fbpx

Argan Oil, Minyak yang Bagus Untuk Rambut & Wajah

Argan oil atau minyak argan cukup sering dijumpai pada komposisi produk kosmetik dan perawatan seperti hair care dan skincare. Bahan kosmetik yang satu ini memang cukup bagus untuk perawatan wajah, bulu mata & rambut.

Bahkan ternyata minyak argan telah digunakan oleh bangsa Maroko dalam menunjang kesehatan dan kecantikan kulit. Kini minyak argan telah tersebar luas di seluruh dunia dan kamu bisa turut merasakan berbagai manfaatnya!

Yuk, kenali argan oil lebih lanjut dengan membaca artikel tentang bahan kosmetik yang satu ini.

Apa itu Argan Oil?

Manfaat Minyak Argan untuk kecantikan yang Bagus Untuk Wajah Bulu Mata & Rambut

Argan oil adalah jenis minyak yang diperoleh dari biji tanaman pohon Argania spinosa. Minyak argan mengandung asam oleat dan asam linoleat tingkat tinggi, menjadikannya sumber asam lemak tak jenuh yang sangat baik. 

Minyak yang satu ini juga sangat kaya akan polifenol dan tokoferol yang menunjukkan aktivitas antioksidan yang signifikan. Baca juga ulasan kami tentang vitamin C yang berperan sebagai zat antioksidan dalam tubuh.

Dari sudut pandang kosmetik, komponen minyak argan dianggap sangat penting karena identik dengan komponen semen antar sel, memiliki kemampuan untuk menembus dan melengkapi lipid yang hilang.

Terlebih lagi, minyak argan dapat membuat lapisan oklusi pada permukaan kulit yang memiliki sifat mirip dengan sebum dan juga dapat bekerja sebagai antioksidan.

Selain untuk kosmetik, minyak ini juga bisa dikonsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Tak heran minyak argan tetap populer digunakan sejak dahulu untuk menunjang kesehatan dan kecantikan.

Kompisisi Nutrisi Argan Oil

Asam lemak bebas dalam minyak argan

Asam lemak bebas
Kadar(%)
Oleat
43–49
Stearat
4–7
Linolenat
<0.2
Linoleat
29–36
Palmitoleat
0.3–3
Behenat
<0.2
Palmitat
11–15
Arakidat
<0.5
Miristat
<0.1
Sumber: Zoubida Charrouf dan Dominique

Berdasarkan jurnal penelitian yg ditulis oleh Zoubida Charrouf dan Dominique Guillaume, ditemukan bahwa komponen terbesar minyak argan adalah asilgliserol, dengan kadar 99%.

Termasuk di dalamnya berupa 95% triasilgliserol dan 4% berupa monoasilgliserol, diasilgliserol dan asam lemak bebas.

Asam lemak bebas dalam argan oil berupa asam oleat dan asam linoleat. Keduanya merupakan asam lemak tidak jenuh.

Bahan tak tersabunkan dalam minyak argan

Kadar bahan tidak tersabunkan dalam minyak argan adalah 1%. Komponennya berupa karoten (37%), tokoferol (8%), triterpen alkohol (20%), sterol (29%) dan xantofil (5%).

Jenis tokoferol utama yang ditemukan dalam minyak argan adalah gama-tokoferol (antara 81 dan 92%) yang merupakan agen antioksidatif kuat.

Bahan antioksidan memiliki sifat yang baik dalam menangkal radikal bebas. Oleh karena itu, wajar kiranya jika minyak argan sering ditemui dalam produk hair care maupun skincare.

Manfaat Argan Oil

argan oil

Beberapa manfaat minyak argan ini dikutip dari laman arganoilworld.com.au:

Melembabkan kulit

Minyak argan banyak difungsikan sebagai pelembab kulit yang mampu menghidrasi dan melembutkan kulit. 

Dengan kandungan vitamin E yang tinggi dan asam lemaknya, minyak argan mampu membantu memperkuat penghalang kulit sehingga sangat baik untuk menjaga dan mengembalikan kelembapan kulit secara alami. 

Beberapa orang mengatakan bahwa minyak argan terbukti mampu membuat rambut lebih lembut dan bercahaya. Sebagai kondisioner rambut, minyak argan membantu memperbaiki rambut bercabang.

Mengatasi jerawat

Pemilik kulit berjerawat biasanya memiliki tipe kulit yang berminyak, sehingga cenderung menghindari bahan yang juga mengandung minyak.

Padahal beberapa minyak yang berasal dari tumbuhan memiliki manfaat yang baik untuk membasmi jerawat, lho. Misalnya minyak zaitun, minyak biji anggur (grapeseed oil), dan minyak argan.

Adanya kandungan asam linoleat yang tinggi pada minyak argan disebut dapat membantu meredakan peradangan akibat jerawat.

Mengembalikan elastisitas kulit

Selain sebagai pelembab (moisturizer), minyak argan mampu membuat kulit awet muda dan mengurangi keriput. Kandungan bahan antioksidan dalam minyak argan mengembalikan elastisitas kulit seperti semula.

Coba perhatikan baik-baik kulit orang Timur Tengah (Afrika Utara). Kulit mereka terlihat halus dan lembab, serta jauh dari kesan kulit kering dan kusam. Selain itu rambutnya pun juga indah, hitam, dan juga berkilau.

Pertanyaannya adalah mengapa bisa demikian? Kira-kira apa sih rahasianya?

Salah satu penyebab kulit para wanita timur tengah terlihat sehat,halus, lembab adalah karena mereka rajin menggunakan minyak argan. Karena pemakaian bahan alami tersebut pada rambut menjadikan rambut mereka terlihat sehat, hitam, dan berkilau

Bahan kosmetik yang satu ini telah diketahui sangat baik dalam membantu merawat kulit, rambut, dan juga kuku.

Pakar kecantikan di beberapa situs terkenal menyebutkan bahwa minyak ini lebih baik dari minyak zaitun.

Ada laporan yang menyatakan bahwasannya minyak argan memiliki kandungan vitamin E dengan perbandingan 200 persen jauh lebih banyak bila dibandingkan dengan minyak zaitun.

Karena kandungan antioksidan, asam lemak esensial dan Vitamin E yang tinggi, minyak argan secara alami membantu merevitalisasi kulit, meningkatkan elastisitas rambut dan mengembalikan konsisten kulit. 

Minyak argan juga telah dikenal mampu untuk membantu mengurangi munculnya keriput.

Produk Kosmetik yang Mengandung Argan Oil

Shampoo

Conditioner

Essences

Masker

Sabun

5/5 - (27 votes)