whatsapp-adev
< Seluruh Topik
Navigasi:
Cetak

Ensulizole

Ensulizole atau yang juga dikenal sebagai asam fenil benzimidazole sulfonat adalah bahan yang sering digunakan dalam pembuatan kosmetik, terutama produk tabir surya. Ensulizole bekerja dengan cara menyebarkan sinar UVB yang datang, sehingga tidak menembus sampai lapisan kulit yang lebih dalam.

Jika dibandingkan dengan bahan lainnya, ensulizole lebih unggul karena bahan ini lebih stabil terhadap panas, sinar UV, dan oksidasi. Bahan ini juga tidak menimbulkan iritasi pada kulit, sehingga aman digunakan untuk berbagai jenis kulit.

Ensulizole aman dicampur dengan bahan kosmetik lainnya, seperti titanium dioksida, seng oksida, dan avobenzone untuk meningkatkan manfaatnya pada kulit. Akan tetapi, Ensulizole juga tidak boleh dicampur dengan beberapa bahan aktif lainnya, seperti oxybenzone, octinoxate, dan retinol guna menghindari efek samping pada tubuh.

Spesifikasi Ensulizole

ensulizole, bahan pembuatan tabir surya
  • Nama kimia: 2-Cyano-3,3-diphenyl acrylic acid 2-ethyl-hexyl ester
  • Rumus Kimia: C14H12O3
  • Nomor CAS: 27503-81-7
  • EINECS: 248-502-0
  • Wujud: Cairan kental tidak berwarna hingga kuning pucat
  • Berat Molekul: 228.25 g/mol
  • Stabil pada PH: 3 – 8
  • Stabil pada suhu: 0°C – 45°C

Fungsi Ensulizole dalam Kosmetik

Ada empat fungsi utama dari ensulizole dalam kosmetik, antara lain:

  • Sebagai Tabir Surya. Ensulizole berfungsi sebagai tabir surya mineral yang mampu menyerap dan memantulkan sinar UVB secara efektif. Bahan ini bekerja dengan cara menyebarkan sinar UV yang datang, sehingga tidak menembus lapisan kulit lebih dalam. Kemampuan ensulizole dalam melindungi kulit dari sinar UVB sama dengan tabir surya kimiawi. Baca juga penjelasan kami tentang bahan tabir surya lainnya.
  • Sebagai Foto Stabilisator. Ensulizole berperan sebagai foto stabilisator yaitu menjaga kestabilan bahan kimia tabir surya lainnya agar tidak mudah terurai oleh paparan sinar UV. Dengan begitu, ensulizole membantu mempertahankan efektivitas produk dalam formula kosmetik.
  • Meningkatkan Kestabilan Formula. Penggunaan ensulizole dapat membuat formula kosmetik yang mengandungnya menjadi lebih stabil. Hal itu karena ensulizole mencegah terjadinya penguraian bahan aktif pada kosmetik oleh suhu, sinar UV, ataupun oksidasi. Maka, produk kosmetik memiliki masa simpan lebih lama.
  • Sebagai Pelarut. Ensulizole berfungsi juga sebagai pelarut untuk beberapa bahan kimia kosmetik, seperti avobenzone dan oxybenzone. Oleh karena itu, ensulizole dapat membantu untuk meningkatkan kelarutan bahan lain dalam sediaan kosmetik.

Manfaat Ensulizole Pada Kosmetik

Berikut ini adalah beberapa manfaat utama penggunaan ensulizole pada kosmetik, yaitu:

Melindungi kulit dari sinar UVB

Ensulizole termasuk jenis tabir surya mineral yang mampu menyerap sinar UVB secara efektif. Cara kerja bahan ini adalah dengan menyebarkan dan memantulkan sinar UVB yang datang, sehingga sinar tersebut tidak sampai menembus ke lapisan kulit yang lebih dalam.

Dengan kata lain, ensulizole bertindak seperti perisai yang melindungi kulit dari paparan langsung sinar UVB yang berbahaya. Sinar UVB diketahui menjadi pemicu kerusakan kulit, seperti eritema (kemerahan), kanker kulit, penuaan dini, bintik hitam, hingga mutasi DNA.

Oleh karena itu, kemampuan ensulizole menyerap UVB sangat bermanfaat untuk melindungi kulit dari risiko paparan jangka panjang.

Mencegah pigmentasi kulit

Ensulizole mampu mencegah terbentuknya noda hitam dan hiperpigmentasi pada kulit akibat paparan sinar UVB yang berlebihan.

Sinar UVB dapat memicu pembentukan melanin secara berlebihan di kulit. Akibatnya, warna kulit terlihat tidak merata dan berbintik-bintik hitam.

Cara kerja ensulizole yang menyerap dan menyebarkan sinar UVB tersebut membuat produksi melanin dapat dicegah dan kulit terhindar dari hiperpigmentasi.

Membantu memperlambat penuaan dini

Ensulizole berperan penting dalam memperlambat proses penuaan dini pada kulit dengan cara memberikan perlindungan maksimal dari paparan sinar UVB.

Seperti yang diketahui, sinar UVB dapat menyebabkan produksi radikal bebas pada tubuh meningkat, sehingga komponen penyusun kulit, seperti kolagen dan elastin menjadi rusak.

Akibatnya, kulit mulai kehilangan elastisitasnya dan muncul tanda-tanda penuaan dini, seperti keriput halus, garis-garis pada kulit, flek hitam, hingga kulit yang mengendur.

Oleh karena itu, bahan ini akan bekerja dengan cara menyerap dan menyebarkan sebagian besar sinar UV sebelum mengenai kulit secara langsung. Dengan begitu, kerusakan oksidatif oleh sinar UV dapat dicegah dan proses penuaan dini bisa diperlambat.

Aman untuk kulit sensitif

Ensulizole umumnya sangat aman digunakan pada berbagai jenis kulit, termasuk kulit yang sensitif.

Bahan ini tidak menimbulkan iritasi yang berarti pada kulit karena sinar UVB tidak diserap secara menyeluruh ke lapisan kulit dalam. Hal itu karena ensulizole hanya bertindak sebagai perisai, menyebarkan dan memantulkan sebagian besar sinar UVB yang mencapai permukaan kulit.

Selain itu, ensulizole juga tidak memiliki aroma yang dapat memicu reaksi alergi. Tingkat iritasi ensulizole juga sangat rendah, bahkan saat digunakan dalam jangka waktu panjang sekalipun.

Karena sifatnya yang tidak membuat alergi dan tidak menimbulkan iritasi, kosmetik yang mengandung ensulizole sangat cocok dan aman dipakai sehari-hari oleh berbagai jenis kulit.

Bahan yang Aman di Campur dengan Ensulizole

Berikut beberapa bahan yang aman dicampur dengan ensulizole, antara lain:

  • Zinc Oxide secara umum aman dicampur dengan ensulizole karena sama-sama bersifat non-reaktif dan tidak mengganggu stabilitas atau efektivitas satu sama lain. Kombinasi keduanya justru memberikan perlindungan UV yang lebih optimal.
  • Titanium Dioxide juga non-reaktif dan tidak bereaksi dengan ensulizole, sehingga aman untuk diformulasikan bersama. Campuran keduanya mampu memberikan perlindungan sinar UV yang lebih luas.
  • Avobenzone dan ensulizole tidak saling mempengaruhi atau menurunkan manfaat masing-masing bahan ketika berada dalam formula yang sama. Justru pencampuran ensulizole ke avobenzone dapat menstabilkan senyawa ini agar lebih awet.
  • Octocrylene aman dicampur karena tidak mengganggu kerja ensulizole maupun membuatnya tidak stabil ketika digabungkan dalam kosmetik. Justru pencampuran keduanya memperkuat perlindungan sinar UV dan menjaga agar lebih stabil.
  • Vitamin C bermanfaat mencerahkan kulit dan melindungi dari radikal bebas akibat paparan UV. Gabungan vitamin C dan ensulizole memberikan perlindungan UV dan mencegah penuaan dini.
  • Vitamin E mengandung antioksidan yang dapat membantu memperkuat perlindungan ensulizole dari kerusakan oksidatif akibat sinar UV dan mengurangi sensitivitas kulit.
  • Niacinamide juga antioksidan yang stabil dan aman jika diformulasikan dengan ensulizole. Campuran keduanya dapat meningkatkan manfaat tambahan untuk kulit.
  • Hyaluronic Acid dan ensulizole dapat meningkatkan kelembapan kulit, sehingga meminimalkan pengeringan akibat terpapar sinar UV dalam jangka panjang.

Baca juga penjelasan kami tentang bahan meradimate dalam kosmetik.

Bahan Kosmetik yang Sebaiknya Tidak di Campur dengan Ensulizole

Meskipun ensulizole merupakan bahan yang aman, namun sebaiknya tidak dicampur dengan bahan-bahan berikut ini.

  • Oxybenzone dan ensulizole bila dicampur dapat mengubah struktur kimia dan mengurangi efektivitas kedua bahan. Maka dari itu, sebaiknya hindari kombinasi oxybenzone dan ensulizole ini.
  • Octinoxate dan ensulizole jika dicampur dapat menurunkan tingkat absorpsi UV ensulizole, sehingga mengurangi manfaatnya. Oleh karena itu, pencampuran kedua bahan ini sebaiknya dihindari juga.
  • Retinol sensitif terhadap sinar UV dan dapat menyebabkan risiko iritasi serta fotodegradasi yang lebih besar bila dicampurkan dengan ensulizole.
  • Asam salisilat meningkatkan risiko munculnya iritasi pada kulit apabila diformulasikan dengan ensulizole. 
  • Asam glikolat dapat menurunkan efektivitas ensulizole dalam menyerap sinar UV ketika diformulasikan bersama.
  • Homosalate dapat mengganggu hormon dan mempengaruhi kesuburan bila dikombinasikan dengan ensulizole.
  • Minyak esensial seperti peppermint, lavender, dan tea tree oil, dapat menyebabkan iritasi kulit bila digabungkan dengan ensulizole.

Rekomendasi Produk Kosmetik Berbahan Ensulizole

Berbagai jenis produk kosmetik yang sering ditambahkan dengan bahan ensulizole, yaitu:

  • Sunscreen merupakan produk utama penggunaan ensulizole sebagai filter sinar UV. Hal ini karena ensulizole dapat memberikan perlindungan melawan UVA dan UVB.
  • Foundation yang diformulasikan untuk pemakaian outdoor (luar ruangan) dapat memanfaatkan ensulizole agar bisa berfungsi sebagai tabir surya ringan dengan proteksi UV ekstra.
  • Lotion bisa diformulasikan dengan ensulizole untuk memberikan perlindungan terhadap sinar UVB pada seluruh tubuh.
  • Krim wajah bisa ditambahkan dengan ensulizole untuk memberikan perlindungan terhadap sinar UVB dan membantu menjaga kesehatan kulit.
  • Serum Wajah dapat ditambahkan dengan ensulizole untuk memberikan perlindungan terhadap sinar UVB dan membantu meningkatkan produksi kolagen.
  • Pelembab Anti Aging bisa dikombinasikan dengan ensulizole untuk membantu mengurangi tanda-tanda penuaan dan perlindungan terhadap sinar UVB.
  • Day cream yang digunakan saat beraktivitas di luar ruangan perlu mengandung ensulizole agar kulit terlindungi dari paparan UV berbahaya sehari-hari.

Jika Anda berbisnis produk kosmetik dan ingin memanfaatkan manfaat ensulizole, maka PT Adev Natural Indonesia adalah solusi yang tepat untuk Anda.

Mau bisnis produk kosmetik dengan brand sendiri? Yuk, lihat katalog produk maklon kosmetik dari Adev.

FAQ terkait Ensulizole

Apakah ensulizole termasuk tabir surya UVA atau UVB?

Ensulizole termasuk dalam tabir surya UVB yang efektif untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV. Cara kerja bahan ini adalah dengan menyebarkan sinar UVB yang datang, sehingga sinar tersebut tidak sampai menembus lapisan kulit yang lebih dalam. 

Apakah penggunaan ensulizole sebagai bahan tabir surya aman?

Ya, penggunaan ensulizole sebagai bahan tabir surya dianggap aman dan telah disetujui oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), seperti yang tercantum pada Lampiran V Peraturan BPOM No. 17 tahun 2022.

Apa fungsi ensulizole?

Fungsi ensulizole adalah sebagai tabir surya, foto stabilisator, pelarut hingga meningkatkan kestabilan formula pada produk kosmetik.

Apa efek samping ensulizole?

Ensulizole umumnya aman digunakan dan jarang menimbulkan efek samping. Namun, beberapa orang mungkin mengalami masalah, seperti iritasi kulit, kulit kering, alergi, hingga mata merah dan berair.

Tinggalkan komentar


Daftar Isi
Index