whatsapp-adev

Bahan Kosmetik

Citronella Oil/Minyak Serai, Bahan Kosmetik Kaya Manfaat

Published:

Updated:

purwanto

2 Comments

Citronella oil (minyak serai/sereh) dapat dijadikan satu bahan aktif dalam pembuatan produk kosmetik dan personal care.

Kamu bisa memasukkan bahan alami yang satu ini ke dalam formula produk seperti sabun, spray pengusir nyamuk, maupun lotion.

Mengenal Sereh, Tanaman Penghasil Citronella oil

Sereh atau serai adalah jenis tumbuhan yang diklasifikasikan sebagai anggota suku rumput-rumputan (baca penjelasan lengkap di Wikipedia). Jenis tanaman herbal ini banyak dimanfaatkan sebagai bumbu dapur untuk mengharumkan masakan (makanan)

Sereh dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama lemon grass (oil grass), sedangkan nama ilmiahnya adalah Cymbopogon citratus.

Tanaman sereh banyak dimanfaatkan untuk obat batuk tradisional, dikonsumsi (dalam bentuk bumbu atau teh herbal), pengobatan penyakit kaki gajah (elephantiasis), malaria, ophthalmia, radang paru-paru (pneumonia) dan gangguan pembuluh darah (vascular disorder).

Para peneliti menemukan bahwa serai atau sereh mengandung zat antidepresan, antioksidan, antiseptik, astringen, bakterisida, fungisida, memiliki karakteristik sedatif dan nervin (nervine and sedative properties).

Klasifikasi ilmiah tanaman sereh

Kingdom:Plantae
(tidak termasuk):Angiospermae
(tidak termasuk):Monokotil
(tidak termasuk):Commelinids
Ordo:Poales
Famili:Poaceae
Genus:Cymbopogon
Spesies:C. citratus

Sumber wikipedia

Apa itu Citronella Oil?

minyak sereh wangi

Citronella oil adalah jenis minyak atsir yang diperoleh dari ekstraksi sereh wangi, terutama bagian akar.

Minyak yang terdapat di dalam sereh diekstrak dengan cara menyuling bagian tumbuhan tersebut (daun atau akar). Minyak sereh digolongkan ke dalam minyak atsiri (essential oil) yang harganya cukup mahal.

Manfaat Citronella oil (Minyak Sereh)

Sebagai bahan pengusir nyamuk

Minyak sereh dapat digunakan untuk pengusir (repelen) nyamuk, baik berupa tanaman segar ataupun berupa minyaknya. Kandungan minyak sereh seperti sitronela tidak disukai oleh nyamuk. Oleh karena itu, sereh dapat dibuat menjadi obat nyamuk dan serangga lainnya.

Sebagai bahan aktif dalam formula sabun

Dengan berkembangnya kesadaran masyarakat akan pemakaian produk perawatan diri (personal care) yang aman dan menyehatkan, maka membuat permintaan produk sabun sehat juga meningkat.

Untuk merespon permintaan pasar tersebut, beberapa perusahan kosmetik dan pabrik sabun membuka layanan jasa jasa maklon kosmetik (jasa pembuatan produk custom dengan merek sendiri), termasuk di dalamnya sabun herbal dari minyak sereh.

Selvi et al. (2011) menyebutkan bahwa minyak sereh banyak digunakan pada pembuatan wewangian (parfum), kosmetik, sabun, deterjen, konveksionari, dan sintesis vitamin A.

Efek Samping Sitronela (Zat Aktif Minyak Sereh)

Kandungan sitronela yang terdapat di dalam minyak sereh tergolong aman dikonsumsi untuk kebanyakan orang. Sejumlah kecil minyak sereh umum ditemukan di dalam makanan. Efek samping akan muncul saat minyak sereh dikonsumsi berlebihan seperti keracunan.

Beberapa (sedikit) orang mengalami alergi kulit saat kontak dengan zat yang mengadung sitronela. Namun, pada umumnya zat ini aman digunakan untuk kebanyakan orang. Ciri-ciri alergi biasanya kulit mengalami gatal, kemarahan dan sensasi terbakar.

5/5 - (22 votes)

Tentang

purwanto

Penulis merupakan pribadi yang gemar menulis artikel tentang bisnis dan enterpreneurship. Ia telah berupaya memberikan informasi terbaik dan akurat di artikel ini berdasarkan literasi dan penelitiannya.

Namun artikel ini dibuat hanya untuk tujuan informasi dan tidak ditujukan sebagai saran profesional atau konsultasi bisnis. Setiap pembaca bertanggung jawab penuh terhadap penggunaan informasi dalam artikel ini dan penulis tidak bertanggung jawab atas kerugian atau kerusakan dalam bentuk apa pun yang diduga timbul dari kesalahan, kelalaian, atau kelalaian dalam menyusun artikel ini.

2 pemikiran pada “Citronella Oil/Minyak Serai, Bahan Kosmetik Kaya Manfaat”

Tinggalkan komentar


Index