fbpx

Kefir, Bahan Pembuatan Kosmetik yang Kaya Manfaat

Kefir adalah bahan alami yang dihasilkan dari proses fermentasi susu dan dimanfaatkan dalam pembuatan produk kosmetik dan sabun kecantikan.

Sebagai salah satu bahan kosmetik yang dimanfaatkan untuk mencerahkan sekaligus memutihkan kulit wajah, kefir juga memiliki manfaat lain.

Yuk kenali apa itu kefir, kandungan nutrisi, cara pembuatan dan manfaat kefir di artikel ini.

Apa itu Kefir?

pembuatan kefir

Kefir dalam sabun akan membuat sabun nampak lebih creamy dan dapat melembapkan kulit lebih baik dari sabun biasa.

Dikutip dari laman wikihow.com kefir merupakan bahan alami yang diperoleh dari fermentasi susu sapi ataupun susu kambing. Jika kamu ingin mengetahui lebih jauh mengenai nutrisi dan khasiat kefir untuk mencerahkan kulit wajah.

Beberapa jenis bakteri yang digunakan dalam pembuatan kefir adalah:

  • lactobacillus acidophillus
  • l bulgaricus
  • l lactis
  • bifidobacterium longum
  • acetobacter aceti
  • leuconostoc mesenteroides
  • s cerevisiae

Kandungan Gizi Kefir

Kefir mengandung mineral dan asam amino yang dapat membantu penyembuhan dan pemeliharaan fungsi tubuh. Salah satu bentuk asam amino dalam kefir adalah Tryptophan yang berperan sebagai relaksasi pada sistem saraf. Selain itu, kefir juga mengandung kalsium dan magnesium yang bermanfaat untuk sistem saraf.

Kefir kaya akan vitamin B12, B1 dan vitamin K sebagai sumber biotin. Fungsi biotin dalam tubuh adalah membantu metabolism lemak, asam amino, protein dan karbohidrat. Golongan vitamin B di dalam kefir membantu memulihkan kerusakan kulit, meningkatkan energi, dan memperpanjang usia.

Zat aktif yang sangat berperan dalam mencerahkan pada kefir adalah Probiotik. Dr. Whitney Bowe, dokter kecantikan di New York mengemukakan bahwa probiotik mengurangi berbagai masalah hiperpigmentasi pada kulit (sindonews.com).

Kefir mengandung Alpha-Hydroxy Acids (AHA). Senyawa kimia ini lazim dijumpai pada buah segar, tebu, dan susu. AHA dapat membantu perbaikan kondisi kulit dengan cara mengganti sel kulit mati dan merangsang produksi kolagen di kulit.

Cara Membuat Kefir Dengan Mudah

Masker kefir cocok digunakan untuk semua jenis kulit. Pemakaian masker kefir secara rutin efektif dalam membersihkan debu, polusi, zat berbahaya dan lainnya. Hal ini membuat kulit tampil lebih bercahaya. Bagi kamu yang ingin membuat masker kefir di rumah untuk mencerahkan wajah, silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Siapkan Bahan dan Alat

Mulailah dengan menyiapkan 1 liter susu murni. Jenis susunya bebas tergantung selera, bisa susu sapi atau susu kambing. Selanjutnya siapkan 50 gram bibit kefir yang bisa kamu beli di swalayan atau pasar.

Lalu, sediakan peralatan seperti wadah yang terbuat dari kaca, bisa toples/gelas beserta penutupnya. Peralatan lain yang harus disiapkan adalah spatula, kain saring, dan peralatan untuk mendinginkan seperti freezer.

Mencampurkan Bahan

Setelah semua alat dan bahan siap, campurkan susu dan bibit kefir ke dalam toples dengan takaran yang sudah ditentukan di atas. Berikutnya aduk menggunakan spatula. Setelah tercampur rata, tutup toples menggunakan kain saring atau penutup lainnya. Simpan selama 1 hari di tempat yang tidak terkena sinar matahari. Lakukan pengadukan masker kefir secara berulang setiap harinya selama 2 hari. Hal ini supaya fermentasi sempurna.

Tahap Akhir Penyaringan dan Pendinginan

Saring kefir yang telah disimpan selama 2 hari di tempat yang redup. Kemudian diamkan kembali selama 2 hari untuk memisahkan kefir grains. Setelah proses penyaringan, masukan ke dalam freezer untuk didinginkan. Kamu pun sudah bisa menggunakannya.

Manfaat Kefir

Perlu kamu ketahui manfaat dan keunggulan dari kefir dalam merawat wajah tidak hanya itu saja. Kami telah merangkumnya dari laman nayelle.com. Yuk, baca sampai habis!

Melembutkan Kulit

Probiotik dalam kefir membantu menjaga kelembapan kulit selama 8 jam penuh. Jika kamu memiliki jenis kulit kering, penggunaan kefir sangat ampuh dalam melindungi kulit-kulit yang mengelupas akibat kekeringan. Hal ini disebabkan oleh kandungan probiotik di dalam kefir yang membantu membuat kulit tetap lembab. Sedangkan antioksidan restoratif membantu mengurangi garis-garis halus dan kerutan pada kulit.

Meminimalisir Rosacea (Kemerahan)

Rosacea atau kemerahan di wajah bisa diakibatkan karena pemakaian produk kosmetik, tidak membersihkan wajah, jarang menggunakan pelembab dan sebagainya. Kemerahan ini bisa diatasi dengan kefir. Kandungan aktif probiotik Lactobacillus berupa zat anti inflamasi mengatasi peradangan dan kemerahan sehingga dapat menenangkan  kulit.

Memperbaiki Gari-garis Halus dan Kulit Kusam

Permasalahan yang sering terjadi pada kulit wajah adalah penuaan dini. Probiotik pada kefir memproduksi kolagen, asam hialuronat, dan antioksidan sebagai anti-aging yang dapat memperlambat penuaan. Permasalahan lain seperti kulit kusam akibat sinar matahari bisa diatasi melalui kefir. Kandungan AHA pada kefir menghaluskan wajah sekaligus membuat kulit wajah lebih cerah.

Mengurangi Jerawat

Permasalahan lainnya yang sering hadir pada kulit wajah yakni jerawat. Kefir yang kaya akan probiotik menghasilkan peptide antimikroba sebagai anti biotik alami. Zat ini bermanfaat untuk melawan bakteri Propionibacterium Acnes pada jerawat.

Eksfoliasi kulit

Penumpukan sel-sel kulit mati pada kulit bisa diatasi dengan kefir. Susu fermentasi ini memiliki bahan exfoliator alami yakni Asam Laktat dan Asam Alfa Hidroksi (AHA), membantu dalam meluruhkan sel kulit mati penyebab kekusaman kulit wajah.

Menyeimbangkan PH Kulit

Dilansir dari journal.sociola.com, Patricia Wexler (Dermatologis) asal Amerika mengemukakan bahwa lapisan pelindung pada permukaan kulit untuk wanita normal idealnya memiliki kadar pH 5,5. Pada level ini kulit dinyatakan sempurna.

Namun untuk wanita dewasa, pH lapisan pelindung kulit cenderung lebih asam, biasanya berada pada kadar 4,2-5,6. Jika kadar pH dalam kulit terlalu basa kulit dapat menjadi kering dan sensitif. Sedangkan jika kadar pH terlalu asam dapat membuat kulit menjadi meradang dan mudah berjerawat.

4.9/5 - (21 votes)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *