fbpx

Ceramide & 5 Manfaatnya dalam Produk Kosmetik/Skincare

Pernahkah kamu mendengar tentang bahan aktif kosmetik (skincare) bernama ceramide? Belakangan ini, bahan kosmetik satu ini populer digunakan dalam produk perawatan kulit atau skincare, lho.

Produk kecantikan yang mengandung ceramide kini juga menjadi pilihan banyak orang. Apalagi ketika ingin mendapatkan kulit yang sehat natural serta glowing. Laporan Google Year in Search menyebutkan bahwa pencarian kata “ceramide” di Google meningkat sebanyak 133% pada tahun 2021.

Ingin tahu lebih lanjut tentang bahan aktif kosmetik yang satu ini? Yuk, simak selengkapnya di artikel berikut.

Apa itu Ceramide?

Ceramide, bahan aktif skincare

Ceramide adalah jenis asam lemak (lipid) yang secara alami banyak ditemukan pada sel kulit manusia. Ceramide menyusun sekitar 30% to 40% lapisan terluar kulit atau yang biasa disebut dengan epidermis.

Dilansir dari laman webmd.com, ceramide terbuat dari bahan yang disebut sfingosin (sphingosine). Sphingosine adalah rantai atom karbon yang berikatan dengan asam amino.

Ceramide merupakan salah satu bahan aktif kosmetik yang ada di Adev. Dengan bahan kosmetik ini, kamu bisa membuat produk skincare seperti serum wajah.

Interest terhadap ceramide juga meningkat di Google. Lihat saja penelusuran ceramide di Google Trends selama 12 bulan terakhir di chart berikut ini.

Apa Fungsi dari Ceramide?

Ceramide skin barrier

Luisa Coderch di dalam American Journal of Clinical Dermatology menyebutkan bahwa Asam lemak ini bekerja untuk menjaga lapisan kulit luar (stratum corneum) tetap lembap lebih lama. Lapisan kulit luar tersebut bertanggung jawab untuk menjadi garis pertahanan pertama untuk menjaga kelembapan serta melawan iritasi dan bakteri.

Oleh sebab itu, kehilangan ceramide dapat menyebabkan kulit mengalami dehidrasi atau kekurangan kelembapan.

Bahan ini banyak dimanfaatkan di dunia perawatan kulit karena potensi manfaatnya yang baik untuk kesehatan. Tak heran kini brand kecantikan mulai terlihat mengembangkan produk ceramide yang bermanfaat untuk melindungi lapisan skin barrier yang tak kalah penting dari sekadar mencerahkan.

Ngomong-ngomong soal bahan aktif, selain ceramide ada niacinamide yang juga semakin populer. Tak sedikit yang bertanya, sebenarnya apa bedanya ceramide dan niacinamide?

Yuk, simak sedikit ulasan berikut ini!

Apa Bedanya Ceramide dan Niacinamide?

Ceramide dan niacinamide merupakan bahan aktif skincare yang semakin digemari. Dua bahan ini sekilas memiliki nama yang mirip sehingga sering membuat pengguna skincare penasaran mengenai perbedaan keduanya.

Pertama, ceramide dan niacinamide memiliki karakteristik bahan yang berbeda. Seperti yang telah kamu simak di atas, ceramide merupakan lemak atau lipid yang secara alami terkandung dalam lapisan kulit.

Sementara itu, niacinamide merupakan vitamin B3, jenis vitamin stabil yang memiliki beragam manfaat untuk masalah kulit.

Selanjutnya, kedua bahan ini memiliki cara kerja yang berbeda. Ceramide bekerja dengan cara membangun dan memperkuat lapisan penghalang (skin barrier), sedangkan niacinamide mendukung skin barrier dengan meningkatkan pembentukan sintesis protein kulit.

Ceramide merupakan bahan yang aman untuk dikombinasikan dengan bahan lainnya. Selain itu, bahan ini aman digunakan oleh semua jenis kulit, mulai dari kulit normal, berminyak, kering, hingga kombinasi.

Niacinamide pun termasuk bahan yang aman digunakan oleh semua jenis kulit dan baik jika digabungkan dengan bahan skincare lain, tapi hindari mencampur niacinamide dan vitamin C karena akan mengurangi efektifitasnya.

Tabel Perbedaan Ceramide vs Niacinamide

Faktor pembeda
Ceramide
Niacinamide
Komponen penyusun
Rantai karbon yang berikatan dengan asam lemak
Vitamin B3
Cara kerja
Membangun, memperkuat, dan menjaga skin barrier agar tetap lembap
Meningkatkan pembentukan sintesis protein kulit untuk mendukung skin barrier
Cocok untuk jenis kulit
Semua jenis kulit
Semua jenis kulit
Efek kombinasi dengan bahan lain
Aman dikombinasikan dengan bahan lain
Bisa dikombinasikan dengan bahan lain tapi hindari mencampur dengan vitamin C

Itulah perbedaan kedua bahan populer tersebut, kamu bisa menyelami lebih dalam tentang bahan aktif niacinamide pada artikel: Apa itu Niacinamide? Inilah Manfaat Lengkap Niacinamide.

Tipe dan Nama Lain Ceramide

Komposisi bahan aktif skincare, ceramide

Tahukah kamu? Terdapat dua tipe atau jenis bahan ceramide, yakni ceramide natural dan sintetis.

Ceramide natural adalah ceramide yang secara alami terdapat dalam lapisan kulit terluar. Ceramide terbentuk dari zat bernama sphingosine, rantai karbon atom yang mengandung asam amino.

Sedangkan, ceramide sintetis merupakan bahan ceramide yang dibuat dan digunakan untuk produk kecantikan. Ceramide dalam produk skincare ini lebih stabil dan bebas kontaminan sehingga cocok untuk keperluan perawatan kulit.

Kamu mungkin akan menemukan bahan ceramide dengan nama lain dalam produk skincare. Melansir WebMD, berikut ini nama-nama ceramide lainnya.

  • Ceramide 1 atau ceramide EOS
  • Ceramide 2 atau ceramide NS / NG
  • Ceramide 3 atau ceramide NP
  • Ceramide 6-II atau ceramide AP
  • Ceramide 9 atau ceramide EOP
  • Phytosphingosine
  • Sphingosine

Manfaat Ceramide untuk Kulit

cream ketiak

Ceramide untuk apa? Bahan aktif ini memiliki segudang manfaat untuk wajah dan kecantikan kulitmu, berikut di antaranya.

Mempertahankan fungsi skin barrier

Permintaan produk perawatan kulit atau skincare terus didominasi oleh produk pencerah. Namun selain mencerahkan, ada faktor yang lebih penting untuk tercapainya kulit yang sehat dan cantik.

Faktor penting yang mempengaruhi kesehatan dan kecantikan kulit adalah terlindunginya lapisan skin barrier. Skin barrier berada di lapisan kulit paling luar dan bertugas menjadi “pintu masuk” hidrasi dan mencegah polutan dan iritan untuk masuk.

Skin barrier yang rusak akan menghambat penyerapan produk perawatan kulit. Maka dari itu, lapisan ini harus dipertahankan fungsinya.

Kini telah banyak produk perawatan kulit yang mulai mengembangkan klaimnya pada perlindungan lapisan penghalang kulit atau skin barrier.

Nah, bahan aktif ceramide adalah bahan aktif yang umum digunakan untuk memperbaiki dan memperkuat lapisan penghalang kulit.

Melembapkan kulit (Moisturizer)

Fungsi dari bahan ini adalah membantu mengunci kelembapan kulit kamu sehingga dapat mencegah kulit kering dan iritasi.

Ceramide membantu mengisi kelembapan yang hilang di kulit, dengan menghidrasi kulit dan memulihkan sel-sel kulit serta membantu mempertahankan adhesi di antara sel-sel kulit.

Penelitian mengungkap bahwa krim ceramide bisa meningkatkan hidrasi kulit dan memperbaiki fungsi lapisan penghalang kulit.

Baca juga artikel tentang bahan hyaluronic acid.

Membantu mencegah jerawat

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang paling sering dialami oleh banyak orang, dan ceramide adalah bahan yang baik untuk jerawat.

Berperan penting dalam merawat skin barrier, ceramide juga mampu meningkatkan fungsi penghalang kulit dan mencegah bakteri penyebab jerawat menyerang kulit.

Imokawa dalam penelitiannya menyatakan bahwa ceramide dapat meningkatkan fungsi skin barrier pada kulit berjerawat.

Mengatasi gejala eksim dan psoriasis

Eksim adalah kondisi dermatologis umum yang terkait dengan skin barrier yang rusak.

Kondisi ini paling sering disebabkan oleh kerusakan lipid antar sel yang diakibatkan oleh pemilihan pembersih (sabun cuci muka) dan pelembab kulit yang tidak tepat.

Orang yang memiliki gejala eksim atau psoriasis ternyata memiliki lebih sedikit ceramides di kulit.

Oleh sebab itu, menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung ceramides dipercaya dapat membantu menenangkan iritasi dan memberikan penghalang (barrier) tambahan untuk kasus kulit kering.

Meskipun demikian, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut tentang keampuhan ceramide dalam mengatasi gejala eksim dan psoriasis.

Mengurangi tanda-tanda penuaan kulit

Kulit yang semakin menipis dan menunjukkan tanda-tanda penuaan, tak hanya disebabkan oleh berkurangnya struktur protein (kolagen, elastin, dan keratin), melainkan juga diakibatkan oleh kerusakan skin barrier.

Bahan ceramide dapat membantu mengatasi hal tersebut karena memiliki peran dalam mempertahankan kadar air kulit dan mencegah hilangnya kelembapan seperti yang dijelaskan dalam Impact Journal on Aging.

Selain itu, ceramide juga dapat menstimulasi produksi keratinocytes yang menghasilkan keratin. Dengan begitu, bahan ini dapat membantu meremajakan skin barrier dan mengurangi tanda penuaan.

Dari beragam manfaat baiknya untuk kulit, berikut adalah skincare yang mengandung bahan aktif yang satu ini.

Jenis Produk Kosmetik yang Bisa Kamu Buat dengan Kandungan Ceramide

Contoh produk skincare ceramide

Ceramide dapat digunakan sebagai bahan aktif produk kosmetik berikut ini.

Serum

Serum merupakan salah satu jenis pelembap dengan tekstur ringan dengan sediaan berupa minyak dan air, serta memiliki konsentrasi bahan aktif yang lebih tinggi daripada produk pelembab lainnya.

Biasanya, serum memiliki fungsi yang lebih spesifik untuk mengatasi permasalahan kulit secara efektif. Misalnya serum anti acne, serum anti aging, dan serum brightening.

Serum ceramide akan menjadi produk yang luar biasa dalam memperbaiki skin barrier!

Cream

Krim merupakan bentuk sediaan kosmetik yang memiliki tekstur setengah padat yang mengandung satu atau lebih bahan pengemulsi. Bentuknya dapat berupa emulsi air dalam minyak atau minyak dalam air.

Produk ini diaplikasikan dengan cara mengoleskan krim ke permukaan kulit. Fungsi utama krim adalah melembapkan kulit dan ceramide merupakan bahan yang sering digunakan dalam produk tersebut.

Tak berfungsi tunggal untuk melembapkan kulit, kamu dapat menemui produk krim yang mengandung bahan anti aging atau anti acne.

Lotion

Produk perawatan tubuh ini juga berfungsi melembapkan kulit. Berbeda dengan krim, lotion memiliki kadar air yang lebih tinggi daripada minyak. Selain itu, lotion biasanya ditambahkan fragrances yang dapat memberi aroma pada tubuh.

Lotion dengan ceramide dapat menjadi produk perawatan kulit yang baik!

Shampo

Tak hanya produk perawatan kulit, ceramide juga terkandung dalam produk perawatan rambut, loh. Shampo yang mengandung ceramide dapat mengatasi masalah rambut kering.

Melansir My Best, ceramide memiliki kemampuan dalam mengikat air, tetapi bahan ini tidak mudah larut dalam air atau hilang saat dibilas.

Selain itu, ceramide juga dimanfaatkan dalam penggunaan kosmetik lainnya seperti makeup hybrid. Selain merias, menyamarkan noda, atau meratakan warna kulit, produk ini juga bisa memberikan kelembapan.

Daftar Brand Skincare ber-Ceramide yang Bisa Menjadi Inspirasi Bisnis Kamu

COSRX Honey Ceramide Full Moisturizing Cream

Skincare yang mengandung ceramide banyak dikembangkan oleh brand kecantikan asal Korea Selatan, salah satunya COSRX.

COSRX Honey Ceramide Full Moisturizing Cream adalah produk krim pelembap yang mengandung ekstrak madu dan ceramide.

Produk ini berfungsi untuk menambah hidrasi sekaligus menenangkan kulit. Produk ini juga dapat memberikan perlindungan sepanjang hari terhadap hilangnya kelembapan.

Teksturnya yang ringan membuat produk ini menyerap dengan cepat dan memberikan hasil akhir matte pada kulit. Cocok digunakan untuk semua jenis kulit termasuk kulit sensitif dan berjerawat.

CeraVe Moisturizing Cream

CeraVe Moisturizing Cream merupakan produk skincare dengan bahan ceramides yang cukup populer, apalagi setelah disebutkan oleh seorang skinfluencer, Hyram Yarbro.

CeraVe Moisturizing Cream diklaim secara efektif dapat melembapkan sekaligus membantu mengembalikan pelindung kulit.

Krim ini diformulasikan dengan 3 ceramides esensial dan asam hialuronat, sehingga disebut memberikan hidrasi sepanjang hari hanya dengan satu kali penggunaan. Formulanya dibuat bebas pewangi dan cocok untuk kulit sensitif.

Illiyoon Ceramide Ato Concentrate Cream

Selain COSRX, produk krim pelembap asal Korea Selatan yang cukup populer juga datang dari brand Illiyoon.

Produk ini diklaim mengandung kapsul lunak ceramides yang diserap melalui kulit untuk meningkatkan daya skin barrier dan memberikan perlindungan terhadap faktor lingkungan, seperti bakteri.

Topicare + Ceramide Soothing Cream

Topicare plus ceramide soothing cream merupakan krim yang digunakan untuk mengurangi rasa gatal pada kulit kering, iritasi, dan gatal-gatal.

Krim ini diklaim dapat memberikan kelembaban pada kulit kering atau kulit atopik, memperbaiki kembali sistem perlindungan kulit, serta mencegah kerusakan kulit akibat kekeringan.

Bhumi Ceramide Hydra Lock Moisturizer

Bhumi Ceramide Hydra Lock Moisturizer adalah pelembap dengan tekstur gel yang memiliki hasil akhir matte. Produk ini juga diformulasikan dengan kandungan Linoleic Acid yang berfungsi untuk memberikan kelembapan alami pada kulit dengan tahan lama.

Bhumi Ceramide Hydra Lock Moisturizer ini diklaim mampu memberikan perlindungan pada lapisan kulit, menyehatkan, serta mencerahkan kulit, lho.

Nah, dari penjelasan tentang ceramide di atas. Apakah kamu tertarik membuat produk kosmetik dengan bahan ini?

Kesimpulan

Kamu bisa bekerja sama dengan jasa maklon kosmetik Adev yang telah berpengalaman selama lebih dari 15 tahun. Seluruh proses pembuatan kosmetik kamu dilakukan di pabrik bersertifikat CPKB A dan ditangani oleh tim yang andal.

Selain itu, produk kamu juga akan diuji di laboratorium sehingga sudah terjamin keamanan dan mutunya. Apalagi, konsumen produk kecantikan kini semakin mengerti apa yang mereka cari dalam sebuah produk.

Kebutuhan konsumen telah berubah, dari solusi sederhana untuk masalah perawatan kulit sehari-hari menjadi produk dengan bahan dan manfaat tertentu.

Sebagai pebisnis, manfaatkan ini dengan menyoroti bahan utama produk merekmu sendiri dan mengedukasi konsumen tentang bahan tersebut. Semua produk yang diproduksi Adev memiliki kualitas yang berstandar BPOM, tapi kamu tak perlu khawatir tentang biaya maklon kosmetik dan syarat maklon.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, konsultasikan bersama Adev untuk mewujudkan produk impian yang diinginkan konsumen.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *