fbpx

Mengenal Ragam Jenis Sabun Sebelum Mulai Bisnis

Di pasaran, kamu akan menjumpai ragam jenis sabun. Pengelompokan sabun tersebut bisa didasarkan pada bentuk fisik sabun, tingkat kejernihan sabun, manfaat sabun, jenis kelamin yang menggunakan sabun, usia pengguna sabun, area dimana sabun diaplikasikan, dll.

Munculnya aneka macam sabun tersebut sejalan dengan perkembangan kebutuhan hidup manusia.

Kini, sabun telah mengalami metaformosis menjadi produk kecantikan (perawatan kulit) dan lebih sekedar dari produk kesehatan kulit.

Jenis Sabun Berdasar Wujud Fisik

macam-macam sabun

Berdasar bentuk sediaan sabun maka dikenal beberapa macam sabun, seperti disebutkan berikut ini:

Sabun batang

Sabun batang disebut juga dengan sebut padat. Masyarakat Indonesia lebih banyak mengunakan jenis sabun batang untuk mandi sehari-hari. Sabun batang dihasilkan reaksi penyabunan antara minyak dan NaOH.

Sabun cuci tangan jarang yang berbentuk batangan seperti sabun mandi. Namun, sabun mandi batangan pun bisa digunakan sebagai sabun cuci tangan. Hanya saja, dilansir dari bustle.com, sabun batang lebih mudah membuat kulit kering dan menghilangkan kelembapannya.

Selain itu, masih dilansir dari sumber yang sama, sabun batang memiliki pH dasar yang dapat mengikis protein dan lipid esensial kulit sehingga mengganggu lapisan pelindung kulit (skin barrier). Hal ini dapat menyebabkan ter evaporasinya kandungan air dalam kulit dan menyebabkan iritasi seperti kulit kering, kasar dan mengelupas. Sabun batangan juga lebih mudah terkontaminasi kotoran karena disimpan dalam kondisi sudah terbuka.

Sabun cair

Sabun cair adalah jenis sabun yang berbentuk cair (liquid). Selain sabun cair, dikenal juga sabun batangan (padat) dan sabun berbentuk krim (cream) yang lembek/lunak. Pada dasarnya, dasar teori pembuatan jenis sabun cair dan sabun batang itu adalah sama. Perbedaannya terletak pada bahan alkali yang digunakan untuk mensaponifikasi minyak (lemak). Selain itu, formula sabun juga turut berperan dalam menentukan karakteristik sabun.

Sabun cuci piring cair merk Sunlight, sabun cair untuk cuci pakaian merk Motto, dan sabun mandi cair adalah beberapa jenis sabun yang banyak dijumpai di pasaran.

Untuk menarik minat pembelinya, penjual sabun membuat program pemasaran seperti paket serbu. Untuk sabun laundry merk Jojo juga termasuk jenis sabun cair yang diminati oleh jasa laundry.

Sabun cair adalah jenis sabun yang dihasilkan reaksi saponifikasi antara minyak dan KOH. Sabun cair lebih banyak dijumpai di area publik seperti rumah sakit, rumah makan atau restoran, kafe, dan perkantoran. Beberapa perusahaan sabun memproduksi sabun cair dengan varian khusus, misalnya sabun untuk cuci piring, cuci tangan dan sabun khusus untuk anak-anak.

Sabun cair yang memiliki kandungan antiseptik memang lebih higienis jika dilihat dari segi kemasan..Kelebihan sabun cuci tangan bentuk cair adalah banyak produk yang formulanya sudah dilengkapi dengan ekstra pelembab. Bahkan, beberapa diantaranya tidak lengket setelah digunakan.

Kandungan pelembab juga yang membuat produk sabun cuci tangan cair lebih licin dan mudah berbusa dari sabun batang. Sabun cuci tangan yang sesuai standar harus mengikuti poin-poin yang terdapat dalam SNI sabun cuci tangan cair yang dikeluarkan oleh Badan Standardisasi Nasional (BSN).

Ada sabun cuci tangan cair dengan antiseptik yang dapat digunakan tanpa harus dibilas. Produk tersebut lebih dikenal dengan hand sanitizer.

Cara Menggunakan Sabun Cair

Sabun cair mampu membersihkan lantai yang kotor dan bau.

Caranya

  1. tuangkan 1 sampai 2 sendok sabun cair
  2. campurkan dengan 1 liter air di ember.
  3. Setelah itu lakukan pengepelan atau pembersihan lantai seperti biasa.

Yang perlu anda ingat adalah, jangan terlalu banyak menuangkan campuran sabun cair kedalam air, karena akan membuat air semakin berbusa dan membuat lantai menjadi semakin licin apabila ketumpahan air.

Selain itu sabun cair ini juga mampu menghilangkan noda minyak di pakaian atau baju anda. Caranya adalah tuangkan sedikit cairan sabun cair diatas baju yang bernoda, kemudian gosok dengan lembut, ulangi beberapa kali untuk hasil yang maksimal.

Lalu bagaimana perbandingan sabun batang vs cair?

Krim dan Gel

Sabun berbentuk krim atau gel biasanya digunakan untuk mencuci peralatan dapur. Masyarakat mengenalnya sebagai sabun colek untuk mencuci pakaian. Teksturnya berupa pasta kental. Perkembangan jenis sabun menjadikan sabun ini tidak populer untuk mencuci wajah.

Tekstur sabun gel lebih sering nampak pada sabun cuci tangan tanpa air atau yang dikenal dengan hand sanitizer. Contohnya seperti antis. Sabun ini tidak perlu dibilas karena akan mengering setelah digosokkan pada tangan. Hand sanitizer mengandung alkohol minimal 70% sehingga efektif mengatasi mikroorganisme yang berbahaya.

Kertas atau lembaran

Ini adalah jenis sabun tangan sekali pakai. Bentuknya tipis seperti lembaran kertas. Cocok digunakan saat bepergian.

Sabun ini bisa dikatakan sebagai sabun varian terbaru. Belum banyak brand yang memproduksi sabun cuci tangan kertas ini. Di beberapa marketplace, produk sabun cuci tangan kertas dijual dalam berbagai bentuk yang lucu dan warna-warna yang menarik. 

Serbuk

Sabun dengan bentuk serbuk sebenarnya merupakan varian dari jenis sabun padat. Hanya saja ukurannya yang lebih kecil. Masyarakat mengenal jenis sabun ini sebagai deterjen. Kandungan bahan aktif permukaan dalam deterjen menjadikan jenis sabun ini banyak digunakan untuk mencuci pakaian. Kandungan asam benzene sulfonat (ABS) merupakan adalah salah satu bahan baku/dasar untuk membuat deterjen.

Salah satu sabun yang berkembang adalah yaitu sabun transparan. Sabun ini memiliki ciri tembus pandang sehingga menarik dimata konsumennya. Prinsip dalam pembuatan sabun transparan itu sendiri adalah pencampuran dari massa sabun dengan etanol yang dipanaskan secara perlahan. Ke dalam sabun transparan dapat ditambahkan bahan lainnya yang mempunyai fungsi tertentu seperti pewarna dan pewangi. Berikut adalah beberapa jenis sabun:

Sabun busa (foam)

Sabun Foam : Jika anda suka berendam, anda dapat menggunakan sabun jenis ini. Busanya yang lembut akan membuat anda merasa nyaman saat berendam.

Jika anda sering berendam untuk relaksasi, maka anda memerlukan sabun busa. Sabun jenis ini diperkaya dengan foam agent dalam formulanya sehingga pada saat diaplikasikan akan membentuk busa yang banyak.

Sabun jenis ini lebih lembut dan mudah digunakan karena tidak perlu menggosokkan tangan untuk menghasilkan busa. Sabun cuci tangan foam juga lebih mudah dibilas jika dibandingkan dengan jenis cair sehingga lebih hemat waktu. Jenis foam lebih banyak ditemukan berupa sabun cuci tangan anak-anak.

Jenis Sabun Berdasarkan Kejernihannya

Sabun mandi banyak jenisnya. Umumnya masyarakat mengenal sabun keras (hard soap) dan sabun lunak (soft soap) dan bentuk di antara keduanya. Tingkat keras dan lunaknya sabun dapat diatur dengan menambahkan bahan kimia yang berfungsi untuk mengeraskan sabun (hardening agent). Pengertian sabun menjadi lebih luas dengan perkembangan teknologi.

Berikut ini adalah jenis sabun berdasarkan clarity atau kejernihan sabun

Sabun transparan

Sabun transparan adalah jenis sabun yang memiliki kejernihan tinggi. Bisa dikatakan jenis sabun ini bisa tembus cahaya dengan mudah. Beberapa uji coba untuk mengetahui tingkat kejernihan sabun transparan adalah meletakkan sabun di atas tulisan (koran atau majalah) dan membaca tulisan di balik sabun tersebut. Hal ini berguna untuk mengatur tingkat ketebalan sabun yang optimal saat akan dijual.

sabun ini terkesan lebih elegan dan mewah jika dibandingkan dengan sabun padat lainnya. Sangat cocok digunakan untuk anda yang memiliki masalah jerawat.

Sabun translucent

Jenis sabun translusen disebut juga dengan sabun semi transparan. Jika dilihat sabun ini tidak sebening sabun transparan tapi masih lebih jernih dibandingkan dengan sabun opaque.

Sabun opaque

Sabun opaque adalah jenis sabun batang (mandi) yang paling sering dijumpai. Berbagai merek sabun tidak tembus cahaya ini tersedia di pasaran. Beberapa brand ternama sabun jenis ini adalah Lux, Giv, Lifebuoy, Dettol, Nuvo, dll.

Jenis Sabun Berdasar Bahan Pembuatan

Sabun alami (natural soap)

Sabun alami adalah sabun yang komponen terbesanya berupa bahan alami. Namun demikian, jika reaksi saponifikasi digunakan maka pasti menggunakan bahan kimia alkali seperti NaOH atau KOH. Hanya saja proporsinya yang dibuat lebih kecil sehingga bisa diklaim sebagai sabun alami.

Sabun natural adalah jenis sabun yang dibuat dari bahan alami seperti kolagen (collagen), honey alias madu, propolis, temulawak dan bahan herbal asli lainnya. Beberapa merek sabun yang terkenal di Indonesia berada di bawah bendera HPAI, HNI, Body Soap, HUT, 99, GOVE, Wangsa Jelita, Bio, Vie X, Cleopatra, JF Sulfur dan sabun all natural lainnya.

Sabun natural adalah jenis sabun, baik sabun cair maupun sabun batang, yang didalamnya terkandung bahan alami (herbal). Sabun dari bahan alam ini memiliki manfaat tertentu yang sesuai dengan khasiat bahan alami tersebut. Misalnya saja sabun herbal yang terbuat dari temulawak.

Sabun Herbal

Menurut Irmanida Batubara dari IPB, di dalam temulawak (bahan sabun) terdapat zat yang berpotensi untuk dimanfaatkan sebagai pemutih. Pemutih di dalam temulawak berkaitan dengan inhibisi enzim tyrosinase pada reaksi monophenolase dan diphenolase.

Tyrosinase adalah enzim yang bertanggungjawab pada konversi L-tyrosine menjadi DOPA yang selanjutnya DOPA berubah menjadi DOPA quinone. Dengan mekanisme pennghambatan aktivitas enzim tyrosinase, maka pembentukan melanin yang bertanggungjawab pada perubahan warna kulit dapat dihambat.  Bisa dikatakan sabun temulawak adalah natural brightening soap. Silakan baca selengkapnya di researchgate.net.

Jenis sabun kecantikan untuk wajah yang dibuat dari bahan alami (herbal) organik memang sedang mengalami trend belakangan ini.

Masyarakat di Indonesia semakin meningkat kesadarannya tentang pentingnya kesehatan. Oleh karenanya, penggunaan kosmetik berbahan alami, salah satunya adalah sabun herbal, juga meningkat. Pasalnya, produk yang terbuat dari bahan alami diduga lebih bermanfaat untuk kesehatan.

Sabun scrub

Scrub yang memiliki tekstur kasar bisa dimasukkan dalam pembuatan  sabun mandi. Dengan sabun yang mengandung scrub, maka pengelupasan sel kulit mati dan kotoran yang menempel menjadi lebih mudah. Sebaiknya anda jangan terlalu sering menggunakan scrub karena dapat mengakibatkan kulit menjadi kering berlebihan.

Sabun Scrub : sabun ini mempunyai tekstur scrub yang sedikit kasar. Sabun ini mempunyai manfaat untuk membersihkan serta mengangkat sel kulit mati, sehingga wajah anda akan nampak semakin cerah. Jika tidak cocok dengan memakai sabun dapat membuat kulit muka menjadi kering.

Sabun jerawat (Acne soap)

Sesuai dengan namanya, sabun jerawat dibuat dengan kandungan bahan aktif yang dapat menetralisir jerawat. Sabun transparan yang kaya alkohol dan gliserin dapat menjadi pilihan untuk mengatasi masalah jerawat di wajah.

Sabun Acne atau sabun jerawat: sabun ini sangat cocok bagi anda yang sedang mengalami masalah jerawat. Karena sabun ini memang diformulisasikan secara khusus untuk membunuh sel jerawat yang membandel.

Produsen sabun, seperti PT. ADEV Natural Indonesia, membuat dan memproduksi berbagai jenis sabun kesehatan/kecantikan yang unik untuk customernya. Sabun diproduksi berdasarkan permintaan, baik produksi dalam skala kecil, skala menengah atau skala industri besar.

Berbeda dengan pabrik sabun, pengusaha sabun rumahan umumnya memproduksi sabun secara batch. Hasil produksi sabun secara batch (bets) mungkin saja akan menghasilkan karakteristik sabun yang berbeda-beda karena kesalahan human error cukup tinggi. Perbedaan kualitas sabun tersebut terlihat dari tekstur sabun, warna sabun, aroma sabun dan parameter kualitas lainnya.

Keunikan pembuatan sabun secara handmade yang unik membuat harga sabun relatif sedikit lebih mahal dibandingkan dengan sabun pabrikan yang diproduksi massal.

Jenis Sabun Berdasarkan Fungsinya

  • Sabun cuci muka
  • Sabun mandi
  • Sabun cuci tangan
  • Sabun pemutih
  • Sabun antiseptik

Sabun mandi

Sabun mandi adalah jenis sabun yang digunakan pada saat mandi. Umum digosokkan ke seluruh bagian badan. Mulai dari leher hingga kaki.

Secara umum, masyarakat di Indonesia lebih terbiasa menggunakan sabun batang untuk mandi.

Meskipun sabun cair cukup gencar diiklankan, namun penggunaanya lebih popluer di tempat umum, seperti hotel, rumah sakit, penginapan.

Untuk kepentingan pemasaran, produsen sabun membuat beberapa varian sabun berdasarkan rekues dari pihak distributor sabun.

Oleh karena itu, sekarang ini dikenal aneka fungsi sabun, seperti sabun cair untuk cuci piring, sabun cair untuk cuci tangan (hand wash), sabun cair untuk laundry, sabun cair untuk muka dan bahkan sabun cair untuk badan (bodywash).

Untuk sabun cair badan, sepertinya sekarang sudah umum dijumpai di pasaran dengan beragam harga dan merek seperti sabun cair dettol dan lifebuoy.

Sabun cair atau sabun batang untuk mandi pada umumnya digunakan untuk membersihkan kotoran yang menempel di badan atau bagian tubuh lainnya. 

Sabun cuci muka

Sabun cair lebih sering digunakan untuk cuci tangan atau cuci muka.

Sabun cuci tangan

Sabun pemutih

Sabun antiseptik

Sabun Cuci Piring

Sabun pencuci piring cocok digunakan untuk membersihkan piring dan perabot rumah tangga lainnya dari kotoran. Hal penting yang perlu dicatat adalah kedua jenis sabun cair tersebut mempunyai fungsi sama (membersihkan kotoran) hanya saja penekanan obyeknya yang berbeda.

Ada banyak sekali jenis sabun cuci yang dijual dipasaran, salah satunya adalah sabun cuci piring. Guna menghindari produk atau sabun cuci piring yang telah anda beli jadi sia-sia, sebaiknya anda harus terlebih dahulu mengetahui fungsinya.

Kuncinya adalah belilah sabun cuci yang tidak hanya membersihkan peralatan dapur anda saja, tetapi juga bisa membuat tangan anda menjadi lembut. Selain itu pilihlah produk sabun cuci yang secara khusus diformulasikan untuk noda lemak yang mengandung minyak kacang-kacangan serta kandungan jeruk.

Dahulu di Indonesia sabun colek merupakan satu-satunya sabun pencuci piring dan perabotan dapur yang sangat digemari oleh masyarakat. Namun seiring dengan berkembangnnya zaman kini masyarakat beralih ke sabun cuci piring cair, hal ini dikarenakan banyak sekali kelebihan sabun cuci piring cair dibandingkan dengan sabun cuci colek.

Jenis Kemasan Sabun

Botol

Bila menggunakan sabun cuci tangan kemasan botol, Anda bisa membeli refill-nya saja setelah habis. Kini beberapa perusahaan dan toko grosir menjual sabun cuci tangan cair refill (isi ulang) dengan harga yang lebih murah. 

Sabun cuci tangan dalam kemasan botol tersedia dengan berbagai jenis varian tutup. Fitur tutup botol berupa pump lebih disukai karena mudah untuk digunakan dan tidak mudah bocor.

Jerigen (jerry can)

Sabun cuci tangan dalam kemasan jerigen banyak dijual di toko-toko grosir. Sabun dalam kemasan ini dibutuhkan oleh rumah tangga hingga fasilitas-fasilitas umum. Bahkan beberapa sabun cuci tangan di rumah sakit pun dibeli dalam kemasan jerigen agar harganya jauh lebih murah, dilihat dari kebutuhan mereka yang banyak.

Sachet 

Jarang ada sabun cuci tangan yang tersedia dalam kemasan sachet kecil. Kebanyakan sabun cuci tangan kemasan sachet merupakan refill atau isi ulang suatu produk. Pada pembelian pertama biasanya konsumen akan memilih sabun cuci tangan dalam kemasan botol, setelah itu mereka tinggal membeli kemasan isi ulangnya agar lebih hemat.

Semoga penjelasan ini makin menambah wawasan anda tentang pengertian sabun dan jenis-jenisnya.

5/5 - (22 votes)

9 komentar untuk “Mengenal Ragam Jenis Sabun Sebelum Mulai Bisnis”

  1. Interesting blog! Is your theme custom made or did you download it from somewhere?

    A theme like yours with a few simple tweaks would really make my blog jump out. Please let me know where you got your design. Thank you

    1. Hi there,

      I am using free theme designed for wordpress engine called attitude. You can use it for free if you are using wordpress. If you are interested in extra custom then you can buy it from the developer.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mau bisnis kosmetik merek sendiri?

WeCreativez WhatsApp Support
Business Consultant
Halo, dengan Damai sebagai Business Consultant di sini. Ada yang bisa kami bantu?
Scroll to Top