whatsapp-adev

Bahan Kosmetik

Minyak Almond: Pelembab Hebat untuk Setiap Produk Skincare

Published:

Updated:

M Rizky Novryan

No Comments

Minyak almond merupakan minyak esensial yang dikenal ampuh untuk merawat kulit. Sejak zaman dahulu pada peradaban Cina kuno minyak almond sudah digunakan untuk mengatasi masalah kulit.

Saat ini minyak almond sedang tren digunakan sebagai salah satu bahan aktif pada skincare, merk-merk skincare ternama pun turut menggunakannya dengan klaim untuk mengatasi masalah kulit kering.

Situs alliedmarketresearch.com merilis data yang menyebutkan bahwa, pasar minyak almond secara global menyentuh angka sebesar 1,4 triliun Dollar A.S. pada tahun 2020, lalu diperkirakan pada tahun 2031 diperkirakan akan menyentuh angka 5,6 triliun Dollar A.S.

Kira-kira apa yang membuat minyak almond begitu banyak diminati? Apa saja manfaatnya pada kulit sehingga banyak digunakan pada produk skincare

Kita simak yuk pembahasan Adev tentang minyak almond ini!

Apa itu Minyak Almond?

Minyak Almond Untuk Bahan Kosmetik

Minyak almond adalah minyak yang dihasilkan dari proses ekstraksi biji almond. Biji almond biasa dikenal oleh orang Indonesia sebagai kacang almond, padahal sesungguhnya dia tidak tergolong sebagai kacang-kacangan.

Menurut situs medicalnewstoday.com, minyak almond didapat dari biji almond yang digiling dan ditekan pada mesin press. Selanjutnya dipanaskan pada suhu tertentu atau dilarutkan dengan bahan kimia untuk memurnikan minyaknya.

Selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah minyak almond memiliki dua jenis, yaitu minyak almond manis dan minyak almond pahit. Keduanya memiliki perbedaan yang signifikan namun tetap memiliki banyak manfaat. 

2 Jenis Minyak Almond

Sebelumnya telah disinggung tentang minyak almond manis dan minyak almond pahit. Apakah keduanya dapat digunakan untuk keperluan kecantikan? Berikut penjelasan tentang keduanya menurut situs La Tourangelle:

Minyak Almond Manis

Minyak almond manis didapat dari biji almond pohon prunus amygdalus dulcis. Pohon tersebut berasal dari kawasan Asia dan Timur Tengah. Sementara minyak almond manis sendiri ditemukan di Amerika Serikat pada abad 19 menurut situs verywellhealth.com.

Minyak almond manis dapat digunakan untuk perawatan kulit seperti mengoleskannya langsung. Minyak almond manis dapat dijadikan sebagai menu diet untuk kesehatan karena dapat mengontrol gula darah dan menjaga kesehatan jantung. 

Selain digunakan langsung ke kulit, minyak almond manis juga dapat dijadikan sebagai salah satu bahan untuk formula kosmetik dan skincare. Sebagai minyak esensial memiliki banyak manfaat untuk perawatan kulit tubuh, wajah, bibir, dan bahkan juga rambut.

Minyak Almond Pahit

Minyak almond pahit didapat dari biji almond pohon prunus amygdalus amara. Pohon ini juga sama berasal dari kawasan Timur Tengah. Perlu dicatat bahwa, minyak almond pahit tidak dapat dikonsumsi karena beracun untuk pencernaan.

Minyak almond pahit juga dapat digunakan untuk penggunaan langsung, seperti untuk keperluan minyak pijat misalnya. Kemudian untuk kebutuhan produk skincare, minyak almond pahit dijadikan bahan karena aromanya almondnya sangat kuat.

Minyak almond pahit kemudian dijadikan sebagai bahan utama produk sabun batang. Selain karena kandungan bioaktif dan nutrisi yang baik untuk kulit, sabun batang minyak almond pahit dapat membunuh bakteri dan mikroba di permukaan kulit.

Kandungan Bioaktif dan Nutrisi Minyak Almond

Kandungan Nutrisi Minyak Almond

Jika kita lihat pada gambar di atas, minyak almond memiliki kandungan Vitamin E yang cukup tinggi. Vitamin E dalam minyak almond mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari.

Lalu, menurut situs byrdie.com kandungan Vitamin E yang tinggi pada minyak almond merupakan sumber antioksidan yang kaya. Antioksidan tersebut yang akan membantu kulit kita bertahan dari faktor negatif lingkungan, seperti polusi misalnya. 

Kemudian, minyak almond manis mampu memperbaiki kerutan kulit atau stretch marks pada wanita yang telah melahirkan. Bahkan menurut situs verywellfit.com, minyak almond manis sudah digunakan peradaban Cina kuno untuk mengatasi psoriasis dan eksim.

Minyak almond mampu menenangkan kulit yang teriritasi atau radang karena memiliki sifat anti inflamasi. Artinya minyak almond cocok untuk digunakan seluruh jenis kulit, baik kulit kering ataupun kulit sensitif.

Eits, ada hal penting soal kecocokan kulit saat menggunakan minyak almond. Penasaran? Baca terus artikel ini ya mitra Adev!

Minyak Almond Aman untuk Kulit, Tapi Perhatikan Dulu Hal Ini

Minyak almond yang tren saat ini sangat aman sekali untuk digunakan, untuk keamanannya sudah diuji dari tahun 80an. Hal itu dibuktikan oleh jurnal ilmiah dari The American College of Toxicology dengan judul “Final Report on the Safety Assessment of Sweet Almond Oil and Almond Meal”.

Jurnal tersebut menjelaskan beberapa eksperimen yang menguji minyak almond manis, salah satunya adalah mengujinya terhadap kulit yang teriritasi. Hasilnya minyak almond manis tidak memberikan efek negatif pada kulit yang sudah teriritasi.

Jurnal tersebut juga membuktikan bahwa, minyak almond manis aman digunakan untuk produk kecantikan dan produk perawatan rambut. Kandungan minyak almond manis pada produk-produk tersebut juga dapat mengobati jerawat dan memperbaiki kulit.

Satu catatan penting soal minyak almond, baik minyak almond esensial atau yang telah digunakan pada produk perawatan tubuh, minyak almond perlu dihindari untuk orang-orang yang memiliki alergi terhadap kacang.

Untukmu para produsen atau pebisnis kosmetik yang ingin memakai minyak almond manis sebagai kandungan bahan kosmetik, kamu perlu dengan tegas memasang label peringatan bahwa kosmetik tidak direkomendasikan untuk orang-orang yang alergi kacang. 

Selain minyak almond, masih ada bahan alami lain yang juga aman digunakan untuk perawatan kulit dan rambut. Yuk, simak bahan aktif minyak kelapa yang memiliki banyak manfaat untuk produk perawatan kulit!

Manfaat Minyak Almond

Setelah kita ketahui kandungan nutrisi dari minyak almond, lalu, mengetahui bahwa minyak almond juga aman untuk digunakan pada produk-produk perawatan tubuh, sekarang saatnya kita ketahui manfaat-manfaat spesifik minyak almond.

Yuk kita simak apa saja manfaat-manfaatnya!

Manfaat Minyak Almond untuk Kulit

Sebagai salah satu bahan aktif yang telah digunakan sejak zaman kuno, kira-kira apa saja manfaat minyak almond untuk kulit ya? Ini dia manfaat minyak almond untuk kulit menurut situs Nectar:

  • Membersihkan kulit dari racun dan membuka pori-pori yang tersumbat kotoran.
  • Menjaga kelembaban kulit dan menghalangi mikroba kotor masuk.
  • Sebagai bahan anti-inflamasi dapat meningkatkan kekebalan kulit.
  • Mengurangi dan mencegah munculnya stretch mark.
  • Merawat kolagen alami kulit karena asam aminonya.
  • Merawat kulit kering, termasuk penyakit eksim dan psoriasis.
  • Mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar UV dari matahari.

Manfaat Minyak Almond untuk Wajah

Untuk kamu pebisnis yang sedang berminat untuk membuat produk bahan alami, pasti penasaran apa saja manfaat minyak almond untuk kulit wajah? Berikut ini manfaat minyak almond untuk kulit menurut situs healthline.com:

  • Memperbaiki corak dan warna kulit karena sifat emoliennya.
  • Merawat kulit berjerawat karena kandungan fatty acid dan retinol yang dapat mengontrol minyak yang menyebabkan jerawat.
  • Menjaga kulit wajah untuk tetap lembab.
  • Membersihkan kulit wajah sampai ke dalam pori-pori.
  • Mencegah kerusakan kulit wajah akibat paparan sinar UV dari matahari.
  • Vitamin E pada minyak almond merupakan sumber antioksidan yang dapat membantu mengurangi efek penuaan dini.

Manfaat Minyak Almond untuk Bibir

Selain bermanfaat untuk kulit wajah, minyak almond juga bermanfaat sekali untuk bibir. Berikut manfaat minyak almond untuk bibir menurut situs anveya.com:

  • Membantu meremajakan kulit bibir.
  • Mengangkat sel-sel kulit mati yang ada di bibir.
  • Melembutkan dan menghaluskan kulit bibir.
  • Menjaga kelembaban kulit bibir dan menyembuhkan bibir pecah-pecah.
  • Vitamin E pada minyak almond membantu menjaga warna bibir agar tidak gelap saat terpapar matahari.

Manfaat Minyak Almond untuk Kantung Mata

Minyak almond juga bersifat anti inflamasi dan bersifat emolien, menurut situs dermcollective.com sangat cocok digunakan di sekitar kantung mata karena memiliki manfaat sebagai berikut:

  • Mencerahkan area gelap di sekitar mata.
  • Menyembuhkan kantung mata yang bengkak atau sembab.

Manfaat Minyak Almond untuk Rambut

Untukmu pebisnis kosmetik yang sedang fokus pada produk perawatan rambut, kamu perlu tahu manfaat minyak almond untuk rambut menurut situs kamaayurveda.com berikut ini:

  • Meredakan pengelupasan kulit kepala karena iritasi.
  • Meredakan rasa gatal-gatal yang timbul di kulit kepala.
  • Mengikatkan pertumbuhan rambut.
  • Melembutkan dan mengkondisikan rambut.
  • Memperkuat dan memperbaiki rambut yang rusak.

Produk Kosmetik Berbahan Minyak Almond

Minyak almond memiliki dua jenis, minyak almond manis dan minyak almond pahit. Keduanya memiliki kandungan dan manfaat yang sama. Jika kamu menginginkan produk yang memiliki aroma almond, kamu dapat memilih minyak almond pahit.

Sebelumnya kita sudah mengetahui apa saja manfaat yang dapat diberikan oleh minyak almond, lalu kira-kira produk seperti apa yang dapat mengaplikasikan kebaikan minyak almond? Berikut daftar produknya:

Skincare

Untuk mengaplikasikan manfaat minyak almond pada produk kosmetik yang berbasis skincare, kamu dapat mencoba membuat produk yang ada di daftar berikut ini:

Face oil

Face oil merupakan produk skincare cair atau biasa disebut liquid. Face oil digunakan untuk kulit wajah, face oil dapat berguna sebagai agen untuk melembabkan dan menghidrasi kulit wajah. Selain itu face oil juga dapat digunakan sebagai agen penenang kulit wajah.

Minyak almond merupakan minyak esensial yang pas untuk dijadikan face oil, banyak brand kosmetik yang juga meluncurkan face oil dengan bahan minyak almond. Kandungan minyak almond yang kaya akan Vitamin E sangat cocok untuk dijadikan face oil.

Brand Brooklyn Botany dari Brooklyn, Amerika Serikat memiliki produk face oil sekaligus body oil dan hair oil. Brooklyn Botany merilis produk tersebut dengan ukuran 500ml dengan harga 130.000 rupiah. 

Face wash

Face wash atau pembersih wajah merupakan produk skincare yang mendominasi, karena produk ini yang sering digunakan oleh para pria juga. Face wash berguna untuk membersihkan wajah dari kotoran melalui busa yang dihasilkan.

Minyak almond memiliki kemampuan untuk menjangkau pori-pori terdalam wajah, hal itu sangat mendukung sekali jika minyak almond digunakan pada face wash. Selain membersihkan, minyak almond juga dapat menjaga kelembaban dan penuaan dini.

Brand SABA dari India juga merilis produk face wash dengan bahan minyak almond. Selain minyak almond, face wash dari SABA ini dikombinasikan dengan kunyit. Produk ini dijual pada kisaran harga 130.000 rupiah.

Face serum

Face serum merupakan skincare yang diaplikasikan pada wajah. Face serum berbahan dasar minyak atau air yang ringan dan mudah diserap oleh kulit wajah. Face serum digunakan dengan ukuran yang sangat kecil dan biasanya menggunakan pipet dan ditetaskan ke wajah.

Walaupun digunakan hanya beberapa tetes, face serum dapat menembus jauh ke dalam kulit dengan kekuatan molekul-molekul kecilnya yang sangat aktif. Manfaat minyak almond akan maksimal teraplikasikan jika digunakan sebagai serum.

Brand skincare dari Amerika Serikat yaitu RAYA memiliki produk face serum dengan bahan almond. Produknya tersebut dijual pada kisaran harga 420.000 rupiah. 

Face cream

Face cream adalah produk skincare yang berbentuk krim dan dioleskan pada wajah. Face cream dapat berupa foundation atau krim pelembab wajah.

Minyak almond yang mampu melembabkan kulit cocok dijadikan salah satu bahan ekstraksi pada produk face cream. Kelebihan yang paling signifikan adalah minyak almond cocok untuk mereka yang memiliki kulit sensitif.

Seperti brand Weleda dari Swiss yang membuat produk face cream dengan klaim aman untuk kulit sensitif. Selain itu mereka juga berkata produknya ini baik untuk kulit wajah kering. Produk Weleda tersebut dipatok dengan harga 375.000.

Face scrub

Face scrub atau lulur wajah merupakan skincare yang digunakan untuk mengeksfoliasi kulit wajah. Menurut situs hellosehat.com eksfoliasi adalah suatu perawatan kulit yang bertujuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada kulit terluar wajah.

Face scrub juga berguna untuk mengatasi pori-pori wajah yang tersumbat, lalu face scrub juga berguna untuk mengatasi bintik-bintik hitam pada kulit wajah. Manfaat minyak almond dapat teraplikasikan dengan baik pada produk face scrub.

Brand RAYA juga mengeluarkan varian produk face scrub yang mengandung ekstrak almond. Face scrub dari RAYA dipatok dengan harga 270.000 rupiah. 

Under-eye cream

Under-eye cream adalah produk skincare berupa krim yang diformulasikan secara khusus untuk kulit disekitar mata. Under-eye cream biasanya lebih banyak mengandung minyak dari pada krim lain pada kategori skincare.

Under-eye cream digunakan untuk mengurangi kerutan dan juga area hitam (mata panda) di sekitar mata. Masalah tersebut merupakan salah satu dampak dari penuaan dini.

Penggunaan almond pada under-eye cream akan memberikan manfaat untuk mengurangi masalah kerutan di sekitar mata, ya, karena kemampuannya untuk menahan penuaan dini terjadi.

Brand BIOTIQUE dari India memiliki produk Under-eye cream dengan bahan minyak almond. Mereka mematok harga sekitar 195.000 rupiah untuk produk tersebut.

Bodycare

Terkenal sejak dahulu untuk merawat kulit tubuh, berikut daftar produk body care yang dapat kamu jadikan inspirasi untuk berbisnis kosmetik:

Hand cream

Hand cream atau krim tangan merupakan salah satu produk skincare yang memiliki viskositas tinggi dan dirancang khusus untuk kulit tangan. Hand cream berguna untuk melembutkan dan melembabkan kulit tangan yang kering dan pecah-pecah.

Manfaat minyak almond yang juga dapat melembabkan kulit dapat teraplikasikan dengan baik produk-produk hand cream.

Brand yang merilis hand cream dengan kandungan almond adalah Dessert Essence dari Amerika Serikat. Selain minyak almond, pada produk ini Dessert Essence juga menggunakan shea butter dan jojoba oil. Produk ini dihargai 150.000 rupiah.

Body lotion

Body lotion merupakan skincare yang digunakan pada kulit di sekitar tubuh dan berguna untuk menjaga kulit tetap lembab. Body lotion juga mampu mencegah kulit kering dan pecah-pecah.

Minyak almond yang juga mampu melembabkan kulit sangat cocok untuk digunakan pada produk body lotion. Kemampuannya menghidrasi kulit dapat menjaga kulit tetap lembab saat berada di ruangan dingin atau bahkan musim dingin.

Brand ternama seperti NIVEA juga merilis produk body lotion yang mengandung minyak almond. NIVEA memformulasikan body lotion tersebut spesifik untuk menangani masalah kulit kering. NIVEA mematok produk tersebut di kisaran harga 100.000 rupiah.

Body scrub

Body scrub atau lulur adalah skincare berbentuk krim yang bertekstur kasar dan berguna untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Hasilnya tentu akan membuat kulitmu terasa lembut dan kenyal.

Minyak almond pada body scrub digunakan sebagai bahan campuran. Seperti brand Majestic Pure Cosmeceuticals mengeluarkan produk face scrub dengan marine collagen dan minyak almond manis. Produk tersebut dibandrol dengan harga 150.000 rupiah.

Body butter

Body butter adalah skincare w krim kental yang mampu melembabkan kulit. Body butter juga dapat melindungi kulit kita dari kekeringan atau juga kulit kasar.

Body butter juga biasanya dikombinasikan dengan bahan-bahan alami, seperti cocoa butter, shea butter, dan mango butter. Tidak lupa tentunya almond juga dapat dikombinasikan pada produk body butter.

Brand OKAY dari Amerika Serikat mengeluarkan produk body butter dengan bahan almond dan juga madu. Manfaat madu untuk kulit tentu akan membuat body butter ini semakin hebat untuk melembabkan. Produk dari OKAY tersebut dihargai sekitar 36.000 rupiah.

Sabun batang

Sabun batang adalah produk skincare yang paling sering kita jumpai, bahkan tersedia juga di warung-warung kecil. Jadi sepertinya kita tidak perlu menjelaskan bentuknya seperti apa karena kalian tentu sudah tahu.

Namun, Adev akan menjelaskan sedikit tentang cara kerja sabun batang untukmu. Sabun batang bekerja dengan cara melarutkan kotoran di permukaan kulit, ingat permukaan kulit saja ya.

Saat kamu beraktivitas maka keringat dan kotoran bercampur dengan minyak alami yang diproduksi di kulit kita. Hal tersebut jika dibiarkan akan membiakkan bakteri dan mengendap di kulit sebagai patogen.

Kemudian, sabun batang hadir untuk mengatasi hal tersebut. Sabun batang memecah lapisan minyak tersebut dan mengangkat patogen dari kulit kita.

Brand Himalaya dari India mengeluarkan produk sabun batang berbahan aktif minyak almond. Sekali lagi kemampuan melembabkan menjadi klaim yang ditonjolkan pada produk ini. Harga sabun batang ini harganya berkisar 23.000 rupiah.

Sabun cair

Sabun cair adalah salah satu produk skincare yang umum digunakan oleh semua orang. Terlebih saat kita memasuki pandemi wabah Covid-19 sabun cair dapat kita lihat di mana-mana.

Secara teknis sabun cair dan sabun batang tidak jauh berbeda secara penggunaan dan manfaat. Namun, yang jadi pembeda adalah sabun cair menggunakan kalium hidroksida dan dikombinasikan dengan air, karenanya sabun ini berwujud cair.

Salah satu brand luar yang membuat sabun cair dengan kandungan minyak almond adalah A La Maison. A La Maison menjual produknya pada kisaran harga 400.000 rupiah.

Krim pelembab

Krim pelembab merupakan skincare yang sesuai dengan namanya berguna untuk melembabkan kulit. Krim pelembab membantu mempertahankan kelembaban kulit dan mencegah kulit kering.

Sebetulnya kulit kita memiliki mekanisme untuk melembabkan diri sendiri. Namun, seiring banyaknya aktivitas di luar dan faktor lingkungan dapat membuat kulit kita kering. Krim pelembab hadir untuk mengatasi masalah tersebut.

Brand besar seperti NIVEA merilis produk krim pelembab dengan kandungan minyak almond. NIVEA merilis produk tersebut khusus untuk perawatan kulit kering. NIVEA mematok harga produknya itu pada harga 120.000 rupiah.

Lip Care

Kemampuan minyak almond untuk melembabkan dan merawat kulit kering dapat diaplikasikan juga produk perawatan bibir, seperti misalnya:

Lip oil

Lip oil merupakan produk skincare yang digunakan pada bibir dengan cara dioleskan. Lip oil memberi manfaat untuk melembabkan kulit bibir dan memberikan kesan berkilau. Lip oil adalah pilihan tepat untuk menghidrasi bibir dengan cara yang sehat.

Burt’s Bees brand dari Amerika Serikat merilis produk lip oil dengan kandungan minyak almond manis. Burt’s Bees mematok harga produknya itu di kisaran 100.000 rupiah.

Lip balm

Lip balm atau balsem adalah produk lip care yang dibuat dengan kandungan lilin, tenang saja lilin yang digunakan aman untuk bibir. Penggunaan lilin bertujuan untuk membantu lip balm untuk menempel pada bibir.

Lalu, lip balm digunakan dengan cara dioleskan ke bibir guna mencegah gejala bibir kering dan pecah-pecah. Selain itu lip balm juga dapat mengatasi stomatitis (radang pada mulut atau bibir).

Brand HURRAW! dari Amerika Serikat merilis produk lip balm dengan kandungan minyak almond. HURRAW! mematok harga produknya dengan kisaran 60.000 rupiah. 

Hair Care

Selain ampuh merawat kulit, minyak almond juga dapat digunakan pada produk perawatan rambut. Berikut daftar produk perawatan rambut yang dapat kamu buat dengan bahan minyak almond:

Hair oil

Hair oil atau minyak rambut adalah salah satu produk hair care yang berbahan dasar minyak esensial dari bahan alami tertentu, minyak almond misalnya. Hair oil dituangkan ke rambut dan memijatnya perlahan sampai ke kulit kepala.

Hair oil berguna untuk melembabkan rambut dan membuatnya berkilau. Kandungan Vitamin E pada minyak almond misalnya bagus untuk kesehatan kulit kepala.

Brand Shiny Leaf merilis produk hair oil dengan bahan minyak almond esensial. Produknya tersebut dipatok dengan kisaran harga 225.000 rupiah.

Hair serum

Hair serum atau serum rambut adalah produk hair care yang berbasis cairan. Hair serum digunakan langsung pada rambut dan berguna untuk menghaluskan rambut yang kusut.

Hair serum juga bermanfaat untuk menyehatkan rambut dan mencegah kerontokan terjadi, dengan kandungan minyak almond hair serum dapat menumbuhkan rambut baru dan membantu melebatkan volume rambut.

Seperti brand Hair Thickness Maximizer yang membuat hair serum dengan kandungan minyak almond. Mereka memberikan klaim produknya dapat menumbuhkan rambut. Produknya tersebut dipatok pada kisaran harga 240.000 rupiah.

Shampo

Shampo merupakan produk hair care dengan bentuk cairan kental, namun kini juga ada shampo padat berbentuk sabun batang. Shampo pasti sudah sangat kita kenali bentuk dan fungsinya, karena banyak dari kita pasti memakai shampo.

Shampo sendiri berfungsi untuk membersihkan rambut dan juga kulit kepala dengan menghilangkan sebum (minyak alami kulit) berlebih, ketombe, kotoran atau debu, dan juga sisa-sisa produk hair care lainnya.

Brand besar spesialis produk hair care Head & Shoulders merilis produk shampo dengan kandungan minyak almond. Head & Shoulders merilis produknya dengan kisaran harga 140.000 rupiah. 

Hair Conditioner

Hair conditioner atau kondisioner rambut adalah salah satu jenis hair care yang berguna untuk meningkatkan tekstur dan tampilan rambut. Hair conditioner memudahkanmu dalam merapikan rambut, mengurangi kemungkinan rambut kusut saat disisir.

Hair conditioner juga biasanya dipakai setelah kita selesai menggunakan shampo. Banyak yang keliru mungkin antara shampo dan hair conditioner, padahal keduanya memiliki fungsi yang berbeda.

Hair conditioner yang mengandung minyak almond tentu akan memberikan manfaat yang lebih baik, seperti membuat rambutmu lebih halus dan berkilau. Selain itu juga dapat merawat kondisi kulit kepalamu.

Salah satu brand yang membuat produk hair conditioner yang mengandung minyak almond adalah Hair One. Hair One mematok produk tersebut dengan kisaran harga 81.000 rupiah.

Kesimpulan

Terdapat dua jenis minyak almond yang umum digunakan untuk produk skincare, yaitu minyak almond manis dan minyak almond pahit. Pada produk-produk tertentu minyak almond pahit lebih banyak dipilih karena almondnya yang kuat.

Minyak almond mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kulit, seperti Vitamin E, fatty acid, dan antioksidan. Menggunakan minyak almond dapat membantu menenangkan dan menghidrasi kulit dan rambut.

Karena kandungan nutrisi dan manfaat yang diciptakan, tidak heran banyak turunan produk perawatan tubuh yang berbahan minyak almond. Kamu dapat mulai memilih minyak almond untuk digunakan pada produk skincare milikmu.

Bagaimana, ini sebuah bahasan yang menarik bukan? 

Yuk lihat aneka produk skincare yang bisa kamu maklon di Adev!

Referensi

4.9/5 - (37 votes)

Tentang

M Rizky Novryan

Penulis merupakan pribadi yang gemar menulis artikel tentang bisnis dan enterpreneurship. Ia telah berupaya memberikan informasi terbaik dan akurat di artikel ini berdasarkan literasi dan penelitiannya.

Namun artikel ini dibuat hanya untuk tujuan informasi dan tidak ditujukan sebagai saran profesional atau konsultasi bisnis. Setiap pembaca bertanggung jawab penuh terhadap penggunaan informasi dalam artikel ini dan penulis tidak bertanggung jawab atas kerugian atau kerusakan dalam bentuk apa pun yang diduga timbul dari kesalahan, kelalaian, atau kelalaian dalam menyusun artikel ini.

Tinggalkan komentar


Index