fbpx

Apa itu Collagen? Manfaat & Efek Samping Produk Collagen

Collagen merupakan senyawa turunan protein yang banyak dijumpai pada beragam produk. Mulai dari produk kosmetik (skincare, cream wajah, bedak, serum) hingga minuman collagen drink menggunakan bahan ini dalam formulanya.

Dalam artikel hari ini Minggu 28 November 2021, kami akan menjelaskan pengertian dan manfaat collagen.

Apa itu Collagen?

Collagen adalah protein struktural utama dalam ruang ekstraseluler di berbagai jaringan ikat dalam tubuh hewan. Dalam bahasa Indonesia, collagen disebut dengan kolagen.

Istilah kolagen berasal dari bahasa Yunani, kola yang bermakna lem (glue).

Sebagai komponen utama penyusun jaringan ikat, kolagen merupakan jenis protein yang paling banyak kadarnya pada mamalia.

Harvey M. Fishman dari happi.com mengatakan bahwa kandungan protein pada seluruh tubuh berkisar 25% hingga 35%. Medicalnewstoday.com menyebutkan collagen dapat ditemukan pada tulang, otot, kulit dan jaringan tendon.

Manfaat Collagen

  • Collagen berguna untuk membentuk kerangka yang mendukung kekuatan dan struktur tubuh.
  • Mengencangkan kulit
  • Meredakan nyeri persendian
  • Mencegah tulang keropos
  • Meningkatkan massa otot
  • Menguatkan struktur arteri jantung
  • Menguatkan rambut dan kuku

Efek Samping Collagen

Melansir dari laman healthline.com, bebereapa efek samping dari konsumsi collagen adalah rasa tidak enak di mulut, sensai kenyang, rasa nyeri dan panas di dada (heartburn).

Jika kamu memiliki alergi terhadap protein seperti kolagen, maka pastikan membeli produk yang tidak mengandung collagen.

Kolagen dalam Tubuh

Kolagen dalam tubuh berkisar antara 1-2% pada jaringan otot dan 6% pada tendon. Oleh karena itu, pada organ tubuh seperti fascia/selaput otot, tulang rawan, ligamen, tendon, tulang dan kulit banyak ditemukan kolagen

Karena akan senyawa asam amino seperti prolin dan hidroksiprolin, kolagen memiliki kekuatan lentur (daya elastisitas) yang besar. Elastisitas kulit dipengaruhi oleh kadar collagen & keratin lunak dalam tubuh.

Terjadinya degradasi pada kolagen akan menyebabkan kulit keriput. Kulit keriput sendiri merupakan ciri dari penuaan. Perhatikan ilustrasi pada gambar struktur kulit berikut.

Kosmetik Collagen: Pengertian dan 12 Fakta Tentang Collagen (Kolagen)

Struktur molekul kolagen tidak diketahui secara pasti. Model analog kolagen adalah berupa tali tiga untai yang setiap untainya adalah rantai polipeptida.

Berdasarkan analog tersebut, diperkirakan bobot molekul kolagen adalah sekitar 100.000 dalton.

12 Fakta tentang Collagen

  1. Protein membentuk sekitar 20% dari massa tubuh dan kolagen membuat sampai sekitar 30% dari protein dalam tubuh manusia.
  2. Setidaknya ada 16 jenis kolagen, tetapi 80-90% dari kolagen dalam tubuh terdiri dari tipe I, II, dan III.
  3. Fibril kolagen tipe I lebih kuat dari baja.
  4. Kolagen paling banyak ditemukan tubuh pada bagian kulit, tulang dan jaringan ikat.
  5. Kata “kolagen” berasal dari bahasa Yunani “Kolla,” yang berarti lem.
  6. Kolagen memberikan kekuatan dan struktur kulit dan berperan dalam penggantian sel-sel kulit mati.
  7. Produksi kolagen menurun seiring dengan bertambahnya usia (sebagai bagian dari penuaan intrinsik) dan kolagen berkurang jika terpapar sinar ultraviolet dan adanya faktor lingkungan lainnya (penuaan ekstrinsik).
  8. Kolagen yang terdapat pada produk medis dapat berasal dari manusia, sapi, babi dan sumber ovines lainnya.
  9. Balutan kolagen dapat menarik sel-sel kulit baru untuk menutup luka.
  10. Produk kosmetik seperti revitalizing lotionsyang mengklaim dapat meningkatkan jumlah kolagen adalah tidak benar , karena faktanya molekul kolagen terlalu besar untuk dapat diserap melalui kulit.
  11. Produksi kolagen dapat dipacu melalui penggunaan terapi laser dan penggunaan all-trans retinoic acid(dalam bentuk vitamin A).
  12. Beberapa faktor merusak produksi kolagen dapat dikontrol, seperti paparan sinar matahari, merokok dan konsumsi gula yang tinggi.

Produk yang Mengandung Collagen

Skincare

Collagen merupakan salah satu bahan aktif yang banyak diaplikasikan dalam formula skincare. Bahan kosmetik yang satu ini difungsikan sebagai anti aging (mencegah munculnya tanda penuaan dini, keriput)

Selain pada produk skincare, kolagen juga sering dijumpai pada produk kosmetik lainnya seperti bedak, cream pemutih wajah, dan serum.

Beberapa customer Adev pun terbilang kreatif memanfaatkan collagen. Sebut saja produk espio collagen soap.

Punya produk kosmetik impian dengan bahan collagen? Diskusikan dengan tim kami.

Collagen drink

Karena manfaatnya dalam mengencangkan atau menambah massa otot, collagen juga dimasukan dalam formula minuman. Sebut saja beberapa merek minuman seperti Noera, Byoote, Waiteu dan Everwhite.

4.6/5 - (27 votes)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mau bisnis kosmetik merek sendiri?

WeCreativez WhatsApp Support
Business Consultant
Halo, dengan Damai sebagai Business Consultant di sini. Ada yang bisa kami bantu?
Scroll to Top