fbpx

Apa itu Niacinamide? Inilah Manfaat Lengkap Niacinamide

Bahan niacinamide banyak dijumpai pada produk skincare seperti face wash, toner, serum, moisturizer, hingga sunscreen. Fakta ini membuktikan bahwa manfaat niacinamide begitu terasa.

Buat kamu yang ingin memulai bisnis kosmetik sendiri dengan menggunakan bahan kosmetik yang satu ini, yuk pahami terlebih dahulu apa itu niacinamide dan manfaatnya untuk wajah.

Niacinamide, Bahan Aktif yang Kian Populer dari Waktu ke Waktu

niacinamide

Sebagai penggemar kecantikan, kamu pasti sudah tak asing dengan bahan aktif kosmetik yang satu ini? Ya, niacinamide memang merupakan bahan aktif yang begitu populer dalam beberapa tahun belakangan dan diprediksi akan tetap eksis di tahun-tahun mendatang.

Niacinamide atau vitamin B3 adalah jenis vitamin stabil yang memiliki beragam manfaat untuk masalah kulit.

Niacinamide bekerja dengan membantu meningkatkan pembentukan sintesis protein, keratin, dan ceramide. Pembentukan ini akan menghasilkan kulit yang lebih terhidrasi dan sehat. 

Dengan demikian, kulit dapat mempertahankan diri dengan lebih baik untuk mencegah hilangnya kelembapan dan terhindar dari iritasi yang disebabkan faktor luar seperti kotoran, paparan sinar matahari, polusi, dan radikal bebas. 

Tak hanya itu, vitamin B3 masih memiliki segudang manfaat lainnya, lho. Di antaranya adalah: 

Manfaat Niacinamide untuk Kecantikan Kulit

Membantu menghidrasi kulit

Niacinamide dapat meningkatkan hidrasi kulit dengan mencegah penguapan kelembapan.

Niacinamide merupakan bahan aktif yang banyak digemari karena karakteristiknya dapat ditoleransi oleh semua jenis kulit dan tak akan membuat kulit menjadi sensitif. Karenanya pemilik kulit kering hingga sensitif dapat menggunakan vitamin B3 dalam rutinitas perawatan sehari-hari.

Agar lebih maksimal dalam menghidrasi kulit, vitamin B3 dapat digunakan bersama beberapa kandungan bahan aktif berikut ini:

Peptida

Peptida adalah rantai pendek asam amino yang membangun protein yang membentuk kulit. Ketika dioleskan ke kulit, peptida mengirim sinyal seluler ke fungsi sel instruksi—salah satunya adalah membuat lebih banyak kolagen.

Ceramide

Ceramide adalah asam lemak (lipid) yang merupakan salah satu komponen yang secara natural terkandung dalam kulit manusia. Komponen ini secara alami ditemukan di sel-sel kulit dan membentuk sekitar 50% dari lapisan luar kulit (epidermis).

Asam lemak ini bekerja untuk menjaga lapisan kulit luar (stratum corneum) tetap lembap lebih lama

Hyaluronic Acid

Hyaluronic acid atau asam hialuronat dapat menahan hingga 1.000 kali beratnya dalam air, yang berarti ia sangat luar biasa dalam menghidrasi kulit. Ketika digunakan, asam hialuronat menciptakan penghalang bagi kulit, mengunci kelembapan dan memperbaiki tekstur. 

Kulit kehilangan air dan kelembapan saat kita menua, bahan ini akan membantu menyimpan hidrasi dan dapat digunakan setiap hari.

Mencerahkan kulit wajah

Tampilan kulit yang kusam dan bintik-bintik hitam mungkin membuat banyak orang kurang merasa percaya diri. Nah, bagi kamu yang memiliki masalah kulit kusam, kamu bisa menggunakan vitamin B3 untuk mencerahkan kulit wajah. 

Ketika diterapkan dengan benar dan rutin, vitamin B3 dapat membantu memblokir enzim yang bertanggung jawab untuk menghasilkan pigmentasi yang tidak diinginkan dan menciptakan warna kulit yang merata secara keseluruhan.

Membantu mengatasi jerawat

maskne

Pemilik kulit berjerawat juga dapat menggunakan produk kosmetik yang memiliki kandungan niacinamide. Vitamin B3 dapat membantu mengatur dan menstabilkan produksi minyak di kulit. 

Penggunaan niacinamide disebut dapat memulihkan kekuatan skin barrier dan menyeimbangkan jumlah minyak yang dihasilkan kelenjar sebaceous

Maka dari itu, niacinamide menjadi bahan yang secara langsung efektif membantu mencegah dan membasmi jerawat.

Menurut situs resmi Medicine Net, sebuah penelitian menunjukkan bahwa niacinamide dapat mulai memperbaiki jerawat dan hiperpigmentasi dalam dua hingga tiga bulan, sementara produksi minyak dan penghalang kulit dapat mulai melihat perubahan dalam waktu satu bulan. 

Namun, penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan untuk memastikan waktu efektif untuk pemakaian bahan aktif yang satu ini.

Membantu menyamarkan dan mengencangkan pori-pori

niacinamide

Walaupun penelitian ilmiah belum sampai pada pemahaman penuh tentang bagaimana niacinamide bekerja mengurangi pori, tetapi tampaknya bahan aktif yang satu ini memiliki kemampuan menormalkan lapisan pori. 

Normalnya lapisan pori akan menjaga minyak dan kotoran agar tidak tertimbun membentuk komedo. 

Penggunaan rutin niacinamide membantu pori-pori kembali ke ukuran aslinya. Konsentrasi vitamin B3 yang lebih tinggi dapat membantu mengencangkan pori-pori dengan menopang elemen pendukung kulit dan seringkali secara dramatis menghaluskan kulit yang bertekstur seperti kulit jeruk.

Meningkatkan elastisitas kulit

Pada kulit yang menua, niacinamide bahkan dapat memperbaiki struktur permukaan kulit, menghaluskan kerutan, garis halus, dan menghambat efek paparan sinar UV.

Hal ini juga dibuktikan dari studi yang dipublikasikan dalam International Journal of Cosmetic Science, hasilnya menunjukkan bahwa bagian wajah yang diaplikasikan vitamin B3 mengalami perbaikan yang signifikan pada bintik-bintik hiperpigmentasi, garis-garis halus, dan kerutan.

Nah, itu lah beberapa manfaat niacinamide untuk menunjang kesehatan dan kecantikan kulit. Bagi kamu yang tertarik membuat produk kosmetik dengan bahan aktif niacinamide? Yuk, hubungi ADEV!

4.9/5 - (32 votes)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *