Apakah Anda tertarik untuk memulai bisnis sabun batang tetapi bingung harus memulainya dari mana? Jangan khawatir, Anda berada di website yang tepat.
Meskipun berkecimpung di industri beauty ini terbilang gampang-gampang susah, bukan berarti tidak bisa. Hanya saja, Anda perlu mempersiapkan beberapa hal dibutuhkan untuk membangun bisnis ini dengan optimal, sehingga memberikan hasil yang seperti Anda inginkan.
Lalu, bagaimana cara memulai bisnis sabun batang yang sukses?
Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan tujuh langkah memulai bisnis sabun batang, mulai dari melakukan riset produk hingga mengurus pajaknya. Dengan begitu, Anda bisa memulai bisnis sabun batang dengan lebih percaya diri dan siap bersaing di pasar personal care Indonesia.
Yuk, baca artikel ini sampai selesai!
Table of Contents
7 Langkah Cara Memulai Bisnis Sabun Batang di Indonesia
Memulai bisnis sabun batang di Indonesia bisa jadi tantangan tersendiri, akan tetapi dengan langkah yang tepat, Anda bisa menjalankannya dengan sukses. Dibawah ini tujuh langkah tepat yang dapat membantu Anda memulai bisnis sabun batang, yaitu:
1. Melakukan riset pasar dan pengembangan produk sabun
Pada tahap ini, Anda perlu menentukan kualitas dan keberhasilan produk sabun batang Anda di pasaran.
Untuk melakukan riset pasar dan pengembangan produk, ada beberapa aspek yang perlu Anda perhatikan, yaitu:
Mengidentifikasi kebutuhan pasar
Pertama, Anda dapat melakukan riset pasar untuk mengidentifikasi tren terkini di industri sabun batang. Misalnya, menurut informasi (Fortune Business Insight), permintaan sabun organik alami meningkat sebesar 6,5% (Compound Annual Growth Rate) pada periode 2023-2030.
Berbekal data tersebut, Anda dapat menentukan jenis sabun yang akan diproduksi. Apakah jenis sabun untuk kulit sensitif, sabun anti-bakteri, atau sabun dengan aroma (aromaterapi) tertentu yang sedang populer di kalangan konsumen.
Proses identifikasi kebutuhan pasar tersebut bisa Anda lakukan secara mandiri. Namun, akan lebih efektif jika Anda bekerja sama dengan perusahaan maklon. Ini karena tim yang kompeten dan berpengalaman dari perusahaan maklon tersebut dapat membantu Anda dalam mengidentifikasi kebutuhan pasar secara maksimal.
Melakukan eksperimen bahan dan formula sabun
Setelah memahami kebutuhan pasar, lakukanlah eksperimen dengan berbagai kombinasi bahan seperti minyak kelapa, minyak zaitun, shea butter, dan bahan-bahan lainnya untuk menciptakan sabun batang yang memberikan banyak manfaat untuk kulit.
Baca penjelasan lengkap kami tentang bahan-bahan untuk membuat kosmetik dan personal care.
Akan tetapi, jika Anda bekerjasama dengan perusahaan maklon, pada tahapan ini Anda akan di bantu oleh Tim R&D perusahaan tersebut. Tim ini terdiri dari para ahli yang kompeten di bidangnya. Mereka akan membuat formulasi terbaik sesuai dengan spesifikasi yang brand Anda butuhkan.
Pengujian sabun hasil formulasi
Setelah Anda memperoleh formula awal, lakukanlah pengujian produk sabun batang untuk memastikan kualitas dan keamanannya. Pengujian tersebut mencakup, uji iritasi atau alergi, pH, umur simpan, stabilitas dan daya tahan, serta kestabilan warna dan aroma.
Seperti halnya pada tahapan sebelumnya, jika Anda memutuskan untuk bekerjasama dengan perusahaan maklon, Tim R&D perusahaan tersebut akan membantu Anda di tahapan ini. Tim R&D akan melakukan serangkaian pengujian yang diperlukan untuk memastikan produk sabun Anda memenuhi standar keamanan dan kualitas yang telah ditetapkan.
Perhatikan regulasi dan standar kualitas sabun
Memperhatikan regulasi dan standar kualitas dalam pengembangan produk sabun batang sangat penting.
Pertama, hal ini untuk menjamin keamanan konsumen dengan memastikan bahwa bahan-bahan yang digunakan aman dan telah disetujui oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).
Kedua, patuh terhadap regulasi yang ada akan melindungi Anda dari masalah hukum dan reputasi yang dapat timbul akibat produk sabun yang tidak memenuhi standar.
Terakhir, produk sabun batang yang memenuhi standar kualitas cenderung lebih dipercaya oleh konsumen, sehingga meningkatkan daya saing di pasar.
Oleh karena itu, bekerjasama dengan tim yang berpengalaman dari perusahaan maklon bisa jadi solusi yang efektif di tahapan ini.
2. Membuat rencana bisnis sabun
Rencana bisnis akan menjadi panduan strategis yang mampu membantu Anda untuk mengarahkan usaha menuju kesuksesan dan menarik investor agar mendapatkan pendanaan (Shopify, 2023).
Lebih lanjut, Dikutip dari Los Rosches, perusahaan yang memiliki rencana bisnis 30% tumbuh lebih cepat dibandingkan yang tidak memilikinya.
Dalam membuat rencana bisnis, ada beberapa komponen yang mesti Anda perhatikan, apa saja itu? Yuk, simak ulasannya dibawah ini!
Deskripsi bisnis
Deskripsi bisnis adalah bagian awal dari rencana bisnis yang menjelaskan secara rinci tentang jenis usaha yang akan dijalankan.
Deskripsi ini wajib mencakup informasi mengenai nama perusahaan, jenis struktur bisnis, pemilik, lokasi, sejarah perusahaan, visi misi, produk yang ditawarkan, hingga tujuan jangka pendek dan panjang yang ingin dicapai (Indeed).
Riset pasar
Riset pasar adalah komponen yang dapat membantu Anda untuk memahami dinamika pasar dan kebutuhan konsumen. Dalam tahap ini, Anda perlu mengidentifikasi target pasar yang spesifik, seperti segmen demografis, psikografis, dan geografis.
Tidak hanya itu, analisis kompetitor juga mesti Anda lakukan untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan pesaing, serta peluang yang bisa dimanfaatkan.
Strategi pemasaran
Anda harus merancang strategi pemasaran dengan cermat agar dapat menarik perhatian target pasar dan membangun kesadaran merek. Karena itu, ada beberapa elemen yang perlu Anda pertimbangkan dalam membuat strategi pemasaran, yaitu:
- Branding dan positioning. Tentukan bagaimana merek sabun Anda ingin di kenal di pasar. Apakah sebagai produk premium, organik, atau ramah lingkungan?
- Saluran distribusi. Pilihlah saluran distribusi yang efektif bagi bisnis Anda, seperti toko online, toko fisik, atau kerjasama dengan distributor.
- Promosi. Rencanakan kegiatan promosi meliputi kampanye media sosial, iklan digital, dan kolaborasi dengan influencer untuk meningkatkan visibilitas produk.
Penetapan harga
Untuk menetapkan harga, ada beberapa faktor yang perlu Anda pertimbangkan, seperti tujuan, strategi pemasaran, biaya, permintaan dan persaingan (Kumparan, 2021). Namun, pastikan harga yang Anda tetapkan tetap kompetitif dan memberikan keuntungan untuk keberlanjutan bisnis.
Selain itu, Anda juga bisa mempertimbangkan strategi harga promosi atau diskon untuk menarik konsumen baru.
Proyeksi keuangan
Proyeksi keuangan adalah bagian yang menunjukkan estimasi pendapatan, biaya, dan keuntungan dalam jangka waktu tertentu. Buatlah proyeksi keuangan yang realistis dengan mempertimbangkan semua aspek biaya, termasuk biaya produksi, pemasaran, operasional, dan administrasi.
Proyeksi ini akan membantu Anda dalam mengelola arus kas dan memastikan bisnis tetap berjalan dengan baik.
Manajemen dan operasional
Terakhir, rencana bisnis juga mesti mencakup struktur organisasi dan manajemen operasional. Karena itu, Anda perlu menentukan peran dan tanggung jawab setiap anggota tim, serta standard operating procedure (SOP) yang harus diikuti.
Sebagai informasi, komponen-komponen di atas dapat Anda lakukan secara mandiri. Namun, akan lebih mudah dan optimal bila Anda bermitra dengan perusahaan maklon. Ini karena perusahaan maklon memiliki tim yang berpengalaman dan kompeten menangani hal tersebut.
3. Mendaftarkan izin dan legalitas usaha sabun batang
Langkah ini berguna untuk memastikan bahwa bisnis Anda memiliki legalitas yang sah dan mampu beroperasi sesuai dengan peraturan yang berlaku (DPMPTSP Kab Bandung Barat).
Melansir dari SIPPN, berikut tahapan pendaftaran izin usaha dan legalitas produk sabun batang, yaitu:
Mendaftarkan izin usaha
Pada tahapan ini, Anda perlu mengajukan permohonan hak akses ke sistem Online Single Submission Risk-Based Approach (OSS RBA) melalui situs web oss.go.id. Setelah mendapatkan hak akses, Anda perlu mengisi data pemohon, seperti KTP, NPWP, alamat email, dan nomor handphone aktif. Selanjutnya, isi data usaha yang meliputi nama dan jenis usaha, alamat usaha, skala usaha, dan jenis produk yang akan diproduksi.
Setelah data usaha terisi, Anda wajib mengisi daftar kegiatan usaha yang mencakup rincian proses produksi, bahan baku, dan fasilitas yang dimiliki. Kemudian, dinas terkait akan melakukan verifikasi data dan melakukan peninjauan lapangan untuk memastikan semua persyaratan terpenuhi.
Setelah verifikasi selesai, Anda akan mendapatkan persetujuan berupa Nomor Induk Berusaha (NIB) dan Sertifikat Standar (SS).Terakhir, Anda bisa mencetak izin usaha yang telah disetujui.
Mengurus legalitas produk sabun batang
Setelah mendaftarkan izin usaha, Anda juga perlu mengurus legalitas produk sabun, mulai dari izin edar BPOM, sertifikasi merek, dan sertifikasi Halal dari MUI. Berikut penjelasan lengkapnya.
- Izin edarBPOM. Untuk mendapatkan izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Anda mesti mengajukan permohonan yang mencakup dokumen-dokumen terkait identitas pelaku usaha, produk, keamanan produk, kualitas dan standar serta label dan kemasan (Legalitas.org, 2023).
- Sertifikasi merek. Sertifikasi merek penting dilakukan untuk melindungi merek sabun batang Anda dari pemalsuan. Proses pendaftaran merek ini dapat Anda lakukan melalui website Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) yaitu https://merek.dgip.go.id/.
- Sertifikasi halal (MUI). Untuk memperoleh sertifikasi halal, Anda mesti memastikan bahwa semua bahan baku dan proses produksi telah memenuhi standar halal. Proses pengurusan sertifikasi ini bisa Anda lakukan dengan mengajukan permohonan ke Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI).
Perlu Anda ketahui, ketiga proses tersebut membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit. Di setiap tahapan, mulai dari pengajuan permohonan hingga verifikasi dan peninjauan lapangan, memerlukan perhatian detail dan pemenuhan berbagai persyaratan.
Namun, jika Anda mempercayakan produksi sabun batang untuk brand Anda kepada perusahaan maklon, tim dari perusahaan tersebut akan membantu untuk mengurus ketiga sertifikasi tersebut. Dengan demikian, Anda dapat menghemat waktu dan tenaga, sekaligus memastikan bahwa seluruh proses perizinan dilakukan dengan tepat dan cepat.
4. Menyiapkan bahan dan peralatan produksi sabun
Tahapan ini sangat penting karena kualitas bahan baku dan peralatan yang digunakan akan mempengaruhi hasil akhir produk sabun batang Anda.
Jika Anda memproduksi sabun batang secara mandiri, Anda bisa memulainya dengan memilih bahan baku berkualitas tinggi. Bahan baku utama yang dibutuhkan meliputi minyak nabati, seperti, minyak kelapa, minyak zaitun, minyak sawit, dan minyak jarak.
Selain itu, Anda juga membutuhkan alkali, seperti natrium hidroksida (NaOH) atau kalium hidroksida (KOH) untuk proses saponifikasi (Silsia dkk, 2017); serta bahan tambahan mencakup pewarna alami, pewangi, dan pengawet.
Setelah menentukan bahan-bahan yang akan digunakan, Anda perlu mencari pemasok yang bisa diandalkan. Pastikan pemasok yang Anda pilih tidak hanya menawarkan harga kompetitif, tetapi lokasinya juga dekat dengan tempat usaha Anda agar ketersediaan bahan baku tidak terganggu.
Selanjutnya, Anda tinggal memproduksi sabun berdasarkan formulasi yang telah ditentukan sebelumnya di pabrik sabun Anda. Namun, jika Anda belum memiliki fasilitas produksi yang lengkap atau ingin proses produksi yang lebih efisien, bekerja sama dengan perusahaan maklon adalah pilihan yang tepat.
Ini karena Anda tidak perlu repot untuk mengurus pembelian bahan baku maupun peralatan produksinya. Mereka akan mengelola semuanya, mulai dari penyediaan bahan baku hingga produk jadi dan siap d jual.
Bahkan, beberapa perusahaan maklon menawarkan layanan tambahan dukungan pemasaran (marketing support) untuk mengoptimalkan pemasaran produk sabun batang Anda.
5. Melakukan produksi dan mengelola stok sabun
Langkah kelima ini tak kalah penting karena melibatkan proses pembuatan sabun yang akan dijual dan memastikan ketersediaan stok yang cukup untuk memenuhi permintaan pasar (Prieds).
Melakukan produksi sabun
Melakukan produksi secara mandiri
Proses produksi sabun ini dimulai dari pencampuran bahan baku, pencetakan, hingga pemotongan. Setiap tahapan harus dilakukan dengan cermat menggunakan peralatan produksi yang tepat, seperti Soap Mixer Machine, Soap Refiner Plodder, hingga Automatic Soap Packing Machine.
Setelah sabun batang selesai diproduksi, langkah selanjutnya adalah pengemasan. Pengemasan yang baik tidak hanya melindungi produk dari kerusakan tetapi juga meningkatkan daya tarik visual di mata konsumen.
Setiap kemasan mesti dilengkapi dengan label yang mencantumkan informasi penting seperti nama produk, manfaat, cara penggunaan, komposisi, negara produsen, nama dan alamat lengkap pemilik nomor notifikasi.
Selain itu, cantumkan nomor batch, ukuran, isi atau berat bersih, tanggal kadaluarsa, nomor notifikasi, 2D Barcode, serta peringatan atau perhatian (Notifkos POM).
Melakukan produksi dengan menggunakan jasa maklon
Menggunakan jasa maklon untuk produksi sabun batang merupakan solusi yang lebih praktis dan efisien. Ini karena perusahaan maklon yang akan menangani seluruh proses produksi mulai dari penyediaan bahan baku, formulasi, hingga pengemasan akhir.
Anda hanya perlu memberikan spesifikasi produk sabun yang diinginkan, dan perusahaan maklon akan mengurus sisanya.
Manajemen stok barang
Berikutnya, Anda harus mengelola stok barang dengan cermat untuk memastikan ketersediaan produk sabun batang di pasar.
Untuk itu, Anda dapat menerapkan sistem manajemen stok yang baik, seperti First In First Out (FIFO) atau First Expired First Out (FEFO) dalam memantau jumlah produk yang tersedia, mengatur penyimpanan, dan menghindari overstock atau stockout (Prieds).
6. Melakukan pemasaran dan penjualan
Tahap ini sangat penting untuk memperkenalkan produk sabun Anda kepada konsumen dan membangun basis pelanggan yang kuat (Digital Logic).
Nah, melansir dari Bo International, untuk melakukan pemasaran dan penjualan yang efektif, ada beberapa strategi yang dapat Anda gunakan, yaitu:
Memanfaatkan strategi digital marketing
Pertama, Anda dapat mengoptimalkan kehadiran online melalui website informatif dan SEO yang baik. Menurut Smart Insight Digital Marketing (2019), 61% pemasar mengatakan peningkatan SEO dan kehadiran organik adalah prioritas inbound marketing tertinggi. Inbound marketing adalah strategi pemasaran yang berfokus untuk menarik minat pelanggan secara alami dengan menciptakan konten yang relevan.
Oleh karena itu, Anda dapat memanfaatkan Google My Business untuk meningkatkan visibilitas lokal dan menggunakan Google Ads untuk menjangkau calon pelanggan yang aktif mencari produk sabun.
Lakukan pemasaran melalui media sosial
Kedua, Anda bisa melakukan pemasaran melalui media sosial. Ini karena pengguna aktif media sosial di Indonesia pada tahun 2023 mencapai 167 juta (Data Indonesia, 2023). Jumlah tersebut setara dengan 60,4% dari populasi keseluruhan masyarakat Indonesia.
Dengan jumlah pengguna aktif media sosial yang tinggi, platform seperti Instagram, TikTok, dan Facebook menjadi layanan penting. Karena itu, Anda mesti menciptakan konten yang menarik dan edukatif tentang manfaat produk sabun batang Anda. Menurut Persuasion-nation, 79% konsumen lebih suka mempelajari produk baru melalui video daripada teks.
Lakukan pemasaran melalui kemitraan
Ketiga, pemasaran melalui kemitraan. Ini bisa Anda lakukan dengan menggaet influencer atau brand lain untuk meningkatkan jangkauan dan kredibilitas produk sabun batang Anda.
Misalnya, Anda dapat melakukan kolaborasi dengan brand yang memiliki nilai sama atau produk yang saling melengkapi, sehingga menciptakan sinergi yang menguntungkan. Selain itu, influencer marketing juga mampu membantu memperkenalkan produk sabun Anda kepada audiens yang lebih luas.
Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan sistem pemasaran kemitraan melalui distributor dan reseller. Distributor ini akan berperan sebagai perantara yang membantu untuk memasarkan produk sabun batang Anda ke berbagai wilayah, sehingga meningkatkan aksesibilitas produk.
Sementara itu, reseller adalah pihak yang membeli produk sabun batang dari produsen atau distributor dalam jumlah tertentu dengan harga grosir, lalu menjualnya kembali dengan harga ecer kepada konsumen. Secara tidak langsung reseller membantu Anda untuk memperluas jangkauan pasar, membangun kesadaran merek, dan meningkatkan penjualan produk sabun melalui jaringan konsumen yang sudah ada.
Ulasan dan testimoni konsumen
Keempat, Anda dapat menampilkan ulasan positif dari konsumen. Ini karena sebanyak 89% konsumen mengatakan bahwa mereka berusaha membaca ulasan sebelum membeli produk secara online (Luisa Zhou, 2024). Karena itu, Anda dapat menerapkan sistem yang memudahkan konsumen untuk memberikan feedback dan tampilkan testimoni di website, media sosial, dan materi pemasaran Anda.
Promosi dan diskon
Terakhir, Anda bisa menawarkan promosi dan diskon guna mendorong pembelian pertama dan berulang. Menurut Stack Influence (2024), 80% konsumen mengatakan mereka lebih cenderung melakukan pembelian pertama dari merek baru jika mereka menemukan penawaran atau diskon. Namun, pastikan promosi tidak mengurangi persepsi kualitas produk sabun batang Anda dan keuntungan yang didapatkan dari bisnis ini.
Meskipun Anda dapat menjalankan strategi pemasaran secara mandiri, bermitra dengan perusahaan maklon akan memberikan Anda akses ke berbagai layanan pemasaran yang lebih profesional. TIm dari perusahaan maklon dapat membantu Anda dalam menciptakan konten visual yang menarik seperti foto dan video produk, membangun toko online, optimasi SEO (Search Engine Optimization), serta mengatur iklan digital.
7. Mengurus pajak
Terakhir, proses ini untuk memastikan bahwa bisnis Anda beroperasi sesuai dengan hukum yang berlaku dan mampu memberikan kepercayaan kepada konsumen serta mitra bisnis (Infiniti).
Untuk mengurus pajak ini, Anda bisa memulainya dengan mendaftarkan bisnis Anda untuk mendapatkan NPWP melalui situs resmi Direktorat Jenderal Pajak yaitu https://ereg.pajak.go.id/ atau kantor pajak terdekat. Jika omzet bisnis melebihi Rp4,8 miliar/tahun, maka Anda mesti mengajukan pengukuhan sebagai Pengusaha Kena Pajak (PKP) untuk memungut, menyetor, dan melaporkan PPN (Online Pajak, 2024).
Selanjutnya, lakukan pembayaran dan pelaporan pajak secara rutin, yang meliputi PPh dan PPN, melalui bank yang ditunjuk oleh Direktorat Jenderal Pajak, seperti Bank Sinarmas, Bank Mandiri, BNI, BTPN, BTN, BCA, dan sebagainya (Online Pajak, 2024).
Namun, bila bisnis sabun batang Anda telah berkembang pesat, ada baiknya Anda menggunakan jasa konsultan pajak untuk membantu dalam mengelola kewajiban perpajakan agar lebih efisien dan akurat.
Penutup
Memulai bisnis sabun batang membutuhkan persiapan dan perencanaan yang matang. Dengan langkah-langkah yang tepat, mulai dari riset produk, membuat rencana bisnis, mendaftarkan izin usaha, hingga mengurus perpajakan, Anda bisa mewujudkannya dengan sukses.
Bagi Anda yang ingin fokus pada pengembangan produk dan pemasaran, Anda dapat memanfaatkan layanan jasa maklon sabun batang. PT Adev Natural Indonesia siap membantu Anda untuk memproduksi sabun batang berkualitas sesuai dengan formula yang Anda inginkan. Dengan begitu, Anda bisa segera membangun brand sabun batang Anda sendiri dan meluncurkan produk terbaik Anda ke pasaran.
Jadi, tunggu apa lagi? Segera hubungi PT Adev Natural Indonesia dan wujudkan impian bisnis sabun batang Anda.
Kini, Anda telah tahu bagaimana step by step cara memulai bisnis sabun batang di Indonesia. Selanjutnya, baca ulasan kami tentang peluang bisnis sabun batang untuk wajah di Indonesia.