fbpx

Kegunaan & Manfaat Minyak Kelapa di 10 Produk Kosmetik

Minyak kelapa, salah satu minyak yang paling bermanfaat untuk perawatan kulit dan rambut. Keajaiban bahan alami ini telah digunakan sejak lama dan masih eksis hingga sekarang. 

Terlebih, meningkatnya kesadaran konsumen tentang manfaat bahan alami dalam produk perawatan pribadi (personal care) mendorong coconut oil semakin diminati. 

Data Intelo menyebutkan pasar global minyak kelapa untuk kosmetik diperkirakan akan bertumbuh sebesar 5,2% setiap tahunnya hingga 2030 mendatang.

Namun, sebenarnya apa yang menjadikan minyak kelapa begitu disenangi? Apa nutrisi hebat yang terkandung dalam bahan alami satu ini?

Selengkapnya mengenai minyak kelapa, akan kamu temukan sebentar lagi. Pastikan juga kamu membacanya sampai habis agar informasi penting tak ada yang kamu lewatkan.

Apa itu Minyak Kelapa?

Minyak Kelapa Bahan aktif skincare

Minyak kelapa (coconut oil) adalah salah satu bahan aktif yang telah lama dipercaya memiliki sederet manfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Melansir Harvard Edu, dalam bidang kesehatan, minyak kelapa telah berperan meningkatkan fungsi otak pasien pengidap Alzheimer. Selain itu, survei di Amerika mengungkap bahwa 72% responden mengatakan minyak kelapa “menyehatkan”, dan 37% mengatakan bahan ini merupakan “ahli nutrisi”.

Bahan ini berasal dari ekstrak buah kelapa yang mengandung lemak jenuh sebesar 80-90%. Di dalam coconut oil terkandung asam lemak antara lain lauric acid, myristic acid, caprylic acid, palmitic acid, dan lainnya. 

Bahan natural yang baik untuk kulit ini memiliki aktivitas sebagai antibakteri, antiinflamasi, dan pelembab. Sebuah penelitian mengungkap bahwa minyak kelapa mampu memperbaiki gejala kerusakan kulit dengan melembabpkan dan menenangkan kulit.

Tak hanya berperan merawat kulit, coconut oil juga bagus untuk perawatan rambut. Yuk, simak selengkapnya mengenai manfaat minyak kelapa berikut ini!

Manfaat Minyak Kelapa untuk Kulit

Coconut Oil, Skincare Ingredients

Telah disebutkan sebelumnya, minyak kelapa merupakan bahan pelembap yang efektif. Kabar baiknya lagi, minyak kelapa dapat digunakan oleh berbagai jenis kulit, termasuk kulit kering.

Bahan alami ini mampu menembus jauh ke dalam lapisan kulit, kandungan asam lauratnya dapat mencegah keriput dan melawan radikal bebas penyebab penuaan dini. 

Melansir International Journal of Life Science Research, berikut ini manfaat lain coconut oil bagi kulit.

  • Solusi aman untuk mencegah kekeringan dan bintik hitam pada kulit
  • Memiliki peran antioksidan
  • Membantu memperlambat munculnya tanda-tanda penuaan dini seperti garis-garis halus, kerutan, dan kulit mengendur
  • Membantu memperbaiki dan meningkatkan fungsi skin barrier
  • Membantu merawat masalah kulit seperti psoriasis, dermatitis, eczema

Manfaat Minyak Kelapa untuk Rambut

Minyak kelapa untuk rambut

Dalam sebuah studi disebutkan bahwa coconut oil merupakan bahan natural terbaik yang mengandung vitamin E yang merupakan nutrisi penting untuk rambut yang sehat. 

Kamu pasti sering menemui produk-produk perawatan rambut (haircare) mengandung bahan ajaib ini. 

Berikut ini merupakan manfaat coconut oil untuk rambut.

  • Membantu mempercepat pertumbuhan rambut
  • Membantu membuat rambut tampak lebih sehat bersinar
  • Efektif mengurangi hilangnya protein rambut
  • Melembapkan dan melembutkan rambut
  • Membantu rambut agar lebih mudah diatur
  • Membantu memperbaiki kerusakan rambut
  • Membantu mengurangi ketombe

Mengenal Virgin Coconut Oil (VCO) untuk Kosmetik

Virgin Coconut Oil

Selain minyak kelapa, VCO atau minyak kelapa murni, juga ramai diperbincangkan. Namun, sebenarnya apa yang dimaksud dengan virgin coconut oil? Lalu, apa manfaatnya bagi kulit?

Virgin coconut oil merupakan minyak kelapa yang diekstraksi menggunakan proses dingin yang mempertahankan keasliannya, aroma, hingga kandungan antioksidan di dalamnya. VCO memiliki warna bening seperti air.

Kandungan energi dalam VCO sama dengan minyak kelapa biasa, akan tetapi VCO yang mempertahankan kebaikan alaminya termasuk vitamin E, mineral, dan antioksidan, membuatnya disebut lebih unggul untuk kesehatan dan kecantikan kulit.

Selain melembapkan, minyak ini mampu membantu meredakan iritasi dan mengatasi masalah jerawat. 

Selanjutnya, menurut beberapa sumber, VCO biasa digunakan untuk bahan baku kosmetik dan terbukti lebih baik untuk menunjang kesehatan kulit. Virgin coconut oil mampu meningkatkan antioksidan dan menetralkan radikal bebas.

Dengan sederet kehebatannya, VCO memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan minyak kelapa jenis lainnya.

Jenis Produk Skin Care yang Mengandung Minyak Kelapa

Produk Skincare Minyak Kelapa, Coconut Oil

Minyak kelapa terkenal manfaatnya untuk perawatan kulit, kamu mungkin sering menjumpai beberapa produk di bawah ini yang di dalamnya mengandung minyak kelapa. 

Moisturizer

Produk pelembab seperti moisturizer merupakan produk yang berfungsi menjaga atau mengunci kelembapan kulit. Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa minyak kelapa merupakan produk pelembap yang baik.

Bahan moisturizer dapat kamu temui dalam krim siang, krim malam, atau krim anti aging. Hal ini karena kulit sangat memerlukan kelembapan.

Soap

Sabun adalah produk perawatan kulit yang menjadi kebutuhan sehari-hari setiap orang. Sabun terdiri dari beberapa jenis antara lain bar soap, liquid soap, body wash, dan shower gel. 

Tak hanya berfungsi sebagai pembersih tubuh, sabun juga digunakan untuk menyegarkan, melembapkan, dan melembutkan kulit. Minyak kelapa merupakan salah satu bahan yang digunakan untuk produk ini.

Body Lotion

Body lotion adalah produk perawatan tubuh yang berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit. Selain itu, produk ini mampu membantu mencerahkan, melembutkan dan memberi keharuman pada kulit.

Body Butter

Body butter adalah krim pelembab yang kaya akan nutrisi. Dibandingkan body lotion, pelembab ini memiliki tekstur lebih kental, produk body butter ini sangat cocok untuk jenis kulit kering.

Massage oil

Massage oil adalah minyak pijat yang bermanfaat membantu memberikan efek menenangkan pada kulit. Selain itu, produk body care ini biasanya diperkaya dengan aroma terapi yang mampu menyegarkan dan menenangkan pikiran. 

Dengan minyak kelapa, massage oil juga dapat berfungsi melembabkan dan melembutkan kulit tubuh. 

Jenis Produk Hair Care yang Mengandung Minyak Kelapa

Hair care product, Minyak kelapa

Produk perawatan rambut yang mengandung bahan natural minyak kelapa tak perlu diragukan lagi manfaatnya, ini dia produk haircare yang umumnya mengandung bahan alami tersebut.

Shampoo

Shampoo merupakan produk perawatan rambut yang menjadi kebutuhan primer. Selain berfungsi untuk membersihkan rambut, produk ini dapat diperkaya dengan vitamin atau bahan aktif lainnya seperti minyak kelapa yang dapat membantu menutrisi rambut.

Hair Conditioner

Kondisioner merupakan produk rambut yang berfungsi untuk menjaga kondisi rambut agar tetap lembab, lembut, dan berkilau.

Kondisioner yang mengandung minyak kelapa dapat mendukung pertumbuhan rambut dan melindunginya dari kerusakan akibat paparan sinar matahari, polusi atau terpaan angin.

Hair Mask

Tak hanya wajah, rambut juga bisa dimasker. Hair mask merupakan produk yang menawarkan perawatan rambut ala creambath tetapi lebih praktis karena tak perlu pergi ke salon.

Hair mask dengan kandungan bahan ini akan membantu merawat dan menutrisi rambut secara mendalam karena perawatan ini dimulai dari batang rambut sampai ke akarnya.

Hair Serum

Produk hair serum bermanfaat untuk membantu mencegah dan melindungi rambut dari kerusakan akibat radikal bebas atau hair styling seperti pewarnaan dan pencatokan rambut. 

Hair Oil

Hair oil merupakan produk yang menutrisi hingga ke inti rambut. Minyak kelapa sebagai bahan utama hair oil sering kita jumpai di pasaran. Produk ini dapat menembus ke dalam kutikula dan membantu memperbaiki struktur rambut

Itulah beberapa contoh produk perawatan yang dapat ditambahkan bahan natural minyak kelapa. Melansir Data Intelo, bahan keren ini bisa juga digunakan untuk produk kosmetik lainnya seperti eye makeup, eye cream, lipstick, lip balm, dan yang lainnya. 

Kamu bisa, loh, membuat produk tersebut dengan merekmu sendiri bersama Adev!

Mulai Bisnis Skincare Bersama Adev

Kalau kamu memiliki rencana berbisnis kosmetik, pastikan kamu memiliki mitra yang dapat membantumu meraih impianmu. Kamu bisa mengandalkan jasa maklon kosmetik untuk membantumu memproduksi produk skincare merekmu sendiri. 

Pastikan juga, jasa maklon kosmetik yang kamu pilih memiliki layanan terbaik seperti ini.

  1. Diskusi gratis bonus insight trend kekinian mengenai peluang pasar, tren kecantikan, bahan aktif, hingga kemasan produk.
  2. Adev Newsletter yang berisi strategi pemasaran produk atau insight bisnis setiap minggu
  3. Pengurusan perizinan legalitas seperti pendaftaran merek (HKI), BPOM, dan Halal MUI.
  4. Layanan after sales seperti pembuatan foto dan video produk*
  5. Fitur authentic tools yang menjamin keaslian produk ADEV

(*) Syarat dan ketentuan berlaku.

Semua layanan tersebut akan kamu temukan pada jasa maklon kosmetik Adev.

Selain itu, formulasi produk dan proses produksi skincare di Adev juga terjamin kualitasnya karena Adev telah memiliki sertifikat CPKB A dari BPOM dan Halal dari LPPOM MUI. 

Khawatir soal biaya maklon kosmetik dan syarat maklon? Tak perlu risau, semua proses maklon di Adev sangat mudah! Business Consultant kami siap membantu dan memberikan informasi yang kamu butuhkan dengan tanggap.

Tertarik membuat produk dengan bahan aktif skincare seperti minyak kelapa? Silakan klik tombol di bawah ini untuk berkonsultasi tentang pembuatan produk skincare brand sendiri. 

4.5/5 - (25 votes)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *