fbpx

Syarat Maklon Kosmetik: Memulai Bisnis Kosmetik dengan 5 Syarat Mudah Bersama ADEV

Syarat maklon kosmetik terkadang menjadi salah satu faktor yang membuat para calon pebisnis ragu untuk mulai menggunakan jasa maklon. Kata ‘syarat’ seringkali sudah dibayangkan sebagai sesuatu yang sulit untuk dipenuhi. 

Tenang saja, semua bayangan kesulitan itu tidak akan Anda alami bersama kami.  ADEV selalu berusaha memberikan pelayanan yang memudahkan Anda untuk memulai bisnis kosmetik dengan brand sendiri.

Ingin tahu apa saja syarat maklon kosmetik di ADEV? Simak penjelasannya di bawah ini. 

Apa itu Syarat Maklon Kosmetik?

syarat maklon kosmetik
sumber: freepik.com

Syarat maklon kosmetik adalah segala sesuatu yang diperlukan, harus dipenuhi dan ada agar proses maklon dapat dimulai.  Syarat maklon juga dapat diartikan sebagai ketentuan atau peraturan yang harus diikuti oleh konsumen. 

Syarat maklon kosmetik harus dipenuhi oleh konsumen agar proses maklon berjalan lancar hingga produk jadi diterima dalam keadaan siap jual. Pendaftaran legalitas seperti Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) atau merek, izin BPOM dan halal LPPOM MUI pun dapat dilakukan setelah syarat-syarat tersebut terpenuhi. 

Syarat dan Ketentuan Maklon Kosmetik di ADEV

Selaras dengan tujuan untuk menjadi  solusi terbaik untuk seluruh pebisnis kosmetik terutama mereka yang baru akan memulai kiprah bisnisnya di dunia kecantikan, ADEV menawarkan syarat-syarat maklon yang mudah untuk dipenuhi setiap konsumennya.  Sebelum proses produksi dimulai, konsumen hanya perlu menyiapkan hal-hal di bawah ini:

Konsep Produk

Syarat maklon kosmetik yang satu ini tidak mutlak harus dipenuhi. Tidak masalah jika Anda belum memiliki gambaran pasti mengenai desain produk.

Tim bussiness consultant kami akan membantu Anda menentukan konsep produk sesuai dengan keinginan. Diskusi dapat dilakukan secara online maupun offline.

Jika memiliki produk acuan, Anda juga dapat memberikannya kepada kami sebagai gambaran yang jelas mengenai konsep produk.

Biaya Administrasi dan Produksi

Syarat maklon kosmetik yang pertama adalah menyiapkan sejumlah biaya. Biaya maklon kosmetik secara garis besar dibagi menjadi dua, yakni biaya administrasi dan biaya produksi.

Biaya administrasi meliputi biaya pembuatan sampel, pendaftaran merek, pendaftaran BPOM, dan pendaftaran sertifikasi halal. Sementara biaya produksi meliputi biaya bahan baku, kemasan dan desainnya, dan seluruh aspek yang dibutuhkan dalam proses produksi.

Berkas-Berkas Pendaftaran Merek

Sebuah produk lebih mudah dipasarkan dan dikenal oleh masyarakat dengan adanya merek. Merek juga dapat menjadi ciri khas produk Anda yang membedakannya dengan produk orang lain.

Dalam pendaftaran BPOM pun, merek dibutuhkan. Oleh karena itu, pendaftaran merek merupakan salah satu syarat maklon kosmetik yang utama.

Di ADEV, merek dapat didaftarkan oleh pihak konsumen ataupun pihak ADEV. Pendaftaran merek membutuhkan beberapa lampiran seperti:

  • Foto atau scan tanda tangan.
  • Logo produk,
  • Fotokopi KTP dan NPWP.

Jika konsumen memproduksi merek yang sama di pabrik lain, perlu ada surat pembagian merek.

Berkas-Berkas Pendaftaran BPOM

Produk yang berstandar BPOM sudah pasti akan lebih dipercaya oleh konsumen. Oleh karena itu, syarat maklon kosmetik yang satu ini tidak kalah penting.

Dalam proses ini, dibutuhkan:

  • Surat kuasa terkait pengedaran produk
  • Surat pembagian merek jika Anda juga memproduksi kosmetik di perusahaan lain, dan
  • Desain kemasan untuk pendaftaran BPOM.

Mengapa Dibutuhkan Surat Pembagian Merek?

Perlu diketahui, tersedia dua pilihan untuk pendaftaran merk di ADEV.  Berbeda dengan registrasi produk di Badan POM dan LPPOM MUI yang harus dilakukan oleh ADEV. 

Pilihan pertama, pendaftaran merek dapat dilakukan oleh konsumen sendiri.  Pilihan kedua, pendaftaran merek dilakukan oleh ADEV.  Konsumen juga dapat menggunakan merek yang sudah dimiliki sebelumnya, hanya saja perlu ada surat pembagian merek. 

Surat pembagian merek merupakan sebuah surat kuasa yang harus disiapkan oleh konsumen yang sudah pernah memproduksi kosmetik di pabrik lain dengan merek yang sama. Surat tersebut berfungsi sebagai tanda kesepakatan pembagian produksi untuk merek tersebut. 

Apakah Syarat Maklon Kosmetik adalah Satu-Satunya Aspek yang Harus Diperhatikan?

Tentu saja tidak. 

Sebelum memulai maklon, Anda juga harus memperhatikan biaya maklon kosmetik dan pelayanan yang diberikan. Perhatikan juga keunggulan perusahaan maklon kosmetik terkait yang dapat memberikan keuntungan untuk Anda. 

Coba analisis, apakah dengan biaya tersebut sudah mencakup  berbagai pelayanan? Termasuk biaya pendaftaran produk terkait hak merek dan sertifikasi dari Badan POM dan LPPOM MUI?  

Anda perlu menanyakan secara langsung mengenai hal tersebut karena legalitas produk kosmetik adalah aspek yang penting.  Pastikan Anda bekerja sama dengan perusahaan maklon kosmetik BPOM.

Di ADEV, tentu saja biaya maklon kosmetik sudah pasti mencakup biaya pendaftaran legalitas produk. 

Apa Lagi Keunggulan Maklon Kosmetik ADEV Selain Syarat yang Mudah?

Selain syarat yang mudah dan biaya yang terjangkau, ini dia lima pelayanan unggulan yang ADEV berikan:

1. Bebas Custom Produk 

Konsumen bebas menentukan konsep produk dan mendiskusikannya bersama sales representative ADEV. 

2. Respon Cepat 

Para sales representative ADEV selalu merespon konsumen dengan cepat dan informatif terkait keseluruhan proses maklon. 

3. Membership 

Jika Anda sudah bekerjasama dengan ADEV selama beberapa tahun atau memesan dalam jumlah besar*, Anda dapat menjadi salah satu anggota membership ADEV dan mendapatkan berbagai keuntungan

4. Minim MOQ

Seperti yang sudah dibahas di atas, Anda bisa memproduksi kosmetik mulai dari 1000 pcs. Jumlah tersebut masih sangat terjangkau dibandingkan perusahaan maklon lainnya.

5. Perlindungan dari Pemalsuan Produk 

Inilah fitur terbaru dari maklon kosmetik ADEV. Saat ini, banyak kasus pemalsuan produk kosmetik di pasaran yang sudah jelas akan merugikan pemilik produk asli dan membahayakan konsumen.

Oleh karena itu, untuk mencegah hal tersebut terjadi kepada produk-produk konsumennya, ADEV menghadirkan pelayanan Cek Keaslian Produk dalam bentuk situs. 

Melalui situs cek.adevnatural.co.id, produk dapat diperiksa keasliannya menggunakan nomor dan kode produk eksklusif yang hanya dimiliki oleh produk-produk ADEV. Nomor dan kode produk tersebut dicetak pada bagian belakang kemasan.

Lalu, bagaimana Saya Memulai Maklon Kosmetik di ADEV?

Anda dapat langsung mengunjungi situs adev.co.id, kemudian mengisi formulir di laman ‘Order’.  Anda juga bisa menghubungi salah satu Sales Representative ADEV melalui kontak yang tersedia di situs tersebut untuk mengetahui berbagai informasi mengenai maklon. 

Bersama ADEV, ayo mulai bisnis kosmetik Anda sekarang juga!

Last Updated on 21 Oktober 2020 by Afifah Nur Fariha

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ingin memiliki brand kosmetik sendiri?

Sudah siap menciptakan brand kosmetik sendiri?

Close X

Formulir ini merupakan 

  1. Pilihlah kategori yang dbuat blabla
  2. Varian yang diisi bla bla bla
  3. Oke kalau gitu
  4. Data diri digunakan untuk blabla bla

Tutorial Pengisian Formulir

Scroll to Top