fbpx

Apa itu Tea Tree Oil? Manfaat Tea Tree Oil untuk Wajah

Populer sejak tahun 1920-an di Australia, minat akan bahan alami tea tree oil seakan tak pernah surut.

Hingga kini, bahan alami yang satu ini masih menjadi favorit banyak orang untuk mengatasi permasalahan kulit seperti jerawat. 

Mau tahu lebih lanjut tentang tea tree oil? Simak selengkapnya di bawah ini, yuk!

Apa itu Tea Tree Oil?

tea tree oil

Tea tree adalah bahan alami yang berasal dari tanaman asli Australia bernama Melaleuca alternifolia. Bahan alami ini bahkan telah digunakan sebagai pengobatan tradisional selama hampir 100 tahun di Australia karena khasiatnya. 

Selain bermanfaat dalam pengobatan tradisional, kini tea tree oil atau minyak pohon teh juga acapkali digunakan sebagai komponen aktif dalam produk perawatan kulit (skincare) yang berkhasiat sebagai antiseptik, antibakteri, dan anti-inflamasi.

Ketika diaplikasikan pada kulit, minyak pohon teh disebut dapat mengobati kondisi kulit tertentu atau memperbaiki penampilan kulit secara keseluruhan.

Tak hanya itu saja, minyak pohon teh juga punya banyak manfaat lainnya untuk kesehatan dan kecantikan kulit, lho. Apa saja, ya?

Manfaat Tea Tree Oil untuk Kulit

Berikut adalah beberapa manfaat tea tree oil untuk kulitmu!

Mengatasi Jerawat

maskne

Jerawat adalah penyakit kulit yang umum dialami oleh banyak orang. Sayangnya, kulit berjerawat ini selalu menjadi masalah yang menurunkan rasa percaya diri dan mengganggu penampilan. 

Penyakit ini disebabkan oleh beberapa kombinasi faktor seperti peradangan, produksi sebum berlebih, dan respon imunologis tubuhmu terhadap bakteri Propionibacterium acnes. 

Dilihat dari penyebabnya, tea tree oil adalah salah satu pilihan bahan populer yang ampuh untuk mengatasi jerawat karena memiliki kandungan terpineol sebagai anti-inflamasi dan antimikroba. 

Kandungan senyawa anti-inflamasi dan antimikroba ini yang dipercaya mampu membasmi jerawat membandel di wajahmu dengan mengendalikan bakteri Propionibacterium acnes penyebab jerawat.

Selain mengendalikan bakteri penyebab jerawat, penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Dermatology Research and Therapy juga menyebutkan bahwa kombinasi tea tree oil dan resveratrol yang dioleskan pada kulit mampu mengurangi produksi minyak dan bakteri pada kulit yang menjadi penyebab jerawat, serta dapat mengecilkan pori-pori.

Tak berhenti di situ, penggunaan tea tree oil pada kulit yang berjerawat juga disebutkan meminimalisir efek samping seperti kulit kemerahan, kering, bahkan mengelupas. 

Kesimpulannya, tea tree oil dan komponennya menunjukkan khasiat antibakteri yang baik. 

Pantas saja bahan kosmetik alami yang satu ini masih populer dan banyak dicari untuk mengatasi jerawat, ya, sahabat ADEV?

Namun, dalam hal keamanan, sebuah penelitian yang dipublikasikan di Journal of Food and Drug Analysis menyarankan hanya menggunakan tea tree oil murni sebanyak kurang dari 5% untuk mengobati jerawat.

Mengurangi Produksi Minyak Berlebih

Tea tree juga dapat bermanfaat untuk mengurangi produksi minyak berlebih. 

Hal ini dibuktikan dalam satu studi yang mengevaluasi penggunaan tabir surya (sunscreen) mengandung minyak pohon teh untuk menentukan apakah hal tersebut mengurangi kulit berminyak pada peserta penelitian atau tidak.

Para peserta penelitian ini menggunakan tabir surya ini selama 30 hari. Nah, ternyata setelah 30 hari penggunaan, setidaknya 1 dari 2 area wajah menunjukkan pengurangan sifat berminyak dan penurunan ukuran pori.

Menurunnya produksi minyak di wajah secara langsung juga akan mengurangi risiko jerawat di kemudian hari. 

Meredakan Kulit yang Iritasi dan Meradang

Kulit iritasi dan meradang tentu merupakan suatu kondisi yang tak menyenangkan, bukan? Sensasi perih bahkan mengelupas bisa berdampak pada penampilan fisikmu. 

Maka dari itu, kamu perlu segera mengatasi hal tersebut agar tak menimbulkan masalah yang lebih serius lagi. 

Selain ampuh membasmi jerawat membandel, produk yang mengandung tea tree oil juga disarankan untuk kondisi kulit yang iritasi dan meradang. 

Hal ini dibuktikan pada hasil riset yang dipublikasikan dalam International Journal of Legal Medicine yang menunjukkan bahwa penggunaan minyak pohon teh murni mampu mengurangi peradangan kulit yang sensitif terhadap nikel. 

Kamu bisa menggunakannya dengan minyak pelarut atau pelembap terlebih dahulu. 

Meredakan Gatal dan Gejala Psoriasis

Sifat anti-inflamasi yang terkandung dalam minyak pohon teh dipercaya dapat meredakan gatal eksim dan psoriasis kulit. 

Bahkan dalam suatu studi di The Archives of Dermatological Research membandingkan penggunaan zinc oxyde dan clobetasone butyrate dengan tea tree oil pada orang yang memiliki masalah dermatitis.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tea tree oil lebih baik dalam mengurangi dermatitis alergi daripada agen topikal lainnya.

Produk yang Dapat Diformulasikan dengan Tea Tree Oil

Tea tree oil

Skincare dengan kandungan tea tree oil dapat kamu kembangkan untuk menjawab permasalahan kulit yang umum dialami konsumen di Indonesia, yaitu jerawat dan kulit kusam. 

Belum tahu produk apa saja yang bisa dikembangkan? Yuk, ketahui di bawah ini!

Facial Wash

Facial wash atau sabun pencuci muka yang diformulasikan dengan tea tree akan cocok digunakan untuk pemilik kulit berminyak dan berjerawat. 

Facial wash pun dapat dikembangkan dengan beragam sediaan seperti gel, foam, atau whip

Moisturizer (Day & Night Cream)

skincare saat puasa
Closeup shot of hands applying moisturizer. Beauty woman holding a glass jar of skin cream. Shallow depth of field with focus on moisturizer.

Penggunaan moisturizer dengan tea tree dapat mendukung dalam perawatan kulit berminyak dan berjerawat. 

Masker

Masker tea tree adalah salah satu masker yang cukup populer dalam menenangkan kulit kemerahan akibat jerawat. 

Masker ini dapat dikembangkan dalam sediaan clay mask, wash-off mask, dan peel-off mask

Serum

Butuh perawatan yang lebih intensif? Serum tea tree bisa menjadi jawabannya! Serum dapat mengatasi masalah kulit berjerawat dengan memperbaiki lapisan kulit yang lebih dalam.

Sunscreen

sunscreen

Penggunaan sunscreen atau tabir surya terkadang menjadi mimpi buruk bagi pemilik kulit berminyak dan berjerawat karena membuat wajah menjadi kusam dan menyumbat pori-pori. 

Untuk mengatasi hal tersebut, formulasikan sunscreen yang ringan bersama dengan minyak pohon teh. Sehingga, selain melindungi, sunscreen juga dapat bekerja sebagai perawatan untuk kulit penggunanya. 

Shampoo

Produk perawatan rambut dengan kandungan bahan alami seperti tea tree oil semakin diminati konsumen.

Adev dapat membantumu untuk membuat shampoo yang mengandung tea tree oil.

ADEV memiliki formulasi kosmetik yang unik, dibuat oleh SDM handal di pabrik yang telah memiliki CPKB grade A sehingga terjamin kualitas dan mutunya.

Bagaimana cara memulai maklon paket dengan kandungan bahan tea tree oil ? Kamu bisa memulainya dengan berdiskusi terlebih dahulu bersama Business Consultant ADEV. 

Klik tombol di bawah ini untuk terhubung dengan Business Consultant ADEV, ya!

Please rate this post

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mau bisnis kosmetik merek sendiri?

WeCreativez WhatsApp Support
Business Consultant
Halo, dengan Damai sebagai Business Consultant di sini. Ada yang bisa kami bantu?
Scroll to Top