fbpx

Cocamidopropyl Betaine: Aman untuk 5 Produk Kosmetik ini

Produk pembersih dan perawatan diri tidak bisa terlepas dari bahan surfaktan. Salah satu bahan yang bertindak sebagai surfaktan adalah cocamidopropyl betaine.

Namun, berbeda dengan jenis surfaktan lainnya. Cocamidopropyl betaine memiliki sederet keunggulan yang membuatnya diandalkan dalam produk kecantikan.

Lalu, apa sebenarnya manfaat surfaktan cocamidopropyl betaine? Apakah bahan kosmetik ini aman digunakan bagi kulit?

Baca artikel ini sampai habis dan temukan apa saja jenis produk kecantikan yang mengandung cocamidopropyl betaine. Siapa tahu, ini bisa menjadi inspirasi bisnis kosmetik impianmu!

Apa Itu Cocamidopropyl Betaine?

Cocamidopropyl betaine

Cocamidopropyl betaine (CAPB) adalah asam lemak sintetis yang berasal dari kelapa (coconut). Bahan yang juga disebut coco betaine ini berfungsi sebagai surfaktan, senyawa yang berfungsi menghilangkan kotoran.

Sebagai bahan yang mampu mengikat minyak dan kotoran, serta membuatnya lebih mudah dibersihkan, coco betaine akan bekerja dengan efektif jika dikombinasikan dengan bahan yang lainnya.

Meskipun difungsikan sebagai surfaktan, Cocamidopropyl betaine bekerja layaknya cleanser dan conditioner.

Karakteristik Cocamidopropyl Betaine

CAPB merupakan surfaktan berupa cairan bening berwarna kuning pucat dengan viskositas sedang, yakni 300-600 cps. Cairan ini memiliki sedikit bau lemak dan memiliki titik didih pada 230 F. Bahan ini larut dalam air, etanol dan isopropanol, tetapi tidak larut dalam mineral oil.

Kadar penggunaan Coco betaine (Cocamidopropyl Betaine) dalam formula produk adalah sekitar 4-40%. Bahan ini mengandung 30% bahan aktif permukaan (humblebeeandme.com).

Dilansir dari webmd.com, fungsi utama dari cocamidopropyl betaine adalah sebagai bahan aditif untuk meningkatkan efektivitas elemen lain dalam formula produk.

Coco betaine digunakan dalam produk perawatan diri seperti sampo, sabun mandi, dan sabun tangan cair. Sebagai surfaktan sekunder, coco betaine akan membantu membangun viskositas (kekentalan) dan menawarkan sensasi lembut.

Fungsi Cocamidopropyl Betaine

Surfaktan, foaming agent

Beberapa fungsi kokamidopropil betain adalah:

Pembentuk busa (buih)

Kalau kamu menggunakan produk facial wash atau facial foam, lalu mendapatkan gelembung busa. Ketahuilah, itu merupakan peran dari surfaktan sebagai foaming agent.

Coco betaine digunakan sebagai penguat busa dalam produk kosmetik dan kebersihan pribadi. Banyak konsumen yang mengira bahwa melimpahnya busa dalam produk skincare merupakan indikasi efektivitas pembersihannya.

Padahal, kandungan busa tersebut berfungsi untuk meningkatkan estetika produk agar memberikan kesan pemakaian produk yang lebih ‘kaya dan mewah’.

Cocamidopropyl betaine berfungsi untuk membentuk busa, buih, atau gelembung. Jika dikombinasikan dengan air, surfaktan ini menghasilkan busa yang tebal.

Pembersih kotoran

Selain membentuk busa, coco betaine mampu mengangkat kotoran dengan baik dan lebih mudah dibilas setelah dibersihkan.

Sifatnya yang mampu membersihkan kotoran sangat bagus untuk produk pembersih kulit dan rambut, coco betaine mampu mengangkat minyak dan kotoran sekaligus memberi hidrasi.

Penghidrasi

Banyak deterjen atau produk pembersih yang membuat rambut atau kulit kering, cocamidopropyl betaine mampu mengurangi efek pengeringan tersebut. Hal ini karena bahan ini berasal dari buah yang kaya manfaat, kelapa, yang terkenal dengan kemampuannya dalam melembapkan atau menghidrasi kulit.

Seorang peneliti biologi kulit pun mengungkap bahwa coco betaine jauh lebih menghidrasi daripada kebanyakan bahan lainnya yang bertindak sebagai surfaktan.

Pengental

Bahan satu ini dapat membuat produk terasa lebih creamy. Coco betaine adalah agen pengental yang membuat sebuah produk terasa lebih kaya dan tidak mudah menetes saat digunakan.

Namun, apakah hanya itu saja fungsi dari coco betaine? Jawabannya, tidak. Ini dia beberapa manfaat coco betaine dalam produk kosmetika.

Manfaat Cocamidopropyl Betaine

Manfaat Cocamidopropyl betaine, coco betaine, CAPB

Salah satu bahan yang tanpa kamu sadari tercantum dalam produk-produk kecantikanmu adalah cocamidopropyl betaine. Rupanya, bahan ini telah digunakan selama beberapa dekade, terutama untuk produk yang bertujuan membersihkan kulit dan rambut.

Beberapa manfaat yang dimiliki cocamidopropyl betaine antara lain seperti yang telah dijelaskan oleh skin experts dalam Byrdie.

Untuk perawatan kulit wajah

Dibandingkan jenis surfaktan lainnya seperti Sodium Lauryl Sulfate (SLS), coco betaine merupakan surfaktan yang ringan dan lembut di kulit.

Dalam produk perawatan kulit (skincare), coco betaine mampu melembutkan kulit, surfaktan ini tidak akan membuat kulit menjadi kering. Tak heran, produk-produk skincare dengan klaim natural biasanya menggunakan coco betaine.

Selain itu, bahan ini sangat bagus untuk mengangkat kotoran sisa riasan pada wajah atau kotoran akibat polusi lingkungan.

Untuk perawatan kulit “sensitif”

Cocamidopropyl betaine sangat baik ditoleransi oleh kulit, bahan ini sangat ringan sehingga direkomendasikan secara internasional untuk produk perawatan yang berbusa. Bahkan, coco betaine cocok untuk digunakan oleh bayi, pemilik kulit sensitif, atau yang rentan terhadap eksim.

Untuk perawatan rambut

Selain bermanfaat untuk melembutkan kulit, cocamidopropyl betaine juga hebat untuk rambut. Sifat pelembapnya yang ringan mampu membantu merawat rambut kering dan rapuh dan membuatnya tetap lembut, serta lebih mudah diatur.

Cocamidopropyl betaine digunakan dalam produk kondisioner sebagai agen anti-statis yang membantu mengurangi penumpukan muatan statis dan rambut rontok.

Melihat banyaknya manfaat coco betaine, mungkin kamu berpikir, apakah coco betaine ini aman digunakan?

Cocamidopropyl betaine Aman, akan tetapi…

Apakah cocomidopropyl betaine aman untuk kulit?

Sebelumnya, ingat kembali, fungsi utama surfaktan adalah mengangkat minyak dan kotoran.

Dalam takaran yang wajar, surfaktan juga berfungsi sebagai zat antibakteri, akan tetapi bahan surfaktan yang terlalu keras bisa menimbulkan efek samping seperti membuat kulit kering dan iritasi, meskipun dalam kadar yang sedikit.

Bicara bahan surfaktan yang keras dan disebut berbahaya, mungkin kamu akrab dengan SLS (Sodium lauryl sulphate) dan SLES (Sodium laureth sulphate). Yap, kedua bahan ini seringkali dihindari karena dapat merusak kelembapan dan mengiritasi kulit.

Namun, sebenarnya efek samping yang dihasilkan SLS atau SLES juga bergantung pada kadar atau konsentrasi bahan tersebut dan kondisi kulit dan skin barrier penggunanya.

Beruntunglah ada coco betaine, bahan ini merupakan alternatif dari surfaktan yang disebut-sebut keras.

Cocamidopropyl betaine lebih aman digunakan bagi kulit, akan tetapi pengguna skincare, terutama bagi pemilik kulit berjerawat dan sensitif, tetap perlu berhati-hati karena hakikatnya setiap produk akan memberikan hasil yang berbeda bagi setiap penggunanya.

Sekarang, mari simak bersama jenis produk perawatan diri yang mengandung surfaktan coco betaine berikut ini!

Jenis Produk Personal Care dengan Cocamidopropyl Betaine

Pilihan Bahan Aktif Coco Betaine

Facial Wash

Produk pembersih wajah seperti facial wash, facial foam, atau cleansing foam, biasanya mengandalkan surfaktan agar efektif mengangkat kotoran. Namun, coco betaine akan lebih hebat ketika dikombinasikan dengan bahan aktif lainnya.

Kamu bisa menggunakan bahan aktif yang bekerja untuk mencerahkan, membantu mencegah bakteri penyebab jerawat, atau menyamarkan tanda-tanda penuaan dini.

Body Soap

Siapa yang tidak suka dengan busa yang dihasilkan dari sabun mandi? Busa ini membuat aktivitas membersihkan tubuh jauh lebih menyenangkan. Coco betaine bisa menjadi bahan penghasil busa yang lebih ramah terhadap kulit.

Hand Soap

Selain sabun mandi, sabun khusus pembersih tangan menjadi kebutuhan sehari-hari. Terlebih, hand soap punya fungsi yang lebih spesifik seperti antiseptik atau antibakteri.

Karena tangan yang kotor seringkali menjadi sumber penyakit, surfaktan coco betaine bisa mengangkat kotoran sekaligus bertindak sebagai antibakteri terbaik.

Hair Shampoo

Rasanya, belum afdal kalau mencuci atau membersihkan rambut tanpa busa yang berlimpah. Shampoo merupakan produk yang tidak bisa lepas dari bahan surfaktan.

Minyak dan kotoran yang membuat rambut lepek dan kusam dapat diatasi dengan bantuan bahan sintetis yang berasal dari kelapa ini.

Ngomong-ngomong, bahan alami kelapa, ekstrak minyaknya pun terbukti memiliki banyak manfaat bagi rambut.

Hair Conditioner

Selain shampoo, coco betaine juga dapat ditemukan dalam produk hair conditioner. Produk ini merupakan rangkaian lanjutan dalam perawatan rambut. Kondisioner merupakan produk yang berfungsi untuk membantu menjaga kondisi rambut agar tetap lembab, lembut, dan tampak bersinar.

Bagi kamu yang berencana memiliki bisnis kosmetik, produk-produk tersebut bisa kamu buat dengan merekmu sendiri dan spesifikasi produknya dapat disesuaikan dengan keinginanmu, loh.

Kalau kamu bingung membuat produk yang mana atau bingung bagaimana dengan formulasinya. Tenang saja, kami akan membantumu sepenuhnya hingga kamu menemukan produk terbaik untuk bisnis kosmetikmu!

Layanan Jasa Maklon Berbahan Cocamidopropyl Betaine

Adev merupakan perusahaan penyedia jasa maklon kosmetik yang telah berpengalaman selama lebih dari 15 tahun. Berawal dari suksesnya penelitian sabun batang transparan, kami berkomitmen untuk terus berinovasi dalam industri kecantikan.

Hari ini, kamu bisa menjumpai beragam produk kosmetik dan perawatan diri yang bisa kamu pilih untuk bisnismu sendiri. Kamu bisa menggunakan bahan aktif coco betaine dan bahan lainnya untuk produkmu.

Selain membantumu dalam menciptakan produk impian, inilah beberapa layanan yang Adev tawarkan.

  1. Diskusi gratis dan penjelasan insight trend pasar, tren kecantikan, tren active ingredients, hingga kemasan produk kosmetik
  2. Adev Newsletter yang berisi strategi marketing tau insight bisnis setiap minggunya
  3. Pengurusan izin legalitas antara lain pendaftaran merek (HKI), BPOM, dan Halal MUI.
  4. Layanan after sales berupa pembuatan foto dan video produk*
  5. Fitur authentic tools yang menjamin keaslian produk Adev bagi konsumen

(*) Syarat dan ketentuan berlaku.

Semua layanan tersebut akan kamu temukan pada jasa maklon kosmetik Adev.

Bagaimana, tertarik memulai langkah suksesmu bersama Adev? Masih penasaran dengan rincian biaya maklon, syarat, hingga alur maklon?

Untuk informasi selengkapnya, kamu dapat langsung menghubungi Business Consultant kami dengan menekan tombol di bawah ini.

5/5 - (27 votes)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *