan satu varian dengan jumlah sesuai kemasan?

    1. Selamat pagi kak. Betul kak, 30juta itu berlaku untuk satu varian produk. Kakak akan mendapatkan 1000 pcs produk, namun jumlah yang akan didapatkan juga bisa disesuaikan dengan harga pokok penjualan (HPP). Akan kami kirimkan penawaran selengkapnya melalui email yang tertera. Terima kasih.

  15. apakah bisa bahan baku kita sendiri yang menyediakan? jadi di Adev hanya proses pengolahan dan packing saja. apakah pengurusan BPPOM nya bisa dilakukan bersama-sama?

    1. Selamat pagi kak. Bahan baku boleh disediakan oleh pihak konsumen, dengan ketentuan konsumen harus memenuhi dan melampirkan beberapa dokumen persyaratan. Untuk pengurusan legalitas BPOM dapat diserahkan pada ADEV. Terima kasih.

    1. Selamat siang kak. Seluruh produk kosmetik bisa ya kak, tetapi harga akan menyesuaikan dengan spesifikasi produk yang akan dibuat. Seperti kandungan bahan aktif dan kemasan yang digunakan. Klik di sini untuk terhubung dengan Business Consultant kami ya kak. Terima kasih.

  16. Mau tanya, untuk pengurusan ijin edar BPOM apakah bisa atas nama pribadi atau harus punya ijin usaha?
    Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WeCreativez WhatsApp Support
Business Consultant
Halo, dengan Damai sebagai Business Consultant di sini. Ada yang bisa kami bantu?
Scroll to Top